Pemerintah Kabupaten Trenggalek akan Memaksimalkan Tekhnologi IT Dalam Sistem Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Daerah

Created on 03 November 2016

Kemajuan teknologi IT saat ini sangat membantu aktifitas manusia maupun kelompok dalam berbagai hal, termasuk didalamnya juga pemerintah. Pemanfaatan teknologi  IT ini bisa dilakukan dalam penyusunan database daerah yang menjadi sumber data dalam penyusunan perencanaan daerah mapun dalam pelaksanaan pembangunan.

Maka dari itulah Pemerintahan baru Trenggalek yang dipimpin Bupati Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, dan Wakil Bupati H. Moch. Nur Arifin memiliki tekad bulat memanfaatkan perkembangan tekhnologi IT ini dalam system perencanaan dan pembangunan daerahnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah melaksanakan rapat tentang hal ini, Kamis (3/11). Rapat ini dimpin langsung oleh Wakil Bupati Trenggalek, dengan mendatangkan Tim dari Universitas Brawijaya Malang. Universitas ini mempunyai pengalaman tentang penanganan permasalahan jalan dan telah bekerjasama dengan Dinas PU Provinsi jatim. Selain itu, Unibraw juga pernah melakukan mitigasi bencana dan penanganan bencana kekeringan di Kabupaten Sampang Madura dan Blitar.

Rencananya Trenggalek akan mencoba bekerjasama dengan Universitas ini dalam penyusunan database serta penanganan permasalahan jalan dan mitigasi bencana.

Menurut Pemerintah Kabupaten Trenggalek pemanfaatan IT ini bukannya untuk bergaya-gayaan, melainkan dimanfaatkan pemerintah untuk menutupi keterbatasan anggaran, personil dan waktu yang dialami. Sehingga dalam menyusun perencanaan dan pembangunan dapat dilakukan lebih baik, cepat dan terstruktur.

Saat dikonfirmasi mengenai rapat yang tengah berlangsung, Wakil Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Arifin menyampaikan “kita itu punya tantangan dalam tatanan pembangunan, baik itu dalam perencanaan ataukah itu pelaksanaan. Kita kesulitan menentukan prioritas. Hal ini lebih karena disebabkan kita tidak mempunyai tata kelola yang baku dan master plant dalam sekian tahun pembangunan itu caranya seperti apa dan anggarannya  berapa”.

“Bapak bupati menyarankan kita untuk mencoba system GIS, dan Bapeda segera menindaklanjuti hal ini dengan mendatangkan Universitas Brawijaya yang sudah, sejak 2006 sudah berpengalaman menjalankan bekerjasama dengan Dinas PU Provinsi Jatim”.

“Jadi nanti kita menjadi tahu, katakanlah  dalam lima tahun kedepan kita menginginkan 97% kondisi jalan kita dalam keadaan baik. Dengan program ini kerusakannya, bisa kita ukur secara periodik, lalu secara berkala kita  bisa melakukan survey atau segala macam, intensitas lalu lintasnya atau faktor lainnya. Ketika sebelum mau rusak parah, bisa kita lakukan pembenahan. Sehingga dalam waktu lima tahun kedepan bisa kita targetkan kondisi jalan ini benar-benar dalam kondisi baik”.

“Dalam lima tahun itu kita butuh duit berapa, lalu setiap tahunnya bisa kita anggarkan berapa, itu dapat terukur dan tercapai dengan baik”, ungkap wabup.

“Selain itu sesuai arahan bupati juga ketika sedang di Bogota, kita diminta untuk bisa memitigasi bencana. Sehingga kita segera menindak lanjutinya. Kita bukannya memanfaatkan IT ini untuk gaya-gayaan, melainkan ini merupakan suatu kebutuhan. Tidak mungkin kita bisa menjawab tantangan didepan tanpa dibantu dengan efektifitas, evisiensi perencanaan maupun pelaksanaannya” pungkas wabup.

Sedangkan Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, menambahkan “semuanya sudah dijelaskan oleh Pak Wabup. Kita yang luasnya daerahnya sekitar 1300 km2, tentunya mempunyai keterbatasan anggaran yang sangat luar biasa.  sehingga seharusnya dengan keberadaan IT ini kita lebih mampu merencanakan segala sesuatunya lebih optimal dan lebih baik”.

“Kalau kita menggunakan peta digital apakah kelebihannya? Itu pertanyaannya. Jawaban yang pertama, kita dapat melakukan pengukuran jarak, pengukuran luas daerah itu dengan reality time. Contohnya kalau kita mau lihat dari Google map, sungai ini terus kita garis ini luasnya berapa itu bisa langsung kelihatan. Kalau kita mau memetakan daerah wisata dengan google map itu, oh kalau daerah ini 200 m2, sedang yang ini 300 m2”, ungkap bupati.

“Nah dari hal itu, diskusi bisa dilakukan lebih menarik dan bisa langsung dihitung berapa luasnya, bukannya harus nunggu (oke pak biar nanti diukur). Kita diminta untuk menunggu beberapa waktu lagi. Kapan selesainya, kita berada pada era yang dituntut untuk cepat”, imbuh bupati.

“Sekarang yang lagi trend di era IT ini adalah perkembangan teknologi android. Dengan teknologi cellular semua bisa dilakukan dengan bisa lebih murah. Bahkan untuk mendeteksi kerusakan jalan tadi, sudah ada software, yang hanya dengan kita meletakkan cellular dise buah mobil dengan spesifikasi tertentu kita tinggal jalan saja. Itu sudah bisa mendeteksi arah menuju kesini ini seperti apa kondisi jalannya”.

“Ketika gelombangnya sudah tinggi kita bisa melakukan perawatan jalan secara minimum dengan pelapisan tipis diatasnya yang pastinya pembiayannya lebih murah, dan dapat memperpanjang umur jalan lebih lama lagi. Sedangkan bila sudah terlalu rusak, pastinya akan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Ini merupakan salah satu contoh kebermanfaatan kita bila bisa mendeteksi lebih simple”.

“yang selanjutnya, saat ini sudah ada drone. Untuk bisa melihat kondisi sungai, bagaimana keadaan kanan dan kirinya dari sungai ini, saat ini ada drone tersebut dan kita bisa melakukan Mapping. Kita masukkan kedalam system yang terintegrasi. Ini juga merupakan penataan managemen yang lebih efisien, coba kita bayangkan bila semua dilakukan dengan cara yang manual”.

“Saya tadi juga cerita sebuah koperasi yang ada di Munjungan, yang pertama dipamerkan kepada saya adalah terkait IT sistemnya. Katanya kalau kita tidak menggunakan IT system pasti kita akan kecolongan, ungkap mereka”, tutur bupati.

“Keterbatasan dari segi anggaran, personil, maupun waktu, salah satu cara menyikapinya adalah tekhnologi IT ini”.

“Selama ini kita sebagai pemerintah daerah sangat-sangat dipengarui dengan proses politik dilapangan. Artinya ketika kita sedang merencanakan pembangunan, yang pertama kali mempengaruhi itu adalah keinginan yang belum tentu karena kebutuhan”.

“Contohnya ketika saya turun kebawah, pak tolong dong jalan ini diperbaiki biar nyambung jalannya, jembatannya tolong diperlebar. Oke memangnya anda menghemat berapa? Bagaimana dengan prioritas itu. Pastinya warga akan meminta yang paling ternyaman, paling pendek, tidak memutar dan lain sebagainya. Kalau bisa kita jangan hanya mendorong hanya kenyamanan, melainkan kalau bisa mendorong karena prioritas dan produktifitas. Berarti kalau mengenai produktifitas berarti mengenai kebutuhan hidup. Bagaimana mengakses kesehatan, pendidikan maupun kebuituhan hidup lainnya”.

“kita harus mempunyai parameter yang obyektif dalam menentukan prioritas. Nah inilah yang saya sampaikan bersama Pak Wabup, karena kita mempunyai keterbatasan data base, perencanaan system. Anggaran kami di tahun 2017 masih tentang itu masih kami kasih nilai bintang  2,5 sampai tiga, belum maksimal. Kalau kita ingin mendapatkan nilai yang lebih baik, bintang lima misalnya, kita harus memiliki database yang baik”.

“inilah yang kita harapkan untuk tahun 2018 nanti bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari perencanaan yang memang benar-benar optimal. Maka untuk mensuport hal tersebut kita melakukan safari infrastruktur. Bukan hanya mendengar, sekaligus mensosialisasikan kerangka pembangunan yang lebih obyektif, holistic maupun komperhensif”, tandasnya. (Humas)

BERITA LAINNYA

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
Prev Next
Cukup Bijaksana, Dapati Keluhan Dualisme Kepengurusan Paguyuban Pedagang Pasar, Cak Ipin Minta Keduanya Melebur

18 MARET

Cukup Bijaksana, Dapati Keluhan Dualisme Kepengurusan Paguyuban Pedagang Pasar, Cak Ipin Minta Keduanya Melebur

Hadiri tasyakuran pedagang Pasar Pon, Plt. Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin meminta Paguyuban Pedagang Pasar Pon melebur. Pernyataan tersebut dilontarkan Cak Ipin untuk menjawab...

Hadiri Tasyakuran Relokasi Pasar Pon, Cak Ipin Minta Ada Empati Antar Pedagang

18 MARET

Hadiri Tasyakuran Relokasi Pasar Pon, Cak Ipin Minta Ada Empati Antar Pedagang

Didampingi Sekretaris Daerah Trenggalek, Ir. Joko Irianto, M.Si, Plt. Bupati Trenggalek, H Moch. Nur Arifin, hadiri kegiatan tasyakuran pedagang Pasar Pon, Senin (18/3/2019) di tempat...

Cak Ipin Bonceng Sekda Joko Irianto, Kendarai Sepeda Motor Menuju Relokasi Pasar Pon

18 MARET

Cak Ipin Bonceng Sekda Joko Irianto, Kendarai Sepeda Motor Menuju Relokasi Pasar Pon

Plt. Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Arifin dan Sekretaris Daerah, Ir. Joko Irianto, M.Si, penuhi undangan pedagang Pasar Pon yang mengadakan tasyakuran tempat relokasi pasar....

Cak Ipin: Berikan Pelayanan yang Baik Kepada Masyarakat

18 MARET

Cak Ipin: Berikan Pelayanan yang Baik Kepada Masyarakat

"Rebut simpati masyarakat", itulah sepenggal kalimat yang dilontarkan oleh Mochamad Nur Arifin atau Cak Ipin saat memimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Peringatan HUT Damkar Satpol...

Plt. Bupati Trenggalek Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana serta Peringatan HUT Damkar, Satpol PP dan Sat Linmas

18 MARET

Plt. Bupati Trenggalek Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana serta Peringatan HUT Damkar, Satpol PP dan Sat Linmas

Plt. Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin, pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana serta Peringatan HUT ke-100 Damkar, HUT ke-69 Satpol PP dan HUT ke-57 Sat Linmas,...

Hadiri Kejurprov Motor Cross di Pantai Prigi, Sekda Trenggalek Berharap Event ini Dapat Menjadi Daya Tarik Wisata

17 MARET

Hadiri Kejurprov Motor Cross di Pantai Prigi, Sekda Trenggalek Berharap Event ini Dapat Menjadi Daya Tarik Wisata

Sekda Trenggalek, Ir. Joko Irianto, M.Si, hadiri kegiatan Kejuaraan Provinsi Motorcross 2019 di Sirkuit Motor Cross Bumi Wisata Pantai Prigi Trenggalek, Minggu (17/3/2019). Turut hadir...

Joko Irianto : Trenggalek Punya Banyak Beragam Budaya Yang Layak Diangkat

16 MARET

Joko Irianto : Trenggalek Punya Banyak Beragam Budaya Yang Layak Diangkat

Hadir dalam kegiatan penutupan Gelar Budaya Daerah, Kabupaten Trenggalek di Taman Budaya Surabaya, Sekda Trenggalek Ir. Joko Irianto, M.Si, berjanji akan terus menyajikan hal yang...

Sekda Trenggalek Apresiasi Dimunculkannya Durian Trenggalek Dalam Pameran Gelar Seni Budaya Daerah di Surabaya

16 MARET

Sekda Trenggalek Apresiasi Dimunculkannya Durian Trenggalek Dalam Pameran Gelar Seni Budaya Daerah di Surabaya

Sekda Trenggalek, Ir. Joko Irianto, M.Si, apresiasi dimunculkannya durian Trenggalek dalam Pameran Budaya Daerah, Kabupaten Trenggalek di Taman Budaya Surabaya, Jum'at dan Sabtu (15-16) Maret...

Cak Ipin Bangga Mengenakan Produk Lokal Trenggalek

15 MARET

Cak Ipin Bangga Mengenakan Produk Lokal Trenggalek

Anak muda biasanya suka bahkan bangga saat mengenakan barang-barang branded, namun hal ini tidak berlaku bagi Cak Ipin. Plt. Bupati Trenggalek tersebut justru lebih suka...

Plt. Bupati Trenggalek Kenalkan Berbagai Produk Unggulan Kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur

15 MARET

Plt. Bupati Trenggalek Kenalkan Berbagai Produk Unggulan Kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur

Tidak hanya menampilkan karya seni menarik dalam Gelar Seni Budaya Daerah di Taman Budaya Surabaya, Pemerintah Kabupaten Trenggalek juga memamerkan berbagai produk unggulan daerahnya.   Beberapa...

Drama Tari Prahara Mustikaning Tumpuk Menjadi Masterpiece Gelar Seni Budaya Kidung Katresnan Ing Bumi Trenggalih

15 MARET

Drama Tari Prahara Mustikaning Tumpuk Menjadi Masterpiece Gelar Seni Budaya Kidung Katresnan Ing Bumi Trenggalih

Drama Tari Prahara Mustikaning Tumpuk menjadi suguhan utama pada Gelar Seni Budaya Daerah Kabupaten Trenggalek di Taman Budaya Surabaya, Jum'at (15/4/2019).   Menurut Plt. Kepala Dinas Pariwisata...

Bedoyo Denawa Estri Awali Gelar Seni Budaya Kidung Katresnan Ing Bumi Trenggalih

15 MARET

Bedoyo Denawa Estri Awali Gelar Seni Budaya Kidung Katresnan Ing Bumi Trenggalih

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek penuhi janjinya untukmenyuguhkan karya seni yang fresh dalam Gelar Seni Budaya Daerah di Taman Budaya Surabaya, Jum'at (15/3/2019). Bedoyo Denawa...

Cak Ipin Minta Jajarannya Inventarisir Aset Strategis dan Peluang Investasi

15 MARET

Cak Ipin Minta Jajarannya Inventarisir Aset Strategis dan Peluang Investasi

Pemerintah Kabupaten Trenggalek akan lebih membuka diri bagi para investor yang akan mengembangkan usahanya di Kabupaten Trenggalek. Terbukti, Jum'at (15/3/2019) dalam kegiatan Coffee Morning, Plt....

Cak Ipin, Sambut Baik Peluang Jual Minyak Atsiri ke Kamboja

15 MARET

Cak Ipin, Sambut Baik Peluang Jual Minyak Atsiri ke Kamboja

Plt. Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin, sambut baik peluang kejasama ekspor minyak atsiri dengan Negara Kamboja. Informasi peluang ekspor yang datang dari Asisten II...

Gelar Seni Budaya, Kidung Katresnan Ing Bumi Trenggalih Bakal Ramaikan Gedung Cak Durasim

15 MARET

Gelar Seni Budaya, Kidung Katresnan Ing Bumi Trenggalih Bakal Ramaikan Gedung Cak Durasim

Pemkab Trenggalek bakal ramaikan Gedung Cak Durasim Surabaya, Jum'at dan Sabtu (15-16 Maret 2019). Gelar Seni budaya bertajuk "Kidung Katresnan Ing Bumi Trenggalih" bakal manjakan...

Coffee Morning, Plt Bupati Trenggalek Lakukan Evaluasi Penanganan Pasca Bencana

15 MARET

Coffee Morning, Plt Bupati Trenggalek Lakukan Evaluasi Penanganan Pasca Bencana

Plt. Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin maksimalkan kegiatan Coffee Morning di Gedung Bhawarasa Pendopo Manggala Praja Nugraha untuk mengevaluasi kegiatan penanganan pasca bencana, Jum'at...

Menjadi Salah Satu Pembicara Pada Musrena Keren, Novita Hardini Angkat Topik Kesetaraan Gender

14 MARET

Menjadi Salah Satu Pembicara Pada Musrena Keren, Novita Hardini Angkat Topik Kesetaraan Gender

Istri Plt. Bupati Trenggalek, Novita Hardini M. Nur Arifin menjadi salah satu pembicara dalam talkshow Musrena Keren (Musryawarah perempuan, anak, disabilitas dan kelompok rentan) di...

Buka Musrena Keren, Cak Ipin Enggan Sebut Disabilitas

14 MARET

Buka Musrena Keren, Cak Ipin Enggan Sebut Disabilitas

Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin atau Cak Ipin enggan menyebut penyandang disabilitas dan lebih memilih menyebut berkemampuan atau berkebutuhan khusus saat memberi sambutan...

Cak Ipin Buka Musrena Keren, Satu-satunya Musrenbang Perempuan, Anak, Disabilitas dan Kelompok Rentan di Jawa Timur

14 MARET

Cak Ipin Buka Musrena Keren, Satu-satunya Musrenbang Perempuan, Anak, Disabilitas dan Kelompok Rentan di Jawa Timur

Plt. Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin atau Cak Ipin, membuka Musrena Keren (Musyawarah Perempuan, Anak, Disabilitas, dan Kelompok Rentan) di Hall Hotel Bukit Ja'as...

Cak Ipin Ucapkan Terima Kasih Atas Kinerja Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM)

14 MARET

Cak Ipin Ucapkan Terima Kasih Atas Kinerja Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM)

Atas dasar perubahan regulasi peraturan yang ada, struktur kepengurusan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di daerah juga ikut berubah.   Terkait hal tersebut Pemerintah Kabupaten Trenggalek...

Safari Gemarikan, Novita Hardini Ajak Masyarakat Sadar Pentingnya Kandungan Gizi Pada Ikan

13 MARET

Safari Gemarikan, Novita Hardini Ajak Masyarakat Sadar Pentingnya Kandungan Gizi Pada Ikan

Mengingat pentingnya gerakan gemar makan ikan, Istri Plt. Bupati Trenggalek, Novita Hardini M. Nur Arifin, tidak kenal lelah mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Rabu...

Studi Tiru ke Sekolah Perempuan di Gresik, Novita Hardini Berharap Bisa Diterapkan di Trenggalek

12 MARET

Studi Tiru ke Sekolah Perempuan di Gresik, Novita Hardini Berharap Bisa Diterapkan di Trenggalek

Istri Plt. Bupati Trenggalek, Novita Hardini Moch. Nur Arifin, bersama dengan Tim Penggerak PKK dan Dinas Sosial P3A Kabupaten Trenggalek melaksanakan kegiatan studi tiru ke...

Tingkatkan Inovasi Pelayanan Publik, Plt. Bupati Moch Nur Arifin Resmikan UPTD PKB Dishub dan Launching SIP-OK

11 MARET

Tingkatkan Inovasi Pelayanan Publik, Plt. Bupati Moch Nur Arifin Resmikan UPTD PKB Dishub dan Launching SIP-OK

Dalam meningkatkan inovasi pelayanan publik terhadap masyarakat di daerahnya dari segala bidang. Senin, (11/03/2019) pemerintahan yang saat ini komandoi Plt. Bupati H. Moch Nur Arifin...

Plt. Bupati Trenggalek Putar Otak Agar Tetap Bisa Berikan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat Miskin

01 MARET

Plt. Bupati Trenggalek Putar Otak Agar Tetap Bisa Berikan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat Miskin

Permasalahan yang terjadi : 1. BPJS tidak lagi menerima rekomendasi Dinsos. 2. Pemohon harus punya rekening sendiri. 3. Pendaftaran harus kolektif, sehingga pendaftaran BPJS KIS melalui BAZNAS terancam...

Plt. Bupati Trenggalek Resmikan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Bumi Menaksopal

01 MARET

Plt. Bupati Trenggalek Resmikan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Bumi Menaksopal

Plt. Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin berkesempatan meresmikan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kabupaten Trenggalek yang berada di Kelurahan Tamanan dan Kelurahan Kelutan...

Plt. Bupati Trenggalek Alihkan Coffee Morning Menjadi Rapat Persiapan Latsitardanus 2019

01 MARET

Plt. Bupati Trenggalek Alihkan Coffee Morning Menjadi Rapat Persiapan Latsitardanus 2019

Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi akhir bersama dengan Danjen Akademi TNI, Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, S.Sos, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak,...

Nur Arifin Paparkan Sendiri Inovasi Daerah dalam Presentasi Lomba Pembangunan Daerah di Bapeda Provinsi Jatim

28 FEBRUARI

Nur Arifin Paparkan Sendiri Inovasi Daerah dalam Presentasi Lomba Pembangunan Daerah di Bapeda Provinsi Jatim

Plt. Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin melakukan pemaparan inovasi yang tengah dilakukan di daerahnya di Kantor Bapeda Provinsi Jawa Timur, Jalan Pahlawan no. 102...

Plt. Bupati Trenggalek Ikut Koordinasikan Pelaksanaan Latsitardanus 2019 dengan Danjen Akademi TNI

28 FEBRUARI

Plt. Bupati Trenggalek Ikut Koordinasikan Pelaksanaan Latsitardanus 2019 dengan Danjen Akademi TNI

Beberapa wilayah di Jawa Timur, termasuk Kabupaten Trenggalek akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XXXIX tahun 2019.   Lebih dari 1000...

Plt. Bupati Trenggalek, Ikut Menandatangani Komitmen Bersama Program Pemberantasan Korupsi Berintegrasi Pada Pemerintahan Provinsi Jatim

28 FEBRUARI

Plt. Bupati Trenggalek, Ikut Menandatangani Komitmen Bersama Program Pemberantasan Korupsi Berintegrasi Pada Pemerintahan Provinsi Jatim

Bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, serta Bupati dan Walikota se Jawa Timur, Plt Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin ikut menandatangani komitmen bersama program...

Asisten II Sekda Buka Mukercab Gapensi Trenggalek

27 FEBRUARI

Asisten II Sekda Buka Mukercab Gapensi Trenggalek

Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Trenggalek gelar Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) Ke-VII pada Rabu (27/2/2019). Musyawarah Kerja Cabang Gapensi Trenggalek yang bertempat di Aula Hotel...

Hadiri RUPS, Plt. Bupati Trenggalek Bangga BPR Jwalita Trenggalek Terus Mengalami Progres Perkembangan

26 FEBRUARI

Hadiri RUPS, Plt. Bupati Trenggalek Bangga BPR Jwalita Trenggalek Terus Mengalami Progres Perkembangan

Hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. BPR Jwalita Trenggalek, Selasa (26/2/2019), Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochammad Nur Arifin senang Bank kebanggaan masyarakat Trenggalek...

Jaga Kebersihan Pantai, Plt Bupati Akan Bentuk Pandu Laut di Trenggalek

26 FEBRUARI

Jaga Kebersihan Pantai, Plt Bupati Akan Bentuk Pandu Laut di Trenggalek

Terlibat ulang dalam kegiatan Festival Lokakarya Kampung Kelir 2019, mengingatkan kembali Plt Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin untuk membentuk kegiatan Pandu Laut di Trenggalek,...

Plt. Bupati Trenggalek, Nur Arifin : Senang Bisa Terlibat Lagi dalam Lokakarya Kampung Kelir

26 FEBRUARI

Plt. Bupati Trenggalek, Nur Arifin : Senang Bisa Terlibat Lagi dalam Lokakarya Kampung Kelir

Mengendarai sepeda motor custom pribadinya, Plt. Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin ikut mengiringi keberangkatan 500 peserta Festival Lokakarya Kampung Kelir Kontingen Trenggalek di Pantai Gemah...

Plt. Bupati, Berangkatkan Peserta Festival Wirakarya Kampung Kelir 2019

26 FEBRUARI

Plt. Bupati, Berangkatkan Peserta Festival Wirakarya Kampung Kelir 2019

500 Pramuka Penegak Kabupaten Trenggalek, Siap Meriahkan Festival Wirakarya Kampung Kelir Jawa Timur 2019.   Selasa, (26/2/2019) sebanyak 500 Pramuka Penegak Kontingen Trenggalek direncanakan akan ikut memeriahkan...

Asisten I, Percepatan ODF di Tahun 2019 Perlu Dukungan dari Seluruh Elemen Masyarakat

26 FEBRUARI

Asisten I, Percepatan ODF di Tahun 2019 Perlu Dukungan dari Seluruh Elemen Masyarakat

Percepatan "Open Defecation Free" (ODF) atau stop buang air sembarangan memang perlu dirumuskan segera untuk menciptakan lingkungan yang benar-benar bersih dan sehat bagi semua masyarakat....

Estafet, Nur Arifin Plt. Bupati Trenggalek Pimpin Langsung Rakor Persiapan Pembangunan  Bendungan Bagong dan JLS

25 FEBRUARI

Estafet, Nur Arifin Plt. Bupati Trenggalek Pimpin Langsung Rakor Persiapan Pembangunan Bendungan Bagong dan JLS

Bendungan Bagong dan jalur Pantai Selatan Batas Tulungagung-Karanggongso, merupakan dua mega proyek yang sangat penting untuk menggeliatkan perekonomian di Kabupaten Trenggalek. Karena pentingnya dua proyek...

Nur Arifin Heran, Udang Windu Bisa Dibudidaya Dengan Baik di Trenggalek

25 FEBRUARI

Nur Arifin Heran, Udang Windu Bisa Dibudidaya Dengan Baik di Trenggalek

Ikut menyaksikan panen raya udang di Instalasi Budidaya Air Payau (IBAP) Prigi, Senin (25/2/2019), Plt. Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin heran Udang Windu dapat...

Plt Bupati Trenggalek, Nur Arifin Panen Raya Udang di Instalasi Budidaya Air Payau Prigi

25 FEBRUARI

Plt Bupati Trenggalek, Nur Arifin Panen Raya Udang di Instalasi Budidaya Air Payau Prigi

Ditemani beberapa jajarannya, Plt. Bupati Trenggalek H Moch. Nur Arifin lakukan panen raya udang Windu dan Vaname di Instalasi Budidaya Air Payau (IBAP) Prigi, Senin...

Asisten I, Sugeng Widodo : Juara Bukan Tujuan Utama dalam Setiap Perlombaan

24 FEBRUARI

Asisten I, Sugeng Widodo : Juara Bukan Tujuan Utama dalam Setiap Perlombaan

Hadir dan serahkan langsung piala bergilir Bupati Trenggalek, dalam Kegiatan Lomba Penggalang Terampil (LOKAGAMPIL) 2019, Ambalan Brawijaya SMAN 1 Trenggalek, Sugeng Widodo, SH, Asisten I...

Dorong Potensi Wisata, Plt. Bupati Trenggalek Gelar Coffee Morning di Tempat Wisata

22 FEBRUARI

Dorong Potensi Wisata, Plt. Bupati Trenggalek Gelar Coffee Morning di Tempat Wisata

Coffee Morning, menjadi agenda rutin yang dilakukan oleh Pemerintah Trenggalek untuk mereview kegiatan yang telah dan akan dilakukan. Ada perubahan yang mendasar dari kegiatan ini...

NOVEMBER

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
  • 11
  • 12
  • 13
  • 14
  • 15
  • 16
  • 17
  • 18
  • 19
  • 20
  • 21
Prev Next