Pemerintah Kabupaten Trenggalek akan Memaksimalkan Tekhnologi IT Dalam Sistem Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Daerah

Created on 03 November 2016

Kemajuan teknologi IT saat ini sangat membantu aktifitas manusia maupun kelompok dalam berbagai hal, termasuk didalamnya juga pemerintah. Pemanfaatan teknologi  IT ini bisa dilakukan dalam penyusunan database daerah yang menjadi sumber data dalam penyusunan perencanaan daerah mapun dalam pelaksanaan pembangunan.

Maka dari itulah Pemerintahan baru Trenggalek yang dipimpin Bupati Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, dan Wakil Bupati H. Moch. Nur Arifin memiliki tekad bulat memanfaatkan perkembangan tekhnologi IT ini dalam system perencanaan dan pembangunan daerahnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah melaksanakan rapat tentang hal ini, Kamis (3/11). Rapat ini dimpin langsung oleh Wakil Bupati Trenggalek, dengan mendatangkan Tim dari Universitas Brawijaya Malang. Universitas ini mempunyai pengalaman tentang penanganan permasalahan jalan dan telah bekerjasama dengan Dinas PU Provinsi jatim. Selain itu, Unibraw juga pernah melakukan mitigasi bencana dan penanganan bencana kekeringan di Kabupaten Sampang Madura dan Blitar.

Rencananya Trenggalek akan mencoba bekerjasama dengan Universitas ini dalam penyusunan database serta penanganan permasalahan jalan dan mitigasi bencana.

Menurut Pemerintah Kabupaten Trenggalek pemanfaatan IT ini bukannya untuk bergaya-gayaan, melainkan dimanfaatkan pemerintah untuk menutupi keterbatasan anggaran, personil dan waktu yang dialami. Sehingga dalam menyusun perencanaan dan pembangunan dapat dilakukan lebih baik, cepat dan terstruktur.

Saat dikonfirmasi mengenai rapat yang tengah berlangsung, Wakil Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Arifin menyampaikan “kita itu punya tantangan dalam tatanan pembangunan, baik itu dalam perencanaan ataukah itu pelaksanaan. Kita kesulitan menentukan prioritas. Hal ini lebih karena disebabkan kita tidak mempunyai tata kelola yang baku dan master plant dalam sekian tahun pembangunan itu caranya seperti apa dan anggarannya  berapa”.

“Bapak bupati menyarankan kita untuk mencoba system GIS, dan Bapeda segera menindaklanjuti hal ini dengan mendatangkan Universitas Brawijaya yang sudah, sejak 2006 sudah berpengalaman menjalankan bekerjasama dengan Dinas PU Provinsi Jatim”.

“Jadi nanti kita menjadi tahu, katakanlah  dalam lima tahun kedepan kita menginginkan 97% kondisi jalan kita dalam keadaan baik. Dengan program ini kerusakannya, bisa kita ukur secara periodik, lalu secara berkala kita  bisa melakukan survey atau segala macam, intensitas lalu lintasnya atau faktor lainnya. Ketika sebelum mau rusak parah, bisa kita lakukan pembenahan. Sehingga dalam waktu lima tahun kedepan bisa kita targetkan kondisi jalan ini benar-benar dalam kondisi baik”.

“Dalam lima tahun itu kita butuh duit berapa, lalu setiap tahunnya bisa kita anggarkan berapa, itu dapat terukur dan tercapai dengan baik”, ungkap wabup.

“Selain itu sesuai arahan bupati juga ketika sedang di Bogota, kita diminta untuk bisa memitigasi bencana. Sehingga kita segera menindak lanjutinya. Kita bukannya memanfaatkan IT ini untuk gaya-gayaan, melainkan ini merupakan suatu kebutuhan. Tidak mungkin kita bisa menjawab tantangan didepan tanpa dibantu dengan efektifitas, evisiensi perencanaan maupun pelaksanaannya” pungkas wabup.

Sedangkan Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, menambahkan “semuanya sudah dijelaskan oleh Pak Wabup. Kita yang luasnya daerahnya sekitar 1300 km2, tentunya mempunyai keterbatasan anggaran yang sangat luar biasa.  sehingga seharusnya dengan keberadaan IT ini kita lebih mampu merencanakan segala sesuatunya lebih optimal dan lebih baik”.

“Kalau kita menggunakan peta digital apakah kelebihannya? Itu pertanyaannya. Jawaban yang pertama, kita dapat melakukan pengukuran jarak, pengukuran luas daerah itu dengan reality time. Contohnya kalau kita mau lihat dari Google map, sungai ini terus kita garis ini luasnya berapa itu bisa langsung kelihatan. Kalau kita mau memetakan daerah wisata dengan google map itu, oh kalau daerah ini 200 m2, sedang yang ini 300 m2”, ungkap bupati.

“Nah dari hal itu, diskusi bisa dilakukan lebih menarik dan bisa langsung dihitung berapa luasnya, bukannya harus nunggu (oke pak biar nanti diukur). Kita diminta untuk menunggu beberapa waktu lagi. Kapan selesainya, kita berada pada era yang dituntut untuk cepat”, imbuh bupati.

“Sekarang yang lagi trend di era IT ini adalah perkembangan teknologi android. Dengan teknologi cellular semua bisa dilakukan dengan bisa lebih murah. Bahkan untuk mendeteksi kerusakan jalan tadi, sudah ada software, yang hanya dengan kita meletakkan cellular dise buah mobil dengan spesifikasi tertentu kita tinggal jalan saja. Itu sudah bisa mendeteksi arah menuju kesini ini seperti apa kondisi jalannya”.

“Ketika gelombangnya sudah tinggi kita bisa melakukan perawatan jalan secara minimum dengan pelapisan tipis diatasnya yang pastinya pembiayannya lebih murah, dan dapat memperpanjang umur jalan lebih lama lagi. Sedangkan bila sudah terlalu rusak, pastinya akan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Ini merupakan salah satu contoh kebermanfaatan kita bila bisa mendeteksi lebih simple”.

“yang selanjutnya, saat ini sudah ada drone. Untuk bisa melihat kondisi sungai, bagaimana keadaan kanan dan kirinya dari sungai ini, saat ini ada drone tersebut dan kita bisa melakukan Mapping. Kita masukkan kedalam system yang terintegrasi. Ini juga merupakan penataan managemen yang lebih efisien, coba kita bayangkan bila semua dilakukan dengan cara yang manual”.

“Saya tadi juga cerita sebuah koperasi yang ada di Munjungan, yang pertama dipamerkan kepada saya adalah terkait IT sistemnya. Katanya kalau kita tidak menggunakan IT system pasti kita akan kecolongan, ungkap mereka”, tutur bupati.

“Keterbatasan dari segi anggaran, personil, maupun waktu, salah satu cara menyikapinya adalah tekhnologi IT ini”.

“Selama ini kita sebagai pemerintah daerah sangat-sangat dipengarui dengan proses politik dilapangan. Artinya ketika kita sedang merencanakan pembangunan, yang pertama kali mempengaruhi itu adalah keinginan yang belum tentu karena kebutuhan”.

“Contohnya ketika saya turun kebawah, pak tolong dong jalan ini diperbaiki biar nyambung jalannya, jembatannya tolong diperlebar. Oke memangnya anda menghemat berapa? Bagaimana dengan prioritas itu. Pastinya warga akan meminta yang paling ternyaman, paling pendek, tidak memutar dan lain sebagainya. Kalau bisa kita jangan hanya mendorong hanya kenyamanan, melainkan kalau bisa mendorong karena prioritas dan produktifitas. Berarti kalau mengenai produktifitas berarti mengenai kebutuhan hidup. Bagaimana mengakses kesehatan, pendidikan maupun kebuituhan hidup lainnya”.

“kita harus mempunyai parameter yang obyektif dalam menentukan prioritas. Nah inilah yang saya sampaikan bersama Pak Wabup, karena kita mempunyai keterbatasan data base, perencanaan system. Anggaran kami di tahun 2017 masih tentang itu masih kami kasih nilai bintang  2,5 sampai tiga, belum maksimal. Kalau kita ingin mendapatkan nilai yang lebih baik, bintang lima misalnya, kita harus memiliki database yang baik”.

“inilah yang kita harapkan untuk tahun 2018 nanti bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari perencanaan yang memang benar-benar optimal. Maka untuk mensuport hal tersebut kita melakukan safari infrastruktur. Bukan hanya mendengar, sekaligus mensosialisasikan kerangka pembangunan yang lebih obyektif, holistic maupun komperhensif”, tandasnya. (Humas)

BERITA LAINNYA

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
Prev Next
Resmi Dilantik, Nur Arifin Menjadi Bupati Termuda di Tanah Air

28 MEI

Resmi Dilantik, Nur Arifin Menjadi Bupati Termuda di Tanah Air

Mochamad Nur Arifin (MNA), resmi dilantik menjadi Bupati Trenggalek, oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Selasa (28/5/2019). Pelantikan MNA sendiri dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi,...

Dilantik Gubernur, Mochamad Nur Arifin Resmi Jadi Bupati Trenggalek

28 MEI

Dilantik Gubernur, Mochamad Nur Arifin Resmi Jadi Bupati Trenggalek

Mengenakan baju PDU serba putih, Mochamad Nur Arifin diambil sumpah dan pelantikan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa untuk menjadi Bupati Trenggalek sisa masa jabatan...

Dapat WTP Beruntun 3 Kali, Ketua DPRD Apresiasi Pemkab Trenggalek

27 MEI

Dapat WTP Beruntun 3 Kali, Ketua DPRD Apresiasi Pemkab Trenggalek

Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek H. Samsul Anam, SH., MH., Apresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Trenggalek, karena kembali raih dan mempertahankan WTP tiga kali berturut-turut sejak 2016...

Raih WTP ke-3 Secara Beruntun, Gus Ipin Berterima Kasih Kepada Jajarannya

27 MEI

Raih WTP ke-3 Secara Beruntun, Gus Ipin Berterima Kasih Kepada Jajarannya

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Timur berikan penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), atas pemeriksaan laporan keuangan tahun 2018 Kabupaten Trenggalek, Senin (27/5/2019).   Kembali meraih...

Pemkab Trenggalek, Raih WTP ke-3

27 MEI

Pemkab Trenggalek, Raih WTP ke-3

Pemkab Trenggalek kembali mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI atas laporan keuangan tahun anggaran 2018 yang disampaikan. WTP ini menjadi predikat WTP ke-3...

Tanggapi Pujian KPK Terkait Himbauan Gratifikasi, Nur Arifin : Itu Sudah Kewajiban Kita

27 MEI

Tanggapi Pujian KPK Terkait Himbauan Gratifikasi, Nur Arifin : Itu Sudah Kewajiban Kita

KPK memberikan pujian terhadap 37 Pemerintah Daerah, Baik Pemerintah Provinsi, Kabupaten maupun Kota yang telah menindaklanjuti edaran KPK terkait dengan tolak gratifikasi, tidak menerima parsel...

Segera Dilantik Menjadi Bupati, Gus Ipin Akan Aktifkan Kembali Sonjo Pendopo

25 MEI

Segera Dilantik Menjadi Bupati, Gus Ipin Akan Aktifkan Kembali Sonjo Pendopo

Kabar berkembang Mochamad Nur Arifin akan segera dilantik menjadi Bupati Trenggalek dalam kurun waktu dekat ini. Kabar tersebut tidak ditampik oleh pria yang akrab disebut...

Gus Ipin :  Banyak Yang Bisa Dikerjasamakan Antara KEIN maupun Jasa Tirta Energi untuk Trenggalek Lepas Landas

25 MEI

Gus Ipin : Banyak Yang Bisa Dikerjasamakan Antara KEIN maupun Jasa Tirta Energi untuk Trenggalek Lepas Landas

Temui delegasi Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) serta Dirut PT. Jasa Tirta Energi, Plt. Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin sebut banyak yang bisa dikerjasamakan antara...

Sekda Trenggalek : KEIN dan Jasa Tirta Energi Akan Bantu Trenggalek Berdayakan Sumberdaya dan Masyarakat

25 MEI

Sekda Trenggalek : KEIN dan Jasa Tirta Energi Akan Bantu Trenggalek Berdayakan Sumberdaya dan Masyarakat

Terima kunjungan kerja duta dari Komite Ekonomi dan Industri (KEIN), Sekda Trenggalek Ir. Joko Irianto, M.Si sebut KEIN dan Jasa Tirta Energi akan bantu masyarakat...

Plt. Bupati Trenggalek Tutup Kegiatan Safari Ramadhan dengan Nginap di Rumah Warga dan Ngabuburit di Tempat Wisata

24 MEI

Plt. Bupati Trenggalek Tutup Kegiatan Safari Ramadhan dengan Nginap di Rumah Warga dan Ngabuburit di Tempat Wisata

Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul dan Desa Cakul Kecamatan Dongko menjadi tujuan akhir kegiatan Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Trenggalek tahun 2019. Dengan terkunjunginya dua kecamatan, Panggul...

Plt. Bupati Trenggalek, Tak Canggung Tidur Tidak Nyaman Saat Nginap di Rumah Warga

23 MEI

Plt. Bupati Trenggalek, Tak Canggung Tidur Tidak Nyaman Saat Nginap di Rumah Warga

Demi merasakan keluhan langsung masyarakatnya, Plt. Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin tidak canggung nginap di rumah warganya. Tentunya dengan fasilitas minim bahkan jauh dari fasilitas...

Kembali Nginap Di Rumah Warga, Gus Ipin Ingin Merasakan Keluhan Warga

23 MEI

Kembali Nginap Di Rumah Warga, Gus Ipin Ingin Merasakan Keluhan Warga

Tradisi nginap di rumah warga berlanjut, setelah sekian lama terhenti karena menjelang Pilkades serentak di Kabupaten Trenggalek. Plt. Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menginginkan kenetralan...

Gus Ipin Himbau Kamtibmas dalam Safari Ramadhan di Kecamatan Panggul

23 MEI

Gus Ipin Himbau Kamtibmas dalam Safari Ramadhan di Kecamatan Panggul

Kejadian persekusi terhadap salah satu warga yang menyebabkan satu nyawa melayang, menjadi pukulan berat serta pembelajaran bagi masyarakat Panggul untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat...

Plt. Bupati Berharap Masyarakat Mau Sedekah Informasi dan Ikut Mengawasi Kegiatan Fisik di Daerahnya

23 MEI

Plt. Bupati Berharap Masyarakat Mau Sedekah Informasi dan Ikut Mengawasi Kegiatan Fisik di Daerahnya

Plt. Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin kembali Lapor Rakyat saat mengikuti kegiatan Safari Ramadhan di Masjid Al Hilal, Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kamis (23/5/2019).   Bapak tiga...

Jelang Hari Raya, Pemkab Trenggalek Tidak Terima Parsel dan Bingkisan

23 MEI

Jelang Hari Raya, Pemkab Trenggalek Tidak Terima Parsel dan Bingkisan

Sebagai bentuk komitmen untuk mencegah tindak pidana gratifikasi, Pemkab Trenggalek berkomitmen untuk tidak menerima parsel maupun bingkisan  jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Himbauan tidak...

Lapor Rakyat, Gus Ipin: Akses Masyarakat Akan Dipermudah

20 MEI

Lapor Rakyat, Gus Ipin: Akses Masyarakat Akan Dipermudah

Memiliki tanggung jawab kepada masyarakat sebagai Kepala Daerah, Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin), melaporkan segala kegiatan Pemerintahannya. Hal itu disampaikan saat...

Serahkan Sertifikat untuk Masyarakat, Plt. Bupati Nur Arifin: Manfaatkan dengan Bijak

20 MEI

Serahkan Sertifikat untuk Masyarakat, Plt. Bupati Nur Arifin: Manfaatkan dengan Bijak

Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin), menyerahkan sebanyak 369 sertifikat kepada masyarakat Desa Watulimo, Senin (20/5/2019). Usai menyerahkan sertifikat, Gus Ipin berpesan...

Plt Bupati Trenggalek Serahkan 369 Sertifikat untuk Warga Desa Watulimo

20 MEI

Plt Bupati Trenggalek Serahkan 369 Sertifikat untuk Warga Desa Watulimo

Bertempat di Balai Desa Watulimo, Kecamatan Watulimo, Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin), serahkan 369 sertifikat kepada warga, Senin (20/5/2019).   Sebanyak 374...

Momentum Kebangkitan, Gus Ipin Ajak Jaga Persatuan Bangsa

20 MEI

Momentum Kebangkitan, Gus Ipin Ajak Jaga Persatuan Bangsa

Dalam Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Senin (20/5/2019), Plt Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin) mengajak seluruh elemen bangsa untuk menjaga persatuan dan kesatuan.   "Kita...

Gus Ipin : Pembangunan Bendungan Bagong Ditargetkan Selesai Tahun 2020

20 MEI

Gus Ipin : Pembangunan Bendungan Bagong Ditargetkan Selesai Tahun 2020

Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Kementerian PUPR dan Kementerian terkait kian serius mematangkan pembangunan Bendungan Bagong. Rencananya pelaksanaan pembangunan Tahap I dilaksanakan tahun ini dan target dapat...

Peringati Kebangkitan Nasional, Dorong Persatuan dan Kesatuan

20 MEI

Peringati Kebangkitan Nasional, Dorong Persatuan dan Kesatuan

Pemerintah Kabupaten Trenggalek gelar peringatan hari Kebangkitan Nasional, Senin (20/5/2019) di Alun-alun Trenggalek. Peringatan hari Kebangkitan Nasional ini diikuti oleh semua unsur masyarakat, baik TNI-POLRI,...

Gus Ipin Ajak Masyarakat Ikut Jaga dan Awasi Pekerjaan Fisik

17 MEI

Gus Ipin Ajak Masyarakat Ikut Jaga dan Awasi Pekerjaan Fisik

Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin), mengajak masyarakat untuk mau dan turut berpartisipasi mengawasi pekerjaan fisik Pemerintah di lingkungannya. Penyataan tersebut disampaikan...

Jawab Keluhan Masyarakat, Jalan Ngares-Sengon Akan Dibangun Pada Tahun 2019 Ini

17 MEI

Jawab Keluhan Masyarakat, Jalan Ngares-Sengon Akan Dibangun Pada Tahun 2019 Ini

Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin), kembali melaksanakan Safari Ramadhan bersama Forkopimda dan pimpinan OPD. Safari Ramadhan di Desa Sengon Kecamatan Bendungan,...

Gus Ipin Sapa Masyarakat Munjungan Dalam Safari Ramadhan

17 MEI

Gus Ipin Sapa Masyarakat Munjungan Dalam Safari Ramadhan

Bersurban putih, blangkon di kepala, ditambah beskap Jawa dengan bawahan jarik, Plt. Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin menyapa warga masyarakat Munjungan di Masjid Darul Falah...

Tarawih di Masjid Mujahidin Krandegan, Gus Ipin Berbagi Kecerian Dengan Masyarakat

16 MEI

Tarawih di Masjid Mujahidin Krandegan, Gus Ipin Berbagi Kecerian Dengan Masyarakat

Safari Ramadhan yang menjadi agenda rutin Pemkab Trenggalek, sedikit berbeda di tahun ini. Usai berbuka puasa, tim Safari Ramadhan melanjutkan kegiatan dengan sholat tarawih bersama...

Safari Ramadhan di Desa Senden, Plt Bupati Nur Arifin Dengarkan Aspirasi dan Buka Puasa Bersama Masyarakat

16 MEI

Safari Ramadhan di Desa Senden, Plt Bupati Nur Arifin Dengarkan Aspirasi dan Buka Puasa Bersama Masyarakat

Safari Ramadhan di hari keempat menyasar Desa Senden Kecamatan Kampak. Di Masjid Baiturrahman, Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin), dengarkan aspirasi dari...

Gus Ipin Ajak Pelawak Topan Promosikan Obyek Wisata Coban Wono Asri

16 MEI

Gus Ipin Ajak Pelawak Topan Promosikan Obyek Wisata Coban Wono Asri

Dari swadaya masyarakat, menjadi sebuah obyek wisata yang layak dinikmati. Air terjun atau Coban Wono Asri terletak di Desa Bangun Kecamatan Munjungan. Dinamakan Wono Asri...

Gus Ipin Ajak Topan Pelawak Merasakan Nginap di Rumah Warga

15 MEI

Gus Ipin Ajak Topan Pelawak Merasakan Nginap di Rumah Warga

Menginap di rumah warga menjadi salah satu agenda rutin yang dilakukan oleh Plt. Bupati Trenggalek, Moch. Nur Arifin. Selain bertujuan merasakan langsung kehidupan warga kurang...

Safari Ramadhan di Kecamatan Munjungan, Gus Ipin Sempatkan Menginap di Rumah Warga

15 MEI

Safari Ramadhan di Kecamatan Munjungan, Gus Ipin Sempatkan Menginap di Rumah Warga

Usai dari Desa Sobo, Safari Ramadhan Plt. Bupati Trenggalek kemudian menuju Masjid Al Affan di Desa Ngulung Wetan Kecamatan Munjungan. Di lokasi ini, Plt. Bupati...

Dari lokasi  Shalat Tarawih di Munjungan, Plt. Bupati Trenggalek, Moch. Nur Arifin beranjak menuju Dusun Kempong Desa Ngulung Wetan, Kecamatan Munjungan.

15 MEI

Dari lokasi Shalat Tarawih di Munjungan, Plt. Bupati Trenggalek, Moch. Nur Arifin beranjak menuju Dusun Kempong Desa Ngulung Wetan,…

Bapak tiga anak ini mengagendakan menginap di rumah Slamet (40) warga RT. 1 RW. 1 Dusun Kempong Desa Ngulung Wetan. Bapak tiga anak ingin merasakan...

Pemkab Trenggalek Alokasikan 36,7 M untuk Kecamatan Munjungan

15 MEI

Pemkab Trenggalek Alokasikan 36,7 M untuk Kecamatan Munjungan

Mewakili masyarakat Munjungan, Rudianto Camat Munjungan berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Pasalnya keperpihakan anggaran APBD untuk daerahnya cukup besar capai angka Rp. 36,737 miliar.   Pernyataan...

Ada-ada Saja Ulah Gus Ipin, Dari Kerjai Warga Hingga Data Masyarakat Miskin Yang Belum Tersentuh Program

14 MEI

Ada-ada Saja Ulah Gus Ipin, Dari Kerjai Warga Hingga Data Masyarakat Miskin Yang Belum Tersentuh Program

Kalau tidak usil bukan Moch. Nur Arifin, Plt. Bupati Trenggalek ini kerjai warga saat melakukan kegiatan Safari Ramadhan di Masjid Nurul Huda Dusun Kranding, Desa...

Gus Ipin : Tidak Perlu Buat Proposal Menang Adipura, Desa Bisa Berbuat Banyak untuk Daerahnya

14 MEI

Gus Ipin : Tidak Perlu Buat Proposal Menang Adipura, Desa Bisa Berbuat Banyak untuk Daerahnya

Alih-alih memberikan motivasi kepada masyarakat Desa Karanganom, Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek, Plt. Bupati Trenggalek sosialisasikan Lomba Adipura Desa, Selasa (14/5/2019).   "Dengan menang Adipura, desa punya kecukupan...

Lapor Rakyat, Plt Bupati Trenggalek Sampaikan Alokasi APBD tahun 2019 di Kecamatan Durenan

14 MEI

Lapor Rakyat, Plt Bupati Trenggalek Sampaikan Alokasi APBD tahun 2019 di Kecamatan Durenan

Dalam kegiatan safari ramadhan, Plt Bupati Trenggalek kembali lapor rakyat. Sebagai abdi masyarakat dirinya menganggap punya kewajiban untuk melaporkan hasil kerja dan apa yang akan...

Safari Ramadhan Di Karanganom, Plt. Bupati Trenggalek Terima Keluhan Warga

14 MEI

Safari Ramadhan Di Karanganom, Plt. Bupati Trenggalek Terima Keluhan Warga

Hari kedua pelaksanaan safari ramadhan Pemerintah Kabupaten Trenggalek menyasar Desa Karanganom Kecamatan Durenan. Hadir dalam kegiatan ini, Plt Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin mendapatkan...

Pemkab Trenggalek Mulai Buka Pendaftaran Lelang 7 Posisi Pejabat Tinggi Pratama

14 MEI

Pemkab Trenggalek Mulai Buka Pendaftaran Lelang 7 Posisi Pejabat Tinggi Pratama

Panitia penyelanggara (Pansel) lelang jabatan Pejabat Tinggi Pratama Kabupaten Trenggalek, mulai membuka pendaftaran sejak (14/5/2019) hingga (28/5/2019).   Ada 7 posisi Pejabat Tinggi Pratama yang akan dilelang....

Mulai dari Buka Bareng Ibu-ibu, Tarawih Bareng Warga, Himbau Kerukunan Pasca Pemilu, Lapor Rakyat hingga Adipura Desa

13 MEI

Mulai dari Buka Bareng Ibu-ibu, Tarawih Bareng Warga, Himbau Kerukunan Pasca Pemilu, Lapor Rakyat hingga Adipura Desa

Kegiatan safari ramadhan di hari pertama, Senin (13/5/2019) Plt Bupati Trenggalek, Moch. Nur Arifin bersama Kapolres Trenggalek AKBP Didit B. W. S., Forkopimda dan segenap...

Gus Ipin Gunakan Safari Ramadhan untuk Lapor Rakyat Penggunaan APBD

13 MEI

Gus Ipin Gunakan Safari Ramadhan untuk Lapor Rakyat Penggunaan APBD

Plt. Bupati Trenggalek, Moch. Nur. Arifin manfaatkan kegiatan safari ramadhan untuk lapor rakyat, Senin (13/5/2019) di Masjid Miftahul Huda Desa Prambon Kecamatan Tugu Trenggalek.   "Sebagai abdi...

Safari Ramadhan, Gus Ipin Ajak Kembali Masyarakat Untuk Membangun Bangsa

13 MEI

Safari Ramadhan, Gus Ipin Ajak Kembali Masyarakat Untuk Membangun Bangsa

"Pesta telah usai, saatnya kita kembali kepada rutinitas kita lagi," ungkap Plt. Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin saat melakukan kegiatan safari ramadhan di Masjid...

Safari Ramadhan di Desa Prambon, Plt Bupati Trenggalek Serahkan Bantuan untuk Masyarakat

13 MEI

Safari Ramadhan di Desa Prambon, Plt Bupati Trenggalek Serahkan Bantuan untuk Masyarakat

Plt. Bupati Trenggalek, Moch. Nur Arifin, bersama dengan Forkopimda, beberapa pejabat dilingkup pemkab Trenggalek, dan beberapa Tokoh Agama lakukan safari ramadhan, Senin (13/5/2019).   Pertama Desa...

NOVEMBER

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
  • 11
  • 12
  • 13
  • 14
  • 15
  • 16
  • 17
  • 18
  • 19
  • 20
  • 21
Prev Next