Emil Dardak Ulas Tuntas Gerakan Tengok Bawah pada Inovation Summit 2018 di Surabaya

Created on 22 October 2018

Menjadi salah satu pembicara dalam Inovation Summit 2018, Ayo Inklusif! di Shangri-La Hotel Surabaya, Senin (22/10/2018), Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, mengulas secara tuntas program pengentasan kemiskinan di daerahnya.

 

Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan (GERTAK) menjadi program rujukan yang diyakini sangat efektif untuk mengentaskan kemiskinan di Trenggalek.

 

Emil Dardak melihat, dari struktur PDRB-nya daerah di Jawa Timur sangat beragam. Untuk kawasan ring satu cukup dominan industri seperti Pasuruan, Gresik, Sidoarjo maupun Surabaya. Sedangkan di Trenggalek hanya mengandalkan pertanian dan peternakan.

Mengandalkan peternakan tantangannya tentunya harus mempunyai ternak dan ketersediaan kandang dan lahan pakan. Sedangkan untuk pertanian tentunya tantangannya adalah memiliki lahan pertanian yang paten.

 

Semua konteks ini memberikan kita sebuah challenge, tantangan besar bahwa masalah kemiskinan di Trenggalek terkait juga dengan kendala-kendala tuntutan kualitas SDM.

 

Diterangkan oleh suami Arumi Bachsin bahwa bicara kemiskinan menjadi sangat penting. "Data tidak bisa ditelan mentah-mentah. Kita banyak terobsesi dengan data pengangguran, padahal kenyataannya jumlah pengangguran sangat fluktuatif," ungkapnya.

 

Menurutnya yang paling penting dari kemiskinan ini adalah under employment. "Banyak sekali yang bekerja akan tetapi masih miskin. Belum lagi yang masuk rentan miskin, artinya 50% kurang diambang garis kemiskinan. Hal ini tentunya menjadi catatan besar kita," terang Emil.

Namun demikian, menurutnya, angka tersebut tetap harus menjadi tolak ukur yang bermanfaat untuk melihat bagaimana kearah yang benar atau tidak.

 

Selain itu, menurut Emil Dardak, kaya dan miskin itu bermula dari pikiran. Pada saat seseorang sudah terjebak pada satu framework atau mental bahwa "saya miskin", maka berat sekali untuk mengangkat dia keluar dari kemiskinan itu sendiri.

 

"Kemiskinan ini kadang kadang tandemnya diwariskan, tidak mengeneralisir semua namun kebanyakan seperti itu akibat dari paradigma belenggu yang melekat. Inilah yang ingin Pemerintah Kabupaten Trenggalek coba putus. Disaat ibu mengandung, kemudian anaknya dalam kandungan tidak mendapatkan asupan yang baik, terus juga dalam golden period tidak mendapatkan asupan yang baik dan pendidikan yang memadai," jelasnya.

Disaat anak sekolah, seharusnya serius belajar namun sudah disibukkan dengan kegiatan mencari nafkah untuk keluarga. Disinilah lingkaran belenggu itu sulit dihilangkan sehingga menyebabkan orang miskin cenderung mengulang lagi kemiskinannya.

 

Hal inilah yang ingin Pemerintah Kabupaten Trenggalek putus, waktu itu dirinya dan wakil bupati berdiskusi apa kira-kira yang sumber kemiskinan. Pasangan Bupati Trenggalek ini masih melihat, mereka yang mampu tidak mau ketinggalan jatah beras untuk masyarakat miskin, dengan mengaku dirinya miskin.

 

Diceritakan Bupati Trenggalek ini, sempat suatu daerah yang agak frustasi dengan trend seperti ini, menetapkan syarat untuk penerima bantuan harus pasang sticker besar di rumahnya "saya miskin", dan hal ini sempat menjadi ramai diperbincangkan.

 

Ternyata hal ini tidak menolong, dengan menerapkan itu penduduk yang miskin akan semakin sadar dirinya miskin dan orang mengantri untuk dianggap miskin. Maka yang pertama harus dilakukan adalah memotong dulu.

 

Dari ini masih mungkin nggak ya orang mau melihat kebawah dan mau mengatakan eh ternyata masih ada yang lebih sulit dari kita, bukannya melihat keatas dan beranggapan oh aku masih layak melainkan bersyukur, ternyata masih ada yang lebih membutuhkan dari saya, papar doktor lulusan Jepang tersebut.

 

Inilah konsep GERTAK (Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan), bagaimana seseorang, walaupun kondisinya terbatas masih mau melihat kebawah.

 

Dengan menengok kebawah mungkin akan muncul rasa syukur, gotong royong dan tolong menolong serta akan muncul optimisme bahwasanya bisa lebih baik dari posisi yang sudah dicapai.

 

Pertanyaannya sekarang setelah mendesain sebuah inovasi, apakah hal tersebut cocok dengan kerangka kebijakan publik mau diemplementasikan seperti apa.

 

Sehingga yang kita lakukan adalah menggeser konsep kemiskinan dengan ditentukan oleh diri sendiri bukan ditentukan oleh pemerintah dan pemerintah coba menjembatani.

 

Database kemiskinan selalu menjadi masalah, ada orang yang sebenarnya tidak miskin namun masuk data kemiskinan dan yang miskin tidak masuk data kemiskinan.

 

Memang data ini cukup dinamis, pergeseran orang untuk miskin dan tidak miskin ini sangat dinamis. Bisa saja orang gagal panen sehingga masuk kategori miskin.

 

Inilah realita-realita yang dihadapi sehingga data kemiskinan sangat dinamis. Maka dari dinamis ini, kita inginkan properti kemiskinan itu ditentukan oleh masyarakat sendiri, imbuh Emil.

 

Hal ini coba kita wujudkan dengan program Musdes Gertak, masyarakat bermusyawarah untuk menentukan siapa yang benar-benar miskin dari data kemiskinan yang ada, dan siapa yang berhak untuk diusulkan bagi mereka yang belum masuk data.

 

Strategi kemiskinan ini diawali dengan membedah data PDB dan dimusyawarahkan di tingkat desa secara transparan. Mereka akan sama-sama melihat, tebuka matanya ternyata ada yang lebih miskin dari saya.

 

Selanjutnya kita bangun sistem mutasi, artinya kita harus punya sistem pemutakhiran data yang transparan, dinamis dan real time.

 

Agar hal ini bisa terlaksana dengan baik kita menerapkan sistem sedekah informasi. Masyarakat kita ajak untuk aktif memberikan informasi kepada pemerintah, sehingga penangan kemiskinan ini bisa cepat teratasi.

 

Selain sedekah informasi kita juga memerlukan sistem rujukan terpadu. Banyak sekali program pengentasan kemiskinan yang telah diluncurkan dari berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun pihak lainnya.

 

"Namun semua program tersebut semuanya jalan sendiri-sendiri sehingga terkesan tidak tepat sasaran. Melihat hal ini maka pemerintah Kabupaten Trenggalek perlu memberikan karpet merah bagi orang-orang miskin yang memang benar-benar ingin mentas," tandasnya. (Humas)

BERITA LAINNYA

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
Prev Next
2 Medali Emas 1 Perak Cabor Pencak Silat Diarak Menuju Kota Gaplek

11 JULI

2 Medali Emas 1 Perak Cabor Pencak Silat Diarak Menuju Kota Gaplek

Pulang bak seorang pahlawan dari medan perang tiga atlet pencak silat kontingen Kabupaten Trenggalek peraih medali Porprov VI Jawa Timur diarak menuju Kota Gaplek, Kamis...

Bupati Trenggalek Wacanakan Mereplikasi Program TMMD untuk Mengatasi Kebuntuan Daerah Terpencil

11 JULI

Bupati Trenggalek Wacanakan Mereplikasi Program TMMD untuk Mengatasi Kebuntuan Daerah Terpencil

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, mewacanakan untuk mereplikasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) untuk daerah-daerah terpencil, Kamis (11/7/2019).   Usai membuka pelaksanaan TMMD di lapangan Desa...

Komandan Korem 081/Dhirotsaha Jaya: Pertahanan yang Kuat adalah Rakyat yang Sejahtera

11 JULI

Komandan Korem 081/Dhirotsaha Jaya: Pertahanan yang Kuat adalah Rakyat yang Sejahtera

Komandan Korem 081/Dhirotsaha Jaya Madiun, Kolonel Masduki, dalam sambutannya pada kegiatan paparan pelaksanaan TMMD ke-105 di Kabupaten Trenggalek menyampaikan bahwa kegiatan TMMD adalah dalam rangka...

Buka TMMD Ke-105, Bupati Trenggalek Berharap Manfaatnya Dirasakan Masyarakat

11 JULI

Buka TMMD Ke-105, Bupati Trenggalek Berharap Manfaatnya Dirasakan Masyarakat

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, membuka pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 di Kabupaten Trenggalek, Kamis (11/7/2019).   Kegiatan TMMD di Trenggalek akan dilaksanakan di Desa...

Ikuti Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi, Novita Hardini Apresiasi Prestasi Kabupaten Trenggalek

11 JULI

Ikuti Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi, Novita Hardini Apresiasi Prestasi Kabupaten Trenggalek

Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek turut serta dalam Lomba Masak Ikan tingkat Provinsi Jawa Timur yang digelar di Dyandra Convention Center Surabaya, Kamis (11/7/2019). Lomba...

Gus Ipin : Sayangnya Saya Telat Menjadi Bupati, Padahal TPP Tahun Depan insyaAllah Naik Tiga Kali Lipat

09 JULI

Gus Ipin : Sayangnya Saya Telat Menjadi Bupati, Padahal TPP Tahun Depan insyaAllah Naik Tiga Kali Lipat

Ada yang cukup menggelitik dalam penyataan Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin saat menyerahkan 81 SK Purna Tugas bagi ASN dilingkup Pemkab Trenggalek, Selasa (9/7/2019).   "Sayangnya...

Bupati Trenggalek Serahkan 81 SK Purna Tugas PNS di Lingkup Pemkab Trenggalek

09 JULI

Bupati Trenggalek Serahkan 81 SK Purna Tugas PNS di Lingkup Pemkab Trenggalek

Sebanyak 81 PNS di lingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek, terima Surat Keputusan (SK) Purna Tugas dari Bupati, Selasa (9/7/2019), karena telah memasuki masa pensiun.   SK Purna...

Bupati Trenggalek : Semoga Kepolisian Terus Kuat Menjaga Keutuhan NKRI

08 JULI

Bupati Trenggalek : Semoga Kepolisian Terus Kuat Menjaga Keutuhan NKRI

Bupati Trenggalek berharap Kepolisian terus kuat menjaga keutuhan NKRI, hal ini disampaikan Mochamad Nur Arifin saat peringatan Hari Bhayangkara ke-73 di Kabupaten Trenggalek, Senin (8/7/2019).   Menurut...

Gus Ipin : Akan Ada Satu Lagi Bendungan yang Akan dibangun di Trenggalek

08 JULI

Gus Ipin : Akan Ada Satu Lagi Bendungan yang Akan dibangun di Trenggalek

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin hadiri pengajian akbar bersama KH. Anwar Said di Desa Sugihan Kecamatan Kampak, Senin (8/7/2019) dalam rangka bersih Desa Sugihan tahun...

Bupati Trenggalek Titip Doa Kepada CJH Untuk Trenggalek Meroket hingga Berbagi Pengalaman Tempat Mustajab

08 JULI

Bupati Trenggalek Titip Doa Kepada CJH Untuk Trenggalek Meroket hingga Berbagi Pengalaman Tempat Mustajab

Bupati Trenggalek lepas 660 CJH asal Trenggalek untuk memenuhi Panggilan Allah berhaji, dalam kegiatan istighozah di Masjid Baiturrahman Trenggalek, Senin (8/7/2019).   Keberangkatan CJH Trenggalek tersebut terbagi...

Sumilake Prahara Mustikaning Tumpuk, Menjadi Master Piece Pagelaran Budaya Kabupaten Trenggalek di TMII

07 JULI

Sumilake Prahara Mustikaning Tumpuk, Menjadi Master Piece Pagelaran Budaya Kabupaten Trenggalek di TMII

Sumilake Mustikaning Tumpuk menjadi suguhan utama Pagelaran Budaya Kabupaten Trenggalek di Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (7/7/2019).   Pagelaran Budaya di TMII merupakan...

Bedoyo Denawa Estri Membuka Pesona Seni Budaya Kabupaten Trenggalek di TMII

07 JULI

Bedoyo Denawa Estri Membuka Pesona Seni Budaya Kabupaten Trenggalek di TMII

Bedoyo Denawa Estri menjadi pembuka pagelaran seni budaya Kabupaten Trenggalek di Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (7/7/2019).   Bedoyo merupakan sebuah tari...

Jargon MEROKET tuai Pujian dan Dukungan dari Berbagai Pihak dalam Pagelaran Seni Budaya Daerah di TMII

07 JULI

Jargon MEROKET tuai Pujian dan Dukungan dari Berbagai Pihak dalam Pagelaran Seni Budaya Daerah di TMII

Paparkan Jargon Baru MEROKET dalam pagelaran seni budaya daerah di Ajungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (7/7/2019) Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin...

Gus Ipin : Tresno Trenggalek, Tumbas Trenggalek

07 JULI

Gus Ipin : Tresno Trenggalek, Tumbas Trenggalek

Peduli dan mau membantu perekonomian masyarakat di Trenggalek, marilah kita beli produk-produk UKM Trenggalek. Hal ini disampaikan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dalam kegiatan pagelaran...

Tak Kenal Lelah Promosikan Daerah, Bupati Nur Arifin Dapatkan Apresiasi dari Wakil Gubernur Jatim

07 JULI

Tak Kenal Lelah Promosikan Daerah, Bupati Nur Arifin Dapatkan Apresiasi dari Wakil Gubernur Jatim

Ikut ambil bagian sebagai penyaji dalam pagelaran seni budaya daerah di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mendapatkan...

Berangkatkan Kontingen Porprov Jatim 2019, Gus Ipin: Akan Ada Bonus Tambahan untuk Atlet Berprestasi

04 JULI

Berangkatkan Kontingen Porprov Jatim 2019, Gus Ipin: Akan Ada Bonus Tambahan untuk Atlet Berprestasi

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, berangkatkan kontingen Kabupaten Trenggalek yang akan berkompetisi di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2019, Kamis (4/7/2019) di Pendopo...

Ini Tanggapan Bupati Trenggalek Terhadap Aspirasi Masyarakat Terdampak Bendungan Bagong

03 JULI

Ini Tanggapan Bupati Trenggalek Terhadap Aspirasi Masyarakat Terdampak Bendungan Bagong

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin), kembali melakukan audiensi dengan warga terdampak rencana pembangunan Bendungan Bagong, Rabu (3/7/2019). Sebanyak 30 orang perwakilan warga dari...

Bupati Trenggalek Letakan Batu Pertama Pembangunan Ponpes Satu-Satunya di Kecamatan Bendungan

03 JULI

Bupati Trenggalek Letakan Batu Pertama Pembangunan Ponpes Satu-Satunya di Kecamatan Bendungan

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin), menyambut baik dimulainya pembangunan Pondok Pesantren Nurul Iman di Desa Masaran Kecamatan Bendungan. Bupati Trenggalek berkesempatan meletakkan batu...

Pengaduan Kedaruratan Cukup Hubungi Call Center 119

02 JULI

Pengaduan Kedaruratan Cukup Hubungi Call Center 119

Pemerintah Kabupaten Trenggalek dorong Public Safety Center (PSC) 119 yang dirintis sejak Juni 2016 bisa terintegrasi dengan semua instansi terkait, sehingga masyarakat dimudahkan untuk melakukan...

Lakukan Evaluasi, Asisten I Sekda Berharap Layanan  Penanganan Kedaruratan Public Safety Center (PSC) 119 Semakin Baik

02 JULI

Lakukan Evaluasi, Asisten I Sekda Berharap Layanan Penanganan Kedaruratan Public Safety Center (PSC) 119 Semakin Baik

Hadir mewakili Bupati Trenggalek dalam rapat evaluasi Public Safety Center (PSC) 119 di Hall Hotel Bukit Ja'as Permai, Selasa (2/7/2019) Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda...

Bupati Trenggalek Beberkan Kenapa Anggaran Belanja Tidak Terealisasi Maksimal dan SILPA Tahun Anggaran 2018 Cukup Besar

01 JULI

Bupati Trenggalek Beberkan Kenapa Anggaran Belanja Tidak Terealisasi Maksimal dan SILPA Tahun Anggaran 2018 Cukup Besar

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin berikan tanggapannya terkait dengan beberapa pertanyaan fraksi-fraksi DPRD melalui Pemandangan umumnya terhadap LPJ Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018 melalui sidang...

Gus Ipin : Saya Berharap Mahasiswa KKN UGM Bantu Trenggalek Meroket

01 JULI

Gus Ipin : Saya Berharap Mahasiswa KKN UGM Bantu Trenggalek Meroket

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin berharap KKN mahasiswa dari UGM bisa membantu Trenggalek meroket. Senin (1/6/2019) Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali menerima Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan...

Kenalkan Adipura Desa, Gus Ipin : Hadiahnya Capai 1,9 M

31 MEI

Kenalkan Adipura Desa, Gus Ipin : Hadiahnya Capai 1,9 M

Mochamad Nur Arifin, pria yang baru saja dilantik Gubernur Jatim menjadi Bupati Trenggalek kenalkan Program Adipura Desa dalam kegiatan penyalarasan program daerah dan desa, Jum'at...

Gus Ipin Minta 5 Prioritas Kabupaten Jadi Prioritas Desa

31 MEI

Gus Ipin Minta 5 Prioritas Kabupaten Jadi Prioritas Desa

Buka bareng bersama seluruh kepala desa dan beberapa jajarannya, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, minta 5 prioritas kerja kabupaten bisa menjadi prioritas desa, Jum'at (31/5/2019)...

Gus Ipin : Ada Edaran Menpan RB, Saya Ingin Pastikan Tidak ada Yang Bolos

31 MEI

Gus Ipin : Ada Edaran Menpan RB, Saya Ingin Pastikan Tidak ada Yang Bolos

Menindaklanjuti edaran Kementerian PAN-RB, bahwasannya Jum'at (31/5/2019) masih masuk kerja dan 1 Juni ikuti Upacara kelahiran Pancasila, Bupati Trenggalek sidak jajarannya di beberapa tempat.   Pertama yang...

Gus Ipin Apresiasi Upaya Dispendukcapil Jemput Bola KTP Pemula

31 MEI

Gus Ipin Apresiasi Upaya Dispendukcapil Jemput Bola KTP Pemula

Sidak di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin apresiasi upaya jajarannya jemput bola layanan adminduk, Jum'at (31/5/2019).   Rencananya Dinas Kependudukan dan...

Bupati Trenggalek Tinjau Pelayanan Adminduk Jelang Lebaran

31 MEI

Bupati Trenggalek Tinjau Pelayanan Adminduk Jelang Lebaran

Tinjau pelayanan administrasi kependudukan di hari terakhir sebelum cuti bersama Lebaran, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin sidak Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Jum'at (31/5/2019).   "Layanan...

Bupati Trenggalek Minta Jajaran Fokus Terhadap Target Yang Ingin Dicapai

29 MEI

Bupati Trenggalek Minta Jajaran Fokus Terhadap Target Yang Ingin Dicapai

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin minta jajarannya fokus terhadap target yang dicapai, Rabu (29/6/2019). Hal ini disampaikan Bupati Trenggalek saat melakulan kegiatan Safari OPD Dinas...

Hari Pertama Jadi Bupati Definitif, Nur Arifin Cek Harga Komoditas Pokok

29 MEI

Hari Pertama Jadi Bupati Definitif, Nur Arifin Cek Harga Komoditas Pokok

Bersama Kapolres Trenggalek, AKBP Didit B. W. S., Bupati Trenggalek Trenggalek, Mochamad Nur Arifin cek harga-harga kebutuhan pokok jelang Hari Raya Lebaran, Rabu (29/5/2019).   Tidak ingin...

Dilantik, Nur Arifin Didoakan Ratusan Ulama dan Umaro di Trenggalek

28 MEI

Dilantik, Nur Arifin Didoakan Ratusan Ulama dan Umaro di Trenggalek

Ratusan ulama dan Umaro di Bumi Sopal Trenggalek, berkumpul di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Selasa (28/5/2019). Kehadiran mereka dalam rangka mendoakan Mochamad Nur Arifin yang...

Antusias Warga Cukup Luar Biasa, Sambut Kedatangan Nur Arifin Usai Dilantik Bupati

28 MEI

Antusias Warga Cukup Luar Biasa, Sambut Kedatangan Nur Arifin Usai Dilantik Bupati

Usai dilantik di Gedung Negara Grahadi Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin langsung bertolak ke Trenggalek, Selasa (28/5/2019). Bergegas balik karena Bupati termuda ini ingin segera...

Tak Hanya Mendampingi Suami, Novita Hardini juga Dilantik Menjadi Ketua TP PKK dan Dekranasda Trenggalek

28 MEI

Tak Hanya Mendampingi Suami, Novita Hardini juga Dilantik Menjadi Ketua TP PKK dan Dekranasda Trenggalek

Novita Hardini datang ke Gedung Negara Grahadi, Selasa (28/5/2019). Kedatangannya tidak hanya untuk mendampingi suami, Mochamad Nur Arifin untuk diambil sumpah dan pelantikan sebagai Bupati...

Dilantik Menjadi Bupati, Gus Ipin Akan Fokus Mengabdi Untuk Masyarakat

28 MEI

Dilantik Menjadi Bupati, Gus Ipin Akan Fokus Mengabdi Untuk Masyarakat

Usai dilantik menjadi Bupati Trenggalek oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Mochamad Nur Arifin berjanji akan fokus mengabdi kepada masyarakat hingga...

Resmi Dilantik, Nur Arifin Menjadi Bupati Termuda di Tanah Air

28 MEI

Resmi Dilantik, Nur Arifin Menjadi Bupati Termuda di Tanah Air

Mochamad Nur Arifin (MNA), resmi dilantik menjadi Bupati Trenggalek, oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Selasa (28/5/2019). Pelantikan MNA sendiri dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi,...

Dilantik Gubernur, Mochamad Nur Arifin Resmi Jadi Bupati Trenggalek

28 MEI

Dilantik Gubernur, Mochamad Nur Arifin Resmi Jadi Bupati Trenggalek

Mengenakan baju PDU serba putih, Mochamad Nur Arifin diambil sumpah dan pelantikan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa untuk menjadi Bupati Trenggalek sisa masa jabatan...

Dapat WTP Beruntun 3 Kali, Ketua DPRD Apresiasi Pemkab Trenggalek

27 MEI

Dapat WTP Beruntun 3 Kali, Ketua DPRD Apresiasi Pemkab Trenggalek

Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek H. Samsul Anam, SH., MH., Apresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Trenggalek, karena kembali raih dan mempertahankan WTP tiga kali berturut-turut sejak 2016...

Raih WTP ke-3 Secara Beruntun, Gus Ipin Berterima Kasih Kepada Jajarannya

27 MEI

Raih WTP ke-3 Secara Beruntun, Gus Ipin Berterima Kasih Kepada Jajarannya

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Timur berikan penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), atas pemeriksaan laporan keuangan tahun 2018 Kabupaten Trenggalek, Senin (27/5/2019).   Kembali meraih...

Pemkab Trenggalek, Raih WTP ke-3

27 MEI

Pemkab Trenggalek, Raih WTP ke-3

Pemkab Trenggalek kembali mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI atas laporan keuangan tahun anggaran 2018 yang disampaikan. WTP ini menjadi predikat WTP ke-3...

Tanggapi Pujian KPK Terkait Himbauan Gratifikasi, Nur Arifin : Itu Sudah Kewajiban Kita

27 MEI

Tanggapi Pujian KPK Terkait Himbauan Gratifikasi, Nur Arifin : Itu Sudah Kewajiban Kita

KPK memberikan pujian terhadap 37 Pemerintah Daerah, Baik Pemerintah Provinsi, Kabupaten maupun Kota yang telah menindaklanjuti edaran KPK terkait dengan tolak gratifikasi, tidak menerima parsel...

Segera Dilantik Menjadi Bupati, Gus Ipin Akan Aktifkan Kembali Sonjo Pendopo

25 MEI

Segera Dilantik Menjadi Bupati, Gus Ipin Akan Aktifkan Kembali Sonjo Pendopo

Kabar berkembang Mochamad Nur Arifin akan segera dilantik menjadi Bupati Trenggalek dalam kurun waktu dekat ini. Kabar tersebut tidak ditampik oleh pria yang akrab disebut...