Sungkeman Pembeda Prosesi Hari Jadi Trenggalek ke-822, Dengan Hari Jadi Sebelumnya

Created on 05 September 2016

Selasa 31 Agustus 2016 Kemarin, Kabupaten Trenggalek menggelar kegiatan prosesi hari jadi ke 822. Prosesi hari jadi ini merupakan acara pemuncak dalam peringatan hari Jadi Trenggalek yang rutin digelar tiap tahunnya. Pusaka-pusaka kabupaten di kirab dari Balai Desa Kamulan dimana tempat diketemukannya prasati Kamulan yang merupakan penentu usia Trenggalek 822, menuju pendopo “Manggala Praja Nugraha”. Pusaka-pusaka ini dikirab oleh Wakil Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Arifin dan didampingi beberapa kepala SKPD dilingkup Pemkab. Trenggalek. Tidak seperti prosesi sebelumnya yang telah digelar, prosesi hari jadi ke 822 ini dibuat lebih sakral. Panitia membuat prosesi hari jadi ini seperti prosesi adat di kerajaan. Para prajanggo baik patih dalam hal ini diperankan wabup, hingga senopati atau pejabat-pejabat di lingkup Pemkab Trenggalek melkukan sungkem pangabekti kepada Sinuwun Kanjeng Bupati dalam hal ini Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc. Hal ini dilakukan sebagai wujud pangabekti atau ketawadukan bawahan kepada pimpinannya.

Wakil Bupati H. Moch. Nur Arifin beserta pejabat dilingkup Pemkab. Trenggalek dan beberapa prajurit pembawa pusaka harus (mlaku dodok) jalan jongkok ketika memasuki ruang pendopo untuk menghadap Bupati. Meskipun sulit dilakukan karena fisik beberapa pejabat, namun mereka tetap khidmat melakoninya. Dalam prosesi selain melakukan jalan jongkok Wakil Bupati dan pejabat-pejabat tersebut melakukan sembah sungkem kepada Bupati. Satu persatu pusaka Kabupaten diserahkan Wakil Bupati kepada Bupati untuk disimpan kembali.

Dalam wawancara singkat dengan Wakil Bupati yang juga sutradara seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari jadi dan HUT RI menyampaiakan “kenapa prosesi ini kita buat sedikit bebeda lebih sakral, karena kami ingin memberikan contoh ketaatan terhadap pemimpin kita dalam hal ini Bupati. Wujud simbolis semua perangkat satuan daerah yang ada siap mendukung dan mendorong kinerja Bupati untuk memajukan daerah tercinta ini”, ungkapnya. (Humas)

 

Kabupaten Trenggalek Genap Usia 822

Created on 05 September 2016

Trenggalek merupakan suatu Kabupaten yang terletak di Selatan Barat Daya Provinsi Jawa Timur. 31 Agustus kemarin usia Kabupaten yang dipimpin Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc genap 822 tahun. Angka 822 ini merujuk pada prasasti Kamulan, yang disebutkan Trenggalek merupakan tanah perdikan. Peringati Hari Jadi ke-822 ini pemerintah daerah selalu menggelar prosesi adat yang rutin digelar tiap tahun. Banyak acara digelar hampir sebulan penuh, puncaknya pada tanggal 31 Agustus ditandai dengan resepsi hari jadi, pagelaran wayang kulit dan pesta kembang api. Resepsi hari jadi ini dimulai sejak malam menjelang tanggal 31 Agustus 2016 dengan diawali malam tirakatan disertai pengajian. Pada malam tirakatan ini pusaka-pusaka Kabupaten yang berjumlah 7 pusaka, salah satunya 2 tombak Korowelang di labuh dari Pendopo “Manggala Praja Nugraha” menuju balai Desa Kamulan Durenan.

Di balai desa ini tujuh pusaka ini diinapkan semalam disana yang diiringi dengan pengajian tirakatan disana. Setelah diinapkan pusaka-pusaka ini dikirab dari Kamulan menuju Pendopo Trenggalek, oleh Maha Patih Trenggalek yang dalam acara ini diperankan oleh Wakil Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Arifin. Dari Kamulan pusaka pusaka ini di kirab menggunakan kendaraan terbuka, menuju jalan Ronggo Warsito depan SMPN 5 Trenggalek. Dari titik ini pusaka-pusaka ini dikirab menggunakan kereta kencana menuju Pendopo Trenggalek, melalui rute pawai yang biasa dilakukan. Di depan Tugu Garuda kirab pusaka ini dilanjutkan dengan jalan kaki mengitari Alon-alon Trenggalek dan masuk kedalam areal Pendopo. Didepan iring-iringan para punggawa membawa foto-foto Bupati Trenggalek yang pernah menjabat, baru dibelakangnya Wakil Bupati dilanjutkan pusaka-pusaka kadipaten.

Pusaka-pusaka ini diserahkan langsung oleh Wakil Bupati H. Moch. Nur Arifin kepada Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc yang sudah menanti di singgasana di pendopo “Manggala Praja Nugraha” untuk kembali disimpan. Prosesi hari jadi ini dikemas dengan upacara adat keratin yang sangat sakral.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc Bupati Trenggalek menyatakan sangat menarik, ini merupakan prosesi hari jadi yang pertama kali saya ikuti. Dengan upacara adat yang sangat sakral, tadi merupakan suatu adat budaya yang perlu untuk dipertahankan dan dilestarikan kedepannya”, punkas Bupati usai kegiatan. (Humas)

 

Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc Menjadi Salah Satu Kepala Daerah Yang Diundang Dalam Acara "Generasi Integritas" Yang Diadakan KPK di Lombok

Created on 27 August 2016

Kerja keras dan mobilitas tinggi Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, terhadap daerah yang dipimpinnya dan negera tercinta memang tidak perlu diragukan lagi. Dalam pengabdiannya kepada negeri ini, Emil Dardak selain menjadi Bupati di Trenggalek, dengan kemampuannya yang sangat luar biasa pemuda ini juga dipercaya menjadi Wakil Ketua Umum APKASI kordinator bidang infrastruktur, hubungan luar negeri, kehutanan dan lingkungan hidup. Selain itu masih banyak lagi kepercayaan yang diberikan kepadanya seperti narasumber di acara UNCLG perwakilan Asean di Korsel serta perwakilan Asia Pasifik dalam acara serupa di Bogota Colombia. Semua yang dipercayakan kepada Bupati muda Trenggalek itu memang pantas disandangnya. Karena integritas dan semangat kerja bupati ini sangat luar biasa. Dalam bekerja Bupati Emil Dardak sangat luar biasa dalam memanfaatkan waktu. Tidak kenal lelah Bupati muda ini sangat bijak dalam memanfaatkan waktu dalam hidupnya.

Karena integritas dan keja kerasnya Bupati Trenggalek ini Kamis, 25 Agustus 2016 kemarin diundang dalam acara "Generasi Integritas" yang diadakan KPK di Lombok. Bersama beberapa Gubernur dan Kepala daerah yang direkomendasikan para tunas integritas diharapkan para pemimpin ini diyakini bisa menggodok dan membangun strategi supaya Indonesia ini bisa bersih.

Pada kesempatan ini, saat dikonfirmasi Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc menyampaikan bahwa membenarkan Kamis kemarin dirinya diundang dan menghadiri acara generasi integritas di lombok tersebut. Dikonfirmasi mengenai kegiatan disana Bupati Trenggalek ini menyampaiakan kami berkesempatan duduk bareng dengan Gubernur-gubernur, dan juga beberapa tokoh seperti wakil ketua pimpinan KPK Bapak Thony Saut Situmorang. Hadir juga pemenang Bung Hatta Coruption Watch Pak Yoyok Bupati Batang senior saya yang sangat saya hormati. Disitu kami juga bahagia ternyata juga diperhatikan oleh KPK, kata-kata Pak Saut "anda-anda yang hadir disini sudah melalui rekomendasi dari para tunas integritas". Para pemimpin yang diyakini bisa menggodok bagaimana supaya kita bisa membangun strategi supaya Indonesia ini bisa bersih".”Ungkapnya

Lebih lanjut, bersih integritas ini bukan hanya tidak korupsi, tetapi juga menjalankan tugas dengan amanah. Tidak korupsi tetapi kerja aras-arasan atau malas-malasan, itu juga bentuk korupsi sebenarnya. Disuruh masuk jam 8 akan tetapi dia nyolong-nyolong, ini juga bentuk sebuah korupsi. Jadi korupsi itu luas definisinya, integritas itu juga luas definisinya dan kita punya banyak cita-cita besar bahwa integritas itu bukan hanya menjauhkan kita dari korupsi melainkan integritas itu juga akan menjadi nilai jual Indonesia di mata dunia. Bahwa kita punya daya saing dalam masyarakat yang berintegritas", pungkasnya. (Humas)

 

Seluruh Unsur Pimpinan Trenggalek Lakukan Ziarah Makam Leluhur Trenggalek

Created on 05 September 2016

Seluruh unsur pimpinan di Kabupaten Trenggalek, Senin 28 Agustus 2016 lakukan ziarah leluhur sejarah Kabupaten Trenggalek. Unsur pimpinan ini mulai dari Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc beserta Wakil Bupati H Moch. Nur Arifin, Sekda Drs. Ali Musfofa, M.Si, Segenap Forkopimda, maupun beberapa Kepala SKPD dilingkup Pemkab. Trenggalek. Ziarah makam leluhur ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan kegiatan Hari Jadi Trenggalek ke-822. Senin sore itu ziarah leluhur ini diawali mengunjugi makam Mbah Kawak, salah satu tokoh yang babat alas Kabupaten Trenggalek, Dari makam Mbah Kawak ziarah ini dilanjutkan ke makam Setono Gedong di Ngatru.

Makam Menak Sopal salah satu adipati legendaris, yang dikenang masyarakat sampai sekarang karena penataan irigasi Dam Bagong yang membawa berkah irigasi pertanian dan penanggu─║angan banjir kala itu. Dari makam Menak Sopal ziarah dilanjutkan ke makam Kanjeng Jimat Mangun Dipuro di Ngulan Kulon Pogalan. Terakhir rangkaian ziarah ini di makam Adipati Widjoyo Koesumo dan Adipati Ario Poerbonegoro di Astono Girimoelyo Sumber Karangan. Rombongan di makam ini melakukan syukuran bersama masyarakat.

Pada kesempatan ini, Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc menyampaikan bahwa kita patut bersyukur, ternyata Trenggalek mempunyai sejarah yang cukup panjang. Dimulai dari yang pernah jadi Bupati, juga beliau-beliau yang katanya babad alas seperti Mbah Kawak, Menak Sopal. Lalu ternyata pada tahun 1743 Raden Soemotono yang juga punya ikatan keluarga dengan Bupati Ponorogo, kita juga datangi makamnya. Putranya Jaya Negara, terus ada lagi Kanjeng Jimat Mangun Dipuro, dan saat ini Adipati Widjoyo Koesumo dan Adipati Ario Poerbonegoro di Astono Girimoelyo Sumber Karangan. Jadi pengalaman yang menarik, napak tilas kepemimpinan beliau-beliau, dan mudah mudahan ini akan menambah makna histories dalam melaksanakan hari Jadi Trenggalek yang ke 822 ini", Pungkas Bupati. (Humas)

 

LPMP Jadikan Beberapa Sekolah di Trenggalek Pilot Project Nasional Sekolah Model

Created on 27 August 2016

Jum'at malam, 26 Agustus 2016 Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, terima kunjungan rombongan tamu dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) di ruang tamu Pendopo “Manggala Praja Nugaraha”. Kehadiran ketua LPMP dan rombongannya ke Trenggalek ini didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Trenggalek Drs Kusprigianto, MM, beserta beberapa jajarannya. Kedatangan LPMP ke Kabupaten Trenggalek ini dalam rangka membawa program nasional ke Trenggalek. LPMP akan menjadikan 16 sekolah di Trenggalek menjadi pilot project sekolah model nasional. Trenggalek ditunjuk pusat bersama dua daerah lainnya Mojokerto dan Lamongan di Jatim.

Ketua LPMP Bambang Agus Susetyo, saat dikonfirmasi mengenai kedatangannya menyampaikan bahwa kedatangan kami ke Trenggalek dalam rangka menemui Bapak Bupati, mempersiapkan Kabupaten Trenggalek akan dijadikan pilot project nasional untuk sekolah model. Khusus Trenggalek akan ada 16 sekolah yang akan dijadikan pilot project program ini. 16 sekolah ini terdiri dari 8 SD, 4 SMP, 2 SMA dan 2 SMK. Dalam waktu dekat akan segera kita laksanakan, jadi nanti ketika kami sudah bertemu pak Bupati, akan kami susun. Kepala dinas akan segera tentukan 16 sekolah yang menjadi pilot project ini. Selanjutnya akan segera kita latih para guru, kepala sekolah, pengawas, komite dan ada dari humas. Di Jawa Timur sendiri program ini masih ada tiga, setelah Mojokerto lanjut Lamongan dan sebentar lagi Trenggalek", ungkap ketua LPMP.

Sementara itu, dikonfirmasi mengenai kunjungan LPMP ke Trenggalek, Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc menyampaikan jadi kita mengenal standart pelayanan minimum (SPM), ternyata juga ada standart nasional pendidikan. Nah ini mengenai bagaimana kita mengembangkan sistem penjaminan mutu yang dikembangkan dengan sistem button up. Kearifan lokal, konteks lokal itu akan membuat sistem penjaminan mutu itu lebih aplikatif, kita dipilih sebagai pilot. Bagaimana caranya, melihat memang semangat dan komitmen dan prestasi dari warga Trenggalek ini. Karena nilai UN kita juga menjadi sepuluh terbaik di Jawa Timur. Sedikit sekali yang dibidik oleh LPMP untuk program ini ada tiga yakni Kabupaten Mojokerto, Lamongan dan satunya Trenggalek. Nantinya akan ada 8 SD, 4 SMP, 2 SMA dan 2 SMK, dengan konsep penjaminan mutu yang di development dari sekolah-sekolah ini akan menjadi percontohan. Dimana sistem penjaminan mutu yang akan dikembangkan itu bisa lebih efektif untuk dikembangkan", pungkas Bupati. (Humas)

 

Page 1 of 14

BERITA LAINNYA

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
Prev Next
Bupati Trenggalek Sampaikan Santunan PT. TASPEN (Persero) Kepada Ahli Waris Penerima Pensiunan

22 MEI

Bupati Trenggalek Sampaikan Santunan PT. TASPEN (Persero) Kepada Ahli Waris Penerima Pensiunan

Usai memimpin upacara peringatan Harkitnas ke-109, Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc., menyampaikan santunan dari PT. TASPEN (Persero) kepada ahli waris penerima pensiunan, atas...

Bupati Trenggalek, Ajak Warga Masyarakat Pupuk Persatuan dan Kesatuan di Hari Kebangkitan Nasional

22 MEI

Bupati Trenggalek, Ajak Warga Masyarakat Pupuk Persatuan dan Kesatuan di Hari Kebangkitan Nasional

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, mengajak seluruh warga masyarakat untuk pupuk persatuan dan kesatuan di Hari Kebangkitan Nasional. Peringati hari Kebangkitan Nasional Pemkab...

Koordinasikan Perbaikan Infrastruktur, Bupati Emil Sidak Dinas PUPR

22 MEI

Koordinasikan Perbaikan Infrastruktur, Bupati Emil Sidak Dinas PUPR

Bupati Emil Dardak, melakukan sidak di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Senin (22/5/2017). Sidak tersebut dalam rangka koordinasi pelaksanaan perbaikan beberapa infratruktur...

Momentum Kebangkitan Persiga, Tumbangkan Blitar Poetra

21 MEI

Momentum Kebangkitan Persiga, Tumbangkan Blitar Poetra

Bermain di kandang, Persiga tampil cukup gemilang lawan Blitar Poetra, Minggu (21/5). Dalam laga kandang tersebut Persiga berhasil kalahkan menang 2-0. Dua gol Persiga dicetak...

Persiga Kalahkan Blitar Poetra Dua Gol Tanpa Balas

21 MEI

Persiga Kalahkan Blitar Poetra Dua Gol Tanpa Balas

Laskar Gajah Putih, Persiga kembali unjuk gigi di hadapan pendukung sendiri saat menjamu Blitar Poetra, Minggu (21/5/2017) di Stadion Menak Sopal Kabupaten Trenggalek. Pada pertandingan...

Diangkat CPNS, 55 Bidan PTT Trenggalek Bernafas Lega

19 MEI

Diangkat CPNS, 55 Bidan PTT Trenggalek Bernafas Lega

Setelah cukup lama mengabdi, 55 Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Trenggalek bisa bernafas lega, pasalnya Panselnas Badan Kepegawaian Nasional (BKN) merekomendasi pengangkatan CPNS 55...

Pemkab Trenggalek Ikut Meriahkan Mlaku Bareng Kapolres Trenggalek

19 MEI

Pemkab Trenggalek Ikut Meriahkan Mlaku Bareng Kapolres Trenggalek

Peringati Hari Bhayangkara ke-71, Polres Trenggalek Jawa Timur, gelar kegiatan mlaku bareng Bersama Kapolres Trenggalek. Peringatan Hari Bhayangkara ke-71 ini dilakukan sedikit lebih awal mengingat...

Wabup Arifin: Pancasila Merupakan Payung Pemersatu

18 MEI

Wabup Arifin: Pancasila Merupakan Payung Pemersatu

Dalam seminar kebangsaan yang mengangkat tema "Membingkai Toleransi Umat Beragama dalam Cita-Cita Kebhinnekaan dalam Keutuhan NKRI", banyak membahas tentang memudarkan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan...

Bupati Trenggalek Buka Seminar Kebangsaan

18 MEI

Bupati Trenggalek Buka Seminar Kebangsaan

Implementasi nilai-nilai Pancasila yang saat ini kian memudar, membuat bangsa Indonesia rentan akan berbagai masalah yang dapat mengancam persatuan. Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Trenggalek...

Kalahkan Mojosari Putra, Persiga Raih Poin Penuh Pertandingan Kandang

17 MEI

Kalahkan Mojosari Putra, Persiga Raih Poin Penuh Pertandingan Kandang

Dalam pertandingan kandang di Stadion Menaksopal Trenggalek, Rabu (17/5) Persiga berhasil amankan point penuh tiga angka. Tim Gajah Putih Trenggalek berhasil Kalahkan Mojosari Putra 1-0...

Persiga Amankan Tiga Poin Di Kandang

17 MEI

Persiga Amankan Tiga Poin Di Kandang

Tim Laskar Gajah Putih Persiga berhasil mengamankan poin penuh saat berlaga di kandang melawan Mojosari Putra, Rabu (17/5/2017). Bermain di Stadion Menak Sopal, tim tuan...

Bakar Semangat Pemain, Emil Dardak Berikan Pengarahan Sebelum Bertanding

17 MEI

Bakar Semangat Pemain, Emil Dardak Berikan Pengarahan Sebelum Bertanding

Pertandingan kandang perdana Persiga di Liga III, tidak ingin dilewatkan oleh Pasangan Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, dan Wakilnya H. Moch. Nur Arifin...

Kondisi Prima, Persiga Siap Amankan Poin Penuh di Kandang

17 MEI

Kondisi Prima, Persiga Siap Amankan Poin Penuh di Kandang

Persiga Trenggalek jamu Mojosari Putra Mojokerto di Stadion Kebanggan Menaksopal, Rabu (17/5). Pertandingan ini dalam rangka putaran kompetisi Liga III. Dalam pertandingan kandang perdana ini...

Job Market Fair Upaya Pemerintah Kabupaten Trenggalek Kurangi Angka Pengangguran

17 MEI

Job Market Fair Upaya Pemerintah Kabupaten Trenggalek Kurangi Angka Pengangguran

Pengangguran memang menjadi permasalahan di beberapa daerah, termasuk salah satunya Trenggalek. Angka pengangguran yang cukup tinggi ini pastinya membuat Pemerintah Daerah harus memutar otak untuk...

Trenggalek Job Market Fair 2017, Diserbu Ribuan Pencari Kerja

17 MEI

Trenggalek Job Market Fair 2017, Diserbu Ribuan Pencari Kerja

Bursa peluang kerja yang bertajuk Job Market Fair tahun 2017, yang diselenggarakan di Hall Majapahit Hotel Hayam Wuruk Trenggalek, Rabu (17/5) diserbu ribuan pencari kerja....

Berikan Peluang Pekerjaan, Bupati Emil Dardak Buka Job Market Fair 2017

17 MEI

Berikan Peluang Pekerjaan, Bupati Emil Dardak Buka Job Market Fair 2017

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, buka bursa lowongan pekerjaan Job Fair Trenggalek tahun 2017, Rabu (17/5/2017). Bursa tenaga kerja tahun 2017 ini diselenggarakan...

Bupati Emil Sidak ULP, Penawaran Terendah Belum Tentu Menang Lelang

16 MEI

Bupati Emil Sidak ULP, Penawaran Terendah Belum Tentu Menang Lelang

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, sidak di Kantor Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Trenggalek, Selasa (16/5/2017). Sidak Bupati ini dalam rangka memberikan spirit...

Pasien Steven Jhonson Meninggal, Bupati Emil Dardak Prihatin

16 MEI

Pasien Steven Jhonson Meninggal, Bupati Emil Dardak Prihatin

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, prihatin terhadap meninggalnya Niko Ardiansyah, anak 8 tahun kelas II SDN 3 Bendoagung Kampak yang terjangkit penyakit Steven...

Emil Dardak Ajak Masyarakat Trenggalek Gemar Membaca dalam Kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca

16 MEI

Emil Dardak Ajak Masyarakat Trenggalek Gemar Membaca dalam Kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca

Galakkan budaya gemar membaca, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI yang difasilitasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Trenggalek menggelar kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca, Selasa...

Bupati Emil Dardak Tutup Diklat Tenaga Teknis Pengelolaan Hutan Produksi/ Lestari Penguji Kayu Bulat Rimba (GANISPHPL-PKB-R)

16 MEI

Bupati Emil Dardak Tutup Diklat Tenaga Teknis Pengelolaan Hutan Produksi/ Lestari Penguji Kayu Bulat Rimba (GANISPHPL-PKB-R)

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, tutup kegiatan Diklat Tenaga Teknis Pengelolaan Hutan Produksi/ Lestari Penguji Kayu Bulat Rimba (GANISPHPL-PKB-R), Selasa (16/5/2017). 59 tenaga...

Arumi Bachcin Buka Pelatihan Batik Untuk Pelaku UMKM di Trenggalek

16 MEI

Arumi Bachcin Buka Pelatihan Batik Untuk Pelaku UMKM di Trenggalek

Ketua Dekranasda Trenggalek, Arumi Bachcin buka pelatihan batik, Selasa (16/5/2017). Pelatihan membatik bagi pelaku UMKM ini dilaksanakan di Rumah Batik Aleya Desa Parakan Trenggalek. Kegiatan...

Pemkab Trenggalek dan Bank Jatim Gelar Pertandingan Persahabatan Tenis

13 MEI

Pemkab Trenggalek dan Bank Jatim Gelar Pertandingan Persahabatan Tenis

Untuk mempererat jalinan silaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Sabtu pagi (13/5/2017), Bank Jatim menggelar pertandingan persahabatan tenis di lapangan tenis Jwalita Kabupaten Trenggalek. Kegiatan tersebut...

Wakil Bupati Arifin Resmikan Terminal Wisata Durenan

12 MEI

Wakil Bupati Arifin Resmikan Terminal Wisata Durenan

Pemerintahan pasangan Bupati Emil dan Wabup Arifin terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Trenggalek, salah satunya melalui pengembangan UMKM. Selain pembinaan, perlu juga adanya...

Bupati Emil Apresiasi Peran Masyarakat dalam Penyebarluasan Informasi Sosial di Sekitarnya

12 MEI

Bupati Emil Apresiasi Peran Masyarakat dalam Penyebarluasan Informasi Sosial di Sekitarnya

Di era digital ini masyarakat bisa dengan mudahnya mengunggah dan menyebarkan sebuah informasi. Dalam waktu sekejab informasi ini bisa berpindah dari perangkat satu keperangkat yang...

Pemkab Trenggalek Respon Positif Aksi Unjuk Rasa Wartawan dan Ormas

12 MEI

Pemkab Trenggalek Respon Positif Aksi Unjuk Rasa Wartawan dan Ormas

Perkumpulan Wartawan dan Ormas yang tergabung dalam "Trenggalek Watch" melakukan unjuk rasa terkait kebijakan anggaran publikasi media dan kinerja Pemerintah Daerah, Kamis (12/5). Unjuk rasa...

Bermain Tandang Persiga Berhasil Amankan Satu Point

10 MEI

Bermain Tandang Persiga Berhasil Amankan Satu Point

Bermain tandang, Persiga berhasil mencuri satu angka lawan Asyifa di Lapangan Arhanud Malang, Rabu (10/5). Dengan skor 1-1 Persiga berhasil dapatkan 1 point di kompetisi...

Pemkab Trenggalek Respon Cepat, Kasus Bocah Kampak Diduga Keracunan Minuman Kemasan

10 MEI

Pemkab Trenggalek Respon Cepat, Kasus Bocah Kampak Diduga Keracunan Minuman Kemasan

Mendengar masyarakatnya diduga keracunan minuman kemasan dan dirujuk ke Rumah Sakit dr. Iskak Tulungagung, Pemkab Trenggalek segera merespon cepat, Pasangan Bupati muda ini segera menurunkan...

Trenggalek Direncanakan Menjadi Studi Kasus Pengembangan Kerangka Mitigasi Bencana Tanah Gerak dan Longsor Ahli Geologi

10 MEI

Trenggalek Direncanakan Menjadi Studi Kasus Pengembangan Kerangka Mitigasi Bencana Tanah Gerak dan Longsor Ahli Geologi

Kabupaten Trenggalek direncanakan menjadi studi kasus untuk mengembangkan kerangka mitigasi bencana tanah gerak dan longsor oleh para ahli geologi yang tergabung dalam Ikatan Ahli Geologi...

Desa Wonocoyo Layak Dinominasikan Sebagai Desa Terbaik

09 MEI

Desa Wonocoyo Layak Dinominasikan Sebagai Desa Terbaik

Desa Wonocoyo menjadi juara pertama pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten Trenggalek dikarenakan memiliki keunggulan di berbagai bidang. Disampaikan oleh Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur...

Tim Penilai Lomba Desa Kunjungi Desa Wonocoyo

09 MEI

Tim Penilai Lomba Desa Kunjungi Desa Wonocoyo

Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul yang menjadi juara pertama Lomba Desa Tingkat Kabupaten, berhasil menjadi nominasi pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Timur. Terkait prestasi tersebut,...

Produk UKM Trenggalek Menjadi Primadona di Pameran BBGRM Jatim Tahun 2017

08 MEI

Produk UKM Trenggalek Menjadi Primadona di Pameran BBGRM Jatim Tahun 2017

Produk UKM unggulan Kabupaten Trenggalek berhasil memikat pengunjung Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Jatim Tahun 2017 dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang...

Tim Gajah Putih Persiga Siap Berkompetisi di Liga 3

06 MEI

Tim Gajah Putih Persiga Siap Berkompetisi di Liga 3

Tim berjuluk Gajah Putih, Persiga, akan melakoni pertandingan pertama di Liga 3 menghadapi Asifa Malang pada 10 Mei 2017 mendatang. Menjelang kompetisi Liga 3 tersebut,...

Launching Tim Persiga Digelar Meriah

06 MEI

Launching Tim Persiga Digelar Meriah

Tim sepakbola kebanggaan masyarakat Trenggalek, Persiga, yang akan menjalani musim kompetisi Liga 3 dan Liga U-17, secara resmi di-launching oleh Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochamad...

Ditutup, Bukan Berarti Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat Berakhir

06 MEI

Ditutup, Bukan Berarti Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat Berakhir

Kamis (4/5/2017) kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Trenggalek ditutup. Penutupan kegiatan TMMD ini dilaksanakan melalui kegiatan upacara yang diselenggarakan di Alun-alun Kabupaten...

Danrem 081/ DJS Madiun Tinjau Hasil TMMD ke-98 Trenggalek

06 MEI

Danrem 081/ DJS Madiun Tinjau Hasil TMMD ke-98 Trenggalek

Usai ditutup dan diserah terimakan kepada Pemkab Trenggalek, Komadan Korem 081/ DSJ Madiun Kolonel Inf. Piek Budyakto didampingi Forkopimda tinjau hasil kegiatan TNI Manunggal Membangun...

Percepat Pertumbuhan Ekonomi, Pemkab Trenggalek Usulkan Kawasan Ekonomi Khusus

06 MEI

Percepat Pertumbuhan Ekonomi, Pemkab Trenggalek Usulkan Kawasan Ekonomi Khusus

Pasangan Bupati Muda Trenggalek terus berinovasi dan berupaya untuk memakmurkan Daerahnya. Demi terwujudnya pertumbuhan ekonomi daerah, pasangan Bupati muda ini mengusulkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)...

9,4 Miliar Dana Pusat Disasarkan Untuk Pengembangan TPA Srabah Kec. Bendungan - Trenggalek

06 MEI

9,4 Miliar Dana Pusat Disasarkan Untuk Pengembangan TPA Srabah Kec. Bendungan - Trenggalek

Pemkab Trenggalek terus berupaya mengembangkan TPA Srabah Bendungan. Dana Rp 9,4 miliar dari pusat disasarkan untuk mengembangkan TPA Srabah Bendungan ini. Permasalahan sampah merupakan permasalahan yang...

Danrem 081/ DSJ Madiun Tutup Kegiatan TMMD di Trenggalek.

05 MEI

Danrem 081/ DSJ Madiun Tutup Kegiatan TMMD di Trenggalek.

Lima Kabupaten di Jawa Timur menggelar kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2017. Satu bulan penuh TNI sebagai alat Kemanan Negara membaur manunggal bersama...

Dituntut Lebih Profesional, Aparatur Sipil Dibekali Pembinaan Mental Spiritual

04 MEI

Dituntut Lebih Profesional, Aparatur Sipil Dibekali Pembinaan Mental Spiritual

Untuk mewujudkan Good Goverment, Pemerintah Kabupaten Trenggalek bekali Aparatur Sipil dilingkup Setda Trenggalek dengan pembinaan mental spiritual, Kamis (04/5). Kegiatan ini ditujukan, agar Aparatur Sipil...

Bupati Trenggalek Temui Aksi Demo Gabungan Mahasiswa Trenggalek

02 MEI

Bupati Trenggalek Temui Aksi Demo Gabungan Mahasiswa Trenggalek

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak temui aksi demo gabungan mahasiswa Trenggalek, Selasa (2/4/2017) di Pendopo Manggala Praja Nugraha. Dalam kesempatan tersebut Bupati didampingi Forkopimda...