Info: Tebing Longsor di KM 16 Jalur Trenggalek-Ponorogo

Created on 13 December 2016

Selasa, 13 Desember 2016 sekitar pukul 11.30 WIB, di Jl. Raya Trenggalek - Ponorogo KM 16, RT.08 RW.03 Dsn. Pacar Ds. Nglinggis Kec. Tugu, telah terjadi bencana alam tebing longsor setinggi 30 m dengan material tanah dan batu dengan tinggi material 1 m, panjang 7 m, lebar 5 m yg disebabkan curah hujan tinggi dan tanah yang labil. Akibatnya jalan raya Trenggalek - Ponorogo tertimbun material longsor dan arus lalu lintas Trenggalek - Ponorogo putus total.

Kronologi kejadian:

- Jam 11.15 s/d 12.30 WIB wilayah  Kecamatan Tugu diguyur hujan dengan intensitas sedang.
- Jam 11.30 WIB tebing dengan tinggi 30 m longsor dengan material tanah dan batu. Tinggi material 1 m, panjang 7 m, lebar 5 m.

Kerugian:

- Kerugian Personel : Nihil.
- Kerugian Materiil : Jalan Raya Trenggalek - Ponorogo KM 16 tertimbun longsor dengan material tanah dan batu, serta arus lalu lintas Trenggalek - Ponorogo terputus.

Upaya yang dilakukan :

- TRC BPBD, Babinsa Desa Nglinggis, anggota Polsek Tugu dan masyarakat melaksanakan pengecekan ke lokasi dan koordinasi dengan instansi terkait.

 - Alat berat dari Dinas PU Jatim telah siap dilokasi dan sudah mulai melakukan pembersihan.

 - Info lanjutan hingga pukul 15.15 WIB arus lalu lintas Trenggalek - Ponorogo KM 16 masih terputus total.

- Pembersihan telah dilakukan namun material longsor kembali turun dalam jumlah banyak sehingga diberhentikan sementara karena kondisi yang membahayakan.