Pemerintah Kabupaten Trenggalek akan Memaksimalkan Tekhnologi IT Dalam Sistem Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Daerah

Created on 03 November 2016

Kemajuan teknologi IT saat ini sangat membantu aktifitas manusia maupun kelompok dalam berbagai hal, termasuk didalamnya juga pemerintah. Pemanfaatan teknologi  IT ini bisa dilakukan dalam penyusunan database daerah yang menjadi sumber data dalam penyusunan perencanaan daerah mapun dalam pelaksanaan pembangunan.

Maka dari itulah Pemerintahan baru Trenggalek yang dipimpin Bupati Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, dan Wakil Bupati H. Moch. Nur Arifin memiliki tekad bulat memanfaatkan perkembangan tekhnologi IT ini dalam system perencanaan dan pembangunan daerahnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah melaksanakan rapat tentang hal ini, Kamis (3/11). Rapat ini dimpin langsung oleh Wakil Bupati Trenggalek, dengan mendatangkan Tim dari Universitas Brawijaya Malang. Universitas ini mempunyai pengalaman tentang penanganan permasalahan jalan dan telah bekerjasama dengan Dinas PU Provinsi jatim. Selain itu, Unibraw juga pernah melakukan mitigasi bencana dan penanganan bencana kekeringan di Kabupaten Sampang Madura dan Blitar.

Rencananya Trenggalek akan mencoba bekerjasama dengan Universitas ini dalam penyusunan database serta penanganan permasalahan jalan dan mitigasi bencana.

Menurut Pemerintah Kabupaten Trenggalek pemanfaatan IT ini bukannya untuk bergaya-gayaan, melainkan dimanfaatkan pemerintah untuk menutupi keterbatasan anggaran, personil dan waktu yang dialami. Sehingga dalam menyusun perencanaan dan pembangunan dapat dilakukan lebih baik, cepat dan terstruktur.

Saat dikonfirmasi mengenai rapat yang tengah berlangsung, Wakil Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Arifin menyampaikan “kita itu punya tantangan dalam tatanan pembangunan, baik itu dalam perencanaan ataukah itu pelaksanaan. Kita kesulitan menentukan prioritas. Hal ini lebih karena disebabkan kita tidak mempunyai tata kelola yang baku dan master plant dalam sekian tahun pembangunan itu caranya seperti apa dan anggarannya  berapa”.

“Bapak bupati menyarankan kita untuk mencoba system GIS, dan Bapeda segera menindaklanjuti hal ini dengan mendatangkan Universitas Brawijaya yang sudah, sejak 2006 sudah berpengalaman menjalankan bekerjasama dengan Dinas PU Provinsi Jatim”.

“Jadi nanti kita menjadi tahu, katakanlah  dalam lima tahun kedepan kita menginginkan 97% kondisi jalan kita dalam keadaan baik. Dengan program ini kerusakannya, bisa kita ukur secara periodik, lalu secara berkala kita  bisa melakukan survey atau segala macam, intensitas lalu lintasnya atau faktor lainnya. Ketika sebelum mau rusak parah, bisa kita lakukan pembenahan. Sehingga dalam waktu lima tahun kedepan bisa kita targetkan kondisi jalan ini benar-benar dalam kondisi baik”.

“Dalam lima tahun itu kita butuh duit berapa, lalu setiap tahunnya bisa kita anggarkan berapa, itu dapat terukur dan tercapai dengan baik”, ungkap wabup.

“Selain itu sesuai arahan bupati juga ketika sedang di Bogota, kita diminta untuk bisa memitigasi bencana. Sehingga kita segera menindak lanjutinya. Kita bukannya memanfaatkan IT ini untuk gaya-gayaan, melainkan ini merupakan suatu kebutuhan. Tidak mungkin kita bisa menjawab tantangan didepan tanpa dibantu dengan efektifitas, evisiensi perencanaan maupun pelaksanaannya” pungkas wabup.

Sedangkan Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, menambahkan “semuanya sudah dijelaskan oleh Pak Wabup. Kita yang luasnya daerahnya sekitar 1300 km2, tentunya mempunyai keterbatasan anggaran yang sangat luar biasa.  sehingga seharusnya dengan keberadaan IT ini kita lebih mampu merencanakan segala sesuatunya lebih optimal dan lebih baik”.

“Kalau kita menggunakan peta digital apakah kelebihannya? Itu pertanyaannya. Jawaban yang pertama, kita dapat melakukan pengukuran jarak, pengukuran luas daerah itu dengan reality time. Contohnya kalau kita mau lihat dari Google map, sungai ini terus kita garis ini luasnya berapa itu bisa langsung kelihatan. Kalau kita mau memetakan daerah wisata dengan google map itu, oh kalau daerah ini 200 m2, sedang yang ini 300 m2”, ungkap bupati.

“Nah dari hal itu, diskusi bisa dilakukan lebih menarik dan bisa langsung dihitung berapa luasnya, bukannya harus nunggu (oke pak biar nanti diukur). Kita diminta untuk menunggu beberapa waktu lagi. Kapan selesainya, kita berada pada era yang dituntut untuk cepat”, imbuh bupati.

“Sekarang yang lagi trend di era IT ini adalah perkembangan teknologi android. Dengan teknologi cellular semua bisa dilakukan dengan bisa lebih murah. Bahkan untuk mendeteksi kerusakan jalan tadi, sudah ada software, yang hanya dengan kita meletakkan cellular dise buah mobil dengan spesifikasi tertentu kita tinggal jalan saja. Itu sudah bisa mendeteksi arah menuju kesini ini seperti apa kondisi jalannya”.

“Ketika gelombangnya sudah tinggi kita bisa melakukan perawatan jalan secara minimum dengan pelapisan tipis diatasnya yang pastinya pembiayannya lebih murah, dan dapat memperpanjang umur jalan lebih lama lagi. Sedangkan bila sudah terlalu rusak, pastinya akan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Ini merupakan salah satu contoh kebermanfaatan kita bila bisa mendeteksi lebih simple”.

“yang selanjutnya, saat ini sudah ada drone. Untuk bisa melihat kondisi sungai, bagaimana keadaan kanan dan kirinya dari sungai ini, saat ini ada drone tersebut dan kita bisa melakukan Mapping. Kita masukkan kedalam system yang terintegrasi. Ini juga merupakan penataan managemen yang lebih efisien, coba kita bayangkan bila semua dilakukan dengan cara yang manual”.

“Saya tadi juga cerita sebuah koperasi yang ada di Munjungan, yang pertama dipamerkan kepada saya adalah terkait IT sistemnya. Katanya kalau kita tidak menggunakan IT system pasti kita akan kecolongan, ungkap mereka”, tutur bupati.

“Keterbatasan dari segi anggaran, personil, maupun waktu, salah satu cara menyikapinya adalah tekhnologi IT ini”.

“Selama ini kita sebagai pemerintah daerah sangat-sangat dipengarui dengan proses politik dilapangan. Artinya ketika kita sedang merencanakan pembangunan, yang pertama kali mempengaruhi itu adalah keinginan yang belum tentu karena kebutuhan”.

“Contohnya ketika saya turun kebawah, pak tolong dong jalan ini diperbaiki biar nyambung jalannya, jembatannya tolong diperlebar. Oke memangnya anda menghemat berapa? Bagaimana dengan prioritas itu. Pastinya warga akan meminta yang paling ternyaman, paling pendek, tidak memutar dan lain sebagainya. Kalau bisa kita jangan hanya mendorong hanya kenyamanan, melainkan kalau bisa mendorong karena prioritas dan produktifitas. Berarti kalau mengenai produktifitas berarti mengenai kebutuhan hidup. Bagaimana mengakses kesehatan, pendidikan maupun kebuituhan hidup lainnya”.

“kita harus mempunyai parameter yang obyektif dalam menentukan prioritas. Nah inilah yang saya sampaikan bersama Pak Wabup, karena kita mempunyai keterbatasan data base, perencanaan system. Anggaran kami di tahun 2017 masih tentang itu masih kami kasih nilai bintang  2,5 sampai tiga, belum maksimal. Kalau kita ingin mendapatkan nilai yang lebih baik, bintang lima misalnya, kita harus memiliki database yang baik”.

“inilah yang kita harapkan untuk tahun 2018 nanti bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari perencanaan yang memang benar-benar optimal. Maka untuk mensuport hal tersebut kita melakukan safari infrastruktur. Bukan hanya mendengar, sekaligus mensosialisasikan kerangka pembangunan yang lebih obyektif, holistic maupun komperhensif”, tandasnya. (Humas)

BERITA LAINNYA

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
Prev Next
Kompak Pakai Pakaian Adat, Bupati Trenggalek : Kita Ingin Meneguhkan Indonesia Itu Berbeda-beda Namun Tetap Satu

17 AGUSTUS

Kompak Pakai Pakaian Adat, Bupati Trenggalek : Kita Ingin Meneguhkan Indonesia Itu Berbeda-beda Namun Tetap Satu

Segenap tamu undangan yang hadir dalam peringatan HUT RI ke-74 tahun 2019 di Trenggalek kompak mengenakan baju adat nasional, dalam upacara penurunan bendera, Sabtu (17/8/2019).   "Semua...

Terbawa Alur Cerita Sosiodrama  Perburuan, Bupati Trenggalek Sempat Teteskan Air Mata

17 AGUSTUS

Terbawa Alur Cerita Sosiodrama Perburuan, Bupati Trenggalek Sempat Teteskan Air Mata

Sosiodrama 'Kepulangan' sukses menggiring emosi penontonnya. Menyaksikan langsung drama ini, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin sempat meneteskan air mata.   Kepulangan ini merupakan salah satu judul cerita...

Hari Kemerdekaan, Bupati Trenggalek Serahkan Ratusan Remisi Kepada  Penghuni Rutan Kelas II Trenggalek

17 AGUSTUS

Hari Kemerdekaan, Bupati Trenggalek Serahkan Ratusan Remisi Kepada Penghuni Rutan Kelas II Trenggalek

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin serahkan remisi kepada ratusan penghuni Rutan Kelas II Trenggalek pada peringatan HUT RI ke-74 tahun 2019, Sabtu (17/8).   Remisi ini diberikan...

Peringati HUT RI ke-74, Bupati Trenggalek Ajak Generasi Muda Mengambil Peran Untuk 1 Abad Kemerdekaan RI

17 AGUSTUS

Peringati HUT RI ke-74, Bupati Trenggalek Ajak Generasi Muda Mengambil Peran Untuk 1 Abad Kemerdekaan RI

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengajak peran pemuda untuk lebih aktif dan mau mengambil peran dalam pembangunan guna memberikan kado spesial 1 abad bangsa ini...

Peringati Jasa Pahlawan Dengan Apel Kehormatan dan Renungan Suci

17 AGUSTUS

Peringati Jasa Pahlawan Dengan Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Sinergi dengan seluruh lintas sektor seperti TNI-POLRI, Pemerintah Kabupaten Trenggalek gelar apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Karangsoko, Jum'at malam, (16/8)...

Gus Ipin : Renungan Suci Upaya Kita Menjiwai Gugurnya Para Pahlawan

16 AGUSTUS

Gus Ipin : Renungan Suci Upaya Kita Menjiwai Gugurnya Para Pahlawan

Hormati jasa para pahlawan yang gugur merebut kemerdekaan, Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggelar apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Karangsoko Trenggalek, Jum'at...

Kabag Protokol Gugah Motivasi Petugas Paskibraka Trenggalek Sebelum Jalankan Tugas

16 AGUSTUS

Kabag Protokol Gugah Motivasi Petugas Paskibraka Trenggalek Sebelum Jalankan Tugas

Berikan materi malam kepada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, Kabag Protokol dan Rumah Tangga Setda Trenggalek, Drs. ST. Triadi Admono, M.Si., menghimbau kepada 72 Pasukan Pengibar...

Hadiri Baksos Pengadilan Agama, Bupati Ajak Anak Yatim dan Dhuafa Tidak Patah Semangat

16 AGUSTUS

Hadiri Baksos Pengadilan Agama, Bupati Ajak Anak Yatim dan Dhuafa Tidak Patah Semangat

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin ajak anak yatim dan kaum dhuafa untuk tidak patah semangat menjalani hidup. Hal ini disampaikan olehnya saat menyerahkan santunan anak...

Kompak Gunakan Pakaian Adat Saat Penurunan Bendera, Bupati Trenggalek Ingin Tepis Isu Deintegritas Bangsa

16 AGUSTUS

Kompak Gunakan Pakaian Adat Saat Penurunan Bendera, Bupati Trenggalek Ingin Tepis Isu Deintegritas Bangsa

Menampik isu intoleransi dan deintegritas bangsa, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengajak seluruh undangan upacara penurunan bendera 17 Agustus 2019 mengenakan pakaian adat Nusantara. Dengan...

Tak Kenal Lelah Bupati Trenggalek Terjun Langsung Promosikan Potensi Wisata di Daerahnya

16 AGUSTUS

Tak Kenal Lelah Bupati Trenggalek Terjun Langsung Promosikan Potensi Wisata di Daerahnya

Kegigihan Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin untuk mempromosikan daerahnya khusus disektor pariwisata memang tidak perlu diragukan lagi.   Suami Novita Hardini ini sampai rela terjun langsung untuk...

Bupati Trenggalek, Usulkan Beberapa Proyek Strategis Nasional Ke Bappenas dan Kemendes

16 AGUSTUS

Bupati Trenggalek, Usulkan Beberapa Proyek Strategis Nasional Ke Bappenas dan Kemendes

Dorong upaya percepatan pembangunan di daerahnya, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin   Lakukan kunjungan kerja ke Jakarta. Berbagi tugas dengan Sekdanya, Joko Irianto, Bupati termuda ini ingin...

Pimpin Apel Peringatan Hari Pramuka, Bupati Trenggalek Ajak Jaga Lingkungan

14 AGUSTUS

Pimpin Apel Peringatan Hari Pramuka, Bupati Trenggalek Ajak Jaga Lingkungan

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, pimpin apel peringatan Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 di Bumi Perkemahan Umbulan Desa Jajar Kecamatan Gandusari, Rabu (14/8/2019). Hadir juga...

Kukuhkan Anggota Paskibraka, Bupati Nur Arifin Ajak Tanamkan Semangat Juang Merah Putih dalam Keseharian

13 AGUSTUS

Kukuhkan Anggota Paskibraka, Bupati Nur Arifin Ajak Tanamkan Semangat Juang Merah Putih dalam Keseharian

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, kukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Trenggalek tahun 2019 di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Selasa (13/8/2019).   Anggota Paskibraka...

Sampaikan Nota Penjelasan PAPBD, Bupati dan DPRD Trenggalek Maksimalkan Waktu di Penghujung Pengabdian

12 AGUSTUS

Sampaikan Nota Penjelasan PAPBD, Bupati dan DPRD Trenggalek Maksimalkan Waktu di Penghujung Pengabdian

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, sampaikan Nota Penjelasan Ranperda Perubahan APBD tahun anggaran 2019 kepada DPRD Kabupaten Trenggalek melalui Sidang Paripurna, Senin (12/8/2019).   "Kita sampaikan rancangan...

Bupati Trenggalek Serahkan Satu Ekor Sapi Qurban Kepada Ta'mir Masjid Agung Baiturrahman

11 AGUSTUS

Bupati Trenggalek Serahkan Satu Ekor Sapi Qurban Kepada Ta'mir Masjid Agung Baiturrahman

Pada hari raya Idul Adha tahun ini, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin), menyerahkan seekor sapi seberat hampir satu ton kepada ta'mir Masjid Agung...

Gus Ipin: Hakikat Qurban Adalah Berbagi dengan Sesama

11 AGUSTUS

Gus Ipin: Hakikat Qurban Adalah Berbagi dengan Sesama

Bersama dengan ribuan jamaah, Bupati Trenggalek dan Sekretaris Daerah serta jajaran pimpinan OPD laksanakan sholat Idul Adha di Masjid Agung Baiturrahman, Minggu (11/8/2019).   Pada sambutannya, Bupati...

Bupati Trenggalek dan Dansatgas TMMD, Sambut Kedatangan Pangdam V Brawijaya di Bumi Sopal

08 AGUSTUS

Bupati Trenggalek dan Dansatgas TMMD, Sambut Kedatangan Pangdam V Brawijaya di Bumi Sopal

Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi, Panglima Kodam V Brawijaya Surabaya berkunjung ke Kabupaten Trenggalek, Kamis (8/8/2019). Kedatangan Pangdam ini langsung disambut Bupati Trenggalek,...

Asisten II Sekda Berangkatkan Peserta Gerak Jalan Putri

07 AGUSTUS

Asisten II Sekda Berangkatkan Peserta Gerak Jalan Putri

Semarak peringatan HUT RI ke-74 tahun 2019 cukup terasa di Kabupaten Trenggalek. Berbagai kegiatan dikemas apik untuk memperingati hari yang cukup bersejarah ini.   Rabu, (7/8/2019) Asisten...

Komandan Satgas TMMD Paparkan Pelaksanaan TMMD 105 di Trenggalek

06 AGUSTUS

Komandan Satgas TMMD Paparkan Pelaksanaan TMMD 105 di Trenggalek

Sambut kedatangan Wasev TMMD, Brigjen TNI Sucipto ke Trenggalek, untuk melakukan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan TMMD di Trenggalek, Komandan Satgas TMMD 105 Trenggalek, Letkol Inf...

Sugeng Widodo : Kegiatan Seperti TMMD Masih Sangat Dibutuhkan di Trenggalek

06 AGUSTUS

Sugeng Widodo : Kegiatan Seperti TMMD Masih Sangat Dibutuhkan di Trenggalek

Sangat tepat bila pelaksanaan TMMD dilaksanakan di Kecamatan Bendungan, ungkap Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Trenggalek Sugeng Widodo, SH., yang mewakili Bupati Trenggalek dalam rangka...

Wasev TMMD 105 : Pemerintah Trenggalek Bisa Kombinasikan Sejarah  Untuk Mempromosikan Potensi Wisata

05 AGUSTUS

Wasev TMMD 105 : Pemerintah Trenggalek Bisa Kombinasikan Sejarah Untuk Mempromosikan Potensi Wisata

Wasev TMMD 105, Brigjen TNI Sucipto datang ke Trenggalek untuk melakukan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan TMMD 105 di Kabupaten Trenggalek, Senin (5/8/2019). Kedatangan Wasev TMMD...

Kunjungi Trenggalek, Brigjen Sucipto Akan Lakukan Pengawasan dan Evaluasi TMMD

05 AGUSTUS

Kunjungi Trenggalek, Brigjen Sucipto Akan Lakukan Pengawasan dan Evaluasi TMMD

Wasev TMMD 105, Brigjen Sucipto melakukan kunjungan ke Kabupaten Trenggalek, Senin (5/8/2019). Kedatangannya disambut Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin di Paringgitan Pendopo Manggala Praja Nugraha...

Bupati Trenggalek Sambut Kunjungan Wasev TMMD 105 di Trenggalek

05 AGUSTUS

Bupati Trenggalek Sambut Kunjungan Wasev TMMD 105 di Trenggalek

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin sambut kedatangan kunjungan kerja Wasev TMMD 105, Brigjen TNI Sucipto ke Trenggalek, Senin malam (5/8/2019).   Staf Ahli Kepala Satuan Angkatan Darat...

Tinjau Rumah Jaitun, Bupati Nur Arifin: Kemanunggalan TNI dan Masyarakat Memberikan Secercah Kegembiraan

05 AGUSTUS

Tinjau Rumah Jaitun, Bupati Nur Arifin: Kemanunggalan TNI dan Masyarakat Memberikan Secercah Kegembiraan

Dalam kunjungannya untuk meninjau pelaksanaan TMMD di Kecamatan Bendungan, Bupati Trenggalek bersama Komandan Satgas TMMD 105 mengunjungi beberapa rumah warga penerima bantuan bedah rumah tidak...

Kendarai Kuda Besi, Bupati Trenggalek Coba Rabat Jalan Hasil TMMD

05 AGUSTUS

Kendarai Kuda Besi, Bupati Trenggalek Coba Rabat Jalan Hasil TMMD

Telah selesai 100 persen, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, mencoba jalan hasil dari giat TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) di Kecamatan Bendungan, Senin (5/8/2019). Didampingi...

Bupati Nur Arifin Apresiasi Kampanye Lingkungan dalam Trenggalek Pop Culture Parade 2019

04 AGUSTUS

Bupati Nur Arifin Apresiasi Kampanye Lingkungan dalam Trenggalek Pop Culture Parade 2019

Masih dalam rangkaian peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-825 Kabupaten Trenggalek, Minggu (4/8/2019), Pemkab Trenggalek menggelar pawai kreativitas kostum dan mobil hias...

Bupati Trenggalek dan Istri Jenguk Bayi Malang yang Dibuang di Pasar Gandusari

04 AGUSTUS

Bupati Trenggalek dan Istri Jenguk Bayi Malang yang Dibuang di Pasar Gandusari

Mendengar laporan penemuan bayi yang dibuang di wilayah Kecamatan Gandusari, membuat Bupati Trenggalek beserta istri bergegas menjenguk bayi malang tersebut di RSUD dr. Soedomo, Minggu...

Bupati Nur Arifin Bersama Istri Ikut Gowes dalam TMBA 2019

04 AGUSTUS

Bupati Nur Arifin Bersama Istri Ikut Gowes dalam TMBA 2019

Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali menggelar Trenggalek Mountain Bike Adventure (TMBA) 2019, Minggu (4/8). Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, bersama istri, Novita Hardini, ikut bersepeda dalam...

Bupati Trenggalek Beserta Istri Ikut Ramaikan Trenggalek Ethnic Carnival 2019

03 AGUSTUS

Bupati Trenggalek Beserta Istri Ikut Ramaikan Trenggalek Ethnic Carnival 2019

Trenggalek Ethnic Carnival 2019 kembali digelar, Sabtu (3/8/2019). Kegiatan yang menampilkan beragam seni budaya tradisional tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-74 RI dan...

Kenakan Busana Casual Jawa, Bupati Trenggalek Ajak Kaum Milenial Tak Lupakan Budaya Jawa

03 AGUSTUS

Kenakan Busana Casual Jawa, Bupati Trenggalek Ajak Kaum Milenial Tak Lupakan Budaya Jawa

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, bersama istri, Novita Hardini, dan Sekretaris Daerah, Ir. Joko Irianto, M.Si., turut meriahkan rangkaian pawai pada Trenggalek Ethnic Carnival, Sabtu...

Gagrak Ampak-Ampak Ngalengko Dirojo Curi Perhatian di Trenggalek Ethnic Carnival

01 AGUSTUS

Gagrak Ampak-Ampak Ngalengko Dirojo Curi Perhatian di Trenggalek Ethnic Carnival

Trenggalek Ethnic Carnival memang digelar untuk mendorong kreatifitas siswa siswi dalam melestarikan seni budaya tradisional. Tidak hanya kesenian lokal, namun juga kesenian nusantara seperti wayang...

Terima Peserta Trenggalek Ethnic Carnival, Bupati Nur Arifin : Tidak Hanya Tradisi Trenggalek Tetapi Juga Nusantara

01 AGUSTUS

Terima Peserta Trenggalek Ethnic Carnival, Bupati Nur Arifin : Tidak Hanya Tradisi Trenggalek Tetapi Juga Nusantara

Berbagai macam seni budaya tradisional ditampilkan dalam Trenggalek Ethnic Carnival 2019 dalam rangka memperingati HUT ke 74 Republik Indonesia. Kamis (1/8/2019), Trenggalek Ethnic Carnival diikuti...

Bupati Trenggalek Buka Pelatihan Paskibraka Kabupaten Trenggalek

31 JULI

Bupati Trenggalek Buka Pelatihan Paskibraka Kabupaten Trenggalek

Pengibaran bendera pusaka pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan hal sakral dan tidak bisa dianggap remeh. Untuk itu, Pemkab Trenggalek selalu rutin menggelar pelatihan...

Sholawat Bersama Habib Syech, Bupati Nur Arifin Mohon Doa untuk Kabupaten Trenggalek

30 JULI

Sholawat Bersama Habib Syech, Bupati Nur Arifin Mohon Doa untuk Kabupaten Trenggalek

Kembali berkesempatan untuk bersholawat bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, memohon doa untuk keselamatan dan keberkahan bagi masyarakat Trenggalek.   Hal...

Bupati Trenggalek Bersama Forkopimda Tandai Dimulainya Pembangunan GOR Tipe B

30 JULI

Bupati Trenggalek Bersama Forkopimda Tandai Dimulainya Pembangunan GOR Tipe B

Pemerintah Kabupaten Trenggalek segera merealisasikan pembangunan Gelanggang Olah Raga (GOR) tipe B yang berlokasi di kawasan Jalan Brigjend Soetran. Dengan luas bangunan 45x51 meter persegi...

Sekda Trenggalek Buka Bimtek Pengawasan Internal Kearsipan 2019

30 JULI

Sekda Trenggalek Buka Bimtek Pengawasan Internal Kearsipan 2019

Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Ir. Joko Irianto, M.Si., membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Internal Kearsipan Bagi Tim Audit Kearsipan Kabupaten Trenggalek, Selasa (30/7) di...

Tekan Angka Stunting, Bunda PAUD Trenggalek Dukung Gerakan Sarapan Padat Nutrisi

30 JULI

Tekan Angka Stunting, Bunda PAUD Trenggalek Dukung Gerakan Sarapan Padat Nutrisi

Sebanyak kurang lebih 1500 siswa siswi PAUD se-Kabupaten Trenggelek ikut menyemarakkan Gerakan Sarapan Padat Nutrisi di Alun-Alun, Selasa (30/7/2019).   Gerakan yang dicanangkan oleh HIMPAUDI tersebut bertujuan...

Calon Investor Melihat Banyak Peluang Usaha di Perkebunan Kopi Dilem Wilis

28 JULI

Calon Investor Melihat Banyak Peluang Usaha di Perkebunan Kopi Dilem Wilis

Melanjutkan kegiatan Business Trip di Trenggalek, para calon investor meninjau potensi investasi di area perkebunan kopi Dilem Wilis, Minggu (28/7/2019).   Di lokasi ini terdapat potensi wisata...

Novita Hardini, Buka Kegiatan Grand Final Duta Genre Trenggalek 2019

27 JULI

Novita Hardini, Buka Kegiatan Grand Final Duta Genre Trenggalek 2019

Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini Mochamad buka kegiatan grand final Duta Generasi Berencana (Genre) Trenggalek tahun 2019 di Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek,...

Bupati Nur Arifin Ajak Para Calon Investor Mengeksplorasi Potensi Investasi di Kabupaten Trenggalek

27 JULI

Bupati Nur Arifin Ajak Para Calon Investor Mengeksplorasi Potensi Investasi di Kabupaten Trenggalek

Melanjutkan kegiatan Business Trip dalam rangka Investment Auction (lelang investasi), Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, mengajak para calon investor untuk mengeksplorasi beragam potensi investasi di...

NOVEMBER

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
  • 11
  • 12
  • 13
  • 14
  • 15
  • 16
  • 17
  • 18
  • 19
  • 20
  • 21
Prev Next