Gus Ipin : Tugas Bupati, Bekerja Sebaik-baiknya

Created on 31 August 2019

Membuka pagelaran wayang kulit semalam suntuk dalam puncak kegiatan Hari Jadi ke-825 Trenggalek, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin sebut tugas saya sebagai seorang Bupati adalah bekerja dengan sebaik-baiknya.

 

Artinya bekerja sebaik mungkin untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat, utamanya dalam rangka peningkatan perekonomian rakyat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Trenggalek mempunyai jargon baru MEROKET yang berasal dari kepanjangan Maju Ekonomi Rakyatnya, Orang/Organisasinya Kreatif dan Ekosistemnya Terjaga.

 

Kenapa harus meroket, karena untuk mengejar ketertinggalan tidak hanya sekedar berusaha atau berupaya saja, melainkan perlu lompatan-lompatan yang harus dilakukan bersama.

Maju Ekonomi Rakyatnya, atau kesejahteraan rakyatlah yang menjadi fokus perjuangan Pemerintah saat ini. Untuk mewujudkan itu tentunya perlu kreatifitas semua elemen masyarakat.

 

Untuk mendorong hal ini pemerintah tengah fokus menyiapkan beasiswa bagi masyarakat Trenggalek berprestasi dibidang sains.

 

Sedangkan yang terakhir ekosistemnya terjaga, akan menjadi percuma bila mana daerahnya maju namun ekosistemnya tidak terjaga.

Dalam pagelaran wayang kulit Bantuan dari Provinsi Jawa Timur kali ini mengambil cerita "Babad Alas Wonomarto" dengan dalang ki Purbo Asmoro.

 

Pandowo yang dikabarkan telah mati terbakar di Bale Sigala-gala, ternyata masih hidup. Mereka diberi tanah hutan belantara bersama Wanamarto oleh Destrarastra untuk dibangun negara baru.

 

Bima menyanggupi membangun kota, namun untuk mewujudkan impian itu terdapat rintangan. Ada makhluk lain yang menentang pembangunan ini.

 

Ternyata mendirikan sebuah kerajaan tidak semudah yang dibayangkan Pandawa.

 

Mampukah Pandawa mendirikan sebuah kerajaan diceritakan dengan menarik oleh Ki Purbo Asmoro.

 

Sebagai simbol dimulainya pagelaran wayang kulit ini Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin serahkan lakon wayang Brontoseno, kepada Ki Purbo Asmoro. (Humas)

 

Nuansa Adat Kraton Yogyakarta Warnai Prosesi Hari Jadi 825 Trenggalek

Created on 31 August 2019

Adat Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat warnai peringatan Hari Jadi ke-825 Trenggalek, Sabtu (31/8/2019).

 

Peringatan Hari Jadi Trenggalek dikemas dalam bentuk acara prosesi, dimana Pusaka Kabupaten diarak dari Desa Kamulan (dulu dikenal dengan Sendang Kamulyan) dimana tempat ditemukannya Prasasti Kamulan sebagai penanda lahirnya Trenggalek menuju Pendopo Manggala Praja Nugraha untuk diserahkan kembali dan disimpan.

 

Kekentalan adat Kraton Yogya memang sangat terasa, selain semua harus mengenakan pakaian adat Yogya, ada juga Kereta Kuda dari Kraton yang dinaiki Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dan keluarga, dilengkapi dengan Bregodo (prajurit pembawa iringan drumband dan senjata), yang mengiringi Bupati dan Pusaka Kabupaten menuju Pendopo Manggala Praja Nugraha.

"Memang ada yang berbeda dalam prosesi Hari Jadi Kali ini, kita menggunakan adat Yogyakarta," tuturnya dalam sambutannya.

 

Bupati termuda ini menjelaskan bawasannya perubahan tata cara Hari Jadi ini bukannya diniatkan untuk meninggalkan tradisi yang sudah ada, melainkan untuk menjalin kerjasama dengan Yogya.

 

Selain mempunyai kedekatan hubungan historis, Trenggalek dan Yogya mempunyai visi yang sama.

 

"Sultan Hamengkubuwono X pernah menyampaikan sudah saatnya ekonomi menghadap ke Selatan. Sesuai data statistik kemiskinan Indonesia hampir 50% di tanah Jawa dan 40% ada di Jawa bagian Selatan," imbuh Nur Arifin.

Trenggalek punya kedekatan perjuangan bagaimana mengentaskan kemiskinan di kawasan Selatan. Presiden Megawati hingga Joko Widodo telah memasukkan proyek strategis kawasan Selatan yang dimulai porosnya dari Jogja, kemudian Prigi dan Malang. Diharapkan dengan kerjasama ini Trenggalek dapat menangkap momentum ini untuk kesejahteraan masyarakat.

 

"Yang kita inginkan tidak hanya konektivitas infrastrukturnya saja yang terbangun melainkan juga menyambung sejarah sekaligus kerjasama dibidang pariwisata dan perekonomian."

Ada kedekatan sejarah, Pangeran Mangku Bumi sempat menjadikan putri dari Demang Panji Nawangkung sebagai garwo ampil (selir). Di Panggul juga ada makam mertua Pangeran Mangku Bumi (Panji Nawangkung) dan cucunya.

 

Demang Panji Nawangkung dan sahabatnya Setro Kipo mempunyai andil membantu Pangeran Mangku Bumi untuk melawan musuh hingga berdirinya Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang ada sampai sekarang.

Selain menceritakan terkait konsep Hari Jadi Trenggalek yang mengacu adat Yogyakarta, orang nomor satu di Trenggalek ini juga menyampaikan bagaimana Pemerintah saat ini telah membuat program Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan dan Kerentanan (GERTAK) untuk mengatasi kemiskinan dan jargon baru Trenggalek 'MEROKET' dengan harapan Maju Ekonomi Rakyatnya Organisasi atau Orangnya Kreatif dan Ekosistemnya Terjaga sebagai bentuk ikhtiar Pemerintah untuk memajukan perekonomian masyarakat, dengan mengajak masyarakatnya kreatif dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan sesuai dengan cita-cita Pemkab Trenggalek. (Humas)

 

Malam Tirakatan Hari Jadi, Pemkab Trenggalek Gelar Doa Bersama

Created on 30 August 2019

Pemerintah Kabupaten Trenggalek gelar malam tirakatan menjelang prosesi Hari Jadi ke-825 Trenggalek, Jum'at (30/8/2019) di Pendopo Manggala Praja Nugraha.

 

Doa bersama digelar Pemerintah Kabupaten dengan beberapa tokoh ulama untuk keamanan dan kemakmuran masyarakat di Trenggalek maupun di seluruh tanah air.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, dalam kesempatan tersebut sedikit menjelaskan tentang rangkaian prosesi hari jadi yang akan digelar pada Sabtu pagi (31/8/2019).

 

Dituturkan bahwa selain kirab pusaka, dalam prosesi hari jadi akan ada tiga bagian penting diantaranya purak (rebut) tumpeng, purak air dari 14 sumber mata air di 14 Kecamatan dan yang terakhir adalah bagi-bagi pupuk kepada masyarakat.

 

"Sengaja kita membagi pupuk kepada masyarakat karena sebagian besar masyarakat di Trenggalek berprofesi sebagai petani," tuturnya.

Dengan pembagian pupuk tersebut, diharapkan oleh Bupati, selain meringankan petani, juga menjadi simbol bahwa pertanian di Trenggalek bisa lebih baik dan masyarakat sejahtera. (Humas)

 

Hadir Ditengah-tengah Bupati Terdahulu, Bupati Trenggalek Meminta Doa Restu untuk Trenggalek

Created on 30 August 2019

Bertemu dengan Bupati terdahulu, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin minta doa restu untuk Trenggalek, Jum'at (30/8/2019).

 

Keakraban Bupati- Bupati terdahulu dan mantan pejabat dilingkup Pemkab Trenggalek memang patut ditiru. Menjelang Hari Jadi mereka selalu berkumpul menjalin silaturahmi satu sama lainnya.

 

Kali ini di Hari Jadi ke-825 Trenggalek tahun 2019, Mantan Sekda Trenggalek Drs. Ali Mustofa, M.Si., menjadi tuan rumah dari silaturahmi ini.

 

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Darso, Bupati Slamet, Bupati Ernomo dan Bupati Mulyadi. Selain itu juga ada Mahsun Mahisma Ismail mantan wakil bupati dan beberapa mantan pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek.

Diberikan kesempatan menyampaikan sambutan orang nomor satu di Trenggalek tersebut menjelaskan mengenai konsep Hari Jadi Trenggalek kali ini kepada para seniornya.

 

Menurutnya ada yang berbeda dalam perhelatan hari jadi kali ini, karena nuansanya Kraton Yogjakarta. "Saya ingin menjalin kerjasama dengan dengan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, menyambut tersambungnya koridor Jogja-Malang," ungkap Nur Arifin.

 

Apalagi Trenggalek mempunyai hubungan historis dengan Yogya, ada makam mertua dan cucu Pangeran Mangku Bumi di Panggul. Demang Panji Nawangkung di Panggul mempunyai peran membantu Pangeran Mangku Bumi melawan penjajah.

 

Pendekatan budaya ini diharapkan dapat menjadi pintu masuk kerjasama dengan Jogja, dan Trenggalek mendapatkan kebermanfaatannya.

 

Suami Novita Hardini ini menerangkan keinginannya, membuat karavan camp yang akan digunakan untuk mobilitas wisatawan dari Jogja ke Trenggalek. "Jadi wisatawan tidak perlu bingung mencari penginapan atau kendaraan dari Yogya ke Trenggalek.

Kepada para senior, Bupati termuda ini juga menceritakan tentang program lelang investasi yang telah dilakukan.

Lelang investasi ini dilakukan karena setiap mengikuti pameran tidak ada investor yang berkunjung, sehingga Pemerintah Kabupaten Trenggalek mencoba untuk jemput bola untuk menawarkan peluang investasi kepada calon investor.

 

Patut disyukuri tahun ini ada MOU yang ditandai antara Pemerintah Kabupaten Trenggalek dengan PT. Jakarta Tourisindo dan PT. NSI.

 

Kerjasama ini dibidang pemetaan potensi wisata dan edutel. Hotel Prigi dijadikan sebagai tempat pendidikan vokasional, sehingga bila ada investor yang masuk ingin membangun hotel mereka tidak bingung mencari sumberdaya manusianya.

 

Pemerintah Kabupaten Trenggalek juga ingin mencoba membangun Glamping-Glamping Resort semi permanen.

 

Selama ini wisatawan tertarik dengan keindahan pantai di Trenggalek, namun mereka bingung untuk menginap. Glamping resort ini diharapkan bisa menjadi solusi dari kebuntuan ini sehingga wisatawan bisa tidur di tengah-tengah alam. "Akan menjadi menarik, ketika bangun tidur mereka bisa langsung menikmati keindahan teluk kita," jelasnya.

 

Kepada seniornya bapak tiga anak ini menampik isu bila dirinya ingin menjual tanah aset di Trenggalek. Tanah aset ini menjadi daya tarik kepada investor, sehingga mereka tidak perlu investasi tanah karena Pemerintah telah mempersiapkan tanah pemkab yang clear and clean.

 

Tanah-tanah ini bukannya dijual melainkan dihitung sebagai saham, sehingga PAD bisa terus mengalir ke Pemerintah Daerah, jelasnya.

 

Selain lelang investasi Bupati Trenggalek juga menjelaskan mengenai jargon baru Trenggalek 'MEROKET' yang kepanjangannya Maju Ekonomi Rakyatnya Organisasi atau Orangnya Kreatif dan Ekosistemnya Terjaga sebagai ikhtiar Pemerintah untuk memajukan perekonomian masyarakat, dengan mengajak masyarakatnya kreatif dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan.

 

Untuk mewujudkan hal tersebut tidak bisa lagi hanya mengejar, melainkan perlu lompatan-lompatan, tandasnya. (Humas)

 

Pusaka Kabupaten Diboyong ke Kamulan Sebelum Diarak dalam Prosesi Hari Jadi

Created on 30 August 2019

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin serahkan pusaka Kabupaten Prasasti Kamulan, 2 Tombak Korowelang, Songsong Tunggul Projo, Songsong Tunggul Nogo, Panji Lambang Kabupaten Jwalita Praja Karana dan Parasamya Purna Karya Nugraha untuk diboyong ke Kamulan, Jum'at (30/8/2019). Hal ini dilakukan karena tanggal jadinya Trenggalek berdasar dari Prasasti Kamulan.

 

Disemayamkan semalam disana, selanjutnya pusaka ini diarak ke Pendopo Manggala Praja Nugraha saat prosesi Hari Jadi ke-825 Kabupaten Trenggalek, Sabtu (31/8/2019).

Sehari sebelumnya pusaka-pusaka ini dilakukan penjamasan atau pembersihan oleh juru Jamas KRT. dr. Sarjono Baskoro dengan prosesi adat jawa.

 

"Pusaka-pusaka ini kita boyong ke Kamulan untuk disemayamkan disana semalam," ungkap Bupati Trenggalek usai menyerahkan pusaka-pusaka ini kepada petugas.

"Tradisi ini dilakukan karena prasasti yang pertama kali menandai Trenggalek berusia 825 itu dulu ditemukan di Kamulan, tepatnya di Sendang Kamulyan.

 

Jadi sebelum kita bawa di Pendopo kita semayamkan semalam di daerah Kamulan, tandas Bupati Trenggalek. (Humas)

 

Page 1 of 47

BERITA LAINNYA

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
Prev Next
Lakukan Penyegaran di Awal Tahun, Bupati Trenggalek Lantik 77 Pejabat

07 JANUARI

Lakukan Penyegaran di Awal Tahun, Bupati Trenggalek Lantik 77 Pejabat

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, lakukan penyegaran di awal tahun dengan melantik 77 pejabat di lingkup Pemkab Trenggalek, Selasa (7/1/2019). Sebanyak 77 pejabat yang diambil...

Bupati Trenggalek Tinjau Kondisi Longsor di Desa Karangtengah Panggul

04 JANUARI

Bupati Trenggalek Tinjau Kondisi Longsor di Desa Karangtengah Panggul

Cuaca ekstrem yang terjadi belakangan menyebabkan bencana alam di beberapa wilayah di Kabupaten Trenggalek. Curah hujan tinggi mengakibatkan tanah longsor yang merusak tiga rumah warga...

Ijin Habis, 15 Swalayan Berjejaring di Trenggalek Dihentikan Operasionalnya

04 JANUARI

Ijin Habis, 15 Swalayan Berjejaring di Trenggalek Dihentikan Operasionalnya

Sesuai Perda nomor 29 tahun 2016 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan, khususnya pada Pasal 5 ayat 3, menyebutkan bahwa...

Tancap Gas, Bupati Nur Arifin Safari Insfrastruktur di Awal Tahun

02 JANUARI

Tancap Gas, Bupati Nur Arifin Safari Insfrastruktur di Awal Tahun

Usai memberikan pengarahan kepada ASN Pemkab Trenggalek di awal tahun serta melakukan penanaman pohon di Hutan Kota, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, melanjutkan agenda meninjau...

Semangat Baru 2020, Bupati Trenggalek Ajak ASN Tanam Kebaikan untuk Masa Depan

02 JANUARI

Semangat Baru 2020, Bupati Trenggalek Ajak ASN Tanam Kebaikan untuk Masa Depan

Memacu semangat kinerja di tahun 2020, Bupati Trenggalek mengajak seluruh ASN di Pemkab Trenggalek untuk melakukan kegiatan positif. Usai memberikan pengarahan, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur...

Awali Kinerja di Tahun Baru, Bupati Trenggalek Inginkan Keberadaan ASN Lebih Dirasakan Masyarakat

02 JANUARI

Awali Kinerja di Tahun Baru, Bupati Trenggalek Inginkan Keberadaan ASN Lebih Dirasakan Masyarakat

Mengawali kerja di tahun 2020, Bupati Trenggalek berikan pengarahan sekaligus mengajak ASN di Pemkab Trenggalek melakukan kegiatan penghijauan, Kamis (2/1/2020). Dalam kegiatan itu Bupati Trenggalek...

Bupati Trenggalek: Orang Lain Boleh Meragukan Kita, Namun Kita Jangan Meragukan Diri Sendiri

31 DESEMBER

Bupati Trenggalek: Orang Lain Boleh Meragukan Kita, Namun Kita Jangan Meragukan Diri Sendiri

Menandai detik-detik pergantian tahun, Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggelar panggung hiburan bertajuk Munajat Cinta 2020, Selasa (31/12/2019). Acara semakin meriah karena masyarakat dihibur dengan berbagai pertunjukan....

Jelang Pergantian Tahun, Bupati Nur Arifin Minta Doa Para Tokoh Lintas Agama

31 DESEMBER

Jelang Pergantian Tahun, Bupati Nur Arifin Minta Doa Para Tokoh Lintas Agama

Menjelang detik-detik pergantian tahun, Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggelar doa bersama dan temu tokoh lintas agama di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Selasa (31/12/2019).   Dalam kesempatan tersebut, Bupati...

Soft Launching Pujasera Pantai Prigi, Bupati Trenggalek Titip Pesan Kepada Para Pedagang

30 DESEMBER

Soft Launching Pujasera Pantai Prigi, Bupati Trenggalek Titip Pesan Kepada Para Pedagang

Pembangunan pujasera di kawasan Pantai Prigi oleh Kementrian PUPR telah selesai. Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, berharap pedagang segera dapat menempatinya. Sehingga dapat merasakan kesejahteraan...

Tinjau Tanah Gerak di Desa Melis, Bupati Nur Arifin Minta Segera Ada Langkah Antisipasi

28 DESEMBER

Tinjau Tanah Gerak di Desa Melis, Bupati Nur Arifin Minta Segera Ada Langkah Antisipasi

Menanggapi musibah tanah gerak yang terjadi di Desa Melis Kecamatan Gandusari, Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui OPD terkait segera bergerak. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten...

Berwisata Sekaligus Konservasi Terumbu Karang Ala Bupati Trenggalek dan Dirut BPJS Ketenagakerjaan

28 DESEMBER

Berwisata Sekaligus Konservasi Terumbu Karang Ala Bupati Trenggalek dan Dirut BPJS Ketenagakerjaan

Musim liburan di penghujung tahun 2019, BPJS Ketenagakerjaan menggelar kegiatan peduli lingkungan sekaligus berwisata di Pantai Mutiara Watulimo, Sabtu (28/12/2019). Kedatangan Dirut BPJS Ketenagakerjaan bersama...

Kembali Ngantor di Desa, Bupati Nur Arifin Sampaikan Fokus Pemkab Trenggalek di Tahun 2020

27 DESEMBER

Kembali Ngantor di Desa, Bupati Nur Arifin Sampaikan Fokus Pemkab Trenggalek di Tahun 2020

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, kembali melakukan kegiatan Ngantor di Desa. Kali ini di Balai Desa Ngadirejo Kecamatan Pogalan, Jumat (27/12/2019). Kegiatan Ngantor di Desa...

100 Event di Tahun 2020, Dukung Pariwisata dan Jaminan Masuknya Investasi di Trenggalek

27 DESEMBER

100 Event di Tahun 2020, Dukung Pariwisata dan Jaminan Masuknya Investasi di Trenggalek

Sektor pariwisata benar-benar menjadi fokus utama Pemerintah Kabupaten Trenggalek di tahun 2020 mendatang, disamping dalam hal e-government. Akan ada 100 event menarik yang disiapkan untuk...

Bupati Nur Arifin Salurkan Bantuan Kepada Korban Angin Kencang di Wilayah Kecamatan Gandusari

26 DESEMBER

Bupati Nur Arifin Salurkan Bantuan Kepada Korban Angin Kencang di Wilayah Kecamatan Gandusari

Puluhan rumah di tiga Desa di Kecamatan Gandusari mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang. Selain rusak akibat diterjang angin, beberapa rumah warga juga ada yang...

Pemkab Trenggalek Segera Beri Stiker Bagi Rumah Penerima PKH

26 DESEMBER

Pemkab Trenggalek Segera Beri Stiker Bagi Rumah Penerima PKH

Menggelar rapat koordinasi Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PPKH), Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Ir. Joko Irianto, M.Si., menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Trenggalek akan segera memasang stiker...

Istri Bupati Trenggalek, Novita Hardini Umumkan Hasil Evaluasi 10 Program Pokok PKK

26 DESEMBER

Istri Bupati Trenggalek, Novita Hardini Umumkan Hasil Evaluasi 10 Program Pokok PKK

Dalam acara Family Gathering memperingati Hari Ibu di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini Nur Arifin, sekaligus mengumumkan hasil evaluasi...

Novita Hardini Tekankan Pentingnya Penanaman Pendidikan Karakter Sejak Dini

26 DESEMBER

Novita Hardini Tekankan Pentingnya Penanaman Pendidikan Karakter Sejak Dini

Penanaman pendidikan karakter sejak dini adalah hal penting karena dapat menyeimbangkan kecerdasan kognitif yang dimiliki dengan kecerdasan emosinal yang baik pada anak.   Hal itu disampaikan oleh...

Gelar Family Gathering, Ketua TP PKK Trenggalek Ingin Berikan Energi Positif di Penghujung Tahun

26 DESEMBER

Gelar Family Gathering, Ketua TP PKK Trenggalek Ingin Berikan Energi Positif di Penghujung Tahun

Memperingati Hari Ibu, Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek menggelar Family Gathering bersama dengan Gabungan Organisasi Wanita di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Kamis (26/12/2019). Dalam acara...

Hadiri Majelis Dzikir Al-Hikmah, Bupati Trenggalek Sampaikan Beberapa Hal

25 DESEMBER

Hadiri Majelis Dzikir Al-Hikmah, Bupati Trenggalek Sampaikan Beberapa Hal

Ribuan jamaah majelis dzikir Al-Hikmah padati halaman parkir Pantai Prigi Kecamatan Watulimo, Rabu (25/12/2019). Ribuan jamaah dari berbagai wilayah tersebut datang mengikuti doa bersama untuk...

Tinjau Perayaan Natal, Bupati Nur Arifin Titip Doa untuk Trenggalek dan Indonesia

25 DESEMBER

Tinjau Perayaan Natal, Bupati Nur Arifin Titip Doa untuk Trenggalek dan Indonesia

Memastikan perayaan Hari Raya Natal berjalan aman, Forkopimda Trenggalek lakukan cek pengamanan serta meninjau beberapa gereja di Kabupaten Trenggalek, Rabu (25/12/2019). Bupati Trenggalek, Kapolres Trenggalek,...

Sikapi  Rencana Pengembangan Selingkar Wilis, Bupati Trenggalek dan Ponorogo Lakukan Penjajakan Kerjasama

22 DESEMBER

Sikapi Rencana Pengembangan Selingkar Wilis, Bupati Trenggalek dan Ponorogo Lakukan Penjajakan Kerjasama

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlisoni, bersama jajaran mencoba jalur Selingkar Wilis ruas Ponorogo-Trenggalek yang telah masuk ke dalam rencana proyek strategis Nasional, sekaligus mengenali potensi yang...

Jelang Natal, Forkopimda Trenggalek Terus Memastikan Masyarakat Bisa Beribadah dengan Rasa Aman

22 DESEMBER

Jelang Natal, Forkopimda Trenggalek Terus Memastikan Masyarakat Bisa Beribadah dengan Rasa Aman

Pastikan kondusifitas jelang natal dan tahun baru, Forkopimda Kabupaten Trenggalek lakukan kegiatan monitoring di beberapa gereja, Minggu (22/12/2019). Di antaranya adalah Gereja Kristen Jawi Wetan...

Rekor MURI Kenakan Kain Shibori Terbanyak Dipecahkan di Kabupaten Trenggalek

21 DESEMBER

Rekor MURI Kenakan Kain Shibori Terbanyak Dipecahkan di Kabupaten Trenggalek

Di penghujung tahun 2019, Kabupaten Trenggalek kembali berhasil memecahkan rekor dunia versi Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Kali ini, rekor dunia mengenakan kain Shibori terbanyak...

Jadi Bintang Tamu di Live Talkshow, Novita Hardini Bicara Tentang Peran Perempuan dalam Keluarga di Era Sekarang

18 DESEMBER

Jadi Bintang Tamu di Live Talkshow, Novita Hardini Bicara Tentang Peran Perempuan dalam Keluarga di Era Sekarang

Istri Bupati Trenggalek yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini Nur Arifin, diundang untuk menjadi bintang tamu dalam acara live talkshow Indonesia...

Raih Predikat Kinerja Terbaik Penyaluran Dana Desa, Bupati Nur Arifin Harapkan Konvergensi Penanganan Stunting Hingga Tingkat Desa

18 DESEMBER

Raih Predikat Kinerja Terbaik Penyaluran Dana Desa, Bupati Nur Arifin Harapkan Konvergensi Penanganan Stunting Hingga Tingkat Desa

Pemerintah   Kabupaten Trenggalek dinobatkan sebagai Pemerintah Daerah dengan predikat kinerja terbaik dalam penyaluran Dana Desa oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kediri. Penghargaan tersebut diterima...

Bupati Trenggalek Bangga BPR Jwalita Menjadi BPR Terbaik Ketiga di Jawa Timur

17 DESEMBER

Bupati Trenggalek Bangga BPR Jwalita Menjadi BPR Terbaik Ketiga di Jawa Timur

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jwalita Trenggalek dinobatkan menjadi BPR terbaik ketiga di Jawa Timur. Penghargaan untuk BPR Jwalita tersebut diterima langsung oleh Bupati Trenggalek dalam...

Buka Raimuna Cabang, Bupati Trenggalek Ajak Pramuka Lestarikan Lingkungan

17 DESEMBER

Buka Raimuna Cabang, Bupati Trenggalek Ajak Pramuka Lestarikan Lingkungan

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, membuka kegiatan Raimuna Cabang yang digelar di bumi perkemahan Umbul Karang Desa Jajar Kecamatan Gandusari, Selasa (17/12/2019). Pada kesempatan itu,...

Bupati Nur Arifin Kembali Tekankan Communal Branding

17 DESEMBER

Bupati Nur Arifin Kembali Tekankan Communal Branding

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi pelaku industri kecil dan menengah (IKM), Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Trenggalek menggelar Focus Group Discussion tentang...

Tingkatkan Kewaspadaan, Tiga Pilar Gelar Apel Siaga Bencana

16 DESEMBER

Tingkatkan Kewaspadaan, Tiga Pilar Gelar Apel Siaga Bencana

Tiga Pilar (Pemerintah, TNI, POLRI) gandeng instansi terkait dengan kebencanaan dan masyarakat untuk tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana saat musim penghujan di Trenggalek dengan melakukan...

Menjadi Narasumber di Talkshow Televisi, Bupati Arifin Berbicara Tentang Pemberdayaan Perempuan

13 DESEMBER

Menjadi Narasumber di Talkshow Televisi, Bupati Arifin Berbicara Tentang Pemberdayaan Perempuan

Peran kaum ibu harus diangkat karena dampaknya tidak hanya masalah sosial, tetapi juga terhadap perekonomian. Menurut survei, ketika kaum ibu memiliki penghasilan, maka 90 persen...

Novita Hardini Terima Penghargaan HIMPAUDI Award dalam Ajang Kreativitas Pejuang PAUD 2019

13 DESEMBER

Novita Hardini Terima Penghargaan HIMPAUDI Award dalam Ajang Kreativitas Pejuang PAUD 2019

Memperingati HUT XIV, Himpunan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) gelar Apresiasi Kreativitas Pejuang PAUD (AKPP) III di Jakarta Convention Center Jakarta Pusat, Jum'at...

50 Pelaku UMKM Trenggalek Dapatkan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Usaha

12 DESEMBER

50 Pelaku UMKM Trenggalek Dapatkan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Usaha

Bersama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek berikan pelatihan kepada sebanyak 50 pelaku UMKM yang bergerak dibidang...

Bupati Nur Arifin: Ide Kawasan Inklusif Sangat Menginspirasi Pemerintah

11 DESEMBER

Bupati Nur Arifin: Ide Kawasan Inklusif Sangat Menginspirasi Pemerintah

Coba mewujudkan kawasan inklusif, Yayasan Naeema membangun perumahan bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Trenggalek. Keberadaan perumahan tersebut juga bertujuan untuk mendekatkan kelompok disabilitas dengan lingkungan...

Bupati Trenggalek Ajak Peran Masyarakat untuk Tingkatkan Cakupan Air

11 DESEMBER

Bupati Trenggalek Ajak Peran Masyarakat untuk Tingkatkan Cakupan Air

Bencana kekeringan yang terjadi sepanjang tahun serta kurangnya pemenuhan air bersih ketika musim kemarau, membuat Bupati Trenggalek mengajak peran masyarakat untuk dapat meningkatkan cakupan air....

Trenggalek Terima Penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia

11 DESEMBER

Trenggalek Terima Penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia

Penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM tahun 2018 diberikan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia kepada Pemerintah Kabupaten Trenggalek pada puncak peringatan Hari HAM sedunia...

Bersih-Bersih Tempat Wisata, Istri Bupati Trenggalek Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan

11 DESEMBER

Bersih-Bersih Tempat Wisata, Istri Bupati Trenggalek Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan

Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial di Trenggalek diwarnai dengan aksi bersih-bersih kawasan wisata di Kecamatan Watulimo, Rabu (11/12/2019). Aksi bersih-bersih yang juga diikuti oleh istri Bupati...

Dukung OPOP, Ketua Dekranasda Trenggalek: Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

10 DESEMBER

Dukung OPOP, Ketua Dekranasda Trenggalek: Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini Nur Arifin, menyampaikan tentang perlunya penguatan ekonomi pesantren saat menjadi salah satu narasumber dalam workshop...

Novita Hardini Ajak Perempuan Jadi Agen Perubahan

09 DESEMBER

Novita Hardini Ajak Perempuan Jadi Agen Perubahan

Ketua Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, mengajak kaum perempuan di Trenggalek menjadi agen perubahan di tengah masyarakat....

Cara Unik Bupati Nur Arifin Ajak Masyarakat Sadar Kebersihan di Lokasi Kegiatan

08 DESEMBER

Cara Unik Bupati Nur Arifin Ajak Masyarakat Sadar Kebersihan di Lokasi Kegiatan

Ada hal menarik saat Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, hadir dalam penyerahan Piala Kartasura Karang Taruna Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari, Minggu (8/12/2019). Secara spontan, Bupati...

Bupati Nur Arifin: Pertahankan NKRI dengan Ahlussunnah wal Jama'ah

08 DESEMBER

Bupati Nur Arifin: Pertahankan NKRI dengan Ahlussunnah wal Jama'ah

Saat ini paham radikalisme mulai masuk dan mempengaruhi komunitas-komunitas terkecil di tanah air. Untuk itu perlu kewaspadaan dalam membentengi masyarakat dari hal tersebut.   Hal itu disampaikan...