Masakan Lodho Khas Trenggalek Ditetapkan Menjadi Warisan Budaya Tak Benda

Created on 28 October 2016

Lodho atau Ayam Lodho merupakan suatu masakan yang berasal dari daerah Mataraman. Masakan ini berbahan dasar ayam kampung yang dimasak menggunakan santan dan bumbu-bumbu rempah yang kuat. Makanan khas daerah di Jawa Timur yang salah satunya juga menjadi khas daerah Trenggalek ini, ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dengan penetapan warisan budaya tak benda Jatim, Lodho sah menjadi milik masyarakat Jawa Timur. Sehingga tidak bisa diaku-aku menjadi milik daerah manapun termasuk negara tetangga.

Berbicara Lodho, di Trenggalek masakan ini merupakan makanan khas daerah ini, selain beberapa wisata kuliner lainnya. Lodho merupakan makanan khas tradisional yang menjadi kebanggaan masyarakat Bumi Menaksopal.

Kuliner warisan leluhur ini cocok dipadukan dengan nasi uduk/gurih. Dalam rangka pelestariannya tidaklah berlebihan apabila Ayam lodho merupakan menu wajib yang tersedia di setiap acara perjamuan, termasuk pesta, syukuran, perkawinan, dan acara-acara khusus lainnya.

Keberadaan nasi ayam lodho sebagai warisan dari orang-orang terdahulu ternyata masih lestari hingga sekarang, bahkan dengan tetap mempertahankan resep aslinya, yakni dengan racikan bumbu rempah-rempah yang sangat mungkin sukar untuk ditiru oleh bangsa lain.

Orang-orang yang masih melestarikan masakan tradisional ini kebanyakan sudah berusia lanjut, dan tentunya diharapkan keaslian resep nasi ayam lodho dapat dipertahankan selama mungkin.

Dilihat dari wujudnya, nasi ayam lodho mungkin sedikit serupa dengan opor atau kare ayam karena sama-sama berjenis masakan bersantan. Akan tetapi, nasi ayam lodho punya kekuatan cita rasa tersendiri. Selain memakai ayam kampung yang tentunya jauh lebih lezat ketimbang ayam negeri, bumbu rempah-rempah semakin menguatkan cita rasanya. Bila kita mencoba masakan ini dipastikan dapat menggoyang lidah penikmatnya, dan pastinya mengenyangkan perut.

Ciri khas nasi ayam lodho Trenggalek sebenarnya terletak pada citarasa pedasnya. Ada beberapa tempat makan di Trenggalek yang khusus menyediakan menu nasi ayam lodho dengan rasa yang pedasnya super nendang. Salah satunya di desa Kesungguhan kecamatan Pogalan. Bagi yang tidak suka pedas tinggal menyesuaikan jumlah cabai yang ada pada kuah masakan ini. Bila kita mencoba dipastikan akan ketagihan. (Humas)

 

Bupati Bersama Wakil Bupati Trenggalek Terima Kunjungan Tim Telkom dan Telkomsel

Created on 31 October 2016

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc., bersama wakilnya, H. Moch. Nur Arifin terus putar otak untuk kemajuan Trenggalek. Rencananya pasangan bupati dan wakil bupati ini akan berdayakan industri digital sebagai daya ungkit kemajuan Kabupaten Trenggalek. Senin (31/10) kemarin pasangan Bupati  Trenggalek ini terima kunjungan Tim dari Telkom dan Telkomsel.

Tim dari Telkom dan Telkomsel ini diterima Pasangan Bupati dan Wakil Bupati di ruang Paringgitan Pendopo Manggala Praja Nugraha. Banyak hal yang dibicarakan antara pemangku kebijakan di kota tempe keripik dengan Telkom maupun Telkomsel tersebut. Pembicaraan tersebut mulai dari pemanfaatan tekhnologi digital dalam upaya promosi wisata maupun juga mengenai peningkatan kinerja pemerintah dalam upaya pelayanan masyarakat.

Saat dikonfirmasi mengenai kunjungan Telkom dan Telkomsel tersebut, Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak menyampaikan, "ada dua hal yang tadi kami bicarakan. Yang pertama mengenai 4G yang diluncurkan terbatas di Kabupaten Trenggalek, sebagai komitment Telkom dan Telkomsel mendorong dan mengurangi digital debug (mengurangi kesalahan pada perangkat digital)," ungkap Bupati Emil.

"Kalau kita melihat bahwa di Trengggalek sudah muncul pengguna-pengguna data cellular yang jumlahnya sangat tinggi. Diharapkan hal ini dapat berkorelasi positif dengan kehidupan masyarakat Trenggalek," lanjutnya.

"Yang kedua, Telkomsel tengah menjawab masalah-masalah keterbatasan jaringan di beberapa desa di pelosok. Mereka berkoordinasi untuk memperlancar niatan tersebut, setelah mereka sukses melaksanakan hal ini di Desa Mbangun Munjungan," imbuh bupati. (Humas)

 

Wakil Bupati Trenggalek Berangkatkan Tim POPDA Trenggalek ke Jember

Created on 31 October 2016

Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin berangkatkan Tim POPDA Kabupaten Trenggalek, Senin (31/10). Rencananya atlet-atlet muda Trenggalek ini akan berkompetisi di event Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tersebut diselenggarakan di Kabupaten Jember yang dilaksanakan setiap 2 Tahun sekali oleh Pemprov Jatim.

Beberapa cabang olah raga diikuti oleh Tim POPDA Kabupaten Trenggalek ini. Cabor tersebut antara lain atletik, senam, sepak takraw, tenis meja, pencak silat, karate, bulu tangkis, panahan, dan bola basket.

Untuk cabang beregu sepak bola, bola voly dan basket, telah melaksanakan babak prakualifikasi di Kabupaten Pacitan. Sayangnya untuk beregu ini Trenggalek hanya meloloskan untuk, basket putri saja.

Jumlah atlet yang dikirim Trenggalek dalam kompetisi POPDA ini sebanyak 83 atlet, dengan rincian 45 atlet putra dan 28 orang atlet putri. Sedangkan official yang mendampingi sebanyak 25 orang. Tim POPDA Trenggalek targetkan perolehan medali di beberapa cabor seperti Senam, Tenis Meja , Sepak Takraw, Atletik dan Panahan.

Dalam cabor-cabor tersebut, Trenggalek mengirimkan atlet-atlet terbaiknya. Pada cabor senam Trenggalek kirimkan dua atlet unggulannya Romy Wahyu Wijaya peraih emas Porprov 2015, dan Difa Prasetyo peraih emas event PPLP Nasional 2016.

Untuk Tenis meja yakni Geger dan Yasi Vina peraih emas Porprov 2015, emas kejurda, dan perunggu O2SN Nasional 2016. Jos Rudi peraih Porprov 2015.

Sedangkan Sepak takraw pa dan pi, peraih perak Kejurda 2015. Untuk cabor atletik Rohen Yudistyo, Tawang, dan Akmil kejurda 2015 dan untuk panahan Hylmi peraih perunggu POR SD Jatim.

Dalam sambutannya H. Moch. Nur Arifin Wakil Bupati Trenggalek menyampaikan "selamat berkompetisi mengikuti POPDA. Anda adalah yang terbaik di Kabupaten ini. Selamat mengemban amanah", ungkapnya.

"Kompetisi ini janganlah dibuat beban, tetap semangat untuk mencapai prestasi terbaik. Dengan semangat luar biasa pastinya target yang dibebankan akan bisa tercapai atau bahkan terlampaui dengan baik".

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Trenggalek ini dengan penuh semangat dan optimisme pemenuhan target, lepas keberangkatan lara atlet ini. “(Humas)

 

Pemkab Trenggalek Siapkan Event "Semarak Hari Pahlawan"

Created on 31 October 2016

Sudah sepatutnya kita sebagai generasi penerus bangsa melanjutkan, menghormati dan mengenang jerih payah para pahlawan, yang telah berjuang keras merebut dan memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Mereka rela mengorbankan jiwa raga, harta, keluarga bahkan nyawa demi yang namanya merdeka. Untuk memperingati jasa para pahlawan tersebut Pemerintah Kabupaten Trenggalek telah mempersiapkan event "Semarak Hari Pahlawan".

Event besar ini akan digelar selama 3 hari berturut-turut (5-8/November). Serangkaian kegiatan telah dipersiapkan dalam event ini, yang salah satunya mendatangkan Club Sepak bola Kebanggaan Jatim, Persebaya legend dan hiburan Band Kenamaan Cokelat.

Saat dikonfirmasi mengenai kegiatan ini Wakil Bupati Trenggalek H. Moch Nur Arifin menyampaikan " memang benar untuk menyemarakkan hari pahlawan dan ulang tahun Provinsi Jatim, kami akan menggelar event besar. Event tersebut akan berlangsung selama tiga hari".

"Dinas Koperasi Provinsi Jatim berikan batuan kepada Trenggalek untuk menyelenggarakan pasar rakyat yang nantinya diperuntukkan untuk pelaku UKM, se-Jawa Timur".

"Selain itu saya juga pernah berjanji, untuk menyemarakkan hari pahlawan ini, saya akan datangkan Persebaya Legend. Persebaya bersedia hadir pada tanggal 5 November mereka akan melakoni exhibition dengan Persiga legend".

"Disela-sela friendly match kami akan berikan reward untuk atlit-atlit berprestasi kita. Reword ini akan kita berikan kepada yang meraih emas, perak dan perunggu dalam memperkuat tim PON Jatim. Pasalnya mereka telah mengharumkan Trenggalek, sehingga patut kita apresiasi", ungkapnya.

Sedangkan untuk di Pendopo “Manggala Praja Nugraha” pada tanggal tersebut akan ada pameran pusaka Nasional. Beberapa pusaka daerah yang ada di Indonesia akan mengikuti pameran ini.

"Jadi tanggal lima tersebut merupakan pembukaan, sekaligus acara pemuncak Semarak Hari Pahlawan ini. Artinya kegiatan yang besar atau puncaknya itu dilaksanakan pada tanggal 5 tersebut".

"Pertama kita akan melihat Persebaya legend tanding dan penyerahan hadiah. Terus malamnya ada pameran pusaka sekaligus pameran UKM dan upacara pembukaan. Diacara pembukaan itu nanti akan ada lounching batik Arumi, yang fashion shownya akan dilakukan Ibu Arumi dan Ibu Novita. Sedangkan malamnya kita akan dihibur dengan Band Cokelat", pungkas Wabup.”(Humas)

 

Bupati Trenggalek Hadiri Wisuda ke-22 STIT Sunan Giri

Created on 29 October 2016

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, hadiri wisuda Mahasiswa STIT Sunan Giri Trenggalek, Sabtu (29/10). Wisuda angkatan ke-22 Mahasiswa STIT Sunan Giri ini berlangsung di Hotel Hayam Wuruk Trenggalek.

Pada 71 Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi ini diwisuda oleh Ketua STIT Dr. H Syafii, M.Hi, setelah mereka menyelesaikan seluruh mata kuliah yang ditempuh.

Hadir dalam wisuda ini Ketua Kopertis wilayah IV Surabaya, Forkopimda Kabupaten Trenggalek, Seluruh jajaran pengurus, Dosen STIT Sunan Giri maupun para wisudawan dan keluarga yang mendampingi.

Sekolah Tinggi yang bertempat di Jalan Ki Mangun Sarkoro 17 i ini telah berdiri selama 28 tahun di kota tempe keripik ini. Tercatat lebih dari 500 mahasiswa menempuh pendidiÄ·an di sekolah tinggi ini, dengan jurusan Tarbiah dengan program PAI. Saat ini terdapat jurusan baru Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah (PGMI).

Dalam sambutannya, Bupati Trenggalek menyampaikan "Dalam dunia pendidikan Trenggalek sempat mengalami permaslahan. Angka anak sekolah SMP yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya jumlahnya cukup besar. Hal ini terjadi karena berbagai faktor. Mulai dari biaya sampai dengan alasan ingin membantu orang tua untuk mencari nafkah".

"Dari fenomena ini pemerintah akhirnya mencoba menjari jalan pencegahan. Akhirnya diputuskan membuat posko wajib belajar 9 tahun. Posko ini bertujuan meningkatkan angka anak menempuh wajar 9 tahun".

"Posko melakukan pendekatan-pendekatan, salah satunya dengan jalan menanyakan langsung siswa setelah UN dilangsungkan. Maupun mendatangi mereka dengan menanyakan melanjutkan pendidikan kemana".

"Bila ada anak yang mengatakan tidak akan melanjutkan pendidikan. Saat inilah kita coba bujuk mereka untuk melanjutkan pendidikan lebih lanjut. Termasuk kita sosialisasikan melanjutkan ke jenjang SMA maupun SMK itu tanpa biaya”. Dari program posko wajar ini, kita bisa meningkatkan angka siswa yang menempuh wajar 9 tahun, lebih dari 8%. Program ini akan terus kita tingkatkan", ungkap bupati.

Lebih lanjut, selain itu dalam sambutannya Bupati Trenggalek Dr, Emil Dardak Menyampaikan "SI merupakan pendidikan profesi bukannya pendidikan vokasional D I ataupum D III". Suatu hal yang luar biasa STIT Sunan Giri mampu eksis lebih dari 28 tahun di Trenggalek. Selain itu sekolah tinggi ini telah mencetak Ratusan Sarjana sampai anhÄ·atan yang ke-22.

Bupati mengucapkan selamat bagi para wisudawan yang telah mendapatkan title kesarjanaannya. Diharapkan para wisudawan ini dapat mengamalkan ilmu yang telah didapatkannya. “Pungkas Bupati (Humas)

 

Page 1 of 16

BERITA LAINNYA

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
Prev Next
Bupati Trenggalek Sampaikan Santunan PT. TASPEN (Persero) Kepada Ahli Waris Penerima Pensiunan

22 MEI

Bupati Trenggalek Sampaikan Santunan PT. TASPEN (Persero) Kepada Ahli Waris Penerima Pensiunan

Usai memimpin upacara peringatan Harkitnas ke-109, Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc., menyampaikan santunan dari PT. TASPEN (Persero) kepada ahli waris penerima pensiunan, atas...

Bupati Trenggalek, Ajak Warga Masyarakat Pupuk Persatuan dan Kesatuan di Hari Kebangkitan Nasional

22 MEI

Bupati Trenggalek, Ajak Warga Masyarakat Pupuk Persatuan dan Kesatuan di Hari Kebangkitan Nasional

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, mengajak seluruh warga masyarakat untuk pupuk persatuan dan kesatuan di Hari Kebangkitan Nasional. Peringati hari Kebangkitan Nasional Pemkab...

Koordinasikan Perbaikan Infrastruktur, Bupati Emil Sidak Dinas PUPR

22 MEI

Koordinasikan Perbaikan Infrastruktur, Bupati Emil Sidak Dinas PUPR

Bupati Emil Dardak, melakukan sidak di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Senin (22/5/2017). Sidak tersebut dalam rangka koordinasi pelaksanaan perbaikan beberapa infratruktur...

Momentum Kebangkitan Persiga, Tumbangkan Blitar Poetra

21 MEI

Momentum Kebangkitan Persiga, Tumbangkan Blitar Poetra

Bermain di kandang, Persiga tampil cukup gemilang lawan Blitar Poetra, Minggu (21/5). Dalam laga kandang tersebut Persiga berhasil kalahkan menang 2-0. Dua gol Persiga dicetak...

Persiga Kalahkan Blitar Poetra Dua Gol Tanpa Balas

21 MEI

Persiga Kalahkan Blitar Poetra Dua Gol Tanpa Balas

Laskar Gajah Putih, Persiga kembali unjuk gigi di hadapan pendukung sendiri saat menjamu Blitar Poetra, Minggu (21/5/2017) di Stadion Menak Sopal Kabupaten Trenggalek. Pada pertandingan...

Diangkat CPNS, 55 Bidan PTT Trenggalek Bernafas Lega

19 MEI

Diangkat CPNS, 55 Bidan PTT Trenggalek Bernafas Lega

Setelah cukup lama mengabdi, 55 Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Trenggalek bisa bernafas lega, pasalnya Panselnas Badan Kepegawaian Nasional (BKN) merekomendasi pengangkatan CPNS 55...

Pemkab Trenggalek Ikut Meriahkan Mlaku Bareng Kapolres Trenggalek

19 MEI

Pemkab Trenggalek Ikut Meriahkan Mlaku Bareng Kapolres Trenggalek

Peringati Hari Bhayangkara ke-71, Polres Trenggalek Jawa Timur, gelar kegiatan mlaku bareng Bersama Kapolres Trenggalek. Peringatan Hari Bhayangkara ke-71 ini dilakukan sedikit lebih awal mengingat...

Wabup Arifin: Pancasila Merupakan Payung Pemersatu

18 MEI

Wabup Arifin: Pancasila Merupakan Payung Pemersatu

Dalam seminar kebangsaan yang mengangkat tema "Membingkai Toleransi Umat Beragama dalam Cita-Cita Kebhinnekaan dalam Keutuhan NKRI", banyak membahas tentang memudarkan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan...

Bupati Trenggalek Buka Seminar Kebangsaan

18 MEI

Bupati Trenggalek Buka Seminar Kebangsaan

Implementasi nilai-nilai Pancasila yang saat ini kian memudar, membuat bangsa Indonesia rentan akan berbagai masalah yang dapat mengancam persatuan. Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Trenggalek...

Kalahkan Mojosari Putra, Persiga Raih Poin Penuh Pertandingan Kandang

17 MEI

Kalahkan Mojosari Putra, Persiga Raih Poin Penuh Pertandingan Kandang

Dalam pertandingan kandang di Stadion Menaksopal Trenggalek, Rabu (17/5) Persiga berhasil amankan point penuh tiga angka. Tim Gajah Putih Trenggalek berhasil Kalahkan Mojosari Putra 1-0...

Persiga Amankan Tiga Poin Di Kandang

17 MEI

Persiga Amankan Tiga Poin Di Kandang

Tim Laskar Gajah Putih Persiga berhasil mengamankan poin penuh saat berlaga di kandang melawan Mojosari Putra, Rabu (17/5/2017). Bermain di Stadion Menak Sopal, tim tuan...

Bakar Semangat Pemain, Emil Dardak Berikan Pengarahan Sebelum Bertanding

17 MEI

Bakar Semangat Pemain, Emil Dardak Berikan Pengarahan Sebelum Bertanding

Pertandingan kandang perdana Persiga di Liga III, tidak ingin dilewatkan oleh Pasangan Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, dan Wakilnya H. Moch. Nur Arifin...

Kondisi Prima, Persiga Siap Amankan Poin Penuh di Kandang

17 MEI

Kondisi Prima, Persiga Siap Amankan Poin Penuh di Kandang

Persiga Trenggalek jamu Mojosari Putra Mojokerto di Stadion Kebanggan Menaksopal, Rabu (17/5). Pertandingan ini dalam rangka putaran kompetisi Liga III. Dalam pertandingan kandang perdana ini...

Job Market Fair Upaya Pemerintah Kabupaten Trenggalek Kurangi Angka Pengangguran

17 MEI

Job Market Fair Upaya Pemerintah Kabupaten Trenggalek Kurangi Angka Pengangguran

Pengangguran memang menjadi permasalahan di beberapa daerah, termasuk salah satunya Trenggalek. Angka pengangguran yang cukup tinggi ini pastinya membuat Pemerintah Daerah harus memutar otak untuk...

Trenggalek Job Market Fair 2017, Diserbu Ribuan Pencari Kerja

17 MEI

Trenggalek Job Market Fair 2017, Diserbu Ribuan Pencari Kerja

Bursa peluang kerja yang bertajuk Job Market Fair tahun 2017, yang diselenggarakan di Hall Majapahit Hotel Hayam Wuruk Trenggalek, Rabu (17/5) diserbu ribuan pencari kerja....

Berikan Peluang Pekerjaan, Bupati Emil Dardak Buka Job Market Fair 2017

17 MEI

Berikan Peluang Pekerjaan, Bupati Emil Dardak Buka Job Market Fair 2017

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, buka bursa lowongan pekerjaan Job Fair Trenggalek tahun 2017, Rabu (17/5/2017). Bursa tenaga kerja tahun 2017 ini diselenggarakan...

Bupati Emil Sidak ULP, Penawaran Terendah Belum Tentu Menang Lelang

16 MEI

Bupati Emil Sidak ULP, Penawaran Terendah Belum Tentu Menang Lelang

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, sidak di Kantor Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Trenggalek, Selasa (16/5/2017). Sidak Bupati ini dalam rangka memberikan spirit...

Pasien Steven Jhonson Meninggal, Bupati Emil Dardak Prihatin

16 MEI

Pasien Steven Jhonson Meninggal, Bupati Emil Dardak Prihatin

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, prihatin terhadap meninggalnya Niko Ardiansyah, anak 8 tahun kelas II SDN 3 Bendoagung Kampak yang terjangkit penyakit Steven...

Emil Dardak Ajak Masyarakat Trenggalek Gemar Membaca dalam Kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca

16 MEI

Emil Dardak Ajak Masyarakat Trenggalek Gemar Membaca dalam Kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca

Galakkan budaya gemar membaca, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI yang difasilitasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Trenggalek menggelar kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca, Selasa...

Bupati Emil Dardak Tutup Diklat Tenaga Teknis Pengelolaan Hutan Produksi/ Lestari Penguji Kayu Bulat Rimba (GANISPHPL-PKB-R)

16 MEI

Bupati Emil Dardak Tutup Diklat Tenaga Teknis Pengelolaan Hutan Produksi/ Lestari Penguji Kayu Bulat Rimba (GANISPHPL-PKB-R)

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, tutup kegiatan Diklat Tenaga Teknis Pengelolaan Hutan Produksi/ Lestari Penguji Kayu Bulat Rimba (GANISPHPL-PKB-R), Selasa (16/5/2017). 59 tenaga...

Arumi Bachcin Buka Pelatihan Batik Untuk Pelaku UMKM di Trenggalek

16 MEI

Arumi Bachcin Buka Pelatihan Batik Untuk Pelaku UMKM di Trenggalek

Ketua Dekranasda Trenggalek, Arumi Bachcin buka pelatihan batik, Selasa (16/5/2017). Pelatihan membatik bagi pelaku UMKM ini dilaksanakan di Rumah Batik Aleya Desa Parakan Trenggalek. Kegiatan...

Pemkab Trenggalek dan Bank Jatim Gelar Pertandingan Persahabatan Tenis

13 MEI

Pemkab Trenggalek dan Bank Jatim Gelar Pertandingan Persahabatan Tenis

Untuk mempererat jalinan silaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Sabtu pagi (13/5/2017), Bank Jatim menggelar pertandingan persahabatan tenis di lapangan tenis Jwalita Kabupaten Trenggalek. Kegiatan tersebut...

Wakil Bupati Arifin Resmikan Terminal Wisata Durenan

12 MEI

Wakil Bupati Arifin Resmikan Terminal Wisata Durenan

Pemerintahan pasangan Bupati Emil dan Wabup Arifin terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Trenggalek, salah satunya melalui pengembangan UMKM. Selain pembinaan, perlu juga adanya...

Bupati Emil Apresiasi Peran Masyarakat dalam Penyebarluasan Informasi Sosial di Sekitarnya

12 MEI

Bupati Emil Apresiasi Peran Masyarakat dalam Penyebarluasan Informasi Sosial di Sekitarnya

Di era digital ini masyarakat bisa dengan mudahnya mengunggah dan menyebarkan sebuah informasi. Dalam waktu sekejab informasi ini bisa berpindah dari perangkat satu keperangkat yang...

Pemkab Trenggalek Respon Positif Aksi Unjuk Rasa Wartawan dan Ormas

12 MEI

Pemkab Trenggalek Respon Positif Aksi Unjuk Rasa Wartawan dan Ormas

Perkumpulan Wartawan dan Ormas yang tergabung dalam "Trenggalek Watch" melakukan unjuk rasa terkait kebijakan anggaran publikasi media dan kinerja Pemerintah Daerah, Kamis (12/5). Unjuk rasa...

Bermain Tandang Persiga Berhasil Amankan Satu Point

10 MEI

Bermain Tandang Persiga Berhasil Amankan Satu Point

Bermain tandang, Persiga berhasil mencuri satu angka lawan Asyifa di Lapangan Arhanud Malang, Rabu (10/5). Dengan skor 1-1 Persiga berhasil dapatkan 1 point di kompetisi...

Pemkab Trenggalek Respon Cepat, Kasus Bocah Kampak Diduga Keracunan Minuman Kemasan

10 MEI

Pemkab Trenggalek Respon Cepat, Kasus Bocah Kampak Diduga Keracunan Minuman Kemasan

Mendengar masyarakatnya diduga keracunan minuman kemasan dan dirujuk ke Rumah Sakit dr. Iskak Tulungagung, Pemkab Trenggalek segera merespon cepat, Pasangan Bupati muda ini segera menurunkan...

Trenggalek Direncanakan Menjadi Studi Kasus Pengembangan Kerangka Mitigasi Bencana Tanah Gerak dan Longsor Ahli Geologi

10 MEI

Trenggalek Direncanakan Menjadi Studi Kasus Pengembangan Kerangka Mitigasi Bencana Tanah Gerak dan Longsor Ahli Geologi

Kabupaten Trenggalek direncanakan menjadi studi kasus untuk mengembangkan kerangka mitigasi bencana tanah gerak dan longsor oleh para ahli geologi yang tergabung dalam Ikatan Ahli Geologi...

Desa Wonocoyo Layak Dinominasikan Sebagai Desa Terbaik

09 MEI

Desa Wonocoyo Layak Dinominasikan Sebagai Desa Terbaik

Desa Wonocoyo menjadi juara pertama pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten Trenggalek dikarenakan memiliki keunggulan di berbagai bidang. Disampaikan oleh Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur...

Tim Penilai Lomba Desa Kunjungi Desa Wonocoyo

09 MEI

Tim Penilai Lomba Desa Kunjungi Desa Wonocoyo

Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul yang menjadi juara pertama Lomba Desa Tingkat Kabupaten, berhasil menjadi nominasi pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Timur. Terkait prestasi tersebut,...

Produk UKM Trenggalek Menjadi Primadona di Pameran BBGRM Jatim Tahun 2017

08 MEI

Produk UKM Trenggalek Menjadi Primadona di Pameran BBGRM Jatim Tahun 2017

Produk UKM unggulan Kabupaten Trenggalek berhasil memikat pengunjung Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Jatim Tahun 2017 dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang...

Tim Gajah Putih Persiga Siap Berkompetisi di Liga 3

06 MEI

Tim Gajah Putih Persiga Siap Berkompetisi di Liga 3

Tim berjuluk Gajah Putih, Persiga, akan melakoni pertandingan pertama di Liga 3 menghadapi Asifa Malang pada 10 Mei 2017 mendatang. Menjelang kompetisi Liga 3 tersebut,...

Launching Tim Persiga Digelar Meriah

06 MEI

Launching Tim Persiga Digelar Meriah

Tim sepakbola kebanggaan masyarakat Trenggalek, Persiga, yang akan menjalani musim kompetisi Liga 3 dan Liga U-17, secara resmi di-launching oleh Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochamad...

Ditutup, Bukan Berarti Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat Berakhir

06 MEI

Ditutup, Bukan Berarti Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat Berakhir

Kamis (4/5/2017) kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Trenggalek ditutup. Penutupan kegiatan TMMD ini dilaksanakan melalui kegiatan upacara yang diselenggarakan di Alun-alun Kabupaten...

Danrem 081/ DJS Madiun Tinjau Hasil TMMD ke-98 Trenggalek

06 MEI

Danrem 081/ DJS Madiun Tinjau Hasil TMMD ke-98 Trenggalek

Usai ditutup dan diserah terimakan kepada Pemkab Trenggalek, Komadan Korem 081/ DSJ Madiun Kolonel Inf. Piek Budyakto didampingi Forkopimda tinjau hasil kegiatan TNI Manunggal Membangun...

Percepat Pertumbuhan Ekonomi, Pemkab Trenggalek Usulkan Kawasan Ekonomi Khusus

06 MEI

Percepat Pertumbuhan Ekonomi, Pemkab Trenggalek Usulkan Kawasan Ekonomi Khusus

Pasangan Bupati Muda Trenggalek terus berinovasi dan berupaya untuk memakmurkan Daerahnya. Demi terwujudnya pertumbuhan ekonomi daerah, pasangan Bupati muda ini mengusulkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)...

9,4 Miliar Dana Pusat Disasarkan Untuk Pengembangan TPA Srabah Kec. Bendungan - Trenggalek

06 MEI

9,4 Miliar Dana Pusat Disasarkan Untuk Pengembangan TPA Srabah Kec. Bendungan - Trenggalek

Pemkab Trenggalek terus berupaya mengembangkan TPA Srabah Bendungan. Dana Rp 9,4 miliar dari pusat disasarkan untuk mengembangkan TPA Srabah Bendungan ini. Permasalahan sampah merupakan permasalahan yang...

Danrem 081/ DSJ Madiun Tutup Kegiatan TMMD di Trenggalek.

05 MEI

Danrem 081/ DSJ Madiun Tutup Kegiatan TMMD di Trenggalek.

Lima Kabupaten di Jawa Timur menggelar kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2017. Satu bulan penuh TNI sebagai alat Kemanan Negara membaur manunggal bersama...

Dituntut Lebih Profesional, Aparatur Sipil Dibekali Pembinaan Mental Spiritual

04 MEI

Dituntut Lebih Profesional, Aparatur Sipil Dibekali Pembinaan Mental Spiritual

Untuk mewujudkan Good Goverment, Pemerintah Kabupaten Trenggalek bekali Aparatur Sipil dilingkup Setda Trenggalek dengan pembinaan mental spiritual, Kamis (04/5). Kegiatan ini ditujukan, agar Aparatur Sipil...

Bupati Trenggalek Temui Aksi Demo Gabungan Mahasiswa Trenggalek

02 MEI

Bupati Trenggalek Temui Aksi Demo Gabungan Mahasiswa Trenggalek

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak temui aksi demo gabungan mahasiswa Trenggalek, Selasa (2/4/2017) di Pendopo Manggala Praja Nugraha. Dalam kesempatan tersebut Bupati didampingi Forkopimda...