Wabup Arifin Tulis Buku Bung Karno "Menerjemahkan" Al Qur'an

Created on 01 June 2017

Dalam moment Kebangkitan Nasional dan hari lahirnya Pancasila, Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin menerbitkan sebuah buku dengan judul "Bung Karno 'Menerjemahkan' Al Qur'an". Buku yang memupuk kembali pentingnya nilai-nilai Kebangsaan, Nasionalisme dengan ke Islaman dalam berbangsa dan bernegara dengan keteladanan dan perilaku Proklamator Bangsa Ir. Soekarno, ini terbit pada moment yang tepat.

Buku ini terbit tepat saat hari-hari dimana bangsa ini memperingati hari Kebangkitan Bangsa dan lahirnya Pancasila serta di Bulan Suci Ramadhan, ketika umat Muslim berlomba-lomba meningkatkan ketakwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Saat ini salah satu tantangan serius Bangsa yang sedang dihadapi adalah soal ideologi kebangsaan dan keislaman Indonesia yang dinilainya terjadi upaya pembenturan dan dikesankan sebagai dua hal berbeda. Dikotomi ini, bukan hanya tidak tepat, tapi bertentangan dengan filosofi lahirnya bangsa Indonesia yang lahir dari sintesa antara kebangsaan dan keislaman.

Perlu diingat Indonesia lahir dari perjuangan para nasionalis dan tokoh Islam. Keduanya bahu-membahu membawa Indonesia lepas dari jerat penjajahan.

Dikonfirmasi mengenai buku yang ditulisnya Wakil Bupati termuda ini menyampaikan, "sebenarnya buku ini idenya sudah sejak dua tahun yang lalu, sebelum saya terjun ke kancah politik. Tetapi saya melihat setiap kita sowan atau melihat berita atau apa itu selalu ada dikotomi antara orang yang mengaku nasionalis dan kelompok yang mengaku religius, bahkan seringnya dibentur-benturkan, " ungkapnya.

"Saya akhirnya belajar apa iya sih nasionalis, kita pancasilais itu tidak religius dan yang religius dan mengamalkan agama betul apakah itu tidak nasionalis. Ternyata setelah kita buka sejarah otobiografinya Bung Karno, pidato-pidatonya, kemudian bagaimana Bung Karno menyikapi suatu permasalahan agama, tulis-tulisannya Noto Sutardjo dan segala macam, kemudian saya juga buka-buka Al Qur'an dan tanya kebeberapa Kyai, ternyata saya dapat kesimpulan bahwa kalau orang itu nasionalis maka haruslah dia itu religius," jelasnya.

"Karena nasionalis itu dimensinya adalah bagaimana kita menjaga keberagaman, bagaimana kita menjaga kerukunan, bagamana kita bisa di pilar kebangsaan ini kita saling membantu, saling peduli, bagaimana kita mengabdi kepada tanah air. Mengabdi membantu itu kalau tidak orang religius tidak mungkin. Ngapain saya bantu kalau sudah enak begini, inikan konteksnya spiritualitas atau konteksnya religi. Sebalinya juga begitu, orang ngomong religius tetapi tidak nasionalis juga konyol. Kamu mau beribadah sekusyuk apapun kalau kamu tidak nasionalis atau tidak menjaga kerukunan atau memupuk konflik atau segala macam, beribadahpun akan menjadi bingung. Sholat ada prasangka jangan-jangan ini nanti ada yang ngebom. Religius kita malah jadi konyol," jelasnya.

Penyandang rekor Muri sebagai Wabup Termuda ini menambahkan, "akhirnya saya menyimpulkan kalau religius harusnya nasionalis juga dalam konteks kebangsaan ini. Sebagai penguat itu maka framing-framing kehidupan Soekarno, pemikiran-pemikiran Sukarno baik yang praktis maupun fisi jangka panjangnya saya lekatkan dengan kesamaan sejarah turunnya ayat dan kesamaan, mungkin kondisi, subtansial perjuangan juga yang dilakukan oleh Nabi, makanya saya memberi judul Bungkarno dalam tanda kutip menerjemahkan Al Qur'an."

"Bukan berarti ini kitabnya Bung Karno sebagai Mufasir, nggak. Menerjemahkan itu toh kita sebagai umat beragama diberi kitab suci untuk diterjemahkan. Artinya diterjemahkan itu diamalkan. Dalam setiap pidatonya Bung Karno, dalam garis hidupnya Bung Karno saya melihat banyak sekali kecocokan."

"Saya kasih contoh Trisakti itu juga mewakili ajaran Al Qur'an salah satunya di dalam Surat Al Balak. Kemudian saya mengatakan kalau Nabi Muhammad itu, perintah pertama Iqro', Bung Karnopun juga mengalami fase itu, kemudian ada masa-masa perjuangan yang  mana harus mrlakukan pergerakan, Bung Karnopun juga mengamalkan ayat Yaa Ayuhal Mudasir, Kum Faa Anfir, ya begitu-begitu yang saya tulis."

"Belum lagi secara konkrid Bung Karno dalam sidang PBB itu membacakan Al Hujurad 13, bahwa kita ini diciptakan bersuku-suku, berbangsa-bangsa untuk saling mengenal. Itu disampaiakan oleh Bung Karno dalam sidang PBB. Akhirnya saya menyimpulkan tidak ada alasan bahwa kamu hanya memilih nasionalis tetapi tidak religius, pastinya akan rusak, tidak religius. Tetapi kalau kamu mengaku nasionalis harus juga religius dan kalau kamu mengaku religius harus juga nasionalis."

"Sehingga dari hal tersebut saya mengambil judul Bung Karno "Menerjemahkan" Al Qur'an. Kenapa Bung Karno menerjemahkan Al Qur'an karena begini, semu sejarah NKRI tidak lepas dari oeran beliau, meskipun tanpa kita menisbikan peran-peran ulama dan oeran tokoh-tokoh lain. Contoh Pancasila, kemudian Proklamasi, kalau Sukarnonya dinistakan maka ini pintu untuk menistakan Indonesia. Tapi kita tidak boleh taklit, semua apa yang dilakukan Bung Karno ini 100% benar, mungkin ada juga yang salah, namun tidak harus kita salahkan, namun kita ambil hikmah dan pelajaran."

"Sebagai anak generasi bangsa selanjutnya kita ambil pelajaran dari hal ini. Apa kesalahan-kesalahan dan kekurangan beliau ketika itu, maka itu yang kita ambil pelajarannya."

"Intinya sebenarnya bukan memetologikan Soekarno, namun jangan sampai Soekarno ini sebagai pintu menistakan Indonesia, Menistakan NKRI, menistakan Pancasila, hanya itu saja. Dan Pak Mahfud MD pun, ketika kita mintai endorsment juga menegaskan bahwa, masih banyak yang salah paham, dikatakan Soekarno ini sekuler yang tidak peduli agama, padahal beliau banyak diilhami oleh pesan-pesan keagamaan. Bahkan distatementnya, beliau mengatakan jadilah manusia Indonesia, orang Indonesia, rakyat Indonesia yang berjuang untuk Indonesia dan menjadi perkakasnya Tuhan," tandasnya.

Wakil Bupati Trenggalek ini menyampaikan perlu waktu dua tahun untuk, mencari referensi dan sowan ke pondok-pondok maupun Kyai-Kyai untuk bisa menyelesaikan buku ini. Dirinya juga tidak menampik ada pro kontra terbitnya buku ini.

Saat ini buku hasil karya Wakil Bupati Trenggalek ini telah diterbitkan oleh Mizan dan telah beredar di sekitar Jabodetabek dan rencananya pekan depan sudah bisa tersebar diseluruh pelosok Negeri ini. (Humas)

BERITA LAINNYA

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
Prev Next
Ingin Kuatkan Industri Perikanan Pemkab. Trenggalek Gelar Temu Bisnis Perikanan

14 NOVEMBER

Ingin Kuatkan Industri Perikanan Pemkab. Trenggalek Gelar Temu Bisnis Perikanan

Salah satu mata pencaharian masyarakat Trenggalek, bergerak dalam bidang perikanan, baik itu perikanan perairan laut maupun perikanan perairan tawar. Salah satu yang terbesar dalam sektor...

Selain Fisik Prima Prasyarat Banpol PP Pria Wajib Bisa Renang

13 NOVEMBER

Selain Fisik Prima Prasyarat Banpol PP Pria Wajib Bisa Renang

Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Trenggalek melakukan proses rekruitmen Banpol PP dan Tenaga Penunjang Pemadam Kebakaran. Pendaftaran Banpol PP dan Tenaga Penunjang...

Tidak Bertato dan Bertindik, Salah Satu Persyaratan Banpol PP

13 NOVEMBER

Tidak Bertato dan Bertindik, Salah Satu Persyaratan Banpol PP

Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Trenggalek prasyaratkan pria tidak bertato dan ditindik dalam rekrutmen anggota Banpol PP Pria dan Tenaga Penunjang Pemadam...

Pendaftaran Banpol PP dan Tenaga Penunjang Damkar Dibuka

13 NOVEMBER

Pendaftaran Banpol PP dan Tenaga Penunjang Damkar Dibuka

Guna memenuhi kebutuhan tenaga sesuai RPJMD yang telah disusun, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Trenggalek, lakukan recruitmen Banpol PP Pria, Banpol PP Wanita serta tenaga...

Trenggalek Peringati HKN ke-53 Dengan Senam Masal, Kampanye Germas dan Makan Gratis

12 NOVEMBER

Trenggalek Peringati HKN ke-53 Dengan Senam Masal, Kampanye Germas dan Makan Gratis

Pemerintah Kabupaten Trenggalek semarakkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di tahun 2017, Minggu (12/11/2017). Peringatan HKN yang jatuh pada tanggal 9 November kemarin ini terpusat...

Baru Diluncurkan Ecowisata BanyuNget Dibanjiri Pengunjung

11 NOVEMBER

Baru Diluncurkan Ecowisata BanyuNget Dibanjiri Pengunjung

Baru diluncurkan oleh Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin, Ecowisata Canopy BanyuNget diserbu pengunjung, Sabtu (11/11/2017). Wisata hutan yang sedang didorong oleh Perum Perhutani...

Perhutani Luncurkan Brand Baru Pengelolaan Wisata Alam

11 NOVEMBER

Perhutani Luncurkan Brand Baru Pengelolaan Wisata Alam

Direktur Utama Perum Perhutani Denaldy M Mauna bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meluncurkan CANOPY, brand baru pengelolaan wisata alam Perhutani, di Kawah Putih Ciwidey...

Wabup Arifin, Peluncuran Ecowisata BanyuNget Diharapkan Dapat Melengkapi Keindahan Wana Wisata Yang Ada

11 NOVEMBER

Wabup Arifin, Peluncuran Ecowisata BanyuNget Diharapkan Dapat Melengkapi Keindahan Wana Wisata Yang Ada

Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin luncurkan Ecowisata Canopy BanyuNget di Desa Dukuh Kecamatan Watulimo, Sabtu (11/11/2017). Ecowisata alam ini tengah dikembangkan Perum Perhutani...

Wabup Arifin Luncurkan Ecowisata Canopy Banyunget, Desa Dukuh Watulimo

11 NOVEMBER

Wabup Arifin Luncurkan Ecowisata Canopy Banyunget, Desa Dukuh Watulimo

Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin luncurkan Desatinasi wisata alam BanyuNget di Desa Dukuh Kecamatan Watulimo, yang tengah gencar dikembangkan oleh Perum Perhutani. Peluncuran...

Wabup Arifin Berangkatkan 62 Atlit Trenggalek Dalam POR SD/ MI Jatim

10 NOVEMBER

Wabup Arifin Berangkatkan 62 Atlit Trenggalek Dalam POR SD/ MI Jatim

Sebanyak 62 atlit asal Trenggalek diberangkatkan dalam Pekan Olah Raga (POR) SD/ MI tingkat Jawa Timur di Lumajang 13 hingga 18 November 2017 nanti. 62...

Wakil Bupati Trenggalek, Isyaratkan Persatuan dan Kesatuan di Hari Pahlawan

10 NOVEMBER

Wakil Bupati Trenggalek, Isyaratkan Persatuan dan Kesatuan di Hari Pahlawan

10 November merupakan Hari Pahlawan, dimana generasi pendahulu Bangsa berjuang melawan penjajah demi kemerdekaan bangsa. Dalam peringatan Hari Pahlawan di Trenggalek, Wakil Bupati Trenggalek, H....

Pemkab Trenggalek Peringati Hari Pahlawan

10 NOVEMBER

Pemkab Trenggalek Peringati Hari Pahlawan

10 November merupakan hari yang cukup bersejarah bagi bangsa ini, dimana peristiwa pertempuran Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Britania...

Pemkab Trenggalek Sosialisasikan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu Legislatif dan Presiden Serentak

08 NOVEMBER

Pemkab Trenggalek Sosialisasikan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu Legislatif dan Presiden Serentak

Pemilihan Umum merupakan salah satu pilar demokrasi, sebagai wahana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan yang demokratis sesuai dengan harapan masyarakat. Untuk menjaga kualitas Pemilu...

Pemkab Trenggalek Gelar Seminar "Perlindungan Anak pada Situasi Bencana"

08 NOVEMBER

Pemkab Trenggalek Gelar Seminar "Perlindungan Anak pada Situasi Bencana"

Anak dalam situasi bencana merupakan kelompok rentan, yang harus mendapatkan perhatian khusus dari semua pihak, agar tetap terpenuhi hak-hak dasarnya mulai dari Kesehatan, Pendidikan dan...

Tak Segan, Wabup Arifin Ikut Turunkan Material Bedah Rumah Gertak

06 NOVEMBER

Tak Segan, Wabup Arifin Ikut Turunkan Material Bedah Rumah Gertak

Pemerintah Kabupaten Trenggalek terus tingkatkan pelayanan pengentasan kemiskinan bagi masyarakatnya. Melalui Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan (GERTAK) yang bersinergi dengan BAZNAS, Dinsos P3A, Pasukan Pink...

Nenek Kamini Tersenyum Lega, Dapatkan Hunian Layak Disisa Hidup

06 NOVEMBER

Nenek Kamini Tersenyum Lega, Dapatkan Hunian Layak Disisa Hidup

Senyum bahagia, nampak tersirat ditubuh renta Kamini 70 tahun, warga Dusun Sigit RT. 02/ RW 01 Desa Kedungsigit Kecamatan Karangan. Disisa hidupnya yang sudah memasuki...

Dengan Perkembangan Tekhnologi Pertanian Saat Ini, Arumi Bachcin Berharap Indonesia Bisa Menjadi Lumbung Pangan Dunia

02 NOVEMBER

Dengan Perkembangan Tekhnologi Pertanian Saat Ini, Arumi Bachcin Berharap Indonesia Bisa Menjadi Lumbung Pangan Dunia

Perkembangan tekhnologi pertanian di negeri ini terus berkembang, bahkan Pemerintah Indonesia mendorong perkembangan pertanian di negeri ini dengan melakukan segala penelitiaan dan pengembangan bibit unggul...

Arumi Bahcin: Petani Merupakan Dokter Pencegahan Penyakit Dunia

02 NOVEMBER

Arumi Bahcin: Petani Merupakan Dokter Pencegahan Penyakit Dunia

Ketua TP PKK Trenggalek, Arumi Bachcin dalam pembukaan Gebyar Pertanian dan Pangan tahun 2017 untuk memperingati hari pangan sedunia, nyatakan petani merupakan seorang dokter pencegahan...

Pemkab Trenggalek Semarakkan Hari Pangan Sedunia ke-37

02 NOVEMBER

Pemkab Trenggalek Semarakkan Hari Pangan Sedunia ke-37

Pemerintah Kabupaten Trenggalek semarakkan hari pangan sedunia ke-37 tahun 2017 dengan Gebyar Pertanian dan Pangan, Kamis (2/11/2017). Peringatan Hari Pangan Sedunia di Kabupaten Trenggalek dipusatkan...

Kabupaten Trenggalek Kembali Pertahankan WTP

02 NOVEMBER

Kabupaten Trenggalek Kembali Pertahankan WTP

Kerja keras dan komitmen tinggi terhadap tata kelola keuangan Daerah yang dilakukan Pemkab Trenggalek kembali membuahkan hasil. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang pernah diraih...

Trenggalek Menjadi Salah Satu Daerah di Jatim Yang Dapatkan WTP Atas LKPD APBD tahun 2016

02 NOVEMBER

Trenggalek Menjadi Salah Satu Daerah di Jatim Yang Dapatkan WTP Atas LKPD APBD tahun 2016

Pemerintah Kabupaten Trenggalek dapatkan WTP atas LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) Tahun Anggaran 2016 yang disampaikan. Penghargaan ini diterima langsung oleh Wakil Bupati Trenggalek, H....

TVRI Ajak Instansi Mitra Manfaatkan Saluran Televisi Plat Merah Ini Sebagai Sarana Publikasi Maupun Promosi

02 OKTOBER

TVRI Ajak Instansi Mitra Manfaatkan Saluran Televisi Plat Merah Ini Sebagai Sarana Publikasi Maupun Promosi

Melalui acara Gathering di Studio 2,TVRI Jawa Timur ajak instansi mitra untuk memanfaatkan secara memaksimalkan saluran televisi milik Pemerintah ini sebagai sarana publikasi maupun promosi...

Bupati Emil Dardak: Pemuda Bangsa Mempunyai Jejak Langkah Luar Biasa

30 OKTOBER

Bupati Emil Dardak: Pemuda Bangsa Mempunyai Jejak Langkah Luar Biasa

Pemerintah Kabupaten Trenggalek gelar upacara dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda, Senin (30/10/2017) di Alun-alun Trenggalek. Momentum bersejarah dimana 89 tahun yang lalu, tepatnya tanggal...

Pemkab Trenggalek Peringati Hari Jadi ke-72 Provinsi Jawa Timur

30 OKTOBER

Pemkab Trenggalek Peringati Hari Jadi ke-72 Provinsi Jawa Timur

Pemerintah Kabupaten Trenggalek peringati Hari Jadi Ke-72 Provinsi Jawa Timur, Senin (30/1/2017). Tema yang diusung dalam Hari Jadi tahun ini yaitu "Peningkatan Sumber Daya Manusia...

Sekda Ali Mustofa Berangkatkan Jalan Sehat Gerakan Sadar Pemilu

29 OKTOBER

Sekda Ali Mustofa Berangkatkan Jalan Sehat Gerakan Sadar Pemilu

Pemilukada serentak akan kembali digelar pada 27 Juni 2018 mendatang. Beberapa Provinsi maupun Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia bakal menggelar pemilihan kepala daerah di tahun 2018...

Lodho, Kuliner Khas Trenggalek Raih Penghargaan Warisan Budaya Tak Benda

28 OKTOBER

Lodho, Kuliner Khas Trenggalek Raih Penghargaan Warisan Budaya Tak Benda

Kuliner khas Kabupaten Trenggalek, Lodho, ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Penghargaan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB)...

Tim Saber Pungli Sasar Beberapa Sungai di Trenggalek

27 OKTOBER

Tim Saber Pungli Sasar Beberapa Sungai di Trenggalek

Tim Saber Pungli Kabupaten Trenggalek sasar kebersihan beberapa sungai diwilayah perkotaan Kabupaten Trenggalek. Jum'at pagi (27/10/2017), Tim Saber Pungli ini diturunkan untuk menyukseskan parogram baru...

Prokasih, Ajak Seluruh Warga Trenggalek Peduli Kebersihan Sungai

27 OKTOBER

Prokasih, Ajak Seluruh Warga Trenggalek Peduli Kebersihan Sungai

Kabupaten Trenggalek meluncurkan program unggulan baru yang diberi nama Prokasih (Program Kali Bersih). Program bersih-bersih sungai ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian seluruh element masyarakat untuk...

Kabupaten Trenggalek Bersih-bersih Kali

27 OKTOBER

Kabupaten Trenggalek Bersih-bersih Kali

Kali atau Sungai merupakan sumber kehidupan bagi manusia, karena salah satu fungsi sungai ini, sebagai alat pemenuhan air bagi makhluk hidup. Apalagi lebih dari 60%...

Bupati Emil Dardak Ajak Masyarakat Bijak Manfaatkan Call Center 119

26 OKTOBER

Bupati Emil Dardak Ajak Masyarakat Bijak Manfaatkan Call Center 119

Pemerintah Kabupaten Trenggalek membuat call center 119 tentunya untuk mempermudah masyarakat mengakses kedaruratan kesehatan sebagai bentuk komitmen Pemerintah dalam memeberikan pelayanan dasar yang prima bagi...

Pemkab Trenggalek Terus Berupaya Tingkatkan Kehandalan Pelayanan 119

26 OKTOBER

Pemkab Trenggalek Terus Berupaya Tingkatkan Kehandalan Pelayanan 119

Kabupaten Trenggalek berkomitmen serius untuk memberikan pelayanan dasar prima kepada masyarakatnya. Salah satu wujud upaya pelayanan prima ini yaitu menjadi bagian dari 27 daerah pertama...

30 Peserta Diklatpim IV Angkatan 150 Trenggalek, Dinyatakan Lulus Dengan Predikat Memuaskan

26 OKTOBER

30 Peserta Diklatpim IV Angkatan 150 Trenggalek, Dinyatakan Lulus Dengan Predikat Memuaskan

Diklatpim IV angkatan 150 Kabupaten Trenggalek ditutup, Kamis (26/10/2017) oleh Sekda Trenggalek Drs. Ali Mustofa, M.Si. 30 peserta diklat yang digembleng sejak lima Juli yang...

Emil Dardak, Media Online Merupakan Sebuah Eksistensi Perusahaan Media Suguhkan Informasi Melalui Dunia Digital

25 OKTOBER

Emil Dardak, Media Online Merupakan Sebuah Eksistensi Perusahaan Media Suguhkan Informasi Melalui Dunia Digital

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, penuhi janji datangi konfrensi wilayah Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Rabu (25/10/2017) di Spazio Hall Surabaya.   Dalam konfrensi bagi...

Emil Dardak Hadiri Konfrensi AMSI Wilayah Jawa Timur

25 OKTOBER

Emil Dardak Hadiri Konfrensi AMSI Wilayah Jawa Timur

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, hadiri konfrensi Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur, Rabu (25/10/2017). Kedatangan Bupati Trenggalek yang juga Waketum APKASI...

Emil Dardak, Indonesia Membutuhkan Pemuda Yang Kembali dan Membangun Daerahnya

23 OKTOBER

Emil Dardak, Indonesia Membutuhkan Pemuda Yang Kembali dan Membangun Daerahnya

Kabupaten Trenggalek kembali dipercaya menjadi tuan rumah event besar Provinsi Jawa Timur. Setelah menjadi tuan rumah FKKS 21 dan 22 Oktober 2017 di Pantai Prigi...

Trenggalek Jadi Tuan Rumah Jambore Pemuda ke-4 Jatim

23 OKTOBER

Trenggalek Jadi Tuan Rumah Jambore Pemuda ke-4 Jatim

Kabupaten Trenggalek dipercaya menjadi tuan rumah Jambore Pemuda ke-4 Jawa Timur. Jambore yang mengumpulkan para pemuda terpilih disemua Kabupaten/ Kota di Jawa Tumur ini digelar...

Penuhi Janji, Guruh Suguhkan Karya Spektakuler Untuk Trenggalek

22 OKTOBER

Penuhi Janji, Guruh Suguhkan Karya Spektakuler Untuk Trenggalek

Guruh Soekarno Putra suguhkan karya spektakuler untuk Kabupaten Trenggalek dalam ajang FKKS yang digelar di Panggung 360 Pantai Prigi, Sabtu (20/10/2017). Putra Sang Proklamator RI,...

FKKS Ke-13 di Trenggalek Diawali Parade Jaranan 8 Daerah Pesisir Selatan

22 OKTOBER

FKKS Ke-13 di Trenggalek Diawali Parade Jaranan 8 Daerah Pesisir Selatan

Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) ke-13 digelar di panggung 360 Pantai Prigi Kecamatan Watulimo Trenggalek, 21 – 22 Oktober 2017. Event Delapan Daerah di Pesisir...

Bupati Trenggalek, Pemerintah Wajib Membina Perekonomian Rakyat

19 OKTOBER

Bupati Trenggalek, Pemerintah Wajib Membina Perekonomian Rakyat

Dalam Gebyar UKM Indonesia tahun 2017 di Kabupaten Malang, Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elstianto Dardak, M.Sc, berkomitment serius Pemerintah Daerah harus hadir untuk masyarakatnya, Salah...

Kabupaten Trenggalek Raih Penghargaan ICSB Presidential Award 2017

19 OKTOBER

Kabupaten Trenggalek Raih Penghargaan ICSB Presidential Award 2017

Pemerintah Kabupaten Trenggalek mendapatkan penghargaan dari ICSB Presidential Maker dalam Gebyar UKM 2017 di Kabupaten Malang, Kamis (19/10/2017). Penghargaan dari ICSB ini diberikan kepada para...