Ratusan Warga Rebutkan Tumpeng Agung Hari Jadi Trenggalek Ke 823

Created on 31 August 2017

Ratusan warga Trenggalek padati halaman pendopo Manggala Praja Nugraha, Kamis (31/8). Kedatangan warga di Pendopo ini untuk memperebutkan tumpeng sesaji yang dikemas dalam bentuk Tumpeng Agung atau tumpeng raksasa.

Tumpeng ini disajikan dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Trenggalek 823 fi tahun 2017 ini. Gunungan nasi kuning setinggi kurang lebih dua meter dilengkapi sengan aneka sayur pelengkap serta ingkung ayam (ayam panggang utuh)memang disiapkan untuk diperebutkan warga usai dikirab bersama pusaka Kadipaten.

Warga masyarakat sangat antusias, untuk memperebutkan (purak) tumpeng agung ini. Banyak warga yang tidak sabar untuk segera memperebutkan isi tumpeng raksasa ini, pasalnya mereka meyakini tumpeng ini bisa membawa keberkahan hidupnya.

Menurut Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, tradisi "tumpengan" ini telah dilakukan turun temurun dan menjadi salah satu agenda wajib dalam rangkaian hari jadi ini.

Isi tumpeng yang ada, merupakan lambang kemakmuran dan kesejahteraan Kabupaten Trenggalek, makanya diperebutkan. "Sangat menarik dan harus terus dilestarikan," ungkap Emil.

Tak mau ketinggalan Arumi Bachcin, istri Bupati Trenggalek sangat terkesan dengan kemeriahan prosesi Hari Jadi Kabupaten Trenggalek yang ke-823 ini. Apalagi dirinya sempat merasakan menaiki Kereta Kyai Garuda Kencana (kereta kencana kebanggaan Kraton Surakarta) keliling jalan Protokol Trenggalek.

"Cukup menarik," ungkap Arumi, semoga Trenggalek semakin maju dan tambah ramai, tandasnya. (Humas)

 

Peringatan Hari Jadi Trenggalek Berlangsung Cukup Sakral

Created on 31 August 2017

Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Trenggalek berlangsung cukup meriah. Meskipun meriah kesakralan peringatan Hari Jadi ini tidak pernah ditinggalkan sedikitpun dari tahun ketahun.

Prosesi hari jadi ini diawali dengan penjamasan pusaka Kadipaten. Dua Tombak Korowelang dicuci menggunakan air dari 14 sumber keramat di 14 Kecamatan yang ada. Penjamasan ini rutin dilakukan tiap tahun, sekaligus upaya merawat pusaka Kabupaten.

Pusaka yang sudah dibersihkan ini kemudian dititipkan semalam di lokasi Prasasti Medang Kamulyan di Desa Kamulan Durenan. Penanggalan dalam prasasti ini dijadikan tanggal lahirnya Kabupaten Trenggalek dan kembali diarak menuju pendopo Kabupaten keesokan harinya untuk kembali disimpan.

Yang sangat ditunggu warga dalam prosesi hari jadi ini, adalah kirab pusaka dan perebutan sedekah bumi, tumpeng Agung dan air jamasan yang diyakini warga masyarakat bisa membawa keberkahan. (Humas)

 

Ziarah Makam Leluhur Jelang Hari Jadi Trenggalek

Created on 28 August 2017

Menjelang Hari Jadi Trenggalek ke 823, Forkopimda beserta Seluruh Pejabat dilingkup Pemkab Trenggalek menggelar ziarah makam leluhur, Senin (28/8). Ziarah makam leluhur ini merupakan agenda tahunan yang merupakan salah satu rangkaian agenda kegiatan peringatan Hari Jadi Trenggalek ke-823.

Pertama makam yang dikunjungi Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, makam Mbah Kawak, salah satu tokoh yang babat pertama Kabupaten Trenggalek. Dari sini ziarah dilanjutkan ke makam Setono Gedong di Ngantru.

Dari makam Setono Gedong Ngantru dilanjutkan ziarah ke makam Adipati Menak Sopal, yang dikenang masyarakat sampai sekarang karena penataan irigasi Dam Bagong yang membawa berkah irigasi pertanian dan penanggu─║angan banjir kala itu.

Dari makam Menak Sopal ziarah dilanjutkan ke makam Kanjeng Jimat Mangun Dipuro di Ngulan Kulon Pogalan. Terakhir rangkaian ziarah ini di makam Adipati Widjoyo Koesumo dan Adipati Ario Poerbonegoro di Astono Girimoelyo Sumber Karangan.

Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc dalam ziarah leluhur ini menyampaikan "kita patut bersyukur, ternyata Trenggalek mempunyai sejarah yang cukup panjang dan beberapa masa, " tuturnya,

"Melalui ziarah ini kita ingin mencoba untuk tetap melestarikan sejarah pendahulu yang dimulai dari beberapa tokoh yang pernah menjadi Bupati, dan juga tokoh-tokoh yang katanya babad alas seperti halnya Mbah Kawak maupun Adipati Menak Sopal," imbuh Emil.

"Ternyata dalam sejarah pendahulu kita ada ikatan ikatan dengan beberapa Bupati tetangga, sepertihalnya pada tahun 1743 Raden Soemotono yang juga punya ikatan keluarga dengan Bupati Ponorogo. Kita juga datangi makamnya putra Jaya Negara, terus ada lagi Kanjeng Jimat Mangun Dipuro, dan saat ini Adipati Widjoyo Koesumo dan Adipati Aryo Poerbonegoro di Astono Girimoelyo Sumber Karangan."

"Ini merupakan pengalaman yang menarik, napak tilas kepemimpinan beliau-beliau, dan mudah mudahan ini akan menambah makna histories dalam melaksanakan hari Jadi Kabupaten Trenggalek ke-823," tegasnya. (Humas)

 

Hari Jadi 823 Trenggalek, Emil Dardak dan Arumi Bachcin Naiki Kereta Kyai Garuda Kencana

Created on 31 August 2017

Peringatan HUT Kabupaten Trenggalek ke 823 berlangsung cukup meriah. Lebih-lebih dengan kehadiran Kereta Kencana Kyai Garuda Kencana yang ditunggangi keluarga Bupati Trenggalek dalam kirab pusaka, Kamis (31/8).

Kyai Garuda Kencana, kereta kencana yang berasal dari Kraton Surakarta mengantarkan Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, Arumi Bachcin istrinya serta kedua anaknya menyapa warga masyarakat dipuncak peringatan Hari Jadi Trenggalek ke-823.

Kehadiran Kereta Kyai Garuda Kencana dalam kirab pusaka ini, cukup menyita perhatian warga masyarakat Trenggalek, pasalnya selain mempercantik, Kyai Garuda kencana juga menambah kesakralan upacara adat ini.

Apalagi kereta kencana yang juga adalah satu yang dikeramatkan oleh Keraton Solo ini tidak bisa sembarangan dipakai. Orang-orang tertentu dan event tertentu saja yang diperbolehkan sesuai wangsit yang diterima juru kunci.

Kereta Kyai Garuda Kencana, yang mengangkut Bupati Trenggalek ini ditarik 8 ekor kuda dengan satu kusir utama. Sedangkan masing kuda penarik dinaiki satu penunggang kuda. Sebagai penutup teriknya matahari disediakan dua songsong (payung) pelindung.

Kyai Garuda Kencana atau Kyai Putro ini merupakan kereta kebanggaan Kraton Surakarta, dan biasa digunakan untuk penobatan Sang Raja.

Dalam kirab pusaka ini dibelakang kereta kencana terdapat iring-iringan pusaka Kadipaten dua tombak Korowelang yang ikut mewarnai sejarah berdirinya Trenggalek, payung, panji, iring-iringan foto mantan Bupati dan Wakil Bupati pendahulu serta kereta Kuda para Kepala Sekolah. (Humas)

 

Telusur Sejarah Makam Mbah Kawak

Created on 28 August 2017

Mbah Kawak atau Eyang Kawak diyakini masyarakat Trenggalek sebagai tokoh yang membuka kawasan Trenggalek yang dulunya masih dikenal dengan Trenggalih atau terange ing galih (terangnya hati).

Menurut Miskun juru kunci generasi ke 6 Makam Mbah Kawak, Eyang Kawak atau erat dikenal Mbah Kawak ini merupakan tokoh syiar Agama Islam pertama di Trenggalek. Eyang Kawak sendiri konon katanya dari Majapahit sedangkan Eyang Putri masih keturunan kerajaan.

Banyak peziarah menyakini Mbah Kawak ini sebagai Abdul Hamid, ada juga yang menyebut Jaya Lengkoro atau Raden Joyo Lengkoro dan masih banyak nama lainnya. Namun menurut Miskun, sejatinya siapa Mbah Kawak ini belum diketahui.

Bahkan praktisi sejarahpun belum bisa mengungkap siapa Mbah Kawak ini. Miskun sendiri dan beberapa juru kunci sebelumnya juga belum bisa mengungkap siapa sejatinya Eyang Kawak ini.

Dalam setiap dialog gaibnya Eyang Kawak enggan mengungkap siapa sejatinya dirinya. Dituturkan Miskun, "kamu tahu semua yang ziarah disini membawa nama-nama sendiri, sehingga sebut aku Eyang Kawak Kakung Putri saja," tutur Miskun.

"Kalau saya sebut siapa sejati saya, siapa yang percaya. Kalau mereka tidak mau menyebut Kawak, artikan saja sebagai Kawak-kawaknya manusia (awal-awalnya manusia)," cerita Miskun atas komunikasi ghaibnya dengan Eyang Kawak.

Ditambahkan juaru kunci ini "ada banyak tujuan peziarah di sini, ada yang bertujuan meminta pangkat derajad maupun urusan rumah tangga. Biasanya untuk para peziarah yang mencari pangkat derajad biasanya meminta kepada Eyang kakung. Sedangkan untuk urusan rumah tangga biasanya meminta kepada Eyang Putri," tandas Miskun. (Humas)

 

Page 1 of 21

BERITA LAINNYA

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
Prev Next
Bupati Emil Dardak Hadiri Undangan Presiden Jokowi

05 JULI

Bupati Emil Dardak Hadiri Undangan Presiden Jokowi

Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc yang juga Wakil Ketua Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) hadiri undangan Presiden Joko Widodo ke Istana Bogor...

Dua Tahun Berturut-turut Kabupaten Trenggalek Raih Opini WTP

31 MEI

Dua Tahun Berturut-turut Kabupaten Trenggalek Raih Opini WTP

Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Drs. Kusprigianto, MM,  bersama Ketua DPRD,Samsul Anam, SH, MH, M.Hum, mewakili Pemerintah Kabupaten Trenggalek menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)...

Plt Sekda lanjutkan Kegiatan Safari Ramadhan 1439 H ke Kecamatan Dongko

28 MEI

Plt Sekda lanjutkan Kegiatan Safari Ramadhan 1439 H ke Kecamatan Dongko

Memasuki 12 hari puasa ramadhan 1439 H, Pemerintah Kabupaten Trenggalek melakukan kegiatan Safari Ramadhan di masjid Ar Rahman Dusun Karang Tengah Desa Dongko Kecamatan Dongko,...

Menginap di Rumah Warga, Plt Bupati Nur Arifin Nikmati Suasana Ramadhan Bersama Warga Desa

24 MEI

Menginap di Rumah Warga, Plt Bupati Nur Arifin Nikmati Suasana Ramadhan Bersama Warga Desa

Di bulan suci Ramadhan, Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin, tetap melakukan kegiatan rutin menginap di rumah warga. Menurutnya, agenda menginap di rumah warga...

Pemkab Trenggalek  Safari Ramadhan di  Desa Karanganyar  dan Desa Botoputih  di hari ke empat jadwal kunjungan Safarai Ramadhan 1439 H

24 MEI

Pemkab Trenggalek Safari Ramadhan di Desa Karanganyar dan Desa Botoputih di hari ke empat jadwal kunjungan…

Desa Botoputih Kecamatan Bendungan dan Desa Karanganyar Kecamatan Pule menjadi tujuan safari ramadhan Pemerintah Kabupaten Trenggalek di hari ke empat jadwal kunjungan Safari Ramadhan 1439...

Sepekan Ramadhan Pemkab Trenggalek Safari Ramadhan di Desa Semarum dan Desa Karangrejo

23 MEI

Sepekan Ramadhan Pemkab Trenggalek Safari Ramadhan di Desa Semarum dan Desa Karangrejo

Memasuki hari ke 7 Puasa, Pemerintah Kabupaten Trenggalek lanjutkan kegiatan Safari Ramadhan 1439 H di Kecamatan Durenan dan Kecamatan Kampak, Rabu (23/5/2018).   Pada safari Ramadhan kali...

Hari Kedua Safari Ramadhan, Pemkab Trenggalek Sambangi Desa Gembleb dan Desa Sukowetan

22 MEI

Hari Kedua Safari Ramadhan, Pemkab Trenggalek Sambangi Desa Gembleb dan Desa Sukowetan

Pemerintah Kabupaten Trenggalek lanjutkan kegiatan Safari Ramadhan 1439 H di Kecamatan Pogalan dan Kecamatan Karangan, Selasa (22/5/2018).   Di hari kedua safari, rombongan Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten...

Tanda Tangani Pakta Integritas, Pemkab Trenggalek Harapkan Kinerja Pemerintahan yang Optimal

22 MEI

Tanda Tangani Pakta Integritas, Pemkab Trenggalek Harapkan Kinerja Pemerintahan yang Optimal

Ditengah khusuknya menjalankan Ibadah Puasa di bulan suci Ramadhan 1439 H, Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Drs. Kusprigianto, MM, memimpin langsung   acara penandatanganan pakta integritas...

Pemkab Trenggalek Mulai Kegiatan Safari Ramadhan 1439 H

21 MEI

Pemkab Trenggalek Mulai Kegiatan Safari Ramadhan 1439 H

Pemerintah Kabupaten Trenggalek mengawali kegiatan Safari Ramadhan 1439 H di Kecamatan Munjungan dan Kecamatan Panggul, Senin (21/5/2018).   Seperti tahun-tahun sebelumnya, didampingi jajaran Forpimda beserta Pimpinan OPD,...

Pemkab Trenggalek Gelar Upacara Peringati Kebangkitan Nasional

21 MEI

Pemkab Trenggalek Gelar Upacara Peringati Kebangkitan Nasional

Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggelar upacara bendera memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-110 tahun 2018 di Aloon-Aloon Trenggalek, Senin (21/5/2018). Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Trenggalek, H. Mochamad...

Awal Ramadhan, Plt Bupati Nur Arifin Menginap di Rumah Warga Ngrambingan Panggul

17 MEI

Awal Ramadhan, Plt Bupati Nur Arifin Menginap di Rumah Warga Ngrambingan Panggul

Menginap di rumah warga merupakan salah satu agenda rutin yang dilakukan oleh Plt Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin. Agenda rutin tersebut merupakan salah satu...

Bersama Melawan Terorisme, Elemen Masyarakat Trenggalek Gelar Doa untuk Bangsa

16 MEI

Bersama Melawan Terorisme, Elemen Masyarakat Trenggalek Gelar Doa untuk Bangsa

Segenap elemen masyarakat Trenggalek, mulai sipil, TNI, Polri, tokoh lintas agama, hingga organisasi kemasyarakatan dan lainnya, menggelar aksi Bersama Melawan Terorisme, Rabu (16/5/2018) di depan...

Plt. Bupati Nur Arifin Serahkan SK Pengangkatan CPNS Menjadi PNS Bidan PTT dan Penyuluh Pertanian

16 MEI

Plt. Bupati Nur Arifin Serahkan SK Pengangkatan CPNS Menjadi PNS Bidan PTT dan Penyuluh Pertanian

Untuk mengisi formasi ASN yang lowong dari tenaga kesehatan dan penyuluh pertanian di lingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Rabu (16/5/2018) sebanyak 55 Bidan PTT dan 16...

Bank BTN Serahkan CSR Mobil Pintar Kepada Pemkab Trenggalek

15 MEI

Bank BTN Serahkan CSR Mobil Pintar Kepada Pemkab Trenggalek

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Kediri menyerahkan CSR berupa Mobil Pintar kepada Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Selasa (15/5/2018) di halaman Kantor Bupati Trenggalek. Penyerahan...

Tangkal Radikalisme, Plt Bupati Nur Arifin Harapkan Kesiagaan Dini

15 MEI

Tangkal Radikalisme, Plt Bupati Nur Arifin Harapkan Kesiagaan Dini

Menanggapi beberapa kasus tindak kriminal terorisme yang terjadi beberapa waktu lalu di Surabaya maupun wilayah lain di Indonesia, Kepolisian Resort Trenggalek menggelar Focus Group Discussion...

Plt. Sekda Drs. Kusprigianto, MM, Buka Sosialisasi Perda Nomor 11 Tahun 2015

15 MEI

Plt. Sekda Drs. Kusprigianto, MM, Buka Sosialisasi Perda Nomor 11 Tahun 2015

Plt. Sekda Kabupaten Trenggalek Drs. Kusprigianto, MM, Buka Sosialisasi Peraturan Daerah Kabupaten Trenggalek Nomor 11 Tahun 2015 tentang Peneyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Kegiatan...

Pembangunan Pelabuhan Prigi, Pemerintah Berkomitmen untuk Kesejahteraan Masyarakat

14 MEI

Pembangunan Pelabuhan Prigi, Pemerintah Berkomitmen untuk Kesejahteraan Masyarakat

Dalam rangka mendukung program Pemerintah terkait Pelayaran Perintis di pesisir selatan Jawa, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pembangunan Pelabuhan Prigi...

Plt. Bupati Nur Arifin: Pasar Pon Bakal Mempercantik Wajah Kota Trenggalek

14 MEI

Plt. Bupati Nur Arifin: Pasar Pon Bakal Mempercantik Wajah Kota Trenggalek

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin, mengatakan bahwa pembangunan Pasar Pon kedepan diharapkan mampu meningkatkan tidak hanya sekedar fungsi pasar, tetapi juga...

Pedagang Pasar Pon Sepakat Terkait Relokasi dan Pembangunan Segera Dilaksanakan

14 MEI

Pedagang Pasar Pon Sepakat Terkait Relokasi dan Pembangunan Segera Dilaksanakan

Pasar Pon Trenggalek akan segera di revitalisasi pada akhir tahun 2018 melalui sistem lelang. Sebagai langkah persiapan, Senin (14/5/2018) bertempat di Pendopo Manggala Praja Nugraha...

Kegiatan Sosial Bersama Perbarindo dan OJK, Plt Bupati Nur Arifin Harapkan BPR Berikan Kepercayan Kepada Masyarakat

12 MEI

Kegiatan Sosial Bersama Perbarindo dan OJK, Plt Bupati Nur Arifin Harapkan BPR Berikan Kepercayan Kepada Masyarakat

Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) DPK Tulungagung Trenggalek dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kediri menggelar kegiatan sosial bersama UMKM serta penyandang difabel dalam rangka...

Hadiri Gebyar PAUD, Plt. Sekda Kusprigianto Tekankan Pentingnya Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak

11 MEI

Hadiri Gebyar PAUD, Plt. Sekda Kusprigianto Tekankan Pentingnya Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak

Sosialisasi Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku), telah dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga (Dit. Bindikkel) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan...

Plt. Bupati Nur Arifin Berbagi Keceriaan Bersama Anak-Anak dalam Gebyar PAUD

11 MEI

Plt. Bupati Nur Arifin Berbagi Keceriaan Bersama Anak-Anak dalam Gebyar PAUD

Himpaudi Kabupaten Trenggalek menggelar kegiatan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2018 di Alun-Alun, Jumat (11/5/2018). Gebyar Paud kali ini mengambil tema “Melalui Penguatan...

Kenalkan Trenggalek Melalui Gelar Seni Budaya Daerah "Kaprawiran Ring Bhumi Teranggalih"

05 MEI

Kenalkan Trenggalek Melalui Gelar Seni Budaya Daerah "Kaprawiran Ring Bhumi Teranggalih"

Guna untuk memperkenalkan seni budaya dan promosi produk UKM Trenggalek. Jum’at (4/5/2018) Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali gelar pagelaran yang bertajuk "Kaprawiran Ring Bhumi Teranggalih" di...

Plt. Sekda Pimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional

02 MEI

Plt. Sekda Pimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional

Pemkab Trenggalek Trenggalek peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Rabu (2/5/2018). Peringatan Hardiknas ini ditandai dengan upacara bendera di Alun-alun Kabupaten Trenggalek.   Diperingatinya Hardiknas tanggal 2...

Plt. Sekda Kusprigianto Resmikan Active Learning Center di SMPN 1 Trenggalek

02 MEI

Plt. Sekda Kusprigianto Resmikan Active Learning Center di SMPN 1 Trenggalek

Plt Sekretaris Daerah kabupaten Trenggalek , Drs. Kusprigianto, MM, resmikan gedung Active Learning Clasroom (ALC) di SMP Negeri 1 Trenggalek, Rabu (2/5/2018). Peresmian gedung ALC...

Disbudpar Jatim Adakan Pagelaran Apresiasi Wayang Kulit di Pantai Prigi

01 MEI

Disbudpar Jatim Adakan Pagelaran Apresiasi Wayang Kulit di Pantai Prigi

Kabupaten Trenggalek dipercaya menjadi tuan rumah Pagelaran Apresiasi Wayang Kulit yang rutin digelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Acara yang di...

Laksanakan LPPD dengan Baik, Pemkab Trenggalek Terima Penghargaan dari Gubernur Jatim

27 APRIL

Laksanakan LPPD dengan Baik, Pemkab Trenggalek Terima Penghargaan dari Gubernur Jatim

Pemerintah Kabupaten Trenggalek menerima pengahargaan sebagai Kabupaten dengan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) terbaik pada upacara peringatan Hari Otonomi Daerah XXII Provinsi Jawa Timur yang...

Prestasi Kinerja Meningkat Pesat, Trenggalek Raih Bintang Tiga dari Kemendagri

26 APRIL

Prestasi Kinerja Meningkat Pesat, Trenggalek Raih Bintang Tiga dari Kemendagri

Selama  Dua tahun di bawah kepemimpinan pasangan Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, dan H. Mochamad Nur Arifin, Kabupaten Trenggalek berhasil meningkatkan peringkat secara nasional dalam...

Melalui Program Pamsimas III, Plt Bupati Trenggalek Berharap Masyarakat Dapat Mengakses Layanan Air Bersih

25 APRIL

Melalui Program Pamsimas III, Plt Bupati Trenggalek Berharap Masyarakat Dapat Mengakses Layanan Air Bersih

Dalam rangka menjaring 21 Desa sasaran Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun anggaran 2019, Pemkab Trenggalek melalui Tim Kemitraan (Tim Pakem) Pamsimas...

Buka Festival Gagasan Rakyat, Plt Bupati Nur Arifin: Musrenbang-nya Para Pemikir

25 APRIL

Buka Festival Gagasan Rakyat, Plt Bupati Nur Arifin: Musrenbang-nya Para Pemikir

Bahwa revolusi akan dapat digerakkan oleh segenap lapisan, tetapi terkadang menjadi jauh antara masyarakat dengan Pemerintah, yang seakan ada sekat antara keduanya. Bahkan duduk bersama...

Bertepatan dengan Peringatan Hari OTDA XXII, Plt Bupati Nur Arifin Buka Festival Gagasan Rakyat

25 APRIL

Bertepatan dengan Peringatan Hari OTDA XXII, Plt Bupati Nur Arifin Buka Festival Gagasan Rakyat

Berawal dari keinginan masyarakat untuk dapat turut berkontribusi terhadap Kabupaten Trenggalek, Komunitas Bagimu Trenggalek menggelar Festival Gagasan Rakyat dimana pengiriman gagasan telah dibuka sejak tanggal...

Plt Bupati Trenggalek Pimpin Upacara Hari Otonomi Daerah XXII Kabupaten Trenggalek

25 APRIL

Plt Bupati Trenggalek Pimpin Upacara Hari Otonomi Daerah XXII Kabupaten Trenggalek

Memperingati Hari Otonomi Daerah ke-XXII tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggelar upacara yang diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab, Rabu (25/4/2018) di Alun-Alun...

Plt Bupati Nur Arifin Turun Langsung Meninjau Kondisi Pedagang Pasar Pon

23 APRIL

Plt Bupati Nur Arifin Turun Langsung Meninjau Kondisi Pedagang Pasar Pon

  Dalam rangka realisasi revitalisasi Pasar Pon yang rencananya akan mulai dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 mendatang, Plt Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin, turun langsung...

Salurkan Kredit Gangsar, Plt Bupati Trenggalek Doakan Para Pedagang Pasar

23 APRIL

Salurkan Kredit Gangsar, Plt Bupati Trenggalek Doakan Para Pedagang Pasar

PT BPR Jwalita salurkan CSR berupa Kredit Gangsar bagi para pedagang pasar yang bertujuan untuk mengurangi beban pedagang khususnya dalam hal pinjaman modal, Senin (23/4/2018)...

Peletakkan Batu Pertama Klinik Kesehatan Nurul Hikmah oleh Plt Bupati Trenggalek

23 APRIL

Peletakkan Batu Pertama Klinik Kesehatan Nurul Hikmah oleh Plt Bupati Trenggalek

  Didampingi Forpimda dan Pengasuh Ponpes Nurul Hikmah, Plt Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin, meletakkan batu pertama menandai pembangunan gedung Klinik Kesehatan Nurul Hikmah, Senin...

Kepala Dinas Dikpora Tinjau Pelaksanaan UNBK Tingkat SMP/MTs Sederajat

23 APRIL

Kepala Dinas Dikpora Tinjau Pelaksanaan UNBK Tingkat SMP/MTs Sederajat

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Drs.Kusprigianto, MM, lakukan inspeksi mendadak (sidak) pastikan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs, paket B dan C berjalan...

Lebih Terbuka Tes Perekrutan Tenaga Penunjang Satpol PP Gandeng Unesa

22 APRIL

Lebih Terbuka Tes Perekrutan Tenaga Penunjang Satpol PP Gandeng Unesa

Pelaksanan perekrutan tenaga penunjang kegiatan non- PNS satpol PP dan kebakaran Pemkab Trenggalek menggandeng Universitas Negeri Surabaya.Tes menggunkan sistem CAT diselengarakan di SMKN 1 Trenggalek...

Plt Sekda Trenggalek Buka Pagelaran Wayang Kulit di Pendopo Manggala Praja Nugraha

21 APRIL

Plt Sekda Trenggalek Buka Pagelaran Wayang Kulit di Pendopo Manggala Praja Nugraha

Sebagai wujud kepedulian terhadap pelestarian budaya Jawa, khususnya wayang kulit, Sabtu (21/4/2018) Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bersama Persatuan Pedhalangan Indonesia (Pepadi)...

Plt. Bupati Trenggalek Buka Sekolah Lapang Tanggap Gempa Bumi

20 APRIL

Plt. Bupati Trenggalek Buka Sekolah Lapang Tanggap Gempa Bumi

BPBD Kab.Trenggalek bekerjasama dengan BMKG Sawahan Nganjuk menggelar sekolah lapang gempa bumi (gladi ruang mitigasi gempa bumi dan tsunami) bertempat di Hall Hotel Hayam Wuruk,...

Plt Bupati Nur Arifin Ambil Bagian Dalam Trail Adventure Jelajah Bumi Turonggo Yakso

15 APRIL

Plt Bupati Nur Arifin Ambil Bagian Dalam Trail Adventure Jelajah Bumi Turonggo Yakso

Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin, turut ambil bagian dalam latihan bersama Trail Adventure Jelajah Bumi Turonggo Yakso di Kecamatan Dongko, Minggu (15/4/2018). Kegiatan...