Gus Ipin : Tugas Bupati, Bekerja Sebaik-baiknya

Created on 31 August 2019

Membuka pagelaran wayang kulit semalam suntuk dalam puncak kegiatan Hari Jadi ke-825 Trenggalek, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin sebut tugas saya sebagai seorang Bupati adalah bekerja dengan sebaik-baiknya.

 

Artinya bekerja sebaik mungkin untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat, utamanya dalam rangka peningkatan perekonomian rakyat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Trenggalek mempunyai jargon baru MEROKET yang berasal dari kepanjangan Maju Ekonomi Rakyatnya, Orang/Organisasinya Kreatif dan Ekosistemnya Terjaga.

 

Kenapa harus meroket, karena untuk mengejar ketertinggalan tidak hanya sekedar berusaha atau berupaya saja, melainkan perlu lompatan-lompatan yang harus dilakukan bersama.

Maju Ekonomi Rakyatnya, atau kesejahteraan rakyatlah yang menjadi fokus perjuangan Pemerintah saat ini. Untuk mewujudkan itu tentunya perlu kreatifitas semua elemen masyarakat.

 

Untuk mendorong hal ini pemerintah tengah fokus menyiapkan beasiswa bagi masyarakat Trenggalek berprestasi dibidang sains.

 

Sedangkan yang terakhir ekosistemnya terjaga, akan menjadi percuma bila mana daerahnya maju namun ekosistemnya tidak terjaga.

Dalam pagelaran wayang kulit Bantuan dari Provinsi Jawa Timur kali ini mengambil cerita "Babad Alas Wonomarto" dengan dalang ki Purbo Asmoro.

 

Pandowo yang dikabarkan telah mati terbakar di Bale Sigala-gala, ternyata masih hidup. Mereka diberi tanah hutan belantara bersama Wanamarto oleh Destrarastra untuk dibangun negara baru.

 

Bima menyanggupi membangun kota, namun untuk mewujudkan impian itu terdapat rintangan. Ada makhluk lain yang menentang pembangunan ini.

 

Ternyata mendirikan sebuah kerajaan tidak semudah yang dibayangkan Pandawa.

 

Mampukah Pandawa mendirikan sebuah kerajaan diceritakan dengan menarik oleh Ki Purbo Asmoro.

 

Sebagai simbol dimulainya pagelaran wayang kulit ini Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin serahkan lakon wayang Brontoseno, kepada Ki Purbo Asmoro. (Humas)

 

Nuansa Adat Kraton Yogyakarta Warnai Prosesi Hari Jadi 825 Trenggalek

Created on 31 August 2019

Adat Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat warnai peringatan Hari Jadi ke-825 Trenggalek, Sabtu (31/8/2019).

 

Peringatan Hari Jadi Trenggalek dikemas dalam bentuk acara prosesi, dimana Pusaka Kabupaten diarak dari Desa Kamulan (dulu dikenal dengan Sendang Kamulyan) dimana tempat ditemukannya Prasasti Kamulan sebagai penanda lahirnya Trenggalek menuju Pendopo Manggala Praja Nugraha untuk diserahkan kembali dan disimpan.

 

Kekentalan adat Kraton Yogya memang sangat terasa, selain semua harus mengenakan pakaian adat Yogya, ada juga Kereta Kuda dari Kraton yang dinaiki Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dan keluarga, dilengkapi dengan Bregodo (prajurit pembawa iringan drumband dan senjata), yang mengiringi Bupati dan Pusaka Kabupaten menuju Pendopo Manggala Praja Nugraha.

"Memang ada yang berbeda dalam prosesi Hari Jadi Kali ini, kita menggunakan adat Yogyakarta," tuturnya dalam sambutannya.

 

Bupati termuda ini menjelaskan bawasannya perubahan tata cara Hari Jadi ini bukannya diniatkan untuk meninggalkan tradisi yang sudah ada, melainkan untuk menjalin kerjasama dengan Yogya.

 

Selain mempunyai kedekatan hubungan historis, Trenggalek dan Yogya mempunyai visi yang sama.

 

"Sultan Hamengkubuwono X pernah menyampaikan sudah saatnya ekonomi menghadap ke Selatan. Sesuai data statistik kemiskinan Indonesia hampir 50% di tanah Jawa dan 40% ada di Jawa bagian Selatan," imbuh Nur Arifin.

Trenggalek punya kedekatan perjuangan bagaimana mengentaskan kemiskinan di kawasan Selatan. Presiden Megawati hingga Joko Widodo telah memasukkan proyek strategis kawasan Selatan yang dimulai porosnya dari Jogja, kemudian Prigi dan Malang. Diharapkan dengan kerjasama ini Trenggalek dapat menangkap momentum ini untuk kesejahteraan masyarakat.

 

"Yang kita inginkan tidak hanya konektivitas infrastrukturnya saja yang terbangun melainkan juga menyambung sejarah sekaligus kerjasama dibidang pariwisata dan perekonomian."

Ada kedekatan sejarah, Pangeran Mangku Bumi sempat menjadikan putri dari Demang Panji Nawangkung sebagai garwo ampil (selir). Di Panggul juga ada makam mertua Pangeran Mangku Bumi (Panji Nawangkung) dan cucunya.

 

Demang Panji Nawangkung dan sahabatnya Setro Kipo mempunyai andil membantu Pangeran Mangku Bumi untuk melawan musuh hingga berdirinya Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang ada sampai sekarang.

Selain menceritakan terkait konsep Hari Jadi Trenggalek yang mengacu adat Yogyakarta, orang nomor satu di Trenggalek ini juga menyampaikan bagaimana Pemerintah saat ini telah membuat program Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan dan Kerentanan (GERTAK) untuk mengatasi kemiskinan dan jargon baru Trenggalek 'MEROKET' dengan harapan Maju Ekonomi Rakyatnya Organisasi atau Orangnya Kreatif dan Ekosistemnya Terjaga sebagai bentuk ikhtiar Pemerintah untuk memajukan perekonomian masyarakat, dengan mengajak masyarakatnya kreatif dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan sesuai dengan cita-cita Pemkab Trenggalek. (Humas)

 

Malam Tirakatan Hari Jadi, Pemkab Trenggalek Gelar Doa Bersama

Created on 30 August 2019

Pemerintah Kabupaten Trenggalek gelar malam tirakatan menjelang prosesi Hari Jadi ke-825 Trenggalek, Jum'at (30/8/2019) di Pendopo Manggala Praja Nugraha.

 

Doa bersama digelar Pemerintah Kabupaten dengan beberapa tokoh ulama untuk keamanan dan kemakmuran masyarakat di Trenggalek maupun di seluruh tanah air.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, dalam kesempatan tersebut sedikit menjelaskan tentang rangkaian prosesi hari jadi yang akan digelar pada Sabtu pagi (31/8/2019).

 

Dituturkan bahwa selain kirab pusaka, dalam prosesi hari jadi akan ada tiga bagian penting diantaranya purak (rebut) tumpeng, purak air dari 14 sumber mata air di 14 Kecamatan dan yang terakhir adalah bagi-bagi pupuk kepada masyarakat.

 

"Sengaja kita membagi pupuk kepada masyarakat karena sebagian besar masyarakat di Trenggalek berprofesi sebagai petani," tuturnya.

Dengan pembagian pupuk tersebut, diharapkan oleh Bupati, selain meringankan petani, juga menjadi simbol bahwa pertanian di Trenggalek bisa lebih baik dan masyarakat sejahtera. (Humas)

 

Hadir Ditengah-tengah Bupati Terdahulu, Bupati Trenggalek Meminta Doa Restu untuk Trenggalek

Created on 30 August 2019

Bertemu dengan Bupati terdahulu, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin minta doa restu untuk Trenggalek, Jum'at (30/8/2019).

 

Keakraban Bupati- Bupati terdahulu dan mantan pejabat dilingkup Pemkab Trenggalek memang patut ditiru. Menjelang Hari Jadi mereka selalu berkumpul menjalin silaturahmi satu sama lainnya.

 

Kali ini di Hari Jadi ke-825 Trenggalek tahun 2019, Mantan Sekda Trenggalek Drs. Ali Mustofa, M.Si., menjadi tuan rumah dari silaturahmi ini.

 

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Darso, Bupati Slamet, Bupati Ernomo dan Bupati Mulyadi. Selain itu juga ada Mahsun Mahisma Ismail mantan wakil bupati dan beberapa mantan pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek.

Diberikan kesempatan menyampaikan sambutan orang nomor satu di Trenggalek tersebut menjelaskan mengenai konsep Hari Jadi Trenggalek kali ini kepada para seniornya.

 

Menurutnya ada yang berbeda dalam perhelatan hari jadi kali ini, karena nuansanya Kraton Yogjakarta. "Saya ingin menjalin kerjasama dengan dengan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, menyambut tersambungnya koridor Jogja-Malang," ungkap Nur Arifin.

 

Apalagi Trenggalek mempunyai hubungan historis dengan Yogya, ada makam mertua dan cucu Pangeran Mangku Bumi di Panggul. Demang Panji Nawangkung di Panggul mempunyai peran membantu Pangeran Mangku Bumi melawan penjajah.

 

Pendekatan budaya ini diharapkan dapat menjadi pintu masuk kerjasama dengan Jogja, dan Trenggalek mendapatkan kebermanfaatannya.

 

Suami Novita Hardini ini menerangkan keinginannya, membuat karavan camp yang akan digunakan untuk mobilitas wisatawan dari Jogja ke Trenggalek. "Jadi wisatawan tidak perlu bingung mencari penginapan atau kendaraan dari Yogya ke Trenggalek.

Kepada para senior, Bupati termuda ini juga menceritakan tentang program lelang investasi yang telah dilakukan.

Lelang investasi ini dilakukan karena setiap mengikuti pameran tidak ada investor yang berkunjung, sehingga Pemerintah Kabupaten Trenggalek mencoba untuk jemput bola untuk menawarkan peluang investasi kepada calon investor.

 

Patut disyukuri tahun ini ada MOU yang ditandai antara Pemerintah Kabupaten Trenggalek dengan PT. Jakarta Tourisindo dan PT. NSI.

 

Kerjasama ini dibidang pemetaan potensi wisata dan edutel. Hotel Prigi dijadikan sebagai tempat pendidikan vokasional, sehingga bila ada investor yang masuk ingin membangun hotel mereka tidak bingung mencari sumberdaya manusianya.

 

Pemerintah Kabupaten Trenggalek juga ingin mencoba membangun Glamping-Glamping Resort semi permanen.

 

Selama ini wisatawan tertarik dengan keindahan pantai di Trenggalek, namun mereka bingung untuk menginap. Glamping resort ini diharapkan bisa menjadi solusi dari kebuntuan ini sehingga wisatawan bisa tidur di tengah-tengah alam. "Akan menjadi menarik, ketika bangun tidur mereka bisa langsung menikmati keindahan teluk kita," jelasnya.

 

Kepada seniornya bapak tiga anak ini menampik isu bila dirinya ingin menjual tanah aset di Trenggalek. Tanah aset ini menjadi daya tarik kepada investor, sehingga mereka tidak perlu investasi tanah karena Pemerintah telah mempersiapkan tanah pemkab yang clear and clean.

 

Tanah-tanah ini bukannya dijual melainkan dihitung sebagai saham, sehingga PAD bisa terus mengalir ke Pemerintah Daerah, jelasnya.

 

Selain lelang investasi Bupati Trenggalek juga menjelaskan mengenai jargon baru Trenggalek 'MEROKET' yang kepanjangannya Maju Ekonomi Rakyatnya Organisasi atau Orangnya Kreatif dan Ekosistemnya Terjaga sebagai ikhtiar Pemerintah untuk memajukan perekonomian masyarakat, dengan mengajak masyarakatnya kreatif dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan.

 

Untuk mewujudkan hal tersebut tidak bisa lagi hanya mengejar, melainkan perlu lompatan-lompatan, tandasnya. (Humas)

 

Pusaka Kabupaten Diboyong ke Kamulan Sebelum Diarak dalam Prosesi Hari Jadi

Created on 30 August 2019

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin serahkan pusaka Kabupaten Prasasti Kamulan, 2 Tombak Korowelang, Songsong Tunggul Projo, Songsong Tunggul Nogo, Panji Lambang Kabupaten Jwalita Praja Karana dan Parasamya Purna Karya Nugraha untuk diboyong ke Kamulan, Jum'at (30/8/2019). Hal ini dilakukan karena tanggal jadinya Trenggalek berdasar dari Prasasti Kamulan.

 

Disemayamkan semalam disana, selanjutnya pusaka ini diarak ke Pendopo Manggala Praja Nugraha saat prosesi Hari Jadi ke-825 Kabupaten Trenggalek, Sabtu (31/8/2019).

Sehari sebelumnya pusaka-pusaka ini dilakukan penjamasan atau pembersihan oleh juru Jamas KRT. dr. Sarjono Baskoro dengan prosesi adat jawa.

 

"Pusaka-pusaka ini kita boyong ke Kamulan untuk disemayamkan disana semalam," ungkap Bupati Trenggalek usai menyerahkan pusaka-pusaka ini kepada petugas.

"Tradisi ini dilakukan karena prasasti yang pertama kali menandai Trenggalek berusia 825 itu dulu ditemukan di Kamulan, tepatnya di Sendang Kamulyan.

 

Jadi sebelum kita bawa di Pendopo kita semayamkan semalam di daerah Kamulan, tandas Bupati Trenggalek. (Humas)

 

Page 1 of 47

BERITA LAINNYA

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
Prev Next
Bupati Trenggalek Minta Jajarannya Fasilitasi Warga Terdampak Bendungan Bagong di Masa Transisi

18 OKTOBER

Bupati Trenggalek Minta Jajarannya Fasilitasi Warga Terdampak Bendungan Bagong di Masa Transisi

Rencana pembangunan Bendungan Bagong di Kecamatan Bendungan semakin dimantapkan. Menindak lanjuti hal itu, Bupati Trenggalek,  Mochamad Nur Arifin, meminta kepada jajarannya untuk memfasilitasi warga masyarakat...

Bupati Nur Arifin Akan Kumpulkan Semua Pengungsi Wamena asal Trenggalek

18 OKTOBER

Bupati Nur Arifin Akan Kumpulkan Semua Pengungsi Wamena asal Trenggalek

Setelah sebelumnya Pemerintah Kabupaten Trenggalek memfasilitasi penjemputan dan pemulangan para pengungsi Wamena asal Trenggalek, Bupati Nur Arifin berencana mengumpulkan para pengungsi tersebut di Pendopo.   Rencana tersebut...

	 Kompak, Forkopimda Trenggalek Tinjau Distribusi Air Bersih di Wilayah Terdampak Kekeringan

17 OKTOBER

Kompak, Forkopimda Trenggalek Tinjau Distribusi Air Bersih di Wilayah Terdampak Kekeringan

Berkomitmen berikan pelayanan prima kepada masyarakat, Forkopimda Kabupaten Trenggalek terjun langsung meninjau distribusi air bersih kepada masyarakat di Desa Cakul Kecamatan Dongko, Kamis (17/10/2019).   "Hari ini...

Antisipasi Dampak Musim Kemarau dan Penghujan, Bupati Nur Arifin Ajak Selamatkan Sumber Mata Air

17 OKTOBER

Antisipasi Dampak Musim Kemarau dan Penghujan, Bupati Nur Arifin Ajak Selamatkan Sumber Mata Air

Hadiri apel gelar pasukan Operasi Mantab Brata Semeru tahun 2019 di Markas Komando (Mako) Polres Trenggalek, Kamis (17/10/2019), Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, mewacanakan gerakan...

Bupati Himbau Masyarakat Tidak Ikut Mobilisasi Massa

17 OKTOBER

Bupati Himbau Masyarakat Tidak Ikut Mobilisasi Massa

Bupati Trenggalek hadir bersama seluruh Jajaran Forkopimda Trenggalek dalam kegiatan apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Semeru tahun 2019 di Mako Polres Trenggalek, Kamis (17/10/2019)....

Buka Pelatihan Membuat Sepatu dan Sandal, Novita Hardini Harapkan Perempuan Lebih Berdaya

16 OKTOBER

Buka Pelatihan Membuat Sepatu dan Sandal, Novita Hardini Harapkan Perempuan Lebih Berdaya

Komitmen Bupati dan Ketua Dekranasda Trenggalek untuk membuat perempuan lebih berdaya tidak perlu diragukan lagi. Melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan, Pemerintah Kabupaten Trenggalek...

Novita Hardini Inginkan Pos Curhat di Kecamatan-Kecamatan Kembali Digelorakan

15 OKTOBER

Novita Hardini Inginkan Pos Curhat di Kecamatan-Kecamatan Kembali Digelorakan

Pos Curhat Kecamatan merupakan salah satu program yang digalakkan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek untuk mengenali permasalahan sosial di masing-masing wilayah Kecamatan. Selain itu...

Novita Hardini Lantik Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Empat Kecamatan di Trenggalek

15 OKTOBER

Novita Hardini Lantik Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Empat Kecamatan di Trenggalek

Mutasi dan promosi pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek beberapa waktu lalu juga turut merubah struktur kepengurusan Tim Penggerak PKK maupun Bunda PAUD. Hal tersebut...

Gus Ipin Korbankan Kantor Bupati yang Nyaman Demi Mewujudkan Smart Center

14 OKTOBER

Gus Ipin Korbankan Kantor Bupati yang Nyaman Demi Mewujudkan Smart Center

Dengan adanya Smart Center, diharapkan masyarakat Trenggalek bisa dengan mudah mengakses informasi dan data yang akurat. Untuk mewujudkan hal tersebut, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin...

Bupati Trenggalek Pimpin Rakor Kewaspadaan Dini Konflik Sosial

14 OKTOBER

Bupati Trenggalek Pimpin Rakor Kewaspadaan Dini Konflik Sosial

Mewaspadai potensi konflik sosial, Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggelar rapat koordinasi forum kewaspadaan dini dengan menghadirkan seluruh stakeholder terkait hingga organisasi maupun instansi vertikal lainnya di...

Hadiri Pelantikan Pengurus Cabang GP Ansor, Gus Ipin: Mari Kita Jaga NKRI

13 OKTOBER

Hadiri Pelantikan Pengurus Cabang GP Ansor, Gus Ipin: Mari Kita Jaga NKRI

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin), berharap GP Ansor terus menjaga keutuhan NKRI. Hal itu disampaikan saat menghadiri pelantikan pengurus GP Ansor Kabupaten Trenggalek,...

Usaha Keras Pemkab Berhasil, Pengungsi Wamena Asal Trenggalek Akhirnya Bisa Pulang

11 OKTOBER

Usaha Keras Pemkab Berhasil, Pengungsi Wamena Asal Trenggalek Akhirnya Bisa Pulang

Setelah tertahan selama beberapa hari di Jayapura, sebanyak 38 orang pengungsi korban kerusuhan Wamena asal Kabupaten Trenggalek akhirnya mendapat kejelasan terkait kepulangan mereka ke kampung...

OPD di Trenggalek, Berlomba-lomba Mewujudkan Zona Integritas, Bentuk Upaya Pencegahan Korupsi

10 OKTOBER

OPD di Trenggalek, Berlomba-lomba Mewujudkan Zona Integritas, Bentuk Upaya Pencegahan Korupsi

Ada kurang lebih 8 OPD di Trenggalek mengajukan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) kepada Kementerian PAN-RB RI tahun 2019...

Pemkab Terus Bantu Upayakan Kepulangan Pengungsi Wamena Asal Trenggalek

09 OKTOBER

Pemkab Terus Bantu Upayakan Kepulangan Pengungsi Wamena Asal Trenggalek

Pasca kejadian kerusuhan di Wamena beberapa waktu lalu, Pemerintah terus berupaya untuk memulihkan kondusifitas. Meski begitu, banyak warga yang menjadi korban merasakan trauma sehingga ingin...

Terbang ke Papua, Novita Hardini Temui Pengungsi Wamena Asal Trenggalek .

09 OKTOBER

Terbang ke Papua, Novita Hardini Temui Pengungsi Wamena Asal Trenggalek .

Kerusuhan yang terjadi di Wamena beberapa waktu lalu menyisakan trauma bagi para warga pendatang, tak terkecuali bagi warga asal Trenggalek. Tak sedikit pula warga pendatang...

Ayo!!! Tingkatkan Jumlah Sertifikat Tanah di Kabupaten Trenggalek

09 OKTOBER

Ayo!!! Tingkatkan Jumlah Sertifikat Tanah di Kabupaten Trenggalek

Bupati Trenggalek, Ajak masyarakat untuk meningkatkan jumlah sertifikat tanah di Kabupaten Trenggalek, saat menghadiri evaluasi program Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), di Kantor BPN...

Bupati dan Kepala BPN Trenggalek Optimis Semua Bidang Tanah di Bumi Sopal tahun 2022 Tersertifikasi

09 OKTOBER

Bupati dan Kepala BPN Trenggalek Optimis Semua Bidang Tanah di Bumi Sopal tahun 2022 Tersertifikasi

Rabu (9/10/2019) Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin dan Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Trenggalek,  Ardi Rahendro optimis tahun 2022 semua bidang tanah di Trenggalek bisa...

Asda III Apelkan Seluruh Kendaraan Aset Setda

09 OKTOBER

Asda III Apelkan Seluruh Kendaraan Aset Setda

Lakukan Pengecekan Kendaraan hingga Mengontrol  Kelengkapan dan Pembinaan Kepada Pengemudi   "Mobil Pemerintah harus selalu dalam keadaan bersih dan sehat," pesan Anik Suwarni, Asisten Administrasi Umum Sekda...

Didampingi Kompak, Pemkab Trenggalek Lakukan Finalisasi Modul Sepeda Keren

08 OKTOBER

Didampingi Kompak, Pemkab Trenggalek Lakukan Finalisasi Modul Sepeda Keren

Berpartisipasi Aktif dalam Finalisasi Modul, Novita Hardini Berharap Sepeda Keren Dapat Menjadi Sebuah Kendaraan atau Alat Untuk Menggerakkan  Masyarakat Menuju Tujuan,  Harapan dan Cita-cita Bersama   Selasa...

Masyarakat Sangat Terbantukan dengan Program Bupati Trenggalek Bagi-bagi Air Bersih

07 OKTOBER

Masyarakat Sangat Terbantukan dengan Program Bupati Trenggalek Bagi-bagi Air Bersih

Sambutan masyarakat cukup luar biasa terhadap program Bupati Trenggalek Bagi-bagi air bersih. Diberikan secara cuma-cuma kepada masyarakat, bagi-bagi air bersih dari Bupati Trenggalek, Senin (7/10/2019)...

Kembali Raih Penghargaan Natamukti, Bupati Nur Arifin: untuk Masyarakat Trenggalek

07 OKTOBER

Kembali Raih Penghargaan Natamukti, Bupati Nur Arifin: untuk Masyarakat Trenggalek

Pemerintah  Kabupaten Trenggalek kembali meraih Penghargaan Natamukti tahun 2019 atas komitmennya dalam memacu perkembangan UMKM. Penghargaan Natamukti merupakan apresiasi bagi Pemerintah Kabupaten/Kota yang dinilai berhasil...

Novita Hardini Ikut Menanam Mangrove dalam Peringatan HUT ke-74 TNI

07 OKTOBER

Novita Hardini Ikut Menanam Mangrove dalam Peringatan HUT ke-74 TNI

Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, ikut ambil bagian dalam gerakan penanaman mangrove memperingati HUT ke-74 TNI di eco-wisata Hutan Mangrove Pancer Cengkrong Desa...

Bupati Trenggalek Berbagi "Oleh-Oleh" dari Amerika

04 OKTOBER

Bupati Trenggalek Berbagi "Oleh-Oleh" dari Amerika

Usai mengikuti program IVLP di Amerika Serikat, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, mencoba berbagi oleh-oleh kepada masyarakat Trenggalek. Hal itu dilakukan dalam acara "Bupati Ngamen",...

Gus Ipin: Waktunya Pemuda Mengambil Peran, Jangan Sampai Kehilangan Momen

04 OKTOBER

Gus Ipin: Waktunya Pemuda Mengambil Peran, Jangan Sampai Kehilangan Momen

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin), menjadi salah satu pembicara dalam Stadium General yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Tulungagung, Jum'at (4/10/2019)....

Novita Hardini Ajak Kepala Desa Ikut Memajukan Pendidikan Anak Usia Dini

03 OKTOBER

Novita Hardini Ajak Kepala Desa Ikut Memajukan Pendidikan Anak Usia Dini

Bunda PAUD Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, mengajak kepada seluruh Kepala Desa untuk ikut memajukan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di lingkungannya. Ajakan itu disampaikan saat...

Gus Ipin: WTP Merupakan Suatu Keharusan Bagi Setiap Pemerintah Daerah

02 OKTOBER

Gus Ipin: WTP Merupakan Suatu Keharusan Bagi Setiap Pemerintah Daerah

Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali meraih WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018. Penghargaan WTP kali ini merupakan yang ketiga kalinya...

Pemkab Trenggalek Kembali Mendapatkan Penghargaan WTP dari Kementerian Keuangan RI

02 OKTOBER

Pemkab Trenggalek Kembali Mendapatkan Penghargaan WTP dari Kementerian Keuangan RI

Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali mendapatkan pengahargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang ketiga kalinya sejak tahun 2016. Penghargaan dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia tersebut berdasarkan...

Gus Ipin: Bila Perempuan Ikut Terlibat dalam Ekonomi, Maka GDP Juga Akan Tumbuh Pesat

01 OKTOBER

Gus Ipin: Bila Perempuan Ikut Terlibat dalam Ekonomi, Maka GDP Juga Akan Tumbuh Pesat

Sekembalinya dari Amerika Serikat untuk mengikuti program International Visitor Leadership Program (IVLP) tentang Women Global Development and Prosperity (W-GDP) Initiatives, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin,...

Bupati Nur Arifin Serahkan Dana Hibah Penyelenggaraan dan Pengawasan Pilkada

01 OKTOBER

Bupati Nur Arifin Serahkan Dana Hibah Penyelenggaraan dan Pengawasan Pilkada

Untuk mendukung kelancaran dalam penyelenggaraan maupun pengawasan proses pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang, Pemerintah Kabupaten Trenggalek serahkan dana hibah kepada KPU dan Bawaslu...

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Ajak Masyarakat Bulatkan Tekad Mempertahankan dan Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila

01 OKTOBER

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Ajak Masyarakat Bulatkan Tekad Mempertahankan dan Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila merupakan salah satu peringatan bersejarah dalam perjalanan perjuangan bangsa Indonesia. Diperingati setiap tanggal 1 Oktober, Hari Kesaktian Pancasila sendiri merupakan peringatan tentang...

Bupati Nur Arifin Tanggapi Positif Aksi Unjuk Rasa di Kabupaten Trenggalek

30 SEPTEMBER

Bupati Nur Arifin Tanggapi Positif Aksi Unjuk Rasa di Kabupaten Trenggalek

Puluhan orang yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Trenggalek (ART) melakukan aksi turun ke jalan. Dalam aksi tersebut, mereka menyerukan beberapa tuntutan yang disampaikan kepada anggota...

Novita Hardini Ajak Perempuan Muslimah Berjuang Membentuk Generasi yang Tangguh

30 SEPTEMBER

Novita Hardini Ajak Perempuan Muslimah Berjuang Membentuk Generasi yang Tangguh

Memperingati Tahun Baru 1441 Hijriyah, Pengurus Cabang Fatayat NU dan IPPNU Kabupaten Trenggalek menggelar pengajian dan istighotsah di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Minggu (29/9/2019).   Hadir dalam...

Hadiri Pelantikan Pimpinan DPRD Trenggalek, Plh Bupati: Asa dan Harapan Masyarakat Cukup Besar Di Pundak Kita Bersama

27 SEPTEMBER

Hadiri Pelantikan Pimpinan DPRD Trenggalek, Plh Bupati: Asa dan Harapan Masyarakat Cukup Besar Di Pundak Kita Bersama

Unsur pimpinan DPRD Kabupaten Trenggalek lakukan pengambilan sumpah jabatan oleh Kepala Pengadilan Negeri Trenggalek, Agus Aryanto, S.H., dalam sidang paripurna di Gedung DPRD Trenggalek, Jum'at...

Pemkab Trenggalek Gelar Senam Pagi untuk Jaga Kebugaran Aparatur Pemerintah

27 SEPTEMBER

Pemkab Trenggalek Gelar Senam Pagi untuk Jaga Kebugaran Aparatur Pemerintah

Disibukkan dengan rutinitas kerja yang padat tentu perlu diimbangi dengan olahraga agar Aparatur Pemerintah bisa tetap menjaga kebugarannya. Paham akan kebutuhan aparaturnya, Pemerintah Kabupaten Trenggalek...

Dekranasda Belitung Timur Tertarik Belajar Batik Pewarnaan Alam dengan Trenggalek

26 SEPTEMBER

Dekranasda Belitung Timur Tertarik Belajar Batik Pewarnaan Alam dengan Trenggalek

Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Trenggalek, rombongan Dekranasda dari Kabupaten Belitung Timur yang dipimpin oleh istri Bupati, Hj. Susy Siswari Yuslih Ihza, berkesempatan untuk belajar...

Mendapat Kunjungan Kerja dari Dekranasda Kabupaten Belitung Timur, Novita Hardini Berbagi Tips Pendampingan Pelaku UMKM

26 SEPTEMBER

Mendapat Kunjungan Kerja dari Dekranasda Kabupaten Belitung Timur, Novita Hardini Berbagi Tips Pendampingan Pelaku UMKM

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Belitung Timur lakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Trenggalek dalam rangka studi tiru. Kunjungan kerja yang dipimpin langsung oleh Ketua...

Plh Bupati Trenggalek: Kenaikan Pangkat Merupakan Bentuk Penghargaan dari Pemerintah Terhadap Pengabdian

26 SEPTEMBER

Plh Bupati Trenggalek: Kenaikan Pangkat Merupakan Bentuk Penghargaan dari Pemerintah Terhadap Pengabdian

Sebanyak 717 Pegawai Negeri Sipil di lingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek menerima petikan keputusan kenaikan jenjang jabatan fungsional dan kenaikan pangkat periode 1 Oktober 2019. Penghargaan...

Ajak Masyarakat Mencintai dengan Ikut Melestarikan dan Memakai Batik Trenggalek

25 SEPTEMBER

Ajak Masyarakat Mencintai dengan Ikut Melestarikan dan Memakai Batik Trenggalek

Sebagai warisan budaya Nusantara, Batik telah telah diakui dunia. UNESCO telah menetapkan Batik sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 2...

Bupati Nur Arifin: Jika Ingin Melihat Dunia Lebih Baik, Kita Harus Melibatkan Wanita dalam Ekonomi

24 SEPTEMBER

Bupati Nur Arifin: Jika Ingin Melihat Dunia Lebih Baik, Kita Harus Melibatkan Wanita dalam Ekonomi

According to the research, 90% women's revenue, will reinvest to their kids, family and community. So, if you are wanna see no more stunted children,...

Asisten III Sekda Berangkatkan Bantuan Distribusi Air Bersih Kwarcab Gerakan Pramuka Trenggalek

24 SEPTEMBER

Asisten III Sekda Berangkatkan Bantuan Distribusi Air Bersih Kwarcab Gerakan Pramuka Trenggalek

Peduli bencana kekeringan, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Trenggalek bekerja sama dengan BAZNAS dan PDAM distribusikan air bersih ke beberapa titik lokasi. Distribusi bantuan air bersih...