Menjadi Pembicara dalam Parenting Fair 2018, Emil Dardak menekankan Pentingnya Membangun Komunikasi dengan Anak

Created on 01 December 2018

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, mekankan pentingnya membangun komunikasi yang baik dengan anak, kepada seluruh peserta Parenting Fair 2018 di Gedung DBL Surabaya, Sabtu (1/12/2018).

 

Bapak dua anak ini menyebutkan Parenting merupakan tema yang cukup baik untuk membangun komunikasi yang baik dengan keluarga. Parenting menentukan apakah kita akan berhasil membangun karakter, mendidik generasi penerus atau justru kita akan gagal.

 

Menurutnya orang selalu menganggap Pemerintah akan menyelesaikan masalah pola SDM melalui sekolah. Dijelaskan oleh doktor lulusan Negeri Sakura ini, berapa jam sih angka kita di sekolah, kalau SD 6 jam, sisanya 18 jam dimana? lebih banyak waktu diluar sekolah.

 

Ditegaskan oleh pria jebolan Harvard University ini, disinilah parenting menjadi penting. Parenting bukan hanya tugas ibu saja, melainkan tugas bersama antara bapak dan ibu. Menjadi sangat penting dan paradigma kita mengenai parenting harus benar-benar berubah.

Diceritakan olehnya sewaktu menjadi Bupati Trenggalek, dirinya pernah dibuat pusing dengan viralnya anak sekolah dasar yang sedang menghisap rokok elektrik dan viral di sosial media.

 

Dituturkan olehnya, "langsung ada bayangan dari kita, itu pasti dari anak-anak yang sibuk atau orang tua yang bermasalah, makanya anaknya disekolah bermasalah."

 

"Ternyata setelah saya meminta kepada kepala sekolah, kita panggil orang tua mereka kesekolah, saya pikir wali murid ini sulit untuk datang. Ternyata tidak, begitu datang orangnya baik, terpelajar, sopan luar biasa," jelanya.

 

Mereka datang dalam keadaan stress, kenapa anak-anak mereka bisa kena masalah mainan rokok elektrik.

Jadi yang kita bayangkan anak-anak ini adalah anak yang bandel yang sedang menghadapi masalah, tetapi tidak orang tuanya baik dan terpelajar, santun, peduli dengan anaknya dan anaknya juga berprestasi.

Ini yang kemudian membuat saya penasaran, kenapa kok bisa terjadi seperti itu. Syukur masih rokok elektrik dan itu ketahuan, bayangkan kalau itu menjadi pintu masuk ke narkoba.

 

Akhirnya kita berbincang dan orang tuanya bilang pak saya sudah tanya kepada anak saya dan anak saya bilang bahwa mereka tidak tahu itu sesuatu yang salah.

 

Anaknya ternyata minjam kepada kakaknya, terus dibawa ke sekolah. Mereka tidak paham kalau rokok elektrik itu tidak baik dan berpikir ini sudah selesai urusannya.

 

Sebagai Bupati saya berpikir keras, kalau sudah selesai di sini saja berarti kita tidak belajar pada permasalahan ini. Kita tidak akan memetik pelajaran apapun dari peristiwa ini kalau solusinya anaknya tidak tahu dan cukup diberikan pengertian.

 

Akhirnya saya tanyakan kepada orang tuanya, kalau memang anaknya tidak ngerti atau meyakini bahwa itu sesuatu yang salah, kenapa ibu tidak tahu anaknya sedang mainan rokok elektrik. Mereka langsung diam dan tidak bisa menjawab apa-apa.

Saya bilang mungkin saja niatnya kita baik tetapi tetap saja ada satu hal yang lolos. Coba bayangkan, untung ini masih hal yang belum fatal dampaknya. Saya bilang bayangkan kalau itu narkoba, mereka langsung stres.

 

Kalau anaknya bisa jawab ke orang tuanya, tidak tahu ini sesuatu yang tidak baik, namun kalau mereka tidak mengerti itu sesuatu hal yang tidak baik kenapa tidak cerita atau bertanya kepada orang tuanya.

 

Saya punya pengalaman, saya punya teman sewaktu SD dan teman saya bergabung dengan sebuah gangster. Namanya anak masih SD diceritain mengenai cerita seperti ini langsung bangga, mengenal dunia gangster.

 

Bahkan dia juga menceritakan menggunakan obat-obatan. Katanya lucu karena kencingnya berubah warna. Oh keren ya, anggapan saya waktu itu.

 

Sampai rumah saya cerita kepada ibu saya dan ibu saya langsung bilang siapa teman kamu itu kok tidak benar. Mendengar cerita ini ibu saya langsung memproteksi dan akhirnya teman saya itu terjerumus kedalam masalah narkoba yang saya hampir saja diajak ikutan waktu masih SD. Bayangkan kalau saya tidak cerita kepada ibu saya. Jadi yakin kalau polos, tidak mengerti pastinya anak akan bercerita tau sedikitnya bertenya mengenai hal yang baru saja mereka kenal atau tahu.

 

Bayangkan ibu/ bapak ini dengan mudahnya mengatakan, kalau anaknya tidak tahu itu buruk karena polos. Jangan salah anak sekarang itu sudah maju lima langkah dibandingkan kita.

 

Sekarang ini ada anak SD yang handphonenya di pasword dan orang tuanya tidak tahu cara buka, bahaya kan.

 

Mungkin bagi kepala daerah yang penting itu masalah ekonomi, lapangan pekerjaan atau kemiskinan, tetapi permasalahan seperti ini membuat kemiskinan jangka panjang.

 

Hal ini bukan suatu hal yang sepele dan bukan suatu tugas ibunya saja, melainkan juga tugas dari seorang bapak.

 

Komunikasi itu penting, okelah bapaknya atau ibunya saat ini sibuk kerja, tetapi perlu adanya komunikasi, jangan dianggap hal ini sebagai sesuatu yang prioritas.

 

Belajar dari kejadian ini dan pengalaman saya, komunikasi menjadi sangatlah penting agar anak mau bercerita kepada orang tuanya, terang Emil kepada seluruh peserta Parenting Fair 2018 di DBL Surabaya.

 

Melanjutkan ceritanya Bupati Trenggalek ini berucap, "terus saya bilang kepada orang tua anak-anak ini, harus ada sanksi, namun berilah sanksi yang tidak membuat trauma bagi mereka untuk cerita. Harus ada pendisiplinan yang sehat."

 

Anak anak saat ini merupakan generasi Alfa yang membutuhkan penanganan yang berbeda. Menyita handphonenya tidak akan menolong, yang perlu dibangun anak harus mau terbuka, bukannya kita melanggar privasinya namun harus kita bangun komunikasinya, mau bercerita dengan nyaman dengan ibu atau bapaknya.

 

Namun bila baru cerita sedikit dimarahi, baru cerita sedikit dihukum tentunya hal ini akan membuat anak ini menutup diri dan akan menyembunyikan sesuatu kepada orang tuanya," pesan Bupati Trenggalek yang terpilih menjadi Wakil Gubernur Jatim periode 2019-2024 ini. “(Humas)

BERITA LAINNYA

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
Prev Next
Resmi Dilantik, Nur Arifin Menjadi Bupati Termuda di Tanah Air

28 MEI

Resmi Dilantik, Nur Arifin Menjadi Bupati Termuda di Tanah Air

Mochamad Nur Arifin (MNA), resmi dilantik menjadi Bupati Trenggalek, oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Selasa (28/5/2019). Pelantikan MNA sendiri dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi,...

Dilantik Gubernur, Mochamad Nur Arifin Resmi Jadi Bupati Trenggalek

28 MEI

Dilantik Gubernur, Mochamad Nur Arifin Resmi Jadi Bupati Trenggalek

Mengenakan baju PDU serba putih, Mochamad Nur Arifin diambil sumpah dan pelantikan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa untuk menjadi Bupati Trenggalek sisa masa jabatan...

Dapat WTP Beruntun 3 Kali, Ketua DPRD Apresiasi Pemkab Trenggalek

27 MEI

Dapat WTP Beruntun 3 Kali, Ketua DPRD Apresiasi Pemkab Trenggalek

Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek H. Samsul Anam, SH., MH., Apresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Trenggalek, karena kembali raih dan mempertahankan WTP tiga kali berturut-turut sejak 2016...

Raih WTP ke-3 Secara Beruntun, Gus Ipin Berterima Kasih Kepada Jajarannya

27 MEI

Raih WTP ke-3 Secara Beruntun, Gus Ipin Berterima Kasih Kepada Jajarannya

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Timur berikan penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), atas pemeriksaan laporan keuangan tahun 2018 Kabupaten Trenggalek, Senin (27/5/2019).   Kembali meraih...

Pemkab Trenggalek, Raih WTP ke-3

27 MEI

Pemkab Trenggalek, Raih WTP ke-3

Pemkab Trenggalek kembali mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI atas laporan keuangan tahun anggaran 2018 yang disampaikan. WTP ini menjadi predikat WTP ke-3...

Tanggapi Pujian KPK Terkait Himbauan Gratifikasi, Nur Arifin : Itu Sudah Kewajiban Kita

27 MEI

Tanggapi Pujian KPK Terkait Himbauan Gratifikasi, Nur Arifin : Itu Sudah Kewajiban Kita

KPK memberikan pujian terhadap 37 Pemerintah Daerah, Baik Pemerintah Provinsi, Kabupaten maupun Kota yang telah menindaklanjuti edaran KPK terkait dengan tolak gratifikasi, tidak menerima parsel...

Segera Dilantik Menjadi Bupati, Gus Ipin Akan Aktifkan Kembali Sonjo Pendopo

25 MEI

Segera Dilantik Menjadi Bupati, Gus Ipin Akan Aktifkan Kembali Sonjo Pendopo

Kabar berkembang Mochamad Nur Arifin akan segera dilantik menjadi Bupati Trenggalek dalam kurun waktu dekat ini. Kabar tersebut tidak ditampik oleh pria yang akrab disebut...

Gus Ipin :  Banyak Yang Bisa Dikerjasamakan Antara KEIN maupun Jasa Tirta Energi untuk Trenggalek Lepas Landas

25 MEI

Gus Ipin : Banyak Yang Bisa Dikerjasamakan Antara KEIN maupun Jasa Tirta Energi untuk Trenggalek Lepas Landas

Temui delegasi Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) serta Dirut PT. Jasa Tirta Energi, Plt. Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin sebut banyak yang bisa dikerjasamakan antara...

Sekda Trenggalek : KEIN dan Jasa Tirta Energi Akan Bantu Trenggalek Berdayakan Sumberdaya dan Masyarakat

25 MEI

Sekda Trenggalek : KEIN dan Jasa Tirta Energi Akan Bantu Trenggalek Berdayakan Sumberdaya dan Masyarakat

Terima kunjungan kerja duta dari Komite Ekonomi dan Industri (KEIN), Sekda Trenggalek Ir. Joko Irianto, M.Si sebut KEIN dan Jasa Tirta Energi akan bantu masyarakat...

Plt. Bupati Trenggalek Tutup Kegiatan Safari Ramadhan dengan Nginap di Rumah Warga dan Ngabuburit di Tempat Wisata

24 MEI

Plt. Bupati Trenggalek Tutup Kegiatan Safari Ramadhan dengan Nginap di Rumah Warga dan Ngabuburit di Tempat Wisata

Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul dan Desa Cakul Kecamatan Dongko menjadi tujuan akhir kegiatan Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Trenggalek tahun 2019. Dengan terkunjunginya dua kecamatan, Panggul...

Plt. Bupati Trenggalek, Tak Canggung Tidur Tidak Nyaman Saat Nginap di Rumah Warga

23 MEI

Plt. Bupati Trenggalek, Tak Canggung Tidur Tidak Nyaman Saat Nginap di Rumah Warga

Demi merasakan keluhan langsung masyarakatnya, Plt. Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin tidak canggung nginap di rumah warganya. Tentunya dengan fasilitas minim bahkan jauh dari fasilitas...

Kembali Nginap Di Rumah Warga, Gus Ipin Ingin Merasakan Keluhan Warga

23 MEI

Kembali Nginap Di Rumah Warga, Gus Ipin Ingin Merasakan Keluhan Warga

Tradisi nginap di rumah warga berlanjut, setelah sekian lama terhenti karena menjelang Pilkades serentak di Kabupaten Trenggalek. Plt. Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menginginkan kenetralan...

Gus Ipin Himbau Kamtibmas dalam Safari Ramadhan di Kecamatan Panggul

23 MEI

Gus Ipin Himbau Kamtibmas dalam Safari Ramadhan di Kecamatan Panggul

Kejadian persekusi terhadap salah satu warga yang menyebabkan satu nyawa melayang, menjadi pukulan berat serta pembelajaran bagi masyarakat Panggul untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat...

Plt. Bupati Berharap Masyarakat Mau Sedekah Informasi dan Ikut Mengawasi Kegiatan Fisik di Daerahnya

23 MEI

Plt. Bupati Berharap Masyarakat Mau Sedekah Informasi dan Ikut Mengawasi Kegiatan Fisik di Daerahnya

Plt. Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin kembali Lapor Rakyat saat mengikuti kegiatan Safari Ramadhan di Masjid Al Hilal, Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kamis (23/5/2019).   Bapak tiga...

Jelang Hari Raya, Pemkab Trenggalek Tidak Terima Parsel dan Bingkisan

23 MEI

Jelang Hari Raya, Pemkab Trenggalek Tidak Terima Parsel dan Bingkisan

Sebagai bentuk komitmen untuk mencegah tindak pidana gratifikasi, Pemkab Trenggalek berkomitmen untuk tidak menerima parsel maupun bingkisan  jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Himbauan tidak...

Lapor Rakyat, Gus Ipin: Akses Masyarakat Akan Dipermudah

20 MEI

Lapor Rakyat, Gus Ipin: Akses Masyarakat Akan Dipermudah

Memiliki tanggung jawab kepada masyarakat sebagai Kepala Daerah, Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin), melaporkan segala kegiatan Pemerintahannya. Hal itu disampaikan saat...

Serahkan Sertifikat untuk Masyarakat, Plt. Bupati Nur Arifin: Manfaatkan dengan Bijak

20 MEI

Serahkan Sertifikat untuk Masyarakat, Plt. Bupati Nur Arifin: Manfaatkan dengan Bijak

Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin), menyerahkan sebanyak 369 sertifikat kepada masyarakat Desa Watulimo, Senin (20/5/2019). Usai menyerahkan sertifikat, Gus Ipin berpesan...

Plt Bupati Trenggalek Serahkan 369 Sertifikat untuk Warga Desa Watulimo

20 MEI

Plt Bupati Trenggalek Serahkan 369 Sertifikat untuk Warga Desa Watulimo

Bertempat di Balai Desa Watulimo, Kecamatan Watulimo, Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin), serahkan 369 sertifikat kepada warga, Senin (20/5/2019).   Sebanyak 374...

Momentum Kebangkitan, Gus Ipin Ajak Jaga Persatuan Bangsa

20 MEI

Momentum Kebangkitan, Gus Ipin Ajak Jaga Persatuan Bangsa

Dalam Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Senin (20/5/2019), Plt Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin) mengajak seluruh elemen bangsa untuk menjaga persatuan dan kesatuan.   "Kita...

Gus Ipin : Pembangunan Bendungan Bagong Ditargetkan Selesai Tahun 2020

20 MEI

Gus Ipin : Pembangunan Bendungan Bagong Ditargetkan Selesai Tahun 2020

Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Kementerian PUPR dan Kementerian terkait kian serius mematangkan pembangunan Bendungan Bagong. Rencananya pelaksanaan pembangunan Tahap I dilaksanakan tahun ini dan target dapat...

Peringati Kebangkitan Nasional, Dorong Persatuan dan Kesatuan

20 MEI

Peringati Kebangkitan Nasional, Dorong Persatuan dan Kesatuan

Pemerintah Kabupaten Trenggalek gelar peringatan hari Kebangkitan Nasional, Senin (20/5/2019) di Alun-alun Trenggalek. Peringatan hari Kebangkitan Nasional ini diikuti oleh semua unsur masyarakat, baik TNI-POLRI,...

Gus Ipin Ajak Masyarakat Ikut Jaga dan Awasi Pekerjaan Fisik

17 MEI

Gus Ipin Ajak Masyarakat Ikut Jaga dan Awasi Pekerjaan Fisik

Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin), mengajak masyarakat untuk mau dan turut berpartisipasi mengawasi pekerjaan fisik Pemerintah di lingkungannya. Penyataan tersebut disampaikan...

Jawab Keluhan Masyarakat, Jalan Ngares-Sengon Akan Dibangun Pada Tahun 2019 Ini

17 MEI

Jawab Keluhan Masyarakat, Jalan Ngares-Sengon Akan Dibangun Pada Tahun 2019 Ini

Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin), kembali melaksanakan Safari Ramadhan bersama Forkopimda dan pimpinan OPD. Safari Ramadhan di Desa Sengon Kecamatan Bendungan,...

Gus Ipin Sapa Masyarakat Munjungan Dalam Safari Ramadhan

17 MEI

Gus Ipin Sapa Masyarakat Munjungan Dalam Safari Ramadhan

Bersurban putih, blangkon di kepala, ditambah beskap Jawa dengan bawahan jarik, Plt. Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin menyapa warga masyarakat Munjungan di Masjid Darul Falah...

Tarawih di Masjid Mujahidin Krandegan, Gus Ipin Berbagi Kecerian Dengan Masyarakat

16 MEI

Tarawih di Masjid Mujahidin Krandegan, Gus Ipin Berbagi Kecerian Dengan Masyarakat

Safari Ramadhan yang menjadi agenda rutin Pemkab Trenggalek, sedikit berbeda di tahun ini. Usai berbuka puasa, tim Safari Ramadhan melanjutkan kegiatan dengan sholat tarawih bersama...

Safari Ramadhan di Desa Senden, Plt Bupati Nur Arifin Dengarkan Aspirasi dan Buka Puasa Bersama Masyarakat

16 MEI

Safari Ramadhan di Desa Senden, Plt Bupati Nur Arifin Dengarkan Aspirasi dan Buka Puasa Bersama Masyarakat

Safari Ramadhan di hari keempat menyasar Desa Senden Kecamatan Kampak. Di Masjid Baiturrahman, Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin (Gus Ipin), dengarkan aspirasi dari...

Gus Ipin Ajak Pelawak Topan Promosikan Obyek Wisata Coban Wono Asri

16 MEI

Gus Ipin Ajak Pelawak Topan Promosikan Obyek Wisata Coban Wono Asri

Dari swadaya masyarakat, menjadi sebuah obyek wisata yang layak dinikmati. Air terjun atau Coban Wono Asri terletak di Desa Bangun Kecamatan Munjungan. Dinamakan Wono Asri...

Gus Ipin Ajak Topan Pelawak Merasakan Nginap di Rumah Warga

15 MEI

Gus Ipin Ajak Topan Pelawak Merasakan Nginap di Rumah Warga

Menginap di rumah warga menjadi salah satu agenda rutin yang dilakukan oleh Plt. Bupati Trenggalek, Moch. Nur Arifin. Selain bertujuan merasakan langsung kehidupan warga kurang...

Safari Ramadhan di Kecamatan Munjungan, Gus Ipin Sempatkan Menginap di Rumah Warga

15 MEI

Safari Ramadhan di Kecamatan Munjungan, Gus Ipin Sempatkan Menginap di Rumah Warga

Usai dari Desa Sobo, Safari Ramadhan Plt. Bupati Trenggalek kemudian menuju Masjid Al Affan di Desa Ngulung Wetan Kecamatan Munjungan. Di lokasi ini, Plt. Bupati...

Dari lokasi  Shalat Tarawih di Munjungan, Plt. Bupati Trenggalek, Moch. Nur Arifin beranjak menuju Dusun Kempong Desa Ngulung Wetan, Kecamatan Munjungan.

15 MEI

Dari lokasi Shalat Tarawih di Munjungan, Plt. Bupati Trenggalek, Moch. Nur Arifin beranjak menuju Dusun Kempong Desa Ngulung Wetan,…

Bapak tiga anak ini mengagendakan menginap di rumah Slamet (40) warga RT. 1 RW. 1 Dusun Kempong Desa Ngulung Wetan. Bapak tiga anak ingin merasakan...

Pemkab Trenggalek Alokasikan 36,7 M untuk Kecamatan Munjungan

15 MEI

Pemkab Trenggalek Alokasikan 36,7 M untuk Kecamatan Munjungan

Mewakili masyarakat Munjungan, Rudianto Camat Munjungan berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Pasalnya keperpihakan anggaran APBD untuk daerahnya cukup besar capai angka Rp. 36,737 miliar.   Pernyataan...

Ada-ada Saja Ulah Gus Ipin, Dari Kerjai Warga Hingga Data Masyarakat Miskin Yang Belum Tersentuh Program

14 MEI

Ada-ada Saja Ulah Gus Ipin, Dari Kerjai Warga Hingga Data Masyarakat Miskin Yang Belum Tersentuh Program

Kalau tidak usil bukan Moch. Nur Arifin, Plt. Bupati Trenggalek ini kerjai warga saat melakukan kegiatan Safari Ramadhan di Masjid Nurul Huda Dusun Kranding, Desa...

Gus Ipin : Tidak Perlu Buat Proposal Menang Adipura, Desa Bisa Berbuat Banyak untuk Daerahnya

14 MEI

Gus Ipin : Tidak Perlu Buat Proposal Menang Adipura, Desa Bisa Berbuat Banyak untuk Daerahnya

Alih-alih memberikan motivasi kepada masyarakat Desa Karanganom, Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek, Plt. Bupati Trenggalek sosialisasikan Lomba Adipura Desa, Selasa (14/5/2019).   "Dengan menang Adipura, desa punya kecukupan...

Lapor Rakyat, Plt Bupati Trenggalek Sampaikan Alokasi APBD tahun 2019 di Kecamatan Durenan

14 MEI

Lapor Rakyat, Plt Bupati Trenggalek Sampaikan Alokasi APBD tahun 2019 di Kecamatan Durenan

Dalam kegiatan safari ramadhan, Plt Bupati Trenggalek kembali lapor rakyat. Sebagai abdi masyarakat dirinya menganggap punya kewajiban untuk melaporkan hasil kerja dan apa yang akan...

Safari Ramadhan Di Karanganom, Plt. Bupati Trenggalek Terima Keluhan Warga

14 MEI

Safari Ramadhan Di Karanganom, Plt. Bupati Trenggalek Terima Keluhan Warga

Hari kedua pelaksanaan safari ramadhan Pemerintah Kabupaten Trenggalek menyasar Desa Karanganom Kecamatan Durenan. Hadir dalam kegiatan ini, Plt Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin mendapatkan...

Pemkab Trenggalek Mulai Buka Pendaftaran Lelang 7 Posisi Pejabat Tinggi Pratama

14 MEI

Pemkab Trenggalek Mulai Buka Pendaftaran Lelang 7 Posisi Pejabat Tinggi Pratama

Panitia penyelanggara (Pansel) lelang jabatan Pejabat Tinggi Pratama Kabupaten Trenggalek, mulai membuka pendaftaran sejak (14/5/2019) hingga (28/5/2019).   Ada 7 posisi Pejabat Tinggi Pratama yang akan dilelang....

Mulai dari Buka Bareng Ibu-ibu, Tarawih Bareng Warga, Himbau Kerukunan Pasca Pemilu, Lapor Rakyat hingga Adipura Desa

13 MEI

Mulai dari Buka Bareng Ibu-ibu, Tarawih Bareng Warga, Himbau Kerukunan Pasca Pemilu, Lapor Rakyat hingga Adipura Desa

Kegiatan safari ramadhan di hari pertama, Senin (13/5/2019) Plt Bupati Trenggalek, Moch. Nur Arifin bersama Kapolres Trenggalek AKBP Didit B. W. S., Forkopimda dan segenap...

Gus Ipin Gunakan Safari Ramadhan untuk Lapor Rakyat Penggunaan APBD

13 MEI

Gus Ipin Gunakan Safari Ramadhan untuk Lapor Rakyat Penggunaan APBD

Plt. Bupati Trenggalek, Moch. Nur. Arifin manfaatkan kegiatan safari ramadhan untuk lapor rakyat, Senin (13/5/2019) di Masjid Miftahul Huda Desa Prambon Kecamatan Tugu Trenggalek.   "Sebagai abdi...

Safari Ramadhan, Gus Ipin Ajak Kembali Masyarakat Untuk Membangun Bangsa

13 MEI

Safari Ramadhan, Gus Ipin Ajak Kembali Masyarakat Untuk Membangun Bangsa

"Pesta telah usai, saatnya kita kembali kepada rutinitas kita lagi," ungkap Plt. Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin saat melakukan kegiatan safari ramadhan di Masjid...

Safari Ramadhan di Desa Prambon, Plt Bupati Trenggalek Serahkan Bantuan untuk Masyarakat

13 MEI

Safari Ramadhan di Desa Prambon, Plt Bupati Trenggalek Serahkan Bantuan untuk Masyarakat

Plt. Bupati Trenggalek, Moch. Nur Arifin, bersama dengan Forkopimda, beberapa pejabat dilingkup pemkab Trenggalek, dan beberapa Tokoh Agama lakukan safari ramadhan, Senin (13/5/2019).   Pertama Desa...

DESEMBER

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
  • 11
  • 12
  • 13
  • 14
  • 15
  • 16
  • 17
  • 18
Prev Next