Wabup Arifin Tulis Buku Bung Karno "Menerjemahkan" Al Qur'an

Created on 01 June 2017

Dalam moment Kebangkitan Nasional dan hari lahirnya Pancasila, Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin menerbitkan sebuah buku dengan judul "Bung Karno 'Menerjemahkan' Al Qur'an". Buku yang memupuk kembali pentingnya nilai-nilai Kebangsaan, Nasionalisme dengan ke Islaman dalam berbangsa dan bernegara dengan keteladanan dan perilaku Proklamator Bangsa Ir. Soekarno, ini terbit pada moment yang tepat.

Buku ini terbit tepat saat hari-hari dimana bangsa ini memperingati hari Kebangkitan Bangsa dan lahirnya Pancasila serta di Bulan Suci Ramadhan, ketika umat Muslim berlomba-lomba meningkatkan ketakwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Saat ini salah satu tantangan serius Bangsa yang sedang dihadapi adalah soal ideologi kebangsaan dan keislaman Indonesia yang dinilainya terjadi upaya pembenturan dan dikesankan sebagai dua hal berbeda. Dikotomi ini, bukan hanya tidak tepat, tapi bertentangan dengan filosofi lahirnya bangsa Indonesia yang lahir dari sintesa antara kebangsaan dan keislaman.

Perlu diingat Indonesia lahir dari perjuangan para nasionalis dan tokoh Islam. Keduanya bahu-membahu membawa Indonesia lepas dari jerat penjajahan.

Dikonfirmasi mengenai buku yang ditulisnya Wakil Bupati termuda ini menyampaikan, "sebenarnya buku ini idenya sudah sejak dua tahun yang lalu, sebelum saya terjun ke kancah politik. Tetapi saya melihat setiap kita sowan atau melihat berita atau apa itu selalu ada dikotomi antara orang yang mengaku nasionalis dan kelompok yang mengaku religius, bahkan seringnya dibentur-benturkan, " ungkapnya.

"Saya akhirnya belajar apa iya sih nasionalis, kita pancasilais itu tidak religius dan yang religius dan mengamalkan agama betul apakah itu tidak nasionalis. Ternyata setelah kita buka sejarah otobiografinya Bung Karno, pidato-pidatonya, kemudian bagaimana Bung Karno menyikapi suatu permasalahan agama, tulis-tulisannya Noto Sutardjo dan segala macam, kemudian saya juga buka-buka Al Qur'an dan tanya kebeberapa Kyai, ternyata saya dapat kesimpulan bahwa kalau orang itu nasionalis maka haruslah dia itu religius," jelasnya.

"Karena nasionalis itu dimensinya adalah bagaimana kita menjaga keberagaman, bagaimana kita menjaga kerukunan, bagamana kita bisa di pilar kebangsaan ini kita saling membantu, saling peduli, bagaimana kita mengabdi kepada tanah air. Mengabdi membantu itu kalau tidak orang religius tidak mungkin. Ngapain saya bantu kalau sudah enak begini, inikan konteksnya spiritualitas atau konteksnya religi. Sebalinya juga begitu, orang ngomong religius tetapi tidak nasionalis juga konyol. Kamu mau beribadah sekusyuk apapun kalau kamu tidak nasionalis atau tidak menjaga kerukunan atau memupuk konflik atau segala macam, beribadahpun akan menjadi bingung. Sholat ada prasangka jangan-jangan ini nanti ada yang ngebom. Religius kita malah jadi konyol," jelasnya.

Penyandang rekor Muri sebagai Wabup Termuda ini menambahkan, "akhirnya saya menyimpulkan kalau religius harusnya nasionalis juga dalam konteks kebangsaan ini. Sebagai penguat itu maka framing-framing kehidupan Soekarno, pemikiran-pemikiran Sukarno baik yang praktis maupun fisi jangka panjangnya saya lekatkan dengan kesamaan sejarah turunnya ayat dan kesamaan, mungkin kondisi, subtansial perjuangan juga yang dilakukan oleh Nabi, makanya saya memberi judul Bungkarno dalam tanda kutip menerjemahkan Al Qur'an."

"Bukan berarti ini kitabnya Bung Karno sebagai Mufasir, nggak. Menerjemahkan itu toh kita sebagai umat beragama diberi kitab suci untuk diterjemahkan. Artinya diterjemahkan itu diamalkan. Dalam setiap pidatonya Bung Karno, dalam garis hidupnya Bung Karno saya melihat banyak sekali kecocokan."

"Saya kasih contoh Trisakti itu juga mewakili ajaran Al Qur'an salah satunya di dalam Surat Al Balak. Kemudian saya mengatakan kalau Nabi Muhammad itu, perintah pertama Iqro', Bung Karnopun juga mengalami fase itu, kemudian ada masa-masa perjuangan yang  mana harus mrlakukan pergerakan, Bung Karnopun juga mengamalkan ayat Yaa Ayuhal Mudasir, Kum Faa Anfir, ya begitu-begitu yang saya tulis."

"Belum lagi secara konkrid Bung Karno dalam sidang PBB itu membacakan Al Hujurad 13, bahwa kita ini diciptakan bersuku-suku, berbangsa-bangsa untuk saling mengenal. Itu disampaiakan oleh Bung Karno dalam sidang PBB. Akhirnya saya menyimpulkan tidak ada alasan bahwa kamu hanya memilih nasionalis tetapi tidak religius, pastinya akan rusak, tidak religius. Tetapi kalau kamu mengaku nasionalis harus juga religius dan kalau kamu mengaku religius harus juga nasionalis."

"Sehingga dari hal tersebut saya mengambil judul Bung Karno "Menerjemahkan" Al Qur'an. Kenapa Bung Karno menerjemahkan Al Qur'an karena begini, semu sejarah NKRI tidak lepas dari oeran beliau, meskipun tanpa kita menisbikan peran-peran ulama dan oeran tokoh-tokoh lain. Contoh Pancasila, kemudian Proklamasi, kalau Sukarnonya dinistakan maka ini pintu untuk menistakan Indonesia. Tapi kita tidak boleh taklit, semua apa yang dilakukan Bung Karno ini 100% benar, mungkin ada juga yang salah, namun tidak harus kita salahkan, namun kita ambil hikmah dan pelajaran."

"Sebagai anak generasi bangsa selanjutnya kita ambil pelajaran dari hal ini. Apa kesalahan-kesalahan dan kekurangan beliau ketika itu, maka itu yang kita ambil pelajarannya."

"Intinya sebenarnya bukan memetologikan Soekarno, namun jangan sampai Soekarno ini sebagai pintu menistakan Indonesia, Menistakan NKRI, menistakan Pancasila, hanya itu saja. Dan Pak Mahfud MD pun, ketika kita mintai endorsment juga menegaskan bahwa, masih banyak yang salah paham, dikatakan Soekarno ini sekuler yang tidak peduli agama, padahal beliau banyak diilhami oleh pesan-pesan keagamaan. Bahkan distatementnya, beliau mengatakan jadilah manusia Indonesia, orang Indonesia, rakyat Indonesia yang berjuang untuk Indonesia dan menjadi perkakasnya Tuhan," tandasnya.

Wakil Bupati Trenggalek ini menyampaikan perlu waktu dua tahun untuk, mencari referensi dan sowan ke pondok-pondok maupun Kyai-Kyai untuk bisa menyelesaikan buku ini. Dirinya juga tidak menampik ada pro kontra terbitnya buku ini.

Saat ini buku hasil karya Wakil Bupati Trenggalek ini telah diterbitkan oleh Mizan dan telah beredar di sekitar Jabodetabek dan rencananya pekan depan sudah bisa tersebar diseluruh pelosok Negeri ini. (Humas)

BERITA LAINNYA

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
Prev Next
Proses Membuka Jalur Kampak - Munjungan Menunjukkan Perkembangan Yang Signifikan

05 FEBRUARI

Proses Membuka Jalur Kampak - Munjungan Menunjukkan Perkembangan Yang Signifikan

Setelah berkoordinasi dengan banyak pihak diantaranya pakar Geologi UGM, BASARNAS, BNPB akhirnya di hari ke 15 proses membuka jalur akibat tanah longsor yang menutup badan...

Bupati Emil Dardak Terus Tinjau Progress Pembersihan Material Longsor Jalur Kampak–Munjungan

03 FEBRUARI

Bupati Emil Dardak Terus Tinjau Progress Pembersihan Material Longsor Jalur Kampak–Munjungan

Proses pembersihan matrial longsor di jalur Kampak–Munjungan terus berlanjut. Sabtu (03/2/2018) Bupati Trenggalek, Dr Emil Elestianto Dardak, M.Sc, kembali meninjau progres upaya pembersihan ini. Didampingi...

Pemerintah Kabupaten Trenggalek Raih Penghargaan SAKIP Predikat B dari KEMENPAN-RB

31 JANUARI

Pemerintah Kabupaten Trenggalek Raih Penghargaan SAKIP Predikat B dari KEMENPAN-RB

Kabupaten Trenggalek pada hari Rabu (31/01/2018) raih penghargaan Sistem Akuntanbilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat B dari Kementerian PAN-RB. Penghargaan ini diberikan secara langsung...

Lintas Sektoral Diskusikan Penanganan Dampak Longsor Jalur Kampak-Munjungan

31 JANUARI

Lintas Sektoral Diskusikan Penanganan Dampak Longsor Jalur Kampak-Munjungan

Satu minggu lebih bencana tanah longsor menutup total jalur utama Kampak-Munjungan. Sejumlah alat berat terus bekerja membersihkan material longsoran guna membuka kembali jalur tersebut. Pihak-pihak...

Wabup Arifin Hadiri Upacara Adat Grebeg Selo Bale

26 JANUARI

Wabup Arifin Hadiri Upacara Adat Grebeg Selo Bale

Masyarakat Dusun Winong Desa Sumurup Kecamatan Bendungan, memiliki cara tersendiri dalam meluapkan rasa syukur kepada Sang Pencipta. Ungkapan rasa syukur tersebut diwujudkan melalui upacara adat...

Alat Berat Mulai Bersihkan Material Longsor Ruas Jalur Kampak - Munjungan

25 JANUARI

Alat Berat Mulai Bersihkan Material Longsor Ruas Jalur Kampak - Munjungan

  Menindak lanjuti kondisi ruas jalur yang menghubungkan Kampak-Munjungan yang masih tertutup total, Pemkab Trenggalek bersama BNPB, BPBD, BASARNAS dan Dinas PUPR serta stakeholder terkait bergerak...

Emil Dardak Datangkan Ahli Geologi untuk Penanganan Longsor Jalur Kampak-Munjungan

23 JANUARI

Emil Dardak Datangkan Ahli Geologi untuk Penanganan Longsor Jalur Kampak-Munjungan

Bupati Trenggalek, Dr Emil Elestianto Dardak, M.Sc, tidak mau gegabah menangani material longsor yang memutus jalur Kampak-Munjungan, Senin (22/1/2018). Tak ingin membahayakan petugas maupun memicu...

Bupati Emil Dardak Resmikan Bank BTN Kantor Cabang Pembantu Trenggalek

23 JANUARI

Bupati Emil Dardak Resmikan Bank BTN Kantor Cabang Pembantu Trenggalek

Bank BTN Kantor Cabang Pembantu Trenggalek diresmikan oleh Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc., bersama dengan Kepala Kantor Wilayah III Bank BTN, Joni Prasetianto,...

Jalur Kampak-Munjungan Lumpuh, Bupati Emil Pastikan Masyarakat Tak Terisolir

22 JANUARI

Jalur Kampak-Munjungan Lumpuh, Bupati Emil Pastikan Masyarakat Tak Terisolir

Ruas jalur utama yang menghubungkan antara dua Kecamatan yaitu Kampak dan Munjungan yang terputus total, membuat pasokan barang dan BBM terhambat. Menindak lanjuti hal tersebut,...

Jalur Kampak-Munjungan Lumpuh, Bupati Emil Dardak Pastikan Pasokan BBM Aman

22 JANUARI

Jalur Kampak-Munjungan Lumpuh, Bupati Emil Dardak Pastikan Pasokan BBM Aman

Dua hari Material longsor menutup badan jalan Jalur Kampak-Munjungan di KM 16. Material longsor ini melumpuhkan jalur utama ke Kecamatan Munjungan Trenggalek.   Senin (22/1/2018), Bupati...

Tanah Longsor Tutup Ruas Jalur Kampak-Munjungan, Bupati Emil Upayakan Jalur Alternatif

21 JANUARI

Tanah Longsor Tutup Ruas Jalur Kampak-Munjungan, Bupati Emil Upayakan Jalur Alternatif

Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Kampak dengan intensitas tinggi mengakibatkan tebing seluas kurang lebih 4 Ha petak 147 D blok Dusun Watu Kembang dan Suwaru...

Respon Cepat Bupati Emil Tanggapi Tanah Longsor Jalur Kampak-Munjungan

21 JANUARI

Respon Cepat Bupati Emil Tanggapi Tanah Longsor Jalur Kampak-Munjungan

Curah hujan cukup tinggi yang terjadi semalaman di beberapa wilayah di Kabupaten Trenggalek, mengakibatkan bencana tanah longsor pada ruas jalur yang menghubungkan Kecamatan Kampak dan...

Bupati Trenggalek Tinjau Langsung Kondisi Kerusakan Jalan

18 JANUARI

Bupati Trenggalek Tinjau Langsung Kondisi Kerusakan Jalan

Curah hujan yang cukup tinggi yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir di Kabupaten Trenggalek, membuat sejumlah infrastruktur jalan raya mengalami kerusakan. Diantaranya adalah aspal yang...

Dinas Kominfo Trenggalek Gelar FGD Masterplan Pengembangan IT

18 JANUARI

Dinas Kominfo Trenggalek Gelar FGD Masterplan Pengembangan IT

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Trenggalek menggelar Focus Group Discussion (FGD) dan Desk Evaluation tentang Masterplan Pengembangan Teknologi Informasi, Kamis (18/1/2018) di Gedung Bhawarasa...

Wabup Arifin Ajak Anggota PPL Jaga Netralitas

17 JANUARI

Wabup Arifin Ajak Anggota PPL Jaga Netralitas

Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin menyampaikan kepada anggota Panitia Pengawas Lapangan (PPL) untuk bersikap gentle dalam menghadapi pesta demokrasi. Hal tersebut disampaikan oleh...

Bupati Emil Dardak Penuhi Janji Kepada Kelompok Jurnalis Warga

16 JANUARI

Bupati Emil Dardak Penuhi Janji Kepada Kelompok Jurnalis Warga

Kelompok Jurnalis Warga dari Desa Jombok Kecamatan Pule dan Desa Dongko, masing-masing mendapatkan satu buah laptop yang diberikan langsung oleh Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto...

Gerakan Sejuta Biopori Ditutup Wakil Bupati Trenggalek

16 JANUARI

Gerakan Sejuta Biopori Ditutup Wakil Bupati Trenggalek

Salah satu upaya untuk mengurangi resiko banjir adalah dengan meningkatkan daya resap tanah terhadap air. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat lubang resapan biopori, yaitu...

Maestro Duren "Ripto" Tutup Usia

15 JANUARI

Maestro Duren "Ripto" Tutup Usia

Trenggalek berduka, Suripto atau Mbah Ripto pemilik sekaligus penemu Durian Ripto tutup usia, Senin (15/1/2018). Mbah Ripto mengembuskan nafas terakhir pada Senin malam dirumahnya dikarenakan...

Sekda  Trenggalek Distribusikan Bantuan Kepada Warga yang Mengalami Rumah Roboh

13 JANUARI

Sekda Trenggalek Distribusikan Bantuan Kepada Warga yang Mengalami Rumah Roboh

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Drs. Kusprigianto, M.M., distribusikan bantuan kepada warga yang rumahnya mengalami roboh akibat hujan deras disertai angin, Sabtu (13/1/2018).   Bantuan...

BPS, tahun 2017 Angka Kemiskinan Trenggalek Menurun dan Kesejahteraan Masyarakat Cenderung Meningkat

09 JANUARI

BPS, tahun 2017 Angka Kemiskinan Trenggalek Menurun dan Kesejahteraan Masyarakat Cenderung Meningkat

Menanggapi pemberitaan salah satu media masa yang membahas angka garis kemiskinan Kabupaten Trenggalek terus merangkak naik, maka perlu Pemerintah Kabupaten Trenggalek mengklarifikasi hal ini bersama...

Dilakukan Pembenahan, Beberapa Titik Rawan Genangan Air Mulai Teratasi

09 JANUARI

Dilakukan Pembenahan, Beberapa Titik Rawan Genangan Air Mulai Teratasi

Menghadapi musim hujan, Pemerintah Kabupaten Trenggalek serius melakukan penanganan pada sistem drainase di beberapa lokasi. Penanganan perbaikan sistem drainase ini dilakukan untuk menghindari genangan air...

Tinjau Luapan Sungai Ngasinan, Emil Dardak Nyebur Air

08 JANUARI

Tinjau Luapan Sungai Ngasinan, Emil Dardak Nyebur Air

Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, tinjau langsung warganya yang sedang dilanda bencana banjir, Senin (8/1/2018). Curah hujan yang cukup tinggi sejak Sabtu pagi...

Tinjau Banjir, Bupati Trenggalek Dapati Beberapa Rumah Warga Belum Dilengkapai Jamban

08 JANUARI

Tinjau Banjir, Bupati Trenggalek Dapati Beberapa Rumah Warga Belum Dilengkapai Jamban

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, tinjau bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Trenggalek, Senin dini hari (8/1/2018). Banjir akibat luapan aliran Sungai...

 Dua Hari Berturut-turut Emil Dardak Tinjau Bencana Banjir

08 JANUARI

Dua Hari Berturut-turut Emil Dardak Tinjau Bencana Banjir

Hujan lebat kembali akibatkan bencana banjir di beberapa titik di Trenggalek, Senin (8/1/2018). Setelah sehari sebelumnya banjir yang melanda Kelurahan Tamanan, Desa Salamrejo dan Sumberingin...

Temu Akrab Dharmawanita Trenggalek Iringi Endah Ali Mustofa Mendampingi Suami Memasuki MPP

05 JANUARI

Temu Akrab Dharmawanita Trenggalek Iringi Endah Ali Mustofa Mendampingi Suami Memasuki MPP

Tiga tahun sudah keakraban Endah Ali Mustofa, Istri Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek bersama Dharmawanita Trenggalek. Tentunya banyak suka duka yang membekas dari seorang Endah Ali...

Kodim 0806 Gelar Gowes Bareng Forkopimda dan Lintas Sektor

05 JANUARI

Kodim 0806 Gelar Gowes Bareng Forkopimda dan Lintas Sektor

Kodim 0806 ajak Forkopimda Trenggalek dan lintas sektor gowes bareng, Jum'at (5/1/2018). Acara bersepeda bareng ini dalam rangka memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat guna menjaga...

Education Fair Trenggalek 2018 Diserbu Calon Mahasiswa

04 JANUARI

Education Fair Trenggalek 2018 Diserbu Calon Mahasiswa

Dalam upaya memberikan informasi perguruan tinggi yang mungkin tepat dan sedang dicari oleh calon-calon Mahasiswa dari Bumi Menaksopal, Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali menggelar ajang Education...

Emil Dardak, Tinjau Pameran Perguruan Tinggi tahun 2018

04 JANUARI

Emil Dardak, Tinjau Pameran Perguruan Tinggi tahun 2018

Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali menggelar Education Fair di awal tahun 2018 ini. Pameran Perguruan Tinggi yang digelar di Hall Majapahit Hotel Hayam Wuruk Trenggalek ini...

Kadisdikpora Trenggalek, Ditunjuk Menjadi Plt. Sekretaris Daerah

02 JANUARI

Kadisdikpora Trenggalek, Ditunjuk Menjadi Plt. Sekretaris Daerah

Kadisdikpora Kabupaten Trenggalek, Drs. Kusprigianto, M.M, ditunjuk menjadi Plt. Sekda Trenggalek, untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda Trenggalek yang ditinggalkan Drs. Ali Mustofa, M.Si, yang mengambil...

2018 Pemkab Trenggalek Revitalisasi Pasar Pon

02 JANUARI

2018 Pemkab Trenggalek Revitalisasi Pasar Pon

Pasar Pon merupakan simbol perekonomian rakyat di Trenggalek. Sudah puluhan tahun pasar tradisional yang berada di pusat kota ini tidak tersentuh peremajaan bangunan, sehingga keberadaannya...

Apelkan Pegawai, Setelah Libur Panjang Akhir tahun

02 JANUARI

Apelkan Pegawai, Setelah Libur Panjang Akhir tahun

Pemkab Trenggalek apelkan PNS usai jalani libur panjang akhir tahun, Selasa (2/1/2018) di halaman “Pendopo Manggala Praja Nugraha”. Apel ini menindak lanjuti himbauan KEMENPAN RB...

Buka Pendaftaran Online Pasien RSUD Semakin Dimudahkan

02 JANUARI

Buka Pendaftaran Online Pasien RSUD Semakin Dimudahkan

RSUD Dr Soedomo Trenggalek terus berbenah dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Awal tahun 2018 ini, rumah sakit plat merah milik Pemkab Trenggalek membuat gebrakan...

Ambil MPP, Sekda Trenggalek Nikmati Masa Pensiun

02 JANUARI

Ambil MPP, Sekda Trenggalek Nikmati Masa Pensiun

Per tanggal 2 Januari tahun 2018 nanti Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek Drs. Ali Mustofa M.Si, bisa bernafas lega menikmati masa purna tugas sebagai Pejabat Daerah....

Dorong Brand Lokal, Pemkab Trenggalek Resmikan “Galeri Gemilang”

29 DESEMBER

Dorong Brand Lokal, Pemkab Trenggalek Resmikan “Galeri Gemilang”

Tak henti-hentinya Pemerintah Kabupaten Trenggalek mendorong pertumbuhan perekonomian daerah melalui UMKM. Berbagai brand lokal unggulan didorong kualitasnya sekaligus juga dengan pemasarannya.   Selain bekerja sama dengan Sarinah...

Komunitas Seni Reog Trenggalek Galang Dana Peduli Bencana Pacitan dalam CFD

24 DESEMBER

Komunitas Seni Reog Trenggalek Galang Dana Peduli Bencana Pacitan dalam CFD

Komunitas kesenian Reog Ponorogo asal Trenggalek, tunjukkan rasa empatinya terhadap Kabupaten tetangga Pacitan yang sedang dilanda musibah banjir bandang dan tanah longsor. Dalam Car Free...

Dorong Kemandirian Ekonomi, Pemkab Trenggalek Berikan Pelatihan Bambu Laminasi

22 DESEMBER

Dorong Kemandirian Ekonomi, Pemkab Trenggalek Berikan Pelatihan Bambu Laminasi

Kemandirian ekonomi masyarakat sangat diperlukan untuk menggerakkan sektor ekonomi strategis daerah. Hal inilah yang sedang didorong oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek, dalam beberapa sektor perekonomian unggulan...

Pemerintah Kabupaten Trenggalek Gelar Uji Sertifikasi SKKNI-KJK

22 DESEMBER

Pemerintah Kabupaten Trenggalek Gelar Uji Sertifikasi SKKNI-KJK

Guna meningkatkan daya saing koperasi serta perlunya menstandarisasi pengelolaan usaha koperasi, Pemerintah Kabupaten Trenggalek menganggap perlu melakukan fasilitasi sertifikasi pengelola koperasi. Jum'at (22/13/2017) melalui Dinas...

Wabup Arifin: Peringatan Hari Ibu Bukanlah Tuntutan Penghormatan

22 DESEMBER

Wabup Arifin: Peringatan Hari Ibu Bukanlah Tuntutan Penghormatan

Pemerintah Kabupaten Trenggalek memperingati Hari Ibu, Jum'at (22/13/2017). Dalam Peringatan Hari Ibu ini Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin menyatakan bahwa peringatan hari ibu...

Pemkab Trenggalek Peringati Hari Ibu, HKSN dan Bela Negara

22 DESEMBER

Pemkab Trenggalek Peringati Hari Ibu, HKSN dan Bela Negara

Pemerintah Kabupaten Trenggalek peringati Hari Ibu, HKSN dan Bela Negara dalam upacara bendera di Alon-alon Trenggalek, Jum'at (22/12/2017). Bertindak sebagai inspektur upacara dalam kegiatan ini...

Ambil Sumpah 8 Kepala Desa, Emil Dardak Himbau Jalankan Amanah Penuh Tanggung Jawab

21 DESEMBER

Ambil Sumpah 8 Kepala Desa, Emil Dardak Himbau Jalankan Amanah Penuh Tanggung Jawab

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, ambil sumpah jabatan dan lantik 8 Kepala Desa terpilih dalam Pilkades serentak yang digelar 6 November tahun 2017....