Emil Dardak: Indonesia Butuh Orang yang Mau Sukses Bersama, Bukan yang Ingin Sukses Sendiri

Created on 01 November 2018

Bank Indonesia (BI) Jawa Timur, kembali menggelar Leadership Camp bagi para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari Bank BI (GenBI) dari 11 Perguruan Tinggi Negeri yang tersebar di Jatim. Leadership Camp and Gathering GenBI tahun 2018 digelar di Jambuluwuk Resort Batu, selama tiga hari mulai tanggal 1 hingga 3 November mendatang.

 

Menjadi keynote speaker dalam acara tersebut, Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, menyampaikan bahwa Indonesia butuh orang yang mau sukses bersama, bukan orang yang ingin sukses sendiri.

Berikan motivasi kepada mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia tersebut, Bupati Emil Dardak juga juga menyampaikan bahwa generasi muda harus berani mengambil sikap yang didasari oleh akal pikiran dan ilmu pengetahuan.

 

"Etos kerja, rajin, bekerja keras, pantang menyerah, kreatif, bisa bekerja dengan team dan fresh itu saja tidak cukup dalam bekerja," ujar Emil Dardak.

Etos kerja tersebut, menurut Emil, harus dibarengi dengan budi pekerti yang baik untuk memberikan nilai tambah. Artinya yaitu diimbangi dengan hati nurani yang baik dan mau berbuat baik terhadap orang lain.

 

"Pintar orangnya, namun kelakuannya buruk akan menjadi sia-sia. Sesorang sukses secara individu namun secara team tidak sukses, tentunya akan merusak kebersamaan. Indonesia butuh orang yang mau sukses bersama, bukannya orang yang ingin sukses sendiri," tandas Bupati lulus Harvard University tersebut.

Leadership Camp and Gathering GenBI sendiri merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk menjalin kekompakkan, kebersamaan dan solidaritas serta meningkatkan kapasitas dan kualitas bagi para GenBI.

 

Diharapkan melalui GenBI, tidak hanya sekedar penerima beasiswa, namun juga GenBI dapat menjadi agen komunikasi berbagai kebijakan dan program Bank Indonesia. (Humas)

 

Jadi Pembicara di UK Alumni Thematic Dinner, Emil Dardak Paparkan Bagaimana Teknologi Menjawab Keterbatasan

Created on 30 October 2018

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, menjadi keynote speaker dalam acara “UK Alumni Thematic Dinner 2018: Unlocking East Java Smart Vision” yang digelar Kedutaan Besar Inggris di Surabaya, Selasa (30/10/2018).

 

Bersama para alumni dari berbagai universitas di Inggris (United Kingdom/UK), Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia, Bupati Trenggalek yang sekaligus Wakil Gubernur Jatim terpilih ini menegaskan pentingnya menerapkan kebijakan publik yang tepat di era digital ini. Ditegaskan Emil yang terpenting bagaimana tehnologi bisa menjawab keterbatasan kita.

 

Diceritakan olehnya, baru-baru ini bangsa ini merayakan hari dokter nasional. "Saya datang ke rumah sakit dan membawa kue ulang tahun. Tujuan saya, saya ingin menyampaikan pesan kepada kedua pihak, baik kepada dokter maupun konsumen dalam hal ini masyarakat," terang Emil kala itu.

Kenapa ini kita lakukan, karena masyarakat sering mengeluh atau komplain tentang dokter, sedangkan ketemu dokter kita mendapatkan komplain dokter tentang masyarakat.

 

Komplainnya tentang masyarakat kadang tidak mau mengerti bahwasannya dokter punya waktu yang terbatas dan tangan yang cuma dua, terang Emil.

 

Disini ada dua komunikasi yang tidak saling ketemu dan sering kali sebagai kepala daerah mendapatkan keluhan ini. Bukannya membela salah satu pihak, tapi perlu saya tekankan dokter juga seorang manusia yang juga memiliki keterbatasan, dan perlu pengembangan profesinya.

Dalam perkara ini saya mengambil kebijakan dengan meningkatkan jam pelayanan Senin sampai dengan Jum'at, sedangkan hari Sabtu mereka free untuk pengembangan profesinya.

 

Yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah sakit harus menunggu hari biasa, sedangkan Sabtu atau weekend tidak boleh sakit.

 

Mengaca kepada Kabupaten tetangga, Tulungagung yang rumah sakitnya menjadi rumah sakit rujukan. Tulungagung menjadi salah satu dari 27 Kabupaten/ Kota se-Indonesia yang akan menerapkan call center 119 Emergency medical servis yang terintegrasi secara nasional sebagai program publik servis center dari Kementrian Kesehatan.

27 ini terdiri dari Kota-kota besar, seperti Surabaya, Denpasar dan kota-kota besar lainnya dan Trenggalek menjadi salah satunya. Kenapa kok bisa, karena saya bilang kepada Pimpinan Telkom di Surabaya waktu itu bahwasannya Trenggalek punya problem kadang-kadang ada yang WA atau mengunggah di media sosial panik karena keluarganya atau kerabatnya sakit dan harus ditangani akan tetapi tidak tahu harus menghubungi siapa.

 

Telepon Puskesmas mungkin tidak ada yang ngangkat atau telepon dokternya mungkin saja sudah tidur. Tidak ada yang stanby 24 jam, padahal orang sakit tidak kenal waktu.

 

Pas banget pada waktu itu, Pimpinan Telkom ini menyampaikan kita akan meluncurkan program 119. Walaupun sarananya masih terbatas, kita sampaikan untuk ikutan program ini.

 

Apa yang kita pelajari dalam sistem ini, bila Sabtu tidak ada dokter spesialis yang stanby, konsekuensinya orang tidak lagi takut sakit di hari Sabtu, Minggu atau hari libur. Tidak perlu harus bertatap muka langsung face to face dengan para dokter spesialis, karena ada dokter emergency.

 

Menurut suami Arumi Bachsin, ini hanyalah sebuah snapshot, yang terpenting bagaimana tekhnologi bisa menjawab keterbatasan kita.

 

Para dokter ini stanby pada hati Senin hingga Jumat, terus bagaimana dengan hari Sabtu, weekend maupun saat emergency, tentunya kita harus cari tekhnologi yang bisa menyelesaikan permasalahan ini, terangnya.

 

Pria jebolan Oxford University ini juga berbagi banyak pengalaman ketika mengenyam pendidikan di universitas kenamaan ini. Termasuk juga dengan salah satu program yang akan diterapkan dalam pemerintahan Provinsi Jawa Timur nantinya mengenai Informasi Super Koridor.

 

Diharapkan oleh bapak dua anak ini kebijakan publik ini nantinya dapat membantunya daerah mengenai informasi super koridor sehingga antar satu daerah dengan daerah lain tidak mengembangkan hal yang sama.

 

Dicontohkan oleh Emil kalau di Nganjuk sedang menanam bawang merah, tentunya di daerah lain jangan menanam hal yang sama sehingga membuat stock bawang merah melimpah dan membuat harga bawang merah menjadi anjlok, tandas Emil. “(Humas)

 

Bupati Trenggalek Hadirkan Pejabat Senior dan Kompeten dalam Sosialisasi Mencegah Kerugian Negara

Created on 30 October 2018

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, hadirkan beberapa pejabat senior dan pejabat yang berkompeten dalam sosialisasi mencegah terjadinya kerugian negara dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang dilaksanakan oleh Kejaksaan Negeri Trenggalek, Selasa (30/10/2018) di Gedung Bhawarasa Trenggalek.

 

Dihadirkannya beberapa pejabat senior dan berkompeten dalam kegiatan ini, karena Bupati Trenggalek menganggap kegiatan ini sangat penting.

Diharapkan jajarannya dapat paham dan mengerti hal-hal yang dapat menyebabkan kerugian negara dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

 

"Kenapa buat saya penting sekali, karena hal ini bukan main-main. Sebagai pimpinan saya sangat prihatin klau tim saya ada yang terjerat masalah," terang Emil Dardak.

 

Bupati Trenggalek ini sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Kejaksaan Negeri Trenggalek dalam upaya pencegahan tindak pidana kurupsi yang mengakibatkan kerugian negara.

"Kejaksaan sudah membuka diri, tentunya kita perlu menyambut baik langkah ini," terang bapak dua anak ini.

 

Kita telah banyak membebani Kejaksaan, dengan banyaknya permohonan pendampingan melalui TP4D, baik dalam pelaksanaan pekerjaan fisik, pembebasan tanah maupun beberapa kegiatan lainnya, untuk menjaga kualitas hasil dari pekerjaan kita.

 

Tentunya komitmen baik ini, perlu kita sambut dengan baik dengan melaksanakannya dengan sebaik-baiknya, tegas Bupati Trenggalek.

 

Kajari Trenggalek, Lulus Mustofa, SH., MH., menerangkan, "kita harus saling memberikan informasi keterkaitan rel, aturan atau prosedur yang harus kita pahami dan jalankan. Dalam hal ini mengenai peraturan pemerintah mengenai pengadaan barang dan jasa," terangnya.

 

Ditambahkan olehnya, yang mendasari diadakannya sosialisasi ini lebih dikarenakan terjadi perubahan peraturan pengadaan barang dan jasa hingga berkali-kali.

 

Mulai Perpres 84 tahun 2012 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah hingga Perpres nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah peraturan ini sudah berganti 14 kali.

 

Pergantian regulasi peraturan ini perlunya kita pahami dan laksanakan, karena bila tidak diindahkan dan dilaksanakan akan menjadi perbuatan yang melanggar hukum, terang Lulus kepada peserta sosialisasi.

 

Sekali menyimpang, berarti ada tindakan melawan hukum. Kalau itu pelanggaran administrasi bisa dikoordinasikan dengan APIP, sedangkan untuk kegiatan yang menyebabkan kerugian negara tentunya bisa dijerat dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Harapan kami, jangan sampai kejadian di daerah lain karena tidak paham proses dan tidak paham aturan terjadi di Kabupaten Trenggalek baik pada instansi pemerintahan maupun instansi vertikal, tukasnya. (Humas)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mulai Perpres 84 tahun 2012 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah hingga Perpres nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah peraturan ini sudah berganti 14 kali.

Pergantian regulasi peraturan ini perlunya kita pahami dan laksanakan, karena bila tidak diindahkan dan dilaksanakan akan menjadi perbuatan yang melanggar hukum, terang Lulus kepada peserta sosialisasi.

 

Sekali menyimpang, berarti ada tindakan melawan hukum. Kalau itu pelanggaran administrasi bisa dikoordinasikan dengan APIP, sedangkan untuk kegiatan yang menyebabkan kerugian negara tentunya bisa dijerat dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Harapan kami, jangan sampai kejadian di daerah lain karena tidak paham proses dan tidak paham aturan terjadi di Kabupaten Trenggalek baik pada instansi pemerintahan maupun instansi vertikal, tukasnya. (Humas)

 

Bupati Trenggalek: Pemerintah Wajib Membina Perekonomian Rakyat

Created on 19 October 2017

Dalam Gebyar UKM Indonesia tahun 2017 di Kabupaten Malang, Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elstianto Dardak, M.Sc, berkomitment serius Pemerintah Daerah harus hadir untuk masyarakatnya, Salah satu bentuk kehadiran ini dengan membina perekonomian rakyat disamping tiga tugas pemerintah lainnya.

 

Dengan melakukan pembinaan pastinya perekonomian rakyat dapat tumbuh berkembang ditengah – tengah ketatnya persaingan ekonomi global saat ini.

 

Menurut Emil Dardak "kita kan selalu ngomong empat fungsi dasar pemerintah, yaitu membangun fisik, melayani masyarakat, membina ekonomi masyarakat dan yang ke empat tata kelola pemerintahan. Yang ketiga ini membina ekonomi rakyat ini menjadi sangat penting apalagi untuk tingkat Kabupaten. Sehingga Pemerintah harus benar-benar menguras energinya kesektor ini," tuturnya.

"Dengan ini makanya kita mencoba, dengan sistem kebersamaan atau kegotong royongan. Kalau sapu lidi satu satu akan mudah dipatahkan, namun bila jadi satu mungkin akan menjadi kokoh," imbuhnya.

 

"Kali ini kita mencoba menjalin sinergi antar pelaku usaha ini, jangan berdiri sendiri-sendiri, bahasa jawanya ojo mlaku dewe-dewe. Ini semua sama-sama kita fasilitasi dari pemerintah."

 

"Beberapa cara menginterfensi masyarakat, yang pertama adalah plasma inti. Seperti peternak susu tidak bisa menembus pasar karena belum bisa mendapat ijin BPOM atau petani janggelan tidak bisa menembus pasar cincau karena belum dapat ijin, maka kita buatkan ijin rumah produksi susu atau rumah produksi janggelan yang dibangunkan dibantu pemerintah dan kemudian mereka bisa memanfaatkan itu. Tidak perlu ijin sendiri-sendiri kalau bersama ini masih bisa masuk." .

"Kemudian pemenuhan dimana suplai ini bukan pengusaha lain, melainkan milik negara, milik rakyat. Nah inilah yang kita coba dorong sehingga bukan main untung rugi, namun benar-benar berbagi rejeki," jelasnya.

 

"Sedangkan yang kedua getok tular. Jadi kita percaya dibeberapa tokoh masyarakat ada beberapa yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi kelompok lain, contoh ketua kelompok usaha, ketua kelompok tani. Kalau yang diajak itu tertarik pasti cepat dapat segera diterima kebawah atau anggota-anggotanya. Hal inilah yang kita sebut dengan getok tular."

 

"Dan yang ketiga adalah pilot project. Pailot project ini membuat satu percontohan yang bisa mungkin ditiru, sebagai contoh dengan integrated farming, bagaimana pertanian, peternakan, perikanan tawar itu bisa dilakukan secara terpadu, sehingga ada efisisensi dalam pengelolaan energi, limbah dan sebagainya. Sehingga apa yang peka terhadap harga ini bisa semakin efisien."

 

"Na inilah yang kita sebut sebagai konsep tadi, yang pertama ada inti plasma, yang kedua ada getok tular dan yang ketiga adalah pilot project. Nah inilah tiga konsep pembinaan ekonomi rakyat yang relevan juga dalam pembinaan UKM," tandasnya. (Humas)

 

Kejaksaan Negeri Trenggalek Sosialisasikan Peraturan Pengadaan Barang dan Jasa Sebagai Upaya Mencegah Kerugian Negara

Created on 30 October 2018

Kejaksaan Negeri Trenggalek lakukan sosialisasi peraturan pemerintah sebagai upaya mencegah kerugian negara dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa, Selasa (30/10/2018) di Gedung Bhawarasa Trenggalek.

 

Menurut M. Taufiq, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Trenggalek, "sosialisasi ini merupakan rangkaian kegiatan anti korupsi yang bertujuan untuk menghindari kerugian negara atas kegiatan pengadaan barang dan jasa," terangnya.

 

Kejaksaan Negeri Trenggalek menganggap perlu melakukan sosialisasi, sebagai bentuk upaya pencegahan tindak pidana korupsi.

Selain itu, dengan sosialisasi ini diharapkan pelaku kegiatan pengadaan barang dan jasa bisa paham dan mengerti perubahan apa yang mendasar dalam peraturan ini sehingga dapat terhindar dari kegiatan menyimpang yang dapat mengakibatkan kerugian negara.

 

Sedangkan Kajari Trenggalek, Lulus Mustofa, SH., MH., menambahkan kita harus saling memberikan informasi keterkaitan rel, aturan atau prosedur yang harus kita pahami dan jalankan. Dalam hal ini mengenai peraturan pemerintah mengenai pengadaan barang dan jasa," terangnya.

 

Dibenarkan oleh Lulus, bahwasanya yang mendasari diadakannya sosialisasi ini lebih dikarenakan terjadi perubahan hingga berkali-kali. Mulai Perpres 84 tahun 2012 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah hingga Perpres nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah sudah berganti 14 kali.

Pergantian regulasi peraturan ini perlunya kita pahami dan laksanakan, karena bila tidak diindahkan dan dilaksanakan akan menjadi perbuatan yang melanggar hukum, terang Lulus kepada peserta sosialisasi.

 

Diingatkan olehnya jangan sampai dalam pelaksanaan barang khususnya kegiatan fisik, ada penyimpangan secara administrasi maupun fisik kegiatan karena tidak sesuai dengan rel, aturan maupun juklak/ juknis kegiatan.

 

Sekali menyimpang, berarti ada tindakan melawan hukum. Kalau itu pelanggaran administrasi bisa dikoordinasikan dengan APIP, sedangkan untuk kegiatan yang menyebabkan kerugian negara tentunya bisa dijerat dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Harapan kami, jangan sampai kejadian di daerah lain karena tidak paham proses dan tidak paham aturan terjadi di Kabupaten Trenggalek baik pada instansi pemerintahan maupun instansi vertikal lainnya.

 

Pentingnya upaya pencegahan ini Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, hadir langsung dalam kegiatan ini. Bahkan dirinya melibatkan beberapa pejabat senior maupun pejabat yang berkompeten untuk serius mengikuti sosialisasi ini.

 

Diharapkan Emil, dengan mengikuti sosialisasi ini, jajarannya kedepan dapat mengerti dan paham akan regulasi peraturan yang baru dan terhindar dari jeratan perkara hukum. “(Humas)

 

Page 1 of 38

BERITA LAINNYA

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
Prev Next
Sekda Trenggalek Lakukan Studi Tiru Program Tali Kasih Milik Pemkot Bitung

12 SEPTEMBER

Sekda Trenggalek Lakukan Studi Tiru Program Tali Kasih Milik Pemkot Bitung

Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Ir. Joko Irianto, M.Si., melakukan kunjungan kerja ke Kota Bitung, Kamis (12/9/2019). Bersama Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Blitar dan beberapa...

Sekda Joko Irianto Ajak ASN Tingkatkan Kedisiplinan

10 SEPTEMBER

Sekda Joko Irianto Ajak ASN Tingkatkan Kedisiplinan

Menjaga kedisiplinan kerja sebagai seorang abdi negara adalah suatu kewajiban. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Daerah kabupaten Trenggalek, Ir. Joko Irianto, M.Si., saat memimpin apel...

Pimpin Apel di Dispertapan, Sekda Trenggalek Tekankan Pentingnya Pelayanan Masyarakat

10 SEPTEMBER

Pimpin Apel di Dispertapan, Sekda Trenggalek Tekankan Pentingnya Pelayanan Masyarakat

Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Ir. Joko Irianto, M.Si., lakukan kegiatan keliling OPD untuk memimpin apel pagi secara bergantian. Pagi ini Sekda Joko Irianto memimpin apel...

Bupati Trenggalek Ajak Komunitas Stand Up Paddle Eksplorasi Teluk Prigi

07 SEPTEMBER

Bupati Trenggalek Ajak Komunitas Stand Up Paddle Eksplorasi Teluk Prigi

Promosikan keindahan pantai di daerahnya, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin tantang Dirut BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto dan komunitas Paddle Board Indonesia bermain paddle di Trenggalek....

Hadiri Majlis Dzikir, Bupati Trenggalek Singgung Keberangkatannya ke Amerika

07 SEPTEMBER

Hadiri Majlis Dzikir, Bupati Trenggalek Singgung Keberangkatannya ke Amerika

Jama'ah Al-Khidmah Kabupaten Trenggalek kembali menggelar kegiatan rutin Majlis Dzikir Wa Maulidur Rosul di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Sabtu (7/9/2019). Kegiatan dzikir dan istighotsah tersebut...

Perkuat Pemahaman Musrenakeren, Novita Hardini Beri Pelatihan kepada Fasilitator

06 SEPTEMBER

Perkuat Pemahaman Musrenakeren, Novita Hardini Beri Pelatihan kepada Fasilitator

Pemerintah Kabupaten Trenggalek tengah getol memberikan ruang kepada perempuan, penyandang disabilitas dan kelompok rentan untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan. Mereka dilibatkan dalam perencanaan pembangunan, melalui...

Bupati Nur Arifin Distribusikan Air Bersih dari BAZNAS

06 SEPTEMBER

Bupati Nur Arifin Distribusikan Air Bersih dari BAZNAS

Kemarau panjang yang melanda, menyebabkan kekeringan di beberapa wilayah di Kabupaten Trenggalek. Hal itu membuat berbagai pihak tergerak. Salah satunya adalah BAZNAS Trenggalek yang mengalokasikan...

Berangkat ke Amerika, Bupati Trenggalek  Bawa Isu Tentang Masalah Perempuan

06 SEPTEMBER

Berangkat ke Amerika, Bupati Trenggalek Bawa Isu Tentang Masalah Perempuan

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, menjadi satu-satunya Kepala Daerah di Asia yang terpilih untuk mengikuti program Internasional Visiter Leadership Programme (IVLP) di USA. Terpilihnya Bupati...

Bupati Trenggalek : Bekerja Bersama Membangun Desa Itu Wajib

05 SEPTEMBER

Bupati Trenggalek : Bekerja Bersama Membangun Desa Itu Wajib

Menghadiri kegiatan penyerahan Bantuan Keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur Kepada Desa (BK-Desa) Tahap ke II Tahun 2019, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (5/9) Bupati...

Bupati Trenggalek Lantik dan Ambil Sumpah Jabatan, 204  Pejabat di Lingkup Pemkab Trenggalek

04 SEPTEMBER

Bupati Trenggalek Lantik dan Ambil Sumpah Jabatan, 204 Pejabat di Lingkup Pemkab Trenggalek

Lakukan penyegaran di lingkup Pemerintahan yang dipimpinnya, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin lantik dan ambil sumpah jabatan 204 pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Pelantikan dan...

Dilaksanakan Di Tempat Terbuka, Pelantikan Pejabat Lingkup Pemkab Trenggalek Kenakan Busana Adat Jawa

04 SEPTEMBER

Dilaksanakan Di Tempat Terbuka, Pelantikan Pejabat Lingkup Pemkab Trenggalek Kenakan Busana Adat Jawa

Unik dan baru pertama kalinya, pelantikan pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek dilakukan di depan Tugu Garuda Pancasila, Rabu (4/9/2019). Selain di tempat terbuka, upacara...

Ajarkan Cara Membuat Pupuk Organik Cair, Bupati Trenggalek Ingin Petani Bisa Tekan Biaya Produksi

04 SEPTEMBER

Ajarkan Cara Membuat Pupuk Organik Cair, Bupati Trenggalek Ingin Petani Bisa Tekan Biaya Produksi

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, lakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Diantaranya adalah dengan cara menekan biaya produksi. Untuk itu, Bupati termuda tersebut berbagi...

Novita Hardini Sepakat, Pendidik PAUD sebagai Pelukis Masa Depan

02 SEPTEMBER

Novita Hardini Sepakat, Pendidik PAUD sebagai Pelukis Masa Depan

Sebut pendidik anak usia dini sebagai pelukis masa depan bangsa, Bunda PAUD Kecamatan Pule, Asrotun Choiriyah mengajak kepada bapak PAUD atau suami Bunda PAUD perduli...

Kerja Keroyokan, Untuk Pendidikan Anak Usia Dini dengan Melantik Bunda PAUD Desa

02 SEPTEMBER

Kerja Keroyokan, Untuk Pendidikan Anak Usia Dini dengan Melantik Bunda PAUD Desa

Bunda PAUD Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini Mochamad kembali menyaksikan pelantikan Bunda PAUD Desa, Senin (2/9/2019) di Pendopo Kecamatan Pule. Kali ini yang dilantik dan dikukuhkan...

Gus Ipin Minta Masyarakat Pesisir Watulimo Siap-siap Menyambut Era Baru

01 SEPTEMBER

Gus Ipin Minta Masyarakat Pesisir Watulimo Siap-siap Menyambut Era Baru

Hadiri kegiatan Labuh Laut Pantai Cengkrong, Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo Minggu (1/9/2019), Bupati Trenggalek, mengajak masyarakat di pesisir Watulimo mempersiapkan diri menyambut era baru.   Posisi Watulimo...

Aksi Spontan Bupati Trenggalek Punguti Sampah Plastik Saat Labuh Laut Pantai Cengkrong

01 SEPTEMBER

Aksi Spontan Bupati Trenggalek Punguti Sampah Plastik Saat Labuh Laut Pantai Cengkrong

Antusias masyarakat cukup luar biasa untuk merayakan upacara adat Labuh Laut Pantai Cengkrong, Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo, Minggu (1/9/2019).   Ribuan warga memadati sepanjang jalan menuju Pantai...

Kepedulian Novita Hardini Jumput Sampah Plastik hingga Puntung  Rokok

01 SEPTEMBER

Kepedulian Novita Hardini Jumput Sampah Plastik hingga Puntung Rokok

Sampah yang menumpuk di seputaran Alun-Alun, sisa malam puncak peringatan Hari Jadi ke-825 Trenggalek, Minggu (1/9/2019) menggugah kepedulian Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek, Novita...

Gus Ipin : Tugas Bupati, Bekerja Sebaik-baiknya

31 AGUSTUS

Gus Ipin : Tugas Bupati, Bekerja Sebaik-baiknya

Membuka pagelaran wayang kulit semalam suntuk dalam puncak kegiatan Hari Jadi ke-825 Trenggalek, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin sebut tugas saya sebagai seorang Bupati adalah...

Nuansa Adat Kraton Yogyakarta Warnai Prosesi Hari Jadi 825 Trenggalek

31 AGUSTUS

Nuansa Adat Kraton Yogyakarta Warnai Prosesi Hari Jadi 825 Trenggalek

Adat Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat warnai peringatan Hari Jadi ke-825 Trenggalek, Sabtu (31/8/2019).   Peringatan Hari Jadi Trenggalek dikemas dalam bentuk acara prosesi, dimana Pusaka Kabupaten diarak...

Hadir Ditengah-tengah Bupati Terdahulu, Bupati Trenggalek Meminta Doa Restu untuk Trenggalek

30 AGUSTUS

Hadir Ditengah-tengah Bupati Terdahulu, Bupati Trenggalek Meminta Doa Restu untuk Trenggalek

Bertemu dengan Bupati terdahulu, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin minta doa restu untuk Trenggalek, Jum'at (30/8/2019).   Keakraban Bupati- Bupati terdahulu dan mantan pejabat dilingkup Pemkab Trenggalek...

Malam Tirakatan Hari Jadi, Pemkab Trenggalek Gelar Doa Bersama

30 AGUSTUS

Malam Tirakatan Hari Jadi, Pemkab Trenggalek Gelar Doa Bersama

Pemerintah Kabupaten Trenggalek gelar malam tirakatan menjelang prosesi Hari Jadi ke-825 Trenggalek, Jum'at (30/8/2019) di Pendopo Manggala Praja Nugraha.   Doa bersama digelar Pemerintah Kabupaten dengan...

Pusaka Kabupaten Diboyong ke Kamulan Sebelum Diarak dalam Prosesi Hari Jadi

30 AGUSTUS

Pusaka Kabupaten Diboyong ke Kamulan Sebelum Diarak dalam Prosesi Hari Jadi

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin serahkan pusaka Kabupaten Prasasti Kamulan, 2 Tombak Korowelang, Songsong Tunggul Projo, Songsong Tunggul Nogo, Panji Lambang Kabupaten Jwalita Praja Karana...

Dapat Gelontoran Anggaran 12 Miliar Pantai Prigi Dipercantik

30 AGUSTUS

Dapat Gelontoran Anggaran 12 Miliar Pantai Prigi Dipercantik

Kawasan Pantai Prigi akan semakin cantik dan fasilitas umum bagi pengunjung akan semakin representatif. Pemerintah Pusat telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 12,766 miliar untuk penataan...

Bupati Trenggalek, Berinama Mushola di Kawasan Pantai Prigi Baitul Ghofilin

30 AGUSTUS

Bupati Trenggalek, Berinama Mushola di Kawasan Pantai Prigi Baitul Ghofilin

Berinama Mushola di Kawasan Pantai Prigi dengan nama "Baitul Ghofilin", Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin berharap masyarakat di Prigi selalu ingat pada sang pencipta," Jum'at...

Patung Turonggo Yakso Akan Menjadi Icon baru di Pantai Prigi

30 AGUSTUS

Patung Turonggo Yakso Akan Menjadi Icon baru di Pantai Prigi

Patung Turonggo Yakso akan menjadi icon baru di Pantai Prigi. Selain melakukan penataan kawasan, pemerintah pusat akan membangunkan patung Turonggo Yakso setinggi 2 meter di...

Penataan Kawasan Pantai Prigi Mulai Dilakukan

30 AGUSTUS

Penataan Kawasan Pantai Prigi Mulai Dilakukan

Kabupaten Trenggalek mendapatkan gelontoran anggaran pusat mencapai Rp. 12,7 miliar untuk penataan kawasan Pantai Prigi. Anggaran yang cukup besar ini rencananya diperuntukkan untuk mempercantik kawasan...

Pertahankan Tradisi Ziarah Leluhur Jelang Hari Jadi Kabupaten Trenggalek

29 AGUSTUS

Pertahankan Tradisi Ziarah Leluhur Jelang Hari Jadi Kabupaten Trenggalek

Ziarah makam leluhur menjadi tradisi yang tak dapat dipisahkan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Trenggalek. Mewarisi tradisi tersebut, Bupati Trenggalek bersama Forkopimda, tokoh ulama...

Kentalnya Adat Yogyakarta Dalam Upacara Jamas Pusaka di Kabupaten Trenggalek

29 AGUSTUS

Kentalnya Adat Yogyakarta Dalam Upacara Jamas Pusaka di Kabupaten Trenggalek

Pemerintah Kabupaten Trenggalek lakukan prosesi jamas pusaka menjelang Hari Jadi ke-825 Trenggalek tahun 2019, Kamis (29/8).   Jamasan pusaka atau siraman pusaka merupakan upacara adat Jawa...

Hadir di Bursa Inovasi Desa, Novita Hardini Sebut Perlu Kesadaran, Kepekaan dan Komitmen Semua Pihak Untuk Membangun SDM Yang Unggul

28 AGUSTUS

Hadir di Bursa Inovasi Desa, Novita Hardini Sebut Perlu Kesadaran, Kepekaan dan Komitmen Semua Pihak Untuk Membangun SDM Yang Unggul

Novita Hardini Mochamad, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek hadir dalam kegiatan pembukaan bursa inovasi Desa yang diselenggarakan di Dilem Wilis Kecamatan Bendungan, Rabu (28/8/2019).   Dalam...

Bunda PAUD Bendungan Sebut Semenjak ada Novita Hardini Bunda PAUD Desa Ada di Trenggalek

28 AGUSTUS

Bunda PAUD Bendungan Sebut Semenjak ada Novita Hardini Bunda PAUD Desa Ada di Trenggalek

Usai melantik Bunda PAUD Desa se-Kecamatan Bendungan Rabu (28/8/2019), Bunda PAUD Kecamatan Bendungan Liling Nurkolik sebut Bunda PAUD Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini Mochamad lah yang...

Novita Hardini : Pelantikan Bunda PAUD Desa Simbol Waktunya Bunda PAUD Bekerja

28 AGUSTUS

Novita Hardini : Pelantikan Bunda PAUD Desa Simbol Waktunya Bunda PAUD Bekerja

Menghadiri pelantikan Bunda PAUD Desa se-Kecamatan Bendungan, Bunda PAUD Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini Mochamad menyebut pelantikan bunda PAUD Desa sebagai tanda bahwasannya sudah waktunya Bunda...

Bupati Trenggalek : Jalan di Munjungan akan Segera Tersambung

27 AGUSTUS

Bupati Trenggalek : Jalan di Munjungan akan Segera Tersambung

Semarak dan semangat peringatan HUT RI ke-74 masih sangat terasa di tengah-tengah masyarakat di Kabupaten Trenggalek, mekipun 17 Agustus sudah terlewat.   Desa Ngulung Kulon, Kecamatan...

Bupati Trenggalek Berharap, Dewan Terlantik Bekerja Cepat Membentuk Alat Kelengkapannya

26 AGUSTUS

Bupati Trenggalek Berharap, Dewan Terlantik Bekerja Cepat Membentuk Alat Kelengkapannya

Menghadiri rapat paripurna pengambilan sumpah jabatan Anggota DPRD Kabupaten Trenggalek periode 2019-2024, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin berharap banyak anggota DPRD yang baru bisa bergerak...

Diambil Sumpah Jabatan, 45 Anggota DPRD Kabupaten Trenggalek Masa Bhakti 2019-2024 Resmi Terlantik

26 AGUSTUS

Diambil Sumpah Jabatan, 45 Anggota DPRD Kabupaten Trenggalek Masa Bhakti 2019-2024 Resmi Terlantik

Sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Trenggalek periode 2019-2024 diambil sumpah jabatannya oleh Ketua Pengadilan Negeri Trenggalek, Senin (26/8/2019).   Pengambilan sumpah jabatan ini dilaksanakan dalam Rapat...

Novita Hardini : Cegah Stunting itu Penting

25 AGUSTUS

Novita Hardini : Cegah Stunting itu Penting

Membuka kegiatan sosialisasi kesehatan, di Pasar Rakyat Alun-Alun Trenggalek, Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini Mochamad tegaskan pentingnya mencegah stunting.   Stunting sendiri merupakan kondisi gagal...

Bupati Trenggalek Tutup Festival Paralayang Nasional 2019

25 AGUSTUS

Bupati Trenggalek Tutup Festival Paralayang Nasional 2019

Didampingi istri tercinta Novita Hardini Mochamad, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin tutup Festival Paralayang Nasional Kabupaten Trenggalek tahun 2019, Minggu (25/8) di Lapangan Desa Kendalrejo...

Pemkab Trenggalek Resmi Lakukan Kerjasama Kepariwisataan dengan PT. NSI

24 AGUSTUS

Pemkab Trenggalek Resmi Lakukan Kerjasama Kepariwisataan dengan PT. NSI

Menindak lanjuti perjalanan bisnis yang dilakukan sebulan sebelumnya, PT. Neo Sinergi Indonesia (NSI) kembali berkunjung ke Trenggalek untuk melakukan Memorandum Of Agreement (MOA) kesepakatan kerjasama...

Festival Jaranan Terbuka ke-24 Trenggalek Sukses Digelar

24 AGUSTUS

Festival Jaranan Terbuka ke-24 Trenggalek Sukses Digelar

Gelaran Festival Jaranan Terbuka ke-24 Kabupaten Trenggalek tahun 2019 resmi ditutup oleh Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Agus Setiono Sabtu (24/8).   Even rutin...

Angkat Implementasi GERTAK, Skripsi Gus Ipin Dapat Nilai A

24 AGUSTUS

Angkat Implementasi GERTAK, Skripsi Gus Ipin Dapat Nilai A

Menjalankan tugas sebagai seorang Bupati sambil mengambil gelar sarjana tentunya tidak bisa dilakukan dengan mudah. Namun hal ini tidak pada Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin,...

Buka Eksposisi, Bupati Nur Arifin Berharap Masyarakat Durenan Juga Ikut Meroket

23 AGUSTUS

Buka Eksposisi, Bupati Nur Arifin Berharap Masyarakat Durenan Juga Ikut Meroket

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, menggunting pita tandai dibukanya kegiatan eksposisi di Kecamatan Durenan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Jum'at (24/8/2019).   Kegiatan eksposisi...