Masakan Lodho Khas Trenggalek Ditetapkan Menjadi Warisan Budaya Tak Benda

Created on 28 October 2016

Lodho atau Ayam Lodho merupakan suatu masakan yang berasal dari daerah Mataraman. Masakan ini berbahan dasar ayam kampung yang dimasak menggunakan santan dan bumbu-bumbu rempah yang kuat. Makanan khas daerah di Jawa Timur yang salah satunya juga menjadi khas daerah Trenggalek ini, ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dengan penetapan warisan budaya tak benda Jatim, Lodho sah menjadi milik masyarakat Jawa Timur. Sehingga tidak bisa diaku-aku menjadi milik daerah manapun termasuk negara tetangga.

Berbicara Lodho, di Trenggalek masakan ini merupakan makanan khas daerah ini, selain beberapa wisata kuliner lainnya. Lodho merupakan makanan khas tradisional yang menjadi kebanggaan masyarakat Bumi Menaksopal.

Kuliner warisan leluhur ini cocok dipadukan dengan nasi uduk/gurih. Dalam rangka pelestariannya tidaklah berlebihan apabila Ayam lodho merupakan menu wajib yang tersedia di setiap acara perjamuan, termasuk pesta, syukuran, perkawinan, dan acara-acara khusus lainnya.

Keberadaan nasi ayam lodho sebagai warisan dari orang-orang terdahulu ternyata masih lestari hingga sekarang, bahkan dengan tetap mempertahankan resep aslinya, yakni dengan racikan bumbu rempah-rempah yang sangat mungkin sukar untuk ditiru oleh bangsa lain.

Orang-orang yang masih melestarikan masakan tradisional ini kebanyakan sudah berusia lanjut, dan tentunya diharapkan keaslian resep nasi ayam lodho dapat dipertahankan selama mungkin.

Dilihat dari wujudnya, nasi ayam lodho mungkin sedikit serupa dengan opor atau kare ayam karena sama-sama berjenis masakan bersantan. Akan tetapi, nasi ayam lodho punya kekuatan cita rasa tersendiri. Selain memakai ayam kampung yang tentunya jauh lebih lezat ketimbang ayam negeri, bumbu rempah-rempah semakin menguatkan cita rasanya. Bila kita mencoba masakan ini dipastikan dapat menggoyang lidah penikmatnya, dan pastinya mengenyangkan perut.

Ciri khas nasi ayam lodho Trenggalek sebenarnya terletak pada citarasa pedasnya. Ada beberapa tempat makan di Trenggalek yang khusus menyediakan menu nasi ayam lodho dengan rasa yang pedasnya super nendang. Salah satunya di desa Kesungguhan kecamatan Pogalan. Bagi yang tidak suka pedas tinggal menyesuaikan jumlah cabai yang ada pada kuah masakan ini. Bila kita mencoba dipastikan akan ketagihan. (Humas)

 

Bupati Bersama Wakil Bupati Trenggalek Terima Kunjungan Tim Telkom dan Telkomsel

Created on 31 October 2016

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc., bersama wakilnya, H. Moch. Nur Arifin terus putar otak untuk kemajuan Trenggalek. Rencananya pasangan bupati dan wakil bupati ini akan berdayakan industri digital sebagai daya ungkit kemajuan Kabupaten Trenggalek. Senin (31/10) kemarin pasangan Bupati  Trenggalek ini terima kunjungan Tim dari Telkom dan Telkomsel.

Tim dari Telkom dan Telkomsel ini diterima Pasangan Bupati dan Wakil Bupati di ruang Paringgitan Pendopo Manggala Praja Nugraha. Banyak hal yang dibicarakan antara pemangku kebijakan di kota tempe keripik dengan Telkom maupun Telkomsel tersebut. Pembicaraan tersebut mulai dari pemanfaatan tekhnologi digital dalam upaya promosi wisata maupun juga mengenai peningkatan kinerja pemerintah dalam upaya pelayanan masyarakat.

Saat dikonfirmasi mengenai kunjungan Telkom dan Telkomsel tersebut, Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak menyampaikan, "ada dua hal yang tadi kami bicarakan. Yang pertama mengenai 4G yang diluncurkan terbatas di Kabupaten Trenggalek, sebagai komitment Telkom dan Telkomsel mendorong dan mengurangi digital debug (mengurangi kesalahan pada perangkat digital)," ungkap Bupati Emil.

"Kalau kita melihat bahwa di Trengggalek sudah muncul pengguna-pengguna data cellular yang jumlahnya sangat tinggi. Diharapkan hal ini dapat berkorelasi positif dengan kehidupan masyarakat Trenggalek," lanjutnya.

"Yang kedua, Telkomsel tengah menjawab masalah-masalah keterbatasan jaringan di beberapa desa di pelosok. Mereka berkoordinasi untuk memperlancar niatan tersebut, setelah mereka sukses melaksanakan hal ini di Desa Mbangun Munjungan," imbuh bupati. (Humas)

 

Wakil Bupati Trenggalek Berangkatkan Tim POPDA Trenggalek ke Jember

Created on 31 October 2016

Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin berangkatkan Tim POPDA Kabupaten Trenggalek, Senin (31/10). Rencananya atlet-atlet muda Trenggalek ini akan berkompetisi di event Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tersebut diselenggarakan di Kabupaten Jember yang dilaksanakan setiap 2 Tahun sekali oleh Pemprov Jatim.

Beberapa cabang olah raga diikuti oleh Tim POPDA Kabupaten Trenggalek ini. Cabor tersebut antara lain atletik, senam, sepak takraw, tenis meja, pencak silat, karate, bulu tangkis, panahan, dan bola basket.

Untuk cabang beregu sepak bola, bola voly dan basket, telah melaksanakan babak prakualifikasi di Kabupaten Pacitan. Sayangnya untuk beregu ini Trenggalek hanya meloloskan untuk, basket putri saja.

Jumlah atlet yang dikirim Trenggalek dalam kompetisi POPDA ini sebanyak 83 atlet, dengan rincian 45 atlet putra dan 28 orang atlet putri. Sedangkan official yang mendampingi sebanyak 25 orang. Tim POPDA Trenggalek targetkan perolehan medali di beberapa cabor seperti Senam, Tenis Meja , Sepak Takraw, Atletik dan Panahan.

Dalam cabor-cabor tersebut, Trenggalek mengirimkan atlet-atlet terbaiknya. Pada cabor senam Trenggalek kirimkan dua atlet unggulannya Romy Wahyu Wijaya peraih emas Porprov 2015, dan Difa Prasetyo peraih emas event PPLP Nasional 2016.

Untuk Tenis meja yakni Geger dan Yasi Vina peraih emas Porprov 2015, emas kejurda, dan perunggu O2SN Nasional 2016. Jos Rudi peraih Porprov 2015.

Sedangkan Sepak takraw pa dan pi, peraih perak Kejurda 2015. Untuk cabor atletik Rohen Yudistyo, Tawang, dan Akmil kejurda 2015 dan untuk panahan Hylmi peraih perunggu POR SD Jatim.

Dalam sambutannya H. Moch. Nur Arifin Wakil Bupati Trenggalek menyampaikan "selamat berkompetisi mengikuti POPDA. Anda adalah yang terbaik di Kabupaten ini. Selamat mengemban amanah", ungkapnya.

"Kompetisi ini janganlah dibuat beban, tetap semangat untuk mencapai prestasi terbaik. Dengan semangat luar biasa pastinya target yang dibebankan akan bisa tercapai atau bahkan terlampaui dengan baik".

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Trenggalek ini dengan penuh semangat dan optimisme pemenuhan target, lepas keberangkatan lara atlet ini. “(Humas)

 

Pemkab Trenggalek Siapkan Event "Semarak Hari Pahlawan"

Created on 31 October 2016

Sudah sepatutnya kita sebagai generasi penerus bangsa melanjutkan, menghormati dan mengenang jerih payah para pahlawan, yang telah berjuang keras merebut dan memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Mereka rela mengorbankan jiwa raga, harta, keluarga bahkan nyawa demi yang namanya merdeka. Untuk memperingati jasa para pahlawan tersebut Pemerintah Kabupaten Trenggalek telah mempersiapkan event "Semarak Hari Pahlawan".

Event besar ini akan digelar selama 3 hari berturut-turut (5-8/November). Serangkaian kegiatan telah dipersiapkan dalam event ini, yang salah satunya mendatangkan Club Sepak bola Kebanggaan Jatim, Persebaya legend dan hiburan Band Kenamaan Cokelat.

Saat dikonfirmasi mengenai kegiatan ini Wakil Bupati Trenggalek H. Moch Nur Arifin menyampaikan " memang benar untuk menyemarakkan hari pahlawan dan ulang tahun Provinsi Jatim, kami akan menggelar event besar. Event tersebut akan berlangsung selama tiga hari".

"Dinas Koperasi Provinsi Jatim berikan batuan kepada Trenggalek untuk menyelenggarakan pasar rakyat yang nantinya diperuntukkan untuk pelaku UKM, se-Jawa Timur".

"Selain itu saya juga pernah berjanji, untuk menyemarakkan hari pahlawan ini, saya akan datangkan Persebaya Legend. Persebaya bersedia hadir pada tanggal 5 November mereka akan melakoni exhibition dengan Persiga legend".

"Disela-sela friendly match kami akan berikan reward untuk atlit-atlit berprestasi kita. Reword ini akan kita berikan kepada yang meraih emas, perak dan perunggu dalam memperkuat tim PON Jatim. Pasalnya mereka telah mengharumkan Trenggalek, sehingga patut kita apresiasi", ungkapnya.

Sedangkan untuk di Pendopo “Manggala Praja Nugraha” pada tanggal tersebut akan ada pameran pusaka Nasional. Beberapa pusaka daerah yang ada di Indonesia akan mengikuti pameran ini.

"Jadi tanggal lima tersebut merupakan pembukaan, sekaligus acara pemuncak Semarak Hari Pahlawan ini. Artinya kegiatan yang besar atau puncaknya itu dilaksanakan pada tanggal 5 tersebut".

"Pertama kita akan melihat Persebaya legend tanding dan penyerahan hadiah. Terus malamnya ada pameran pusaka sekaligus pameran UKM dan upacara pembukaan. Diacara pembukaan itu nanti akan ada lounching batik Arumi, yang fashion shownya akan dilakukan Ibu Arumi dan Ibu Novita. Sedangkan malamnya kita akan dihibur dengan Band Cokelat", pungkas Wabup.”(Humas)

 

Bupati Trenggalek Hadiri Wisuda ke-22 STIT Sunan Giri

Created on 29 October 2016

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, hadiri wisuda Mahasiswa STIT Sunan Giri Trenggalek, Sabtu (29/10). Wisuda angkatan ke-22 Mahasiswa STIT Sunan Giri ini berlangsung di Hotel Hayam Wuruk Trenggalek.

Pada 71 Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi ini diwisuda oleh Ketua STIT Dr. H Syafii, M.Hi, setelah mereka menyelesaikan seluruh mata kuliah yang ditempuh.

Hadir dalam wisuda ini Ketua Kopertis wilayah IV Surabaya, Forkopimda Kabupaten Trenggalek, Seluruh jajaran pengurus, Dosen STIT Sunan Giri maupun para wisudawan dan keluarga yang mendampingi.

Sekolah Tinggi yang bertempat di Jalan Ki Mangun Sarkoro 17 i ini telah berdiri selama 28 tahun di kota tempe keripik ini. Tercatat lebih dari 500 mahasiswa menempuh pendidiÄ·an di sekolah tinggi ini, dengan jurusan Tarbiah dengan program PAI. Saat ini terdapat jurusan baru Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah (PGMI).

Dalam sambutannya, Bupati Trenggalek menyampaikan "Dalam dunia pendidikan Trenggalek sempat mengalami permaslahan. Angka anak sekolah SMP yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya jumlahnya cukup besar. Hal ini terjadi karena berbagai faktor. Mulai dari biaya sampai dengan alasan ingin membantu orang tua untuk mencari nafkah".

"Dari fenomena ini pemerintah akhirnya mencoba menjari jalan pencegahan. Akhirnya diputuskan membuat posko wajib belajar 9 tahun. Posko ini bertujuan meningkatkan angka anak menempuh wajar 9 tahun".

"Posko melakukan pendekatan-pendekatan, salah satunya dengan jalan menanyakan langsung siswa setelah UN dilangsungkan. Maupun mendatangi mereka dengan menanyakan melanjutkan pendidikan kemana".

"Bila ada anak yang mengatakan tidak akan melanjutkan pendidikan. Saat inilah kita coba bujuk mereka untuk melanjutkan pendidikan lebih lanjut. Termasuk kita sosialisasikan melanjutkan ke jenjang SMA maupun SMK itu tanpa biaya”. Dari program posko wajar ini, kita bisa meningkatkan angka siswa yang menempuh wajar 9 tahun, lebih dari 8%. Program ini akan terus kita tingkatkan", ungkap bupati.

Lebih lanjut, selain itu dalam sambutannya Bupati Trenggalek Dr, Emil Dardak Menyampaikan "SI merupakan pendidikan profesi bukannya pendidikan vokasional D I ataupum D III". Suatu hal yang luar biasa STIT Sunan Giri mampu eksis lebih dari 28 tahun di Trenggalek. Selain itu sekolah tinggi ini telah mencetak Ratusan Sarjana sampai anhÄ·atan yang ke-22.

Bupati mengucapkan selamat bagi para wisudawan yang telah mendapatkan title kesarjanaannya. Diharapkan para wisudawan ini dapat mengamalkan ilmu yang telah didapatkannya. “Pungkas Bupati (Humas)

 

Page 1 of 16

BERITA LAINNYA

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
Prev Next
Emil : Sayang Bila Nelayan Tidak Ikut Asuransi

08 AGUSTUS

Emil : Sayang Bila Nelayan Tidak Ikut Asuransi

Dua Keluarga Nelayan Trenggalek Dapatkan Klaim Asuransi Nelayan Rp 160 Juta Dua keluarga nelayan asal Trenggalek dapatkan klaim asuransi nelayan sebesar Rp. 160 juta. Dua keluarga...

Kartu Tani Solusi Distribusi Pupuk Subsidi Tepat Sasaran

07 AGUSTUS

Kartu Tani Solusi Distribusi Pupuk Subsidi Tepat Sasaran

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, lounching kartu tani, saat pengukuhan pengurus Koperasi Gapoktan Al Mubarok Pule, Senin (7/8). Diharapkan oleh Emil Dardak, kartu...

Mulai Hari Ini Anak Usia 9-15 tahun Di Trenggalek Dapatkan Vaksinasi MR

07 AGUSTUS

Mulai Hari Ini Anak Usia 9-15 tahun Di Trenggalek Dapatkan Vaksinasi MR

Mulai Senin (7/8) 2017 anak usia 9 hingga 15 tahun di Trenggalek mulai dapatkan Imunisasi MR. Dengan vaksinasi ini diharapkan generasi muda kedepan dapat kebal...

Bupati Trenggalek, Terima Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

07 AGUSTUS

Bupati Trenggalek, Terima Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, terima Piala Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Bupati Emil Dardak menjadi salah satu dari 101 Bupati...

116 Kabupaten/ Kota Raih Adipura 2017 dan 13 Kabupaten/ Kota Dapatkan Adipura Kencana

03 AGUSTUS

116 Kabupaten/ Kota Raih Adipura 2017 dan 13 Kabupaten/ Kota Dapatkan Adipura Kencana

116 Kabupaten/ Kota di Indonesia mendapatkan penghargaan Adipura tahun 2017 dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rabu (2/8). Penghargaan ini diserahkan di Gedung Manggala Wanabakti...

Bupati Emil: Paskibraka Adalah Kehormatan

01 AGUSTUS

Bupati Emil: Paskibraka Adalah Kehormatan

Bulan ini bangsa Indonesia memasuki bulan bersejarah. Bulan dimana kemerdekaan Indonesia diproklamirkan oleh Soekarno dan Mohammad Hatta. Salah satu momen bersejarah yang selalu diperingati setiap...

Kolo Srenggi Pukau Penonton di Anjungan Jatim TMII

31 JULI

Kolo Srenggi Pukau Penonton di Anjungan Jatim TMII

Nafsu angkara murka merupakan musuh terbesar dalam diri manusia. Dalam menjalani kehidupan, manusia harus mampu mengendalikan diri dari hasutan nafsu, sehingga nurani dan kebajikan tetap...

Bersinergi dengan DPRD, Bupati Mencari Solusi Percepatan Pembangunan di Trenggalek

31 JULI

Bersinergi dengan DPRD, Bupati Mencari Solusi Percepatan Pembangunan di Trenggalek

Keterbatasan anggaran menjadi salah satu penghalang Kabupaten Trenggalek memgembangkan daerahnya. Hal ini membuat Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, dan DPRD Trenggalek terus berupaya...

Emil Dardak Titip Doa Untuk Trenggalek Kepada CJH

31 JULI

Emil Dardak Titip Doa Untuk Trenggalek Kepada CJH

Minggu (30/7) dini hari, Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak berangkatkan 627 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Trenggalek. Selain mendoakan kelancaran bagi para CJH, tidak...

Redam Kekecewaan, Emil Dardak Sapa Pengantar Jamaah Calon Haji

31 JULI

Redam Kekecewaan, Emil Dardak Sapa Pengantar Jamaah Calon Haji

Minggu (30/7) dini hari 627 Jamaah Calon Haji (JCH) Trenggalek diberangkatkan ketanah suci Mekah, oleh Bupati Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc. JCH Trenggalek yang tergabung...

627 Jamaah Calon Haji Trenggalek Diberangkatkan

31 JULI

627 Jamaah Calon Haji Trenggalek Diberangkatkan

Sebanyak 627 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Trenggalek diberangkatkan Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, Minggu (30/7). Sekitar pukul 00,30 WIB tiga ratus lebih...

Nenek Samini Menangis Haru Dipelukan Arifin

31 JULI

Nenek Samini Menangis Haru Dipelukan Arifin

Nenek Samini warga Dusun Jajar RT 2 RW 1 Desa Nglebo Kecamatan Suruh, menangis haru dipelukan Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin. Keharuan nenek...

Sinergi Dengan Baznas, Pemkab Trenggalek Bangunkan Rumah Layak Huni Warga Suruh

31 JULI

Sinergi Dengan Baznas, Pemkab Trenggalek Bangunkan Rumah Layak Huni Warga Suruh

Pemerintah Kabupaten Trenggalek berusaha terus hadir untuk masyarakatnya. Bersinergi dengan Baznas, dan relawan, Jum'at (28/7) Pemkab Trenggalek lakukan bedah rumah tidak layak huni untuk warga...

Mendapatkan Signal Lampu Hijau, Ritel Modern Berbasis Koperasi di Trenggalek Tinggal Selangkah Lagi

31 JULI

Mendapatkan Signal Lampu Hijau, Ritel Modern Berbasis Koperasi di Trenggalek Tinggal Selangkah Lagi

Mendapatkan kunjungan Direksi PT. Alfaria Tri Jaya pemilik toko ritel berjejaring Alfa Mart, Kamis (27/7), Pemkab Trenggalek Paparkan rencana penataan pasar tradisional dan toko ritel...

Persiga Kokoh Puncaki Klasemen Group J Zona Jatim, Setelah Tahan Imbang Persik Kediri

31 JULI

Persiga Kokoh Puncaki Klasemen Group J Zona Jatim, Setelah Tahan Imbang Persik Kediri

Persiga kembali menunjukkan konsistensinya, tidak pernah kalah dalam putaran I dan II Piala Suratin Ù-17. Pada pertandingan lanjutan Liga remaja U-17 Persiga Trenggalek berhasil tahan...

Bupati Emil Hadiri Penandatanganan Berita Acara Serah Terima PKB dan PLKB se-Jawa Timur

26 JULI

Bupati Emil Hadiri Penandatanganan Berita Acara Serah Terima PKB dan PLKB se-Jawa Timur

Menindaklanjuti amanat UU nomor 23 tahun 2014, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Provinsi Jawa Timur gelar penandatanganan berita acara serah terima Penyuluh...

7 Tim Polcil Kecamatan Ikuti Lomba Polisi Cilik Polres Trenggalek

25 JULI

7 Tim Polcil Kecamatan Ikuti Lomba Polisi Cilik Polres Trenggalek

Polres Trenggalek menggelar lomba Polisi Cilik tahun 2017 di halaman Mako Polres Trenggalek. 7 tim Kecamatan menjadi peserta lomba Polisi Cilik ini. Khusus untuk Kecamatan...

Emil Dardak Jajal Enaknya Pijatan Penyandang Tuna Netra

25 JULI

Emil Dardak Jajal Enaknya Pijatan Penyandang Tuna Netra

16 Penyandang Tuna Netra Trenggalek mendapatkan pelatihan keteprampilan memijat, sebagai bekal untuk mencari penghidupan secara mandiri. Difasilitasi Dinas Sosial P3A Trenggalek, 16 penyandang tuna netra...

Kampung KB Dorong Keluarga Berkualitas

25 JULI

Kampung KB Dorong Keluarga Berkualitas

Berbicara KB pastinya orang berfikir mengenai pembatasan jumlah anak, padahal tujuan akhir dari KB bukanlah pembatasan anak, namun menyiapkan keluarga yang berkualitas menuju kesejahteraan. Salah...

14 Desa di Trenggalek Dicanangkan  Menjadi Kampung KB

25 JULI

14 Desa di Trenggalek Dicanangkan Menjadi Kampung KB

14 Desa yang tersebar di 14 Kecamatan di Trenggalek dicanangkan sebagai Kampung KB Kabupaten, Senin (24/7). Pencanangan 14 Kampung KB ini dilakukan oleh Bupati Trenggalek,...

Emil Dardak Ikut Tarik Mesin Gilas Aspal

24 JULI

Emil Dardak Ikut Tarik Mesin Gilas Aspal

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, ikut merasakan susahnya proses peningkatan jalan di Bogoran Kampak, Jum'at (21/7). Tak segan Bupati muda ini ikut membantu...

Penggerak Ekonomi Rakyat, Emil Dardak Isyaratkan Koperasi Untuk Saling Mendukung

24 JULI

Penggerak Ekonomi Rakyat, Emil Dardak Isyaratkan Koperasi Untuk Saling Mendukung

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, berangkatkan peserta jalan sehat dalam rangka puncak Hari Koperasi Nasional ke-70 di Trenggalek. Ribuan peserta padati Alon-alon Trenggalek...

Sinergi Dengan Baznas, Pemkab Trenggalek Sediakan Rumah Singgah Bagi Warga Trenggalek di Surabaya

24 JULI

Sinergi Dengan Baznas, Pemkab Trenggalek Sediakan Rumah Singgah Bagi Warga Trenggalek di Surabaya

Kebanyakan warga miskin yang sakit merasa berat untuk dirujuk ke Surabaya atau rumah sakit rujukan lainya. Pasalnya mereka bukannya tidak mau, melainkan berat karena takut...

Trenggalek Dinobatkan Menjadi Kabupaten Layak Anak

24 JULI

Trenggalek Dinobatkan Menjadi Kabupaten Layak Anak

Trenggalek dinobatkan sebagai Kabupaten Layak Anak oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sabtu (22/7/2017). Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan...

7 Kepala Daerah Sinergikan Pelayaran Perintis di Pesisir Selatan Jawa

22 JULI

7 Kepala Daerah Sinergikan Pelayaran Perintis di Pesisir Selatan Jawa

Tujuh kepala daerah di Pesisir Selatan Pulau Jawa lakukan koordinasi, di Hall A JCC Exspo Jakarta, Kamis (20/7). Rapat koordinasi yang dilakukan oleh tujuh kepala...

Mohon Keselamatan, 627 Calon Jamaah Haji Trenggalek Gelar Istighotsah

22 JULI

Mohon Keselamatan, 627 Calon Jamaah Haji Trenggalek Gelar Istighotsah

Sabtu (22/7/2017), bertempat di masjid Agung Baiturrahman Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardark, M.Sc., menghadiri Istighosah dan Pelepasan Jamaah Calon Haji Kabupaten Trenggalek Tahun 2017....

Bukan Bertepuk Sebelah Tangan, Bupati Trenggalek Bersama Enam Kepala Daerah Pesisir Selatan Jawa Bertemu

21 JULI

Bukan Bertepuk Sebelah Tangan, Bupati Trenggalek Bersama Enam Kepala Daerah Pesisir Selatan Jawa Bertemu

Pada pertemuan bersama di Ruang Rapat VIP Office 4 Hall A JCC (Jakarta Convebtion Center) Senayan Jakarta, Bupati Trenggalek dan enam Kepala Daerah di Pesisir...

Banyak Mendapat Cibiran, Kini Gertak Bayak Menuai Sanjungan

20 JULI

Banyak Mendapat Cibiran, Kini Gertak Bayak Menuai Sanjungan

Awal digagas tahun 2016 oleh Kabupaten Trenggalek Program GERTAK (Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan dan Kerentanan) banyak menuai cibiran dari berbagai kalangan. Dikatakan program ini...

Unggul 2-0 Persiga Juara Paruh Musim Group E

20 JULI

Unggul 2-0 Persiga Juara Paruh Musim Group E

Pertandingan ke-6 Liga 3 Group E Zona Jatim, Persiga Trenggalek bermain tandang di kandang Persema Malang, Rabu (19/7/2017). Pada pertandingan di stadion Agro Kusuma Batu,...

Pertandingan ke-6 Liga 3 Persiga Dijamu Persema

20 JULI

Pertandingan ke-6 Liga 3 Persiga Dijamu Persema

Pertandingan ke-6 Liga 3 Group E Zona Jatim, Persiga Trenggalek dijamu Persema Malang, Rabu (19/7). Pada pertandingan terakhir putaran pertama, Tim kebanggaan warga Trenggalek ini...

Wabup Arifin Bersilaturahmi dengan Keluarga Besar Dikpora Kampak

18 JULI

Wabup Arifin Bersilaturahmi dengan Keluarga Besar Dikpora Kampak

Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin hadiri halal bi halal keluarga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kecamatan Kampak, (18/7). Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjalin...

Emil : siMAYA Tingkatkan Efisiensi dan Efektifitas Birokrasi

18 JULI

Emil : siMAYA Tingkatkan Efisiensi dan Efektifitas Birokrasi

Penerapan siMAYA di Trenggalek diharapkan Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas birokrasi di Kabupaten Trenggalek. Pasalnya dengan Sistem Administrasi...

Kominfo Trenggalek Sosialisasikan siMaya

18 JULI

Kominfo Trenggalek Sosialisasikan siMaya

Penyelenggaraan administrasi perkantoran sebagai suatu sistem, merupakan kegiatan penting dalam menunjang tugas-tugas manajemen. Untuk mempermudah dan menunjang hal ini Dinas Kominfo Trenggalek sosialisasikan penggunaan aplikasi...

Emil Dardak: Jangan Jadi Generasi Instan

15 JULI

Emil Dardak: Jangan Jadi Generasi Instan

Generasi milenial saat ini menghadapi tantangan di tengah perkembangan era media sosial. Melalui media sosial, suatu hal dapat dengan cepat menjadi viral, bahkan menyebabkan seseorang...

Perlu Pendidik yang Cerdas Kreatif dan Inovatif Menghadapi Generasi Milenial

15 JULI

Perlu Pendidik yang Cerdas Kreatif dan Inovatif Menghadapi Generasi Milenial

Aspek pendidikan merupakan aspek yang penting bagi pembangunan sumber daya manusia, khususnya bagi generasi di masa mendatang. Hal tersebut sangat disadari oleh Bupati Trenggalek, Dr....

Jawaban Bupati Secara Umum Diterima DPRD

12 JULI

Jawaban Bupati Secara Umum Diterima DPRD

Melalui sidang Paripurna DPRD, Wakil Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Arifin menyampaikan jawaban Bupati atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap pertanggungjawaban Bupati mengenai pengelolaan APBD tahun...

IPDN Berikan Pendampingan Masyarakat Pedesaan di Trenggalek

12 JULI

IPDN Berikan Pendampingan Masyarakat Pedesaan di Trenggalek

Institude Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) lakukan pendampingan masyarakat pedesaan di Kabupaten Trenggalek. Pendampingan masyarakat Pedesaan di Trenggalek ini dibuka langsung oleh Bupati Trenggalek Dr. Emil...

PP Polri serta Dian Kemala Trenggalek Rayakan HUT ke-18

12 JULI

PP Polri serta Dian Kemala Trenggalek Rayakan HUT ke-18

Persatuan Purnawirawan (PP) Polri serta Dian Kemala Kabupaten Trenggalek, rayakan ulang tahun yang ke- 18, Rabu (12/7). Peringatan hari kelahiran PP Polri ini digelar di...

Pangdam V Brawijaya Jalin Tali Silaturahmi Dengan Para Ulama di Trenggalek

12 JULI

Pangdam V Brawijaya Jalin Tali Silaturahmi Dengan Para Ulama di Trenggalek

Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Kustanto Widiyatmoko, beserta rombongan kunjungi Kabupaten Trenggalek, Selasa (11/7). Kedatangan Pangdam V Brawijaya ke Trenggalek ini dalam rangka menjalin tali...

Pangdam V Brawijaya Kunjungi Trenggalek

11 JULI

Pangdam V Brawijaya Kunjungi Trenggalek

Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Kustanto Widiyatmoko, didampingi Ketua Persit KCK PD V Brawijaya Ibu Kustanto beserta rombongan kunjungi Kabupaten Trenggalek, Selasa (11/7). Tempat pertama...