Ratusan Warga Rebutkan Tumpeng Agung Hari Jadi Trenggalek Ke 823

Created on 31 August 2017

Ratusan warga Trenggalek padati halaman pendopo Manggala Praja Nugraha, Kamis (31/8). Kedatangan warga di Pendopo ini untuk memperebutkan tumpeng sesaji yang dikemas dalam bentuk Tumpeng Agung atau tumpeng raksasa.

Tumpeng ini disajikan dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Trenggalek 823 fi tahun 2017 ini. Gunungan nasi kuning setinggi kurang lebih dua meter dilengkapi sengan aneka sayur pelengkap serta ingkung ayam (ayam panggang utuh)memang disiapkan untuk diperebutkan warga usai dikirab bersama pusaka Kadipaten.

Warga masyarakat sangat antusias, untuk memperebutkan (purak) tumpeng agung ini. Banyak warga yang tidak sabar untuk segera memperebutkan isi tumpeng raksasa ini, pasalnya mereka meyakini tumpeng ini bisa membawa keberkahan hidupnya.

Menurut Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, tradisi "tumpengan" ini telah dilakukan turun temurun dan menjadi salah satu agenda wajib dalam rangkaian hari jadi ini.

Isi tumpeng yang ada, merupakan lambang kemakmuran dan kesejahteraan Kabupaten Trenggalek, makanya diperebutkan. "Sangat menarik dan harus terus dilestarikan," ungkap Emil.

Tak mau ketinggalan Arumi Bachcin, istri Bupati Trenggalek sangat terkesan dengan kemeriahan prosesi Hari Jadi Kabupaten Trenggalek yang ke-823 ini. Apalagi dirinya sempat merasakan menaiki Kereta Kyai Garuda Kencana (kereta kencana kebanggaan Kraton Surakarta) keliling jalan Protokol Trenggalek.

"Cukup menarik," ungkap Arumi, semoga Trenggalek semakin maju dan tambah ramai, tandasnya. (Humas)

 

Peringatan Hari Jadi Trenggalek Berlangsung Cukup Sakral

Created on 31 August 2017

Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Trenggalek berlangsung cukup meriah. Meskipun meriah kesakralan peringatan Hari Jadi ini tidak pernah ditinggalkan sedikitpun dari tahun ketahun.

Prosesi hari jadi ini diawali dengan penjamasan pusaka Kadipaten. Dua Tombak Korowelang dicuci menggunakan air dari 14 sumber keramat di 14 Kecamatan yang ada. Penjamasan ini rutin dilakukan tiap tahun, sekaligus upaya merawat pusaka Kabupaten.

Pusaka yang sudah dibersihkan ini kemudian dititipkan semalam di lokasi Prasasti Medang Kamulyan di Desa Kamulan Durenan. Penanggalan dalam prasasti ini dijadikan tanggal lahirnya Kabupaten Trenggalek dan kembali diarak menuju pendopo Kabupaten keesokan harinya untuk kembali disimpan.

Yang sangat ditunggu warga dalam prosesi hari jadi ini, adalah kirab pusaka dan perebutan sedekah bumi, tumpeng Agung dan air jamasan yang diyakini warga masyarakat bisa membawa keberkahan. (Humas)

 

Ziarah Makam Leluhur Jelang Hari Jadi Trenggalek

Created on 28 August 2017

Menjelang Hari Jadi Trenggalek ke 823, Forkopimda beserta Seluruh Pejabat dilingkup Pemkab Trenggalek menggelar ziarah makam leluhur, Senin (28/8). Ziarah makam leluhur ini merupakan agenda tahunan yang merupakan salah satu rangkaian agenda kegiatan peringatan Hari Jadi Trenggalek ke-823.

Pertama makam yang dikunjungi Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, makam Mbah Kawak, salah satu tokoh yang babat pertama Kabupaten Trenggalek. Dari sini ziarah dilanjutkan ke makam Setono Gedong di Ngantru.

Dari makam Setono Gedong Ngantru dilanjutkan ziarah ke makam Adipati Menak Sopal, yang dikenang masyarakat sampai sekarang karena penataan irigasi Dam Bagong yang membawa berkah irigasi pertanian dan penanggu─║angan banjir kala itu.

Dari makam Menak Sopal ziarah dilanjutkan ke makam Kanjeng Jimat Mangun Dipuro di Ngulan Kulon Pogalan. Terakhir rangkaian ziarah ini di makam Adipati Widjoyo Koesumo dan Adipati Ario Poerbonegoro di Astono Girimoelyo Sumber Karangan.

Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc dalam ziarah leluhur ini menyampaikan "kita patut bersyukur, ternyata Trenggalek mempunyai sejarah yang cukup panjang dan beberapa masa, " tuturnya,

"Melalui ziarah ini kita ingin mencoba untuk tetap melestarikan sejarah pendahulu yang dimulai dari beberapa tokoh yang pernah menjadi Bupati, dan juga tokoh-tokoh yang katanya babad alas seperti halnya Mbah Kawak maupun Adipati Menak Sopal," imbuh Emil.

"Ternyata dalam sejarah pendahulu kita ada ikatan ikatan dengan beberapa Bupati tetangga, sepertihalnya pada tahun 1743 Raden Soemotono yang juga punya ikatan keluarga dengan Bupati Ponorogo. Kita juga datangi makamnya putra Jaya Negara, terus ada lagi Kanjeng Jimat Mangun Dipuro, dan saat ini Adipati Widjoyo Koesumo dan Adipati Aryo Poerbonegoro di Astono Girimoelyo Sumber Karangan."

"Ini merupakan pengalaman yang menarik, napak tilas kepemimpinan beliau-beliau, dan mudah mudahan ini akan menambah makna histories dalam melaksanakan hari Jadi Kabupaten Trenggalek ke-823," tegasnya. (Humas)

 

Hari Jadi 823 Trenggalek, Emil Dardak dan Arumi Bachcin Naiki Kereta Kyai Garuda Kencana

Created on 31 August 2017

Peringatan HUT Kabupaten Trenggalek ke 823 berlangsung cukup meriah. Lebih-lebih dengan kehadiran Kereta Kencana Kyai Garuda Kencana yang ditunggangi keluarga Bupati Trenggalek dalam kirab pusaka, Kamis (31/8).

Kyai Garuda Kencana, kereta kencana yang berasal dari Kraton Surakarta mengantarkan Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, Arumi Bachcin istrinya serta kedua anaknya menyapa warga masyarakat dipuncak peringatan Hari Jadi Trenggalek ke-823.

Kehadiran Kereta Kyai Garuda Kencana dalam kirab pusaka ini, cukup menyita perhatian warga masyarakat Trenggalek, pasalnya selain mempercantik, Kyai Garuda kencana juga menambah kesakralan upacara adat ini.

Apalagi kereta kencana yang juga adalah satu yang dikeramatkan oleh Keraton Solo ini tidak bisa sembarangan dipakai. Orang-orang tertentu dan event tertentu saja yang diperbolehkan sesuai wangsit yang diterima juru kunci.

Kereta Kyai Garuda Kencana, yang mengangkut Bupati Trenggalek ini ditarik 8 ekor kuda dengan satu kusir utama. Sedangkan masing kuda penarik dinaiki satu penunggang kuda. Sebagai penutup teriknya matahari disediakan dua songsong (payung) pelindung.

Kyai Garuda Kencana atau Kyai Putro ini merupakan kereta kebanggaan Kraton Surakarta, dan biasa digunakan untuk penobatan Sang Raja.

Dalam kirab pusaka ini dibelakang kereta kencana terdapat iring-iringan pusaka Kadipaten dua tombak Korowelang yang ikut mewarnai sejarah berdirinya Trenggalek, payung, panji, iring-iringan foto mantan Bupati dan Wakil Bupati pendahulu serta kereta Kuda para Kepala Sekolah. (Humas)

 

Telusur Sejarah Makam Mbah Kawak

Created on 28 August 2017

Mbah Kawak atau Eyang Kawak diyakini masyarakat Trenggalek sebagai tokoh yang membuka kawasan Trenggalek yang dulunya masih dikenal dengan Trenggalih atau terange ing galih (terangnya hati).

Menurut Miskun juru kunci generasi ke 6 Makam Mbah Kawak, Eyang Kawak atau erat dikenal Mbah Kawak ini merupakan tokoh syiar Agama Islam pertama di Trenggalek. Eyang Kawak sendiri konon katanya dari Majapahit sedangkan Eyang Putri masih keturunan kerajaan.

Banyak peziarah menyakini Mbah Kawak ini sebagai Abdul Hamid, ada juga yang menyebut Jaya Lengkoro atau Raden Joyo Lengkoro dan masih banyak nama lainnya. Namun menurut Miskun, sejatinya siapa Mbah Kawak ini belum diketahui.

Bahkan praktisi sejarahpun belum bisa mengungkap siapa Mbah Kawak ini. Miskun sendiri dan beberapa juru kunci sebelumnya juga belum bisa mengungkap siapa sejatinya Eyang Kawak ini.

Dalam setiap dialog gaibnya Eyang Kawak enggan mengungkap siapa sejatinya dirinya. Dituturkan Miskun, "kamu tahu semua yang ziarah disini membawa nama-nama sendiri, sehingga sebut aku Eyang Kawak Kakung Putri saja," tutur Miskun.

"Kalau saya sebut siapa sejati saya, siapa yang percaya. Kalau mereka tidak mau menyebut Kawak, artikan saja sebagai Kawak-kawaknya manusia (awal-awalnya manusia)," cerita Miskun atas komunikasi ghaibnya dengan Eyang Kawak.

Ditambahkan juaru kunci ini "ada banyak tujuan peziarah di sini, ada yang bertujuan meminta pangkat derajad maupun urusan rumah tangga. Biasanya untuk para peziarah yang mencari pangkat derajad biasanya meminta kepada Eyang kakung. Sedangkan untuk urusan rumah tangga biasanya meminta kepada Eyang Putri," tandas Miskun. (Humas)

 

Page 1 of 21

BERITA LAINNYA

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
Prev Next
Wabup Arifin Coba Keseruan Bermain Air di Banyu Nget

04 DESEMBER

Wabup Arifin Coba Keseruan Bermain Air di Banyu Nget

Destinasi wisata di yang sedang nge-hits di Kabupaten Trenggalek saat ini, Banyu Nget, menjadi salah satu tujuan wisata unggulan. Wisata air hangat yang berada di...

Wabup Arifin Ikut Meriahkan Turnamen Sepak Bola Pantai

04 DESEMBER

Wabup Arifin Ikut Meriahkan Turnamen Sepak Bola Pantai

Sebagai salah satu bentuk pengembangan dari kegiatan Prigi Fest, panitia G9 menggelar turnamen sepak bola pantai di kawasan wisata Pantai Prigi Watulimo.   Untuk memeriahkan turnamen ini,...

Melihat Lebih Dekat H. Mohammad Dardak Kakek dari Bupati Emil Dardak

02 DESEMBER

Melihat Lebih Dekat H. Mohammad Dardak Kakek dari Bupati Emil Dardak

Nama H. Mochamad Dardak mungkin tidak asing lagi bagi masyarakat Trenggalek. H. Mochamad Dardak merupakan ayah dari Hermanto Dardak, mantan Wamen PU era Presiden SBY,...

Emil Dardak Berangkatkan Bantuan untuk Korban Bencana di Pacitan

01 DESEMBER

Emil Dardak Berangkatkan Bantuan untuk Korban Bencana di Pacitan

Mendengar Kabupaten tetangga berduka akibat bencana banjir dan tanah longsor membuat Kabupaten Trenggalek berempati akan musibah tersebut. Dengan segala daya dan upaya, Dinas Sosial P3A...

Sekda Ali Mustofa Buka Seminar Pembangunan Infrastruktur Tangguh Bencana

30 NOVEMBER

Sekda Ali Mustofa Buka Seminar Pembangunan Infrastruktur Tangguh Bencana

Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Drs. Ali Mustofa, M.Si., membuka kegiatan seminar Pembangunan Infrastruktur Tangguh Bencana dalam rangka Pembangunan Daerah yang Berkualitas dan Berkelanjutan, Kamis (30/11/2017).   Pada...

Tunjukkan Empati, Novita Hardini Gendong Anak Berkebutuhan Khusus

30 NOVEMBER

Tunjukkan Empati, Novita Hardini Gendong Anak Berkebutuhan Khusus

Istri Wakil Bupati Trenggalek, Novita Hardini Mochammad tunjukkan rasa empatinya terhadap kondisi Muhammad Ikhwanul Siva, balita berusia 5 tahun berkebutuhan khusus asal Desa Gandusari pada...

Istri Wakil Bupati Trenggalek Ajak Masyarakat untuk Peduli Sesama

30 NOVEMBER

Istri Wakil Bupati Trenggalek Ajak Masyarakat untuk Peduli Sesama

Istri Wakil Bupati Trenggalek, Novita Hardini Mochamad mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk memiliki kepedulian terhadap sesama. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Festival Pelayanan Sosial...

Novita Hardini Ikuti Jalan Sehat Bersama Masyarakat Gandusari

30 NOVEMBER

Novita Hardini Ikuti Jalan Sehat Bersama Masyarakat Gandusari

Istri Wakil Bupati Trenggalek, Novita Hardini Mochamad berbaur dengan masyarakat mengikuti kegiatan jalan sehat di Kecamatan Gandusari, Kamis (30/11/2017). Kehadirannya sekaligus memberangkatkan jalan sehat yang...

Enam Kafe Kontainer Akan Percantik Kawasan Pantai Prigi

29 NOVEMBER

Enam Kafe Kontainer Akan Percantik Kawasan Pantai Prigi

Pemerintah Kabupaten Trenggalek kian serius untuk mempercantik kawasan Pantai Prigi. Kawasan wisata yang memiliki bibir pantai lebih dari satu kilometer ini rencananya akan dipercantik dengan...

Arumi Bachsin Buka Festival Pelayanan Sosial Dasar Program Generasi Sehat

29 NOVEMBER

Arumi Bachsin Buka Festival Pelayanan Sosial Dasar Program Generasi Sehat

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek, Arumi Bachsin, buka Festival Pelayanan Sosial Dasar Program Generasi Sehat, Rabu (29/11/2017) yang digelar di halaman Kecamatan Gandusari Kabupaten...

122 Kabupaten/Kota Raih Anugerah Swasti Saba dari Menteri Kesehatan

28 NOVEMBER

122 Kabupaten/Kota Raih Anugerah Swasti Saba dari Menteri Kesehatan

Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek SpM, berikan penghargaan Swasti Saba kepada 122 Kabupaten/Kota di Indonesia, Selasa (28/11/2017). Penghargaan bergengsi dibidang...

Kabupaten Trenggalek Raih Penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wiwerda

28 NOVEMBER

Kabupaten Trenggalek Raih Penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wiwerda

Kabupaten Trenggalek akhirnya raih penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wiwerda dari Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek SpM, Selasa (28/11/2017). Mendapatkan penghargaan...

APBD 2018 Disetujui, Beberapa Pembangunan Strategis Daerah Dimulai Tahun Depan

27 NOVEMBER

APBD 2018 Disetujui, Beberapa Pembangunan Strategis Daerah Dimulai Tahun Depan

DPRD Trenggalek setujui Ranperda APBD tahun 2018 disahkan menjadi peraturan daerah, Senin (27/11/2017). Disahkannya APBD tahun 2018 ini menandai bahwasanya beberapa proyek strategis daerah dapat...

APBD Trenggalek Tahun 2018 Disetujui DPRD

27 NOVEMBER

APBD Trenggalek Tahun 2018 Disetujui DPRD

Melalui sidang Paripurna, Senin (26/11/2017) APBD Trenggalek tahun 2018 disetujui DPRD menjadi peraturan Daerah.   Pembahasan Ranperda APBD tahun 2018 menjadi Peraturan Daerah, berjalan cukup panjang, pasalnya...

Masyarakat Trenggalek: Ternyata Pak Bupati Masih Sayang Sama Kita

26 NOVEMBER

Masyarakat Trenggalek: Ternyata Pak Bupati Masih Sayang Sama Kita

Bupati Trenggalek Emil Dardak menyapa masyarakat banyak yang hadir pada Car Free Day di alun-alun Trenggalek. Emil menjelaskan mengenai kabar majunya dirinya mendampingi Khofifah...

Menginap di Rumah Warga Membuat Wabup Arifin Bisa Lebih Bersyukur

25 NOVEMBER

Menginap di Rumah Warga Membuat Wabup Arifin Bisa Lebih Bersyukur

Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin kembali menginap di rumah warga kurang mampu, Sabtu (25/11/2017). Kali ini rumah Mbah Musiem (80 tahun) warga RT....

Ngantor di Desa, Wakil Bupati Trenggalek Serap Aspirasi Warga

25 NOVEMBER

Ngantor di Desa, Wakil Bupati Trenggalek Serap Aspirasi Warga

Ngantor di Desa, Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin  kembali menginap di rumah warga kurang mampu di Dukuh Glagah Ombo Dusun Soko Desa Prambon...

Wabup Arifin Pilih Rumah Warga Kurang Mampu yang Sulit Dijangkau untuk Menginap

25 NOVEMBER

Wabup Arifin Pilih Rumah Warga Kurang Mampu yang Sulit Dijangkau untuk Menginap

Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin kembali melanjutkan Program Ngantor di Desa dan menginap di rumah warga kurang mampu. Rumah warga yang menjadi tempat...

Menginap di Rumah Warga, Wabup Arifin Ingin Tepis Anggapan Bahwa Pejabat Selalu Berjarak dengan Warga

25 NOVEMBER

Menginap di Rumah Warga, Wabup Arifin Ingin Tepis Anggapan Bahwa Pejabat Selalu Berjarak dengan Warga

Program Ngantor di Desa yang dimulai oleh Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin berlanjut. Kali ini, Ngantor di Desa menyasar Desa Prambon Kecamatan Tugu,...

Pemkab dan Polres Trenggalek Sepakati Bina dan Latih Putra Putri Berprestasi dalam Penerimaan Calon Anggota Polri Tahun Anggaran 2018

24 NOVEMBER

Pemkab dan Polres Trenggalek Sepakati Bina dan Latih Putra Putri Berprestasi dalam Penerimaan Calon Anggota Polri Tahun Anggaran 2018

Pemerintah Kabupaten Trenggalek dan Polres Trenggalek bersepakat untuk melakukan pembinaan dan pelatihan putra dan putri berprestasi dalam Penerimaan Calon Anggota Polri Tahun Anggaran 2018. Kesepakatan...

Wabup Arifin : Penghijauan Harus Memenuhi Nilai Ekonomis Masyarakat, Tidak Hanya Penyelamatan Ekologi Saja

23 NOVEMBER

Wabup Arifin : Penghijauan Harus Memenuhi Nilai Ekonomis Masyarakat, Tidak Hanya Penyelamatan Ekologi Saja

Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin ikut tanam pohon di sekitar lokasi Bendungan Tugu, Kamis (23/11/2017). Penanaman pohon ini merupakan serangkaian kegiatan gerakan penanaman...

BKD Trenggalek Datangkan Narasumber dari Kementerian PAN-RB dan Sekretariat Negara

22 NOVEMBER

BKD Trenggalek Datangkan Narasumber dari Kementerian PAN-RB dan Sekretariat Negara

Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Trenggalek mendatangkan narasumber dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dan Sekretariat Negara untuk memberikan pencerahan terhadap pemahaman evaluasi...

Kabupaten Trenggalek Raih Penghargaan dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata

20 NOVEMBER

Kabupaten Trenggalek Raih Penghargaan dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten Trenggalek meraih penghargaan atas komitmen dan kepedulian yang tinggi dalam mengembangkan sektor pariwisata daerah pada Malam Penghargaan Anugerah Wisata Jawa Timur 2017.   Malam Penghargaan...

Istiqomah Ngantor di Desa, Wakil Bupati Trenggalek Tidur Dirumah Warga

18 NOVEMBER

Istiqomah Ngantor di Desa, Wakil Bupati Trenggalek Tidur Dirumah Warga

Berniat istiqomah dalam menjalakan apa yang dijanjikan pada saat kampanye, Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin, ngantor di Desa Manggis Kecamatan Panggul, Sabtu (18/11/2017)....

Ngantor di Desa, Wabup Arifin Bermalam di Rumah Warga Miskin

18 NOVEMBER

Ngantor di Desa, Wabup Arifin Bermalam di Rumah Warga Miskin

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek, penuhi janjinya saat kampanye yaitu ngantor di Desa. Kali ini kegiatan ngantor di Desa dilakukan oleh Wakil Bupati Trenggalek,...

Wakil Bupati Trenggalek Tinjau Bedah Rumah di Kecamatan Panggul

18 NOVEMBER

Wakil Bupati Trenggalek Tinjau Bedah Rumah di Kecamatan Panggul

Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin meninjau penyaluran bantuan sekaligus pelaksanaan bedah rumah oleh Baznas yang bersinergi dengan Program GERTAK bagi beberapa rumah tak...

Wabup Arifin Hadiri Prosesi Hari Jadi ke-812 Kabupaten Tulungagung

18 NOVEMBER

Wabup Arifin Hadiri Prosesi Hari Jadi ke-812 Kabupaten Tulungagung

Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin beserta istri Novita Hardini, menghadiri prosesi Hari Jadi ke-812 Kabupaten Tulungagung, Sabtu (18/11/2017). Prosesi Hari Jadi Kabupaten Tulungagung...

Kisah Hidup Imam Nahrowi Membuat Wabup Arifin Tersentuh

16 NOVEMBER

Kisah Hidup Imam Nahrowi Membuat Wabup Arifin Tersentuh

Imam Nahrowi, Pria 37 tahun asal Desa Salamrejo Kecamatan Karangan alami kelumpuhan sejak kecelakaan kerja menimpanya 8 tahun silam. Tumpukan kardus yang mencapai berat lebih...

Wabup Arifin Kunjungi Imam Nahrowi, Pria Yang Mengalami Kelumpuhan Usai Kecelakaan Kerja

16 NOVEMBER

Wabup Arifin Kunjungi Imam Nahrowi, Pria Yang Mengalami Kelumpuhan Usai Kecelakaan Kerja

Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin kunjungi Imam Nahrowi warga Desa Salamrejo Karangan yang mengalami kelumpuhan usai alami kecelakaan kerja, Kamis (16/11/2017). Wakil Bupati...

"Ngopi" Ngobrol Pintar di Desa Ajang Diskusi Membangun Kesepahaman Tentang Desa

14 NOVEMBER

"Ngopi" Ngobrol Pintar di Desa Ajang Diskusi Membangun Kesepahaman Tentang Desa

Tugas berat yang diamanatkan oleh Pemerintahan Jokowi-JK terhadap Desa dianggap perlu oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Trenggalek untuk dibangun kesepahaman yang sama antara semua element terkait...

Ingin Kuatkan Industri Perikanan Pemkab. Trenggalek Gelar Temu Bisnis Perikanan

14 NOVEMBER

Ingin Kuatkan Industri Perikanan Pemkab. Trenggalek Gelar Temu Bisnis Perikanan

Salah satu mata pencaharian masyarakat Trenggalek, bergerak dalam bidang perikanan, baik itu perikanan perairan laut maupun perikanan perairan tawar. Salah satu yang terbesar dalam sektor...

Selain Fisik Prima Prasyarat Banpol PP Pria Wajib Bisa Renang

13 NOVEMBER

Selain Fisik Prima Prasyarat Banpol PP Pria Wajib Bisa Renang

Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Trenggalek melakukan proses rekruitmen Banpol PP dan Tenaga Penunjang Pemadam Kebakaran. Pendaftaran Banpol PP dan Tenaga Penunjang...

Tidak Bertato dan Bertindik, Salah Satu Persyaratan Banpol PP

13 NOVEMBER

Tidak Bertato dan Bertindik, Salah Satu Persyaratan Banpol PP

Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Trenggalek prasyaratkan pria tidak bertato dan ditindik dalam rekrutmen anggota Banpol PP Pria dan Tenaga Penunjang Pemadam...

Pendaftaran Banpol PP dan Tenaga Penunjang Damkar Dibuka

13 NOVEMBER

Pendaftaran Banpol PP dan Tenaga Penunjang Damkar Dibuka

Guna memenuhi kebutuhan tenaga sesuai RPJMD yang telah disusun, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Trenggalek, lakukan recruitmen Banpol PP Pria, Banpol PP Wanita serta tenaga...

Trenggalek Peringati HKN ke-53 Dengan Senam Masal, Kampanye Germas dan Makan Gratis

12 NOVEMBER

Trenggalek Peringati HKN ke-53 Dengan Senam Masal, Kampanye Germas dan Makan Gratis

Pemerintah Kabupaten Trenggalek semarakkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di tahun 2017, Minggu (12/11/2017). Peringatan HKN yang jatuh pada tanggal 9 November kemarin ini terpusat...

Baru Diluncurkan Ecowisata BanyuNget Dibanjiri Pengunjung

11 NOVEMBER

Baru Diluncurkan Ecowisata BanyuNget Dibanjiri Pengunjung

Baru diluncurkan oleh Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin, Ecowisata Canopy BanyuNget diserbu pengunjung, Sabtu (11/11/2017). Wisata hutan yang sedang didorong oleh Perum Perhutani...

Perhutani Luncurkan Brand Baru Pengelolaan Wisata Alam

11 NOVEMBER

Perhutani Luncurkan Brand Baru Pengelolaan Wisata Alam

Direktur Utama Perum Perhutani Denaldy M Mauna bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meluncurkan CANOPY, brand baru pengelolaan wisata alam Perhutani, di Kawah Putih Ciwidey...

Wabup Arifin, Peluncuran Ecowisata BanyuNget Diharapkan Dapat Melengkapi Keindahan Wana Wisata Yang Ada

11 NOVEMBER

Wabup Arifin, Peluncuran Ecowisata BanyuNget Diharapkan Dapat Melengkapi Keindahan Wana Wisata Yang Ada

Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin luncurkan Ecowisata Canopy BanyuNget di Desa Dukuh Kecamatan Watulimo, Sabtu (11/11/2017). Ecowisata alam ini tengah dikembangkan Perum Perhutani...

Wabup Arifin Luncurkan Ecowisata Canopy Banyunget, Desa Dukuh Watulimo

11 NOVEMBER

Wabup Arifin Luncurkan Ecowisata Canopy Banyunget, Desa Dukuh Watulimo

Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin luncurkan Desatinasi wisata alam BanyuNget di Desa Dukuh Kecamatan Watulimo, yang tengah gencar dikembangkan oleh Perum Perhutani. Peluncuran...

Wabup Arifin Berangkatkan 62 Atlit Trenggalek Dalam POR SD/ MI Jatim

10 NOVEMBER

Wabup Arifin Berangkatkan 62 Atlit Trenggalek Dalam POR SD/ MI Jatim

Sebanyak 62 atlit asal Trenggalek diberangkatkan dalam Pekan Olah Raga (POR) SD/ MI tingkat Jawa Timur di Lumajang 13 hingga 18 November 2017 nanti. 62...