Laksanakan LPPD dengan Baik, Pemkab Trenggalek Terima Penghargaan dari Gubernur Jatim

Created on 27 April 2018

Pemerintah Kabupaten Trenggalek menerima pengahargaan sebagai Kabupaten dengan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) terbaik pada upacara peringatan Hari Otonomi Daerah XXII Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Jawa Timur, Jumat (27/4/2018).

 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, kepada Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin. Penghargaan tersebut diberikan atas prestasi kinerja status sangat tinggi dengan skor 3,4722 dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah tahun 2016.

Kewajiban ini sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. LPPD sendiri memuat capaian kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan pelaksanaan tugas pembantuan.

 

Dalam sambutannya Gubernur Soekarwo memberikan apresiasinya kepada Pemerintah Kota maupun Kabupaten."Saya ucapkan terima kasih atas kerja keras bersama dalam pemerintahan sehingga penghargaan bisa kita raih kembali," katanya.

 

Pemerintah Provinsi, menurut Soekarwo, bisa kerja dengan baik karena kompak dengan Kabupaten maupun Kotanya, begitu pula sebaliknya. "Pemerintahan yang baik dan bisa menciptakan suasana yang damai dan amanlah yang bisa menciptakan iklim perekonomian yang bagus," tutur Gubernur yang akrab dipanggil Pakdhe Karwo tersebut.

 

Sementara itu, Plt. Bupati Nur Arifin mengatakan penghargaan ini sebagai motivasi bagi Aparatur Sipil Negara untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

 

"Saya berharap di tahun berikutnya bisa masuk 10 besar rangking Nasional," ujarnya. (Humas)

 

Prestasi Kinerja Meningkat Pesat, Trenggalek Raih Bintang Tiga dari Kemendagri

Created on 26 April 2018

Selama  Dua tahun di bawah kepemimpinan pasangan Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, dan H. Mochamad Nur Arifin, Kabupaten Trenggalek berhasil meningkatkan peringkat secara nasional dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan meraih status “Sangat Tinggi Bintang Tiga”, yang mana merupakan penghargaan bergengsi atas raihan prestasi untuk wilayah Kabupaten yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

 

Atas capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Trenggalek di Tahun 2016, H. Mochamad Nur Arifin sebagai Plt. Bupati Trenggalek hadir secara langsung mengikuti Malam Apresiasi  Penyelenggaraan Pemerintah dalam rangka Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah XXII, Rabu (25/4/2018) di Hotel Sultan Jakarta yang juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo.

 

Raihan tersebut sebagai bentuk reward/penghargaan atas kewajiban Pemkab Trenggalek dalam memenuhi serta memberikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD). Hal tersebut sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

 

LPPD memuat capaian kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan pelaksanaan tugas pembantuan. Bupati menyampaikan laporan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Menteri melalui Gubernur sebagai wakil dari Pemerintah Pusat yang dilakukan sekali dalam satu tahun dan disampaikan paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. LPPD digunakan sebagai bahan evaluasi dan pembinaan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah oleh Pemerintah Pusat.

 

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Kabupaten Trenggalek, Drs. Edi Soeprianto, sebelum acara menyampaikan bahwa ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh evaluator yang akan melaksanakan evaluasi dan verifikasi.

 

"Pertama, evaluator dari Tim Daerah (Pemerintah Provinsi, Inspektorat Provinsi dan BPKP Perwakilan Jawa Timur) melakukan evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) sekitar Bulan Mei hingga Juni. Kemudian menghitung ketepatan jumlah anggaran, jumlah personel dan mendata capaian kinerja. Juga memastikan tersedianya data pendukung pada setiap capaian kinerja serta menyusun secara sistematis untuk memudahkan pelaksanaan EKPPD oleh Tim Nasional," jelas Edi.

 

"Yang kedua, evaluator Tim Nasional (Kemendagri dan BPKP Pusat) melaksanakan evaluasi atas kinerja pada bulan Oktober di setiap tahunnya dan meminta evaluator Tim Daerah didampingi penyusun LPPD Kabupaten untuk melaksanakan EKPPD," lanjutnya menambahkan.

 

Dari rangkaian penilaian tim atas 700 indikator yang sudah ditetapkan oleh Kemendagri, pada tahun 2015 Kabupaten Trenggalek meraih peringkat ke-95 Nasional untuk kategori Kabupaten dengan skor nilai 3,1201. Berikutnya pada pada Tahun 2016 berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 100-53 Tahun 2018 tentang Peringkat dan Status Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Secara Nasional, Kabupaten Trenggalek mendapat peringkat 15 Nasional untuk kategori Kabupaten dengan skor nilai 3,4722. Hal tersebut merupakan raihan status prestasi kinerja “Sangat Tinggi Bintang Tiga” yang disematkan Kemendagri.

 

Saat dikonfirmasi usai acara, Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin menyampaikan bahwa hal itu merupakan raihan yang luar biasa bagi Kabupaten Trenggalek. "Dari 397 Kabupaten se-Indonesia, untuk tahun ini kita mendapat kenaikan ke rangking 15 dan saya berharap di tahun mendatang bisa masuk 10 besar rangking Nasional," tuturnya.

 

"Terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada seluruh stake holder Pemerintah Kabupaten Trenggalek, ini merupakan sarana mewujudkan pelayanan terbaik kepada masyarakat," pungkas Nur Arifin. (Humas)

 

Buka Festival Gagasan Rakyat, Plt Bupati Nur Arifin: Musrenbang-nya Para Pemikir

Created on 25 April 2018

Bahwa revolusi akan dapat digerakkan oleh segenap lapisan, tetapi terkadang menjadi jauh antara masyarakat dengan Pemerintah, yang seakan ada sekat antara keduanya. Bahkan duduk bersama seolah menjadi yang berat untuk dilakukan. Untuk itu perlu adanya pembauran kesepahaman maupun pemikiran antara masyarakat dengan Pemerintah.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin, pada pembukaan acara Festival Gagasan Rakyat Trenggalek 2018, Rabu (25/4/2018) di Pendopo Manggala Praja Nugraha. Festival Gagasan Rakyat sendiri muncul dari adanya keinginan masyarakat untuk turut berkontribusi bagi pembangunan di Kabupaten Trenggalek.

 

“Karena sejatinya membangun bukanlah tanggung jawab orang-perorang, tetapi tanggung jawab kita bersama,” ungkap Plt Bupati Nur Arifin dalam sambutannya.

 

Menurut Nur Arifin, sebelum pelaksanaan Musrenbang seharusnya digelar forum seperti Festival Gagasan Rakyat. Karena dengan adanya gagasan-gagasan dari masyarakat tersebut dapat membantu Pemerintah dalam proses perencanaan, sehingga membantu pula dalam penyusunan kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada rakyat.

 

“Kalau di Dinsos P3A sudah ada Musrenbang Perempuan dan Anak, nah ini (Festival Gagasan Rakyat) semacam Musrenbang-nya para pemikir, kira-kira begitu,” ucapnya.

 

Selain itu, Plt Bupati Nur Arifin juga mengapresiasi ideliasme pemuda yang menginisiasi Festival Gagasan Rakyat tersebut. “Tan Malaka pernah berkata bahwa idealisme adalah kemewahan terakhir bagi para pemuda. Dengan idealisme ini anda tidak perlu takut-takut nanti ada intervensi dari Pemerintah, nanti suara yang kritis dibungkam, jangan pula seperti itu,” tegas Nur Arifin.

 

“Yang penting semua niatnya konstruktif, saya rasa semua layak diberi panggung, dan semua harus membuka mata dan hati secara obyektif bahwa kita ini disini adalah penerima amanah, maka mari kita jalankan amanah sebaik-baiknya dan salah satunya adalah terbuka dalam setiap masukan dan gagasan,” tandasnya. (Humas)

 

 

Melalui Program Pamsimas III, Plt Bupati Trenggalek Berharap Masyarakat Dapat Mengakses Layanan Air Bersih

Created on 25 April 2018

Dalam rangka menjaring 21 Desa sasaran Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun anggaran 2019, Pemkab Trenggalek melalui Tim Kemitraan (Tim Pakem) Pamsimas menyelenggrakan Sosialisasi Program Tingkat Kabupaten yang digelar di gedung Bhawarasa, Rabu, (25/4/2018).

 

Pada  tahun 2017, terdapat  delapan Desa yang telah menjadi Desa sasaran Program Pamsimas III.  Sementara di tahun 2018 ini Pamsimas III akan dilaksankan kembali di Kabupaten Trenggalek yang akan menyasar 16 Desa dimana 12 Desa dibiayai oleh Bantuan Langsung Masyarakat ( BLM ) dan 4 Desa dibiayai oleh APBD.

 

Plt Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program Pamsimas III yang dilaksankan pada tahun 2016 hingga 2019 ini merupakan kelanjutan dari program Pamsimas I dan II (tahun 2008-2015), dimana Pamsimas merupakan instrumen pelaksanaan dua agenda nasional yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan.

“Jumlah warga yang kurang terlayani termasuk masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah pedesaan diharapkan dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam program Pamsimas III ini,” ungkap Plt Bupati Trenggalek.

 

“Pemkab akan terus mendukung program ini dengan dana sharing antara dana dari APBD dan dana dari APBN kita pastikan bisa terserap semua dan untuk pendamping juga dilibatkan untuk mengawasi sehingga program bisa berjalan maksimal,” terang Nur Arifin ketika dikonfirmsi terpisah usai membuka acara.

 

“Saya mengusulkan untuk di desa dibentuk unit usaha pengelola air desa semacam PDAM desa sehingga jika ada kerusakan tidak sedikit-sedikit mengajukan keluhan ke dinas PKPLH sehingga penanganannya bisa cepat dan tidak sampai mangkrak,” imbuhnya.

 

Dari 24 Desa yang telah mendapatkan program Pamsimas III di tahun 2017 dan 2018 Sampai akhir 2019, Pemkab Trenggalek minimal mempunyai target 21 Desa sasaran untuk memenuhi target sebanyak 45 Desa  sasaran. (Humas)

 

Bertepatan dengan Peringatan Hari OTDA XXII, Plt Bupati Nur Arifin Buka Festival Gagasan Rakyat

Created on 25 April 2018

Berawal dari keinginan masyarakat untuk dapat turut berkontribusi terhadap Kabupaten Trenggalek, Komunitas Bagimu Trenggalek menggelar Festival Gagasan Rakyat dimana pengiriman gagasan telah dibuka sejak tanggal 20 Maret 2018 lalu. Selama kurang lebih satu bulan dilaksanakan telah terkumpul sebanyak 99 gagasan.

 

Setelah melalui tahap penyeleksian oleh panitia dan dewan juri akhirnya dipilih sebanyak 18 gagasan untuk dipresentasikan pada acara Festival Gagasan Rakyat Trenggalek 2018 di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Rabu (25/4/2018). Dari 18 gagasan tersebut nantinya akan dipilih 9 gagasan terbaik yang kemudian akan diusulkan untuk diakomodasi dalam program pembangunan Pemerintah Kabupaten Trenggalek.

 

Acara Festival Gagasan Rakyat yang bertepatan dengan Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXII tersebut dibuka langsung oleh Plt Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin, dan juga dihadiri oleh Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Drs. Kusprigianto, MM, pimpinan OPD terkait, para peserta dan undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya, Plt Bupati Nur Arifin menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Trenggalek mengapresiasi kegiatan Festival Gagasan Rakyat ini. Menurut Nur Arifin, dengan adanya Festival Gagasan Rakyat ini maka proses perencanaan Pemerintah telah terbantu oleh gagasan dari masyarakat.

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Trenggalek sebenarnya merasa sangat bahagia dengan adanya acara pada hari ini, karena apa? kita tidak perlu berpikir rumit tinggal melaksanakan,” ungkap Nur Arifin.

 

“Di dalam proses pembangunan kita ada proses perencanaan, kemudian proses penganggaran, kemudian ada proses pelaksanaan hingga proses evaluasi, nah minimal kita sekarang sudah memotong proses perencanaan itu sudah terbantu dengan adanya gagasan-gagasan yang dikirim ini sudah menjadi kerangka kita dalam merencanakan,” imbuhnya.

 

Untuk itu, Nur Arifin mengajak kepada seluruh Aparatur Sipil Negara untuk melaksanakan gagasan-gagasan dari masyarakat melalui kebijakan-kebijakan maupun penyusunan APBD yang pro-rakyat. Dirinya juga berharap kepada masyarakat untuk terus ikut mengawal setiap kebijakan Pemerintah secara konstruktif.

 

“25 April ini bertepatan dengan Peringatan Hari Otonomi Daerah, dan di dalam amanat otonomi itu partisipasi publik, cara-cara yang partisipatif itu menjadi roh daripada otonomi daerah itu, maka semoga Festival Gagasan Rakyat yang diinisiasi oleh temen-temen ini terus langgeng, dan terus menjadi wadah bagi para pemikir,” tutur Nur Arifin. (Humas)

 

 

Page 1 of 16

BERITA LAINNYA

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
Prev Next
Pemerintah Kabupaten Trenggalek Sepakati Pengelolaan Ekosistem Karst

04 DESEMBER

Pemerintah Kabupaten Trenggalek Sepakati Pengelolaan Ekosistem Karst

Karst merupakan bagian dari ekosistem dimana kars ini merupakan tangki raksasa penyimpan air bawah tanah. Selain itu Karst merupakan tempat tinggal berbagai jenis flora dan...

Science Technopark Dianggap Cocok Dapatkan Pendampingan dari Bloomberg dan Harvard University

03 DESEMBER

Science Technopark Dianggap Cocok Dapatkan Pendampingan dari Bloomberg dan Harvard University

Pada kegiatan Boot Camp yang diselenggarakan oleh Bloomberg Harvard City Leadership Initiative di Hotel Bukit Ja'as Permai Trenggalek, 3-4 Desember 2018, Science Technopark dipilih sebagai...

Melalui Boot Camp, Bloomberg Harvard City Leadership Initiative Berikan Pendampingan Inovasi Daerah di Trenggalek

03 DESEMBER

Melalui Boot Camp, Bloomberg Harvard City Leadership Initiative Berikan Pendampingan Inovasi Daerah di Trenggalek

Setelah terpilih sebagai salah satu kota dalam Bloomberg Harvard City Leadership Initiative tahun 2018 lalu, Senin (3/12/2018) Bloomberg Harvard City Leadership Initiave menggelar Boot Camp...

Bank Jatim Serahkan Bantuan Kebakaran Pasar Pon

03 DESEMBER

Bank Jatim Serahkan Bantuan Kebakaran Pasar Pon

Bank Daerah Jawa Timur (Bank Jatim) berikan bantuan kebakaran Pasar Pon Trenggalek yang terjadi pada bulan Agustus 2018 lalu. Bantuan senilai Rp. 150 juta ini...

Pemkab Trenggalek Berikan Perhatian Kepada Warga Penyandang Disabilitas

02 DESEMBER

Pemkab Trenggalek Berikan Perhatian Kepada Warga Penyandang Disabilitas

Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggelar peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) di alun-alun Trenggalek minggu pagi (2/12/18) Peringatan HDI 2018 ini mengambil tema AYO INKLUSIF wujudkan indonesia inklusi...

Menjadi Pembicara dalam Parenting Fair 2018, Emil Dardak menekankan Pentingnya Membangun Komunikasi dengan Anak

01 DESEMBER

Menjadi Pembicara dalam Parenting Fair 2018, Emil Dardak menekankan Pentingnya Membangun Komunikasi dengan Anak

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, mekankan pentingnya membangun komunikasi yang baik dengan anak, kepada seluruh peserta Parenting Fair 2018 di Gedung DBL Surabaya,...

Pengerukan Sungai Hingga Berkoordinasi Balai Jalan Nasional, Langkah Yang Diambil Emil Dardak Untuk Atasi Genangan Air di Prigi

30 NOVEMBER

Pengerukan Sungai Hingga Berkoordinasi Balai Jalan Nasional, Langkah Yang Diambil Emil Dardak Untuk Atasi Genangan Air di Prigi

Akses jalan utama masuk ke kawasan wisata Pantai Prigi tepatnya di depan SPBU Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo menjadi langganan genangan air ketika hujan lebat tiba....

Ini Langkah Cepat Emil Dardak Untuk Mengatasi Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Daerahnya

30 NOVEMBER

Ini Langkah Cepat Emil Dardak Untuk Mengatasi Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Daerahnya

Emil Elestianto Dardak, Bupati Trenggalek harus membatalkan agenda penting rapat dengan Kementerian RISTEK-DIKTI di Jakarta, untuk mengawal langsung penanganan bencana banjir dan tanah longsor di...

Pemkab  Trenggalek Adakan Worskshop Pembekalan Bagi Pejabat Struktural  Jelang Pensiun

29 NOVEMBER

Pemkab Trenggalek Adakan Worskshop Pembekalan Bagi Pejabat Struktural Jelang Pensiun

Dalam rangka untuk membangun kesiapan dan semangat dalam menjalani masa purna tugas,  Pemerintah Kabupaten Trenggalek berikan pembekalan bagi 40 pejabat struktural di lingkup Pemerintah Kabupaten...

Upaya Pengendalian Gratifikasi, KPK Adakan Sosialisasi di Kabupaten Trenggalek

29 NOVEMBER

Upaya Pengendalian Gratifikasi, KPK Adakan Sosialisasi di Kabupaten Trenggalek

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adakan kegiatan sosialisasi di Kabupaten Trenggalek, Kamis (29/11/2018). Kehadiran KPK di Gedung Bhawarasa kali ini adalah untuk mensosialisasikan pengendalian gratifikasi bagi...

Kejaksaan Negeri Trenggalek Tanamkan Nilai-Nilai Anti Korupsi Melalui Lomba Pidato

29 NOVEMBER

Kejaksaan Negeri Trenggalek Tanamkan Nilai-Nilai Anti Korupsi Melalui Lomba Pidato

Peringati Hari Anti Korupsi Internasional tahun 2018, Kejaksaan Negeri Trenggalek menggelar lomba pidato bagi pelajar, Kamis (29/11/2018) di Pendopo Manggala Praja Nugraha. Lomba tersebut ditujukan...

Bupati Emil Dardak: Anggota KORPRI Harus Menjadi Insan yang Melayani, Bekerja dan Ikut Menyatukan Bangsa

29 NOVEMBER

Bupati Emil Dardak: Anggota KORPRI Harus Menjadi Insan yang Melayani, Bekerja dan Ikut Menyatukan Bangsa

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, mendorong anggota KORPRI untuk menjadi insan yang melayani, bekerja dan menyatukan bangsa. Hal tersebut disampaikan Bupati Emil pada...

Profesionalisme dan Kualitas Guru Wajib Ditingkatkan Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

29 NOVEMBER

Profesionalisme dan Kualitas Guru Wajib Ditingkatkan Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, pada upacara peringatan HUT ke-73 PGRI dan Hari Guru Nasioanal tahun 2018 dan HUT PGRI ke-73, berpesan kepada...

Aktualisasi Etos Kerja dalam Islam Melalui Peringatan Maulid Nabi SAW

27 NOVEMBER

Aktualisasi Etos Kerja dalam Islam Melalui Peringatan Maulid Nabi SAW

Nabi Muhammad SAW, merupakan teladan yang diutus untuk menyempurnakan akhlak. Salah satu akhlak yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi...

Cegah Radikalisme, Wabup Arifin Dukung Pendekatan Kultural

23 NOVEMBER

Cegah Radikalisme, Wabup Arifin Dukung Pendekatan Kultural

Sebagai upaya dalam mencegah paham radikalisme, upaya pendekatan kultural serta dialog antar sesama elemen masayarakat sangat diperlukan dalam menyelesaikan masalah. Terkait hal tersebut, Wakil Bupati...

Lamandau Intip GERTAK dan Pengelolaan Zakat di BAZNAS Trenggalek

22 NOVEMBER

Lamandau Intip GERTAK dan Pengelolaan Zakat di BAZNAS Trenggalek

Keberhasilan perpaduan GERTAK (Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan dan Kerentanan) dan penyaluran Zakat oleh BAZNAS Trenggalek sebagai rujukan mengatasi permasalahan kemiskinan dan kerentanan di Kabupaten...

Mark Plus Bersama Pemkab Trenggalek Gelar Gebyar UKM 2018

22 NOVEMBER

Mark Plus Bersama Pemkab Trenggalek Gelar Gebyar UKM 2018

Antusiasme masyarakat Trenggalek dan sekitar cukup luar biasa terhadap Gebyar UKM 2018 periode ketiga yang digelar di Pendopo Manggala Praja Nugraha. Kegiatan pameran UMKM dan...

Emil Dardak Dorong Munculnya Aliansi Small Business untuk Kuatkan Pelaku UMKM

21 NOVEMBER

Emil Dardak Dorong Munculnya Aliansi Small Business untuk Kuatkan Pelaku UMKM

UMKM merupakan tulang punggung perekonomian masyarakat. Tentunya eksistensi dari UMKM sebagai motor penggerak perekonomian masyarakat perlu dikembangkan.   Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, dalam kegiatan...

Bupati Trenggalek Terima Penghargaan Anubhawa Sasana dari Menkumham RI

21 NOVEMBER

Bupati Trenggalek Terima Penghargaan Anubhawa Sasana dari Menkumham RI

Sebanyak 30 Desa/Kelurahan dari 14 Kecamatan di Kabupaten Trenggalek dinobatkan sebagai Desa/Kelurahan Sadar Hukum tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2018. Atas prestasi tersebut, Pemerintah Kabupaten...

Dorong Nilai-nilai Kebangsaan, Kesbangpol Gelar Lomba Karya Tari Kebangsaan

21 NOVEMBER

Dorong Nilai-nilai Kebangsaan, Kesbangpol Gelar Lomba Karya Tari Kebangsaan

Dinilai mulai menurun pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila dan Kebangsaan di tengah-tengah masyarakat, Kesbangpol Kabupaten Trenggalek gelar lomba karya tari bertemakan kebangsaan di Pendopo Manggala Praja...

Arumi Bachsin Kampanyekan Gemar Makan Ikan Dalam Peringatan Harkanas ke-5

21 NOVEMBER

Arumi Bachsin Kampanyekan Gemar Makan Ikan Dalam Peringatan Harkanas ke-5

Ketua Forikan Kabupaten Trenggalek, Arumi Bachsin ajak seluruh masyarakat Trenggalek untuk gemar memakan ikan, saat membuka kegiatan Gebyar Gemarikan, di Alon-alon Kabupaten Trenggalek Rabu (21/11/2018).   Gebyar...

Adakan Sosialisasi, Pemkab Trenggalek Dorong Peningkatan Pemahaman, Penyamaan Presepsi dalam Pengelolaan Acara dan Keprotokolan

19 NOVEMBER

Adakan Sosialisasi, Pemkab Trenggalek Dorong Peningkatan Pemahaman, Penyamaan Presepsi dalam Pengelolaan Acara dan Keprotokolan

Melalui Bagian Protokol dan Rumah Tangga, Pemkab Trenggalek sosialisasikan tata cara keprotokolan kepada 100 perwakilan OPD, Instansi vertikal, maupun Perbankan, organisasi wanita dan organisasi pemuda...

Rumah Singgah Trenggalek Plus Konsumsi Gratis untuk Warga yang Menginap

17 NOVEMBER

Rumah Singgah Trenggalek Plus Konsumsi Gratis untuk Warga yang Menginap

Rumah Singgah diperuntukan bagi Masyarakat Trenggalek yang membutuhkan bantuan fasilitas menginap gratis yang tengah berobat di wilayah Surabaya dan Malang.   Tidak sekedar rumah singgah untuk tidur,...

Masuk Semifinal Jatim, Arumi Bachsin Berpesan Kepada Tim Basket Junior Untuk Tidak Ciut Nyali

16 NOVEMBER

Masuk Semifinal Jatim, Arumi Bachsin Berpesan Kepada Tim Basket Junior Untuk Tidak Ciut Nyali

Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Arumi Bachsin berangkatkan Tim Basket Putra dan Putri kelompok umur 12 tahun asal Trenggalek dalam Turnamen Basket Ball antar Club...

Bersih-bersih Buk Tumpang, Gugah Kesadaran Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

16 NOVEMBER

Bersih-bersih Buk Tumpang, Gugah Kesadaran Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Lebih dari 400 orang yang terdiri dari ASN di lingkup Pemkab Trenggalek, TNI-POLRI dan beberapa elemen masyarakat lakukan aksi bersih-bersih sungai/ Buk Tumpang, Jum'at (16/11/2018)....

Sehari Dua Penghargaan, Apresiasi Mitra UNICEF Bupati Sahabat Anak dan Penghargaan Natamukti

15 NOVEMBER

Sehari Dua Penghargaan, Apresiasi Mitra UNICEF Bupati Sahabat Anak dan Penghargaan Natamukti

Dua buah penghargaan kembali diterima oleh Pemkab Trenggalek di penghujung Tahun 2018 ini. Pertama adalah penghargaan Apresiasi Mitra dari UNICEF kepada Bupati Trenggalek. Sementara yang...

Paparkan SAKIP, Bupati Trenggalek Dapatkan Apresiasi

14 NOVEMBER

Paparkan SAKIP, Bupati Trenggalek Dapatkan Apresiasi

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, mepaparkan langsung Sistem Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintahan (SAKIP) saat menerima kunjungan kerja, Sekeretaris Deputi Reformasi Birokrasi Kemenpan-RB, Didit...

Pejabat Kemenpan-RB Apresiasi Kinerja Bupati Trenggalek dan Jajarannya dalam Reformasi Birokrasi

14 NOVEMBER

Pejabat Kemenpan-RB Apresiasi Kinerja Bupati Trenggalek dan Jajarannya dalam Reformasi Birokrasi

Komitmen Pemerintah Kabupaten Trenggalek untuk terus berbenah mendapat apresiasi dari Sekeretaris Deputi Reformasi Birokrasi Kemenpan-RB. Apresisi tersebut disampaikan saat berkunjung ke Trenggalek, Rabu (14/11/2018).   Sekeretaris Deputi...

Arumi Bachsin Dorong Kesatuan Gerak Pembangunan Keluarga yang Sehat di Trenggalek

13 NOVEMBER

Arumi Bachsin Dorong Kesatuan Gerak Pembangunan Keluarga yang Sehat di Trenggalek

Pembangunan keluarga yang sehat sangat penting untuk mewujudkan keluarga yang ideal dan harmonis dalam mendorong program-program Pemerintah. Hal itu disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK...

Bupati Emil Dardak Resmikan Unit Stroke RSUD dr.Soedomo

12 NOVEMBER

Bupati Emil Dardak Resmikan Unit Stroke RSUD dr.Soedomo

Kurang lebih 20% kasus penyakit yang masuk ke rumah sakit Trenggalek merupakan kasus penyakit stroke atau hipertensi. Merujuk hal ini, RSUD Dr. Soedomo Trenggalek membuat...

Peringatan HKN, Masyarakat Sehat Modal Ketangguhan Bangsa

12 NOVEMBER

Peringatan HKN, Masyarakat Sehat Modal Ketangguhan Bangsa

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018 menyatakan masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa.   Dengan...

Bupati Emil: Nilai-Nilai Kepahlawanan Harus Tetap Terjaga

10 NOVEMBER

Bupati Emil: Nilai-Nilai Kepahlawanan Harus Tetap Terjaga

Peringati Hari Pahlawan, 10 November tahun 2018, Dr. Emil Elestianto Dardak M.Sc Bupati Trenggalek tegaskan nilai-nilai kepahlawanan harus tetap terjaga di setiap insan di Republik...

Peringati Hari Pahlawan, Pj Sekda Ajak Seluruh Elemen Berbuat Kebaikan untuk Bangsa

10 NOVEMBER

Peringati Hari Pahlawan, Pj Sekda Ajak Seluruh Elemen Berbuat Kebaikan untuk Bangsa

Di halaman Kantor Sekda Trenggalek, seluruh Aparatur Sipil Negera dilingkup Sekda, menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke 73 tahun 2018, Sabtu (10/11/2018). Upacara...

Wabup Arifin Buka Turnamen Tenis Meja se-Jawa Timur 2018

09 NOVEMBER

Wabup Arifin Buka Turnamen Tenis Meja se-Jawa Timur 2018

Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin buka turnamen Tenis Meja se-Jatim kelompok umur, Jum'at (9/11/2018). Turnamen yang digelar di GOR Jwalita Trenggalek ini memperebutkan...

Ahli Arkeologi Sinyalir Patung yang Ditemukan Warga Gondang Merupakan Arca Mahakala

08 NOVEMBER

Ahli Arkeologi Sinyalir Patung yang Ditemukan Warga Gondang Merupakan Arca Mahakala

Penemuan Arca oleh warga Gondang, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek awal Juli 2018 yang lalu, diyakini oleh salah satu ahli Arkeologi Balar sebagai patung penjaga.   Sugeng Riyanto,...

Kakang Mbakyu Bukan Sekedar Ajang Kecantikan dan Ketampanan

08 NOVEMBER

Kakang Mbakyu Bukan Sekedar Ajang Kecantikan dan Ketampanan

Kabupaten Trenggalek mencari Duta Wisata tahun 2018. Seleksi Kakang dan Mbakyu bukan sekedar ajang kontes kecantikan dan ketampanan, melainkan memilih duta dibidang pariwisata yang mengedepankan...

Berdasarkan Penemuan Arca di Gondang, Dimungkinkan Terdapat Candi

08 NOVEMBER

Berdasarkan Penemuan Arca di Gondang, Dimungkinkan Terdapat Candi

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Trenggalek terus tindaklanjuti penemuan Arca yang diduga peninggalan jaman kerajaan oleh Warga Desa Gondang, Kecamatan Tugu awal bulan Juli...

Pj Sekda Pariyo Ingatkan Bahaya Terorisme dan Radikalisme

08 NOVEMBER

Pj Sekda Pariyo Ingatkan Bahaya Terorisme dan Radikalisme

"Terorisme dan Radikalisme menyisakan kerugian yang mengancam keutuhan dan kedaulatan NKRI," tegas Penjabat Sekda Trenggalek, Drs. Pariyo saat membuka seminar wawasan kebangsaan yang bertemakan "Strategi...

Puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia, Trenggalek Raih Beragam Prestasi

05 NOVEMBER

Puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia, Trenggalek Raih Beragam Prestasi

Kabupaten Trenggalek berhasil meraih beragam penghargaan pada puncak Peringatan Hari Pangan se-Dunia ke-38 tingkat Jawa Timur yang dihelat di JX International Convention Exhibition Surabaya, Senin...

Emil Dardak: Indonesia Butuh Orang yang Mau Sukses Bersama, Bukan yang Ingin Sukses Sendiri

01 OKTOBER

Emil Dardak: Indonesia Butuh Orang yang Mau Sukses Bersama, Bukan yang Ingin Sukses Sendiri

Bank Indonesia (BI) Jawa Timur, kembali menggelar Leadership Camp bagi para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari Bank BI (GenBI) dari 11 Perguruan Tinggi Negeri yang...